Cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar sekolah

Cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar sekolah

menabung beli hp

Menabung merupakan kegiatan menyimpan aset dalam jangka waktu tertentu untuk kepentingan jangka panjang seperti membeli barang atau melakukan sesuatu yang membutuhkan dana lebih yang tidak bisa dilakukan saat ini. Bagi kamu yang berstatus sebagai pelajar dan anak sekolah, menabung adalah salah satu opsi untuk bisa membeli barang yang kamu inginkan (selain bekerja sampingan tentunya), yang salah satunya membeli HP dengan berbagai brand seperti samsung dan iphone.

Dan kali ini, kosngosan akan membahas mengenai cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar yang sangat berguna untuk kamu terapkan bila memang menginginkan atau membeli sesuatu yang kamu impikan.

Siapa yang tidak ingin iPhone, Samsung atau brand smartphone lain dengan harga selangit? well itu menajdi salah satu produk yang diinginkan oleh generasi milenial saat ini. Sudah menjadi suatu kebutuhan (semu) untuk memilikinya. Karena punya HP yang bermerk dan spek tinggi adalah suatu kebanggaan tersendiri untuk dipakai di sekolah.

Baca juga : Menambah Uang Jajan untuk Anak SMA dan SMP

Kamu bisa menabung uang jajan mu sebesar 5000 atau 10000 dan berapa pun itu untuk membeli iphone 6s misalnya dengan kisaran harga 5 jutaan saat artikel ini ditulis. Bayangkan berapa bulan yang kamu butuhkan untuk mendapatkan hp idaman mu tersebut.

Tips menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar


Hal yang perlu kamu sadari sebagai seorang pelajar adalah, dari mana mendapatkan penghasilan. Bila kamu adalah tipe pelajar yang tidak suka berbisnsi dan mengandalkan pemberian orangtua saja, maka bisa dikatakan sumber tabunganmu hanya bergantung dari orangtua.

1. Set niat untuk menabung


Keinginan untuk menabung haruslah kuat. Kalian harus punya keinginan untuk menabung dengan sungguh sungguh. Karena kalau kalian tidak punya niat untuk menabung,pasti tabungan kamu tidak akan penuh dan kalian tidak akan bisa membeli hp idaman.

2. Tentukan target kapan menabung akan selesai


Setiap kegiatan haruslah mempunyai target. Karena tujuan menabung sangat penting, agar kalian bisa menentukan kapan akan selesai menabung dan membeli apa yang diinginkan. Target untuk membeli HP yang kalian inginkan, misalnya kamu ingin membeli hp iphone 7 seharga 8 juta, jadi kamu harus menentukan berapa uang yang harus kalian kumpulkan dengan kalkulasi per harinya dan rentang waktu dalam menabung sehingga terkumpul duit 8 juta.

3. Tetapkan persentase duit untuk tabungan


Semua penghasilanmu per harinya harus ditetapkan menjadi beberapa pos pengeluaran. Sebagai contoh kamu akan mendapatkan uang saku per hari sebesar 30.000, 50% untuk jajan dan keperluan transportasi, 15% untuk keperluan sekolah dan sisanya adalah untuk tabungan. Tentunya kalkulasi ini bisa kamu ubah sesuai dengan kebutuhan kamu. Intinya semakin besar persentase untuk tabungan, semakin cepat kamu bisa membeli HP.

4. Tidak ada salahnya memulai bisnis sampingan


Berbisnis ketika menjadi anak sekolah merupakan soft therapy yang cukup efektif untuk kamu dalam menghadapi dunia kerja nantinya setelah tamat. Oleh karena itu, berbisnis dengan mengandalkan hal hal kecil seperti dropship, reseller, online shop, blogger, youtuber dan lainnya bisa kamu coba demi menambah passive income-mu. Pilihlah jenis bisnis yang sesuai dengan passion dan hobimu. Dengan adanya bisnis sampingan ini, kamu akan lebih cepat mendapatkan hp yang kamu inginkan.

5. Membuat catatan keuangan


Meski cukup sederhana, namun catatan keuangan akan bermanfaat sebagai suatu laporan yang akan mengontrol setiap transaksi biaya hidup mu selama sekolah. Catat pemasukan dan pengeluaran kamu setiap harinya, jangan boros dan tabung sisanya. Hal tersebut merupakan prinsip yang harus kamu pegang sebagai pelajar untuk mendapatkan apa yang kamu inginkan.

6. Buka akun rekening khusus pelajar


Ada banyak produk tabungan yang dikhususkan untuk pelajar. Saat ini banyak bank yang memfasilitasi kegiatan menabung dan ditujukan untuk anak sekolahan. Produk tabungan seperti ini memiliki syarat pembuatan yang mudah dan dengan biaya administrasi per bulan yang sangat terjangkau atau bahkan nyaris tidak ada. Jadi tidak zamannya lagi menabung menggunakan celengan, kamu bisa menabung dan memiliki tabungan di bank saat ini.

7. Membawa jajan dari rumah


Sedikit katrok memang. Namun selain dapat menghemat uang dengan membawa bekal dari rumah, kamu juga akan terhindar dari jenis jajanan yang tidak menyehatkan untuk kamu. Makanan yang kamu konsumsi lebih higienis dan terjamin.

Selain itu membawa minum dari rumah akan mencukupkan asupan cairan selama di sekolah. Hal ini begitu mendasar, namun sering disepelekan karena memang banyak pelajar yang malu membawa bekal dari rumah. Coba saja beda, semua ini demi HP yang akan kamu dapatkan nantinya :D

8. Mengesampingkan keinginan lainnya


Walaupun membeli hp sebenarnya adalah bukan suatu kewajiban, namun untuk mendapatkannya kamu harus mengesampingkan dulu membeli barang keinginan yang lain. Seperti misalnya kamu ingin beli laptop dan hp dalam waktu yang bersamaan, pilih salah satunya dulu. Fokus pada hp saja atau laptop saja. Intinya jauhkan niat untuk membeli hal-hal yang bisa membuat kamu tidak fokus.

Untuk dapat menunjang hal tersebut buatlah catatan yang berisi tujuanmu menabung serta daftar keinginanmu. Apabila daftar sudah terbuat simpanlah dan bukalah catatan tersebut bila muncul niat untuk membeli barang lain yang bisa memperlama kamu mendapatkan HP tersebut. Sesuaikanlah barang tersebut apakah masuk ke dalam daftar barang yang kamu perlukan atau tidak. Kemudian pertimbangkan keuntungan dan kerugian jika kamu membeli barang tersebut.

9. Menabung dengan melibatkan orangtua


Bila kamu tidak yakin akan bisa konsisten menyimpan uang dengan jumlah segitu, maka orangtua adalah sebaik baiknya tempat dalam menyimpan uang mu. Seperti misalnya ketika kamu sedang ingin uang itu untuk kepentingan lainnya, kamu akan takut meminta uang yang telah dititipkan kepada orang tua mu, sehingga hal tersebut akan menggagalkan niatmu untuk simpanannya.

10. Menjual barang second-mu dan membeli hp second (opsional)


Kamu bisa menjual berbagai barang yang sudah tidak terpakai namun tetap memiliki nilai ekonomis tinggi melalui grup facebook atau forum online lainnya. Kita bisa mendapatkan uang lebih dan mempercepat untuk membeli hp idaman. Seperti menjual buku pelajaran semester kemarin, sepeda bekas dll. Selain itu, membeli hp second dengan kualitas terjamin bisa menjadi opsi. Tentunya HP second memiliki harga miring. Akan tetapi kamu harus benar benar memperhatikan kondisi dari hp tersebut. Baca tips membeli hp second disini.

11. Pampanglah foto hp tersebut dikamarmu


Selagi kamu masih dalam proses pengumpulan uang untuk membeli hp, kamu bisa melihat barang yang ingin dibeli tetapi sudah dimiliki juga oleh teman. Misalnya kamu ingin beli iphone 6s, dan kawan mu ternyata sudah punya, sering seringlah pinjam hp-nya dan bila perlu pampang fotonya di kamar. Hal ini akan membuat kamu semakin semangat mengumpulkan uang dan cara ini sudah terbukti ampuh.

12. Maksimalkan fasilitas yang ada


Kamu diberikan motor, uang minyak tentunya akan menghabiskan jajanmu. Selagi ada kawan yang satu arah, kamu bisa nebeng dengannya dan menghemat ongkos minyak mu bukan? Atau contoh lain kamu yang punya bis gratis antar jemput sekolah, kamu bisa manfaatkan itu. Sekali kali juga minta orangtua menjemput dan mengantarkan ke sekolah. Pakai jaringan wifi gratis sekolah untuk menghemat paket data mu dan masih banyak lagi tips memaksimalkan fasilitas yang ada ini.

Kesimpulan


Tidak hanya membeli hp, kebanyakan pelajar juga menabung dan mengumpulkan duitnya dengan cepat untuk membeli barang seperti kamera DSLR, kamera go pro, drone, laptop dan juga berbagai
konsol permainan yang juga memiliki harga selangit.

Baca juga : 5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget pada Anak

Intinya tidak ada yang salah selama kamu mendapatkan apa yang kamu mau secara halal dan tidak merugikan orang lain. Dengan menabung, tentunya kamu akan lebih menghargai hp mu nanti bila sudah kamu miliki karena berasal dari perjuangan panjang untuk mendapatkannya.

Sekian yang bisa mimin berikan seputar cara menabung cepat untuk membeli hp bagi pelajar kali ini. apa yang kamu terapkan diatas harus dilakukan dengan baik mungkin agar kamu berhasil mendapatkan HP idaman kamu. Kalau mimin sendiri, sudah terpenuhi. Kamu kapan? bagikan tulisan ini di beranda facebook mu ya!

Buka Komentar