Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips HP Android yang Cocok untuk Mahasiswa

Bagaimana tips memilih hp untuk anak kuliah? HP Android dan iPhone belakangan ini banyak dipakai oleh berbagai kalangan termasuk anak kuliah dan pelajar untuk menunjang aktifitas pembelajaran mereka. Ada berbagai merek hp android yang sudah dikenal seperti samsung, oppo, xiaomi dan berbagai pabrikan lain. Kali ini kosngosan akan memberikan kalian tips memilih hp yang berkualitas agar tidak tertipu dengan iming iming vendor.

Untuk kamu yang ngakunya anak kuliah, tentunya sering merasa stress dengan streotipe yang ditujukan kepada kalian yang biasa hidup ngenes dengan pergaulan foya foya dan tidak bisa menabung untuk membeli barang yang diinginkannya.

Hidup jauh dari orangtua memang tidak lantas membuatmu bebas dari aturan. Namun, tatkala anak kost hidup jauh, sebenarnya itu menandakan dirinya telah hidup mandiri dan dapat menentukan keputusan penting dalam hidupnya, termasuk memilih HP (Loh, apa hubungannya?)

Tidak seperti anak kuliah zaman dulu, yang mesti antre di wartel untuk sekedar menelepon dengan keluarga, anak kost zaman sekarang justru dimudahkan dengan teknologi HP yang semakin berkembang dari hari ke hari. Bahkan keberadaan HP sudah merasuki setiap kasta anak kuliah.

Permasalahan yang sering dihadapi adalah seperti Battery Health, terutama untuk penggguna iphone. Masalah lain seperti hilang jaringan (karena imei diblokir), loading lemot dan juga masalah lain nya harus kamu ketahui.


Tips memilih HP untuk Anak Kuliah


memilih hp untuk mahasiswa

Mulai dari tipe anak kuliah pengirit hingga parlente nyaris memiliki gadget disaku celananya. Hanya saja ada bebera hal yang menentukan kamu, memilih HP berdasarkan apa. Kalau mimin bisa merangkum beberapa tips dibawah ini, mungkin kamu cukup mengangguk-anggukkan kepala saja. Oke, cek dis aut!

1. Brand dan prestise khas mahasiswa


Tadi mimin bilang, kalau tiap kasta anak kost sudah memiliki HP canggih di sakunya. Nah, emang kasta apa saja yang ada di dalam dunia per -kosan? Pertama, kasta mewah. Ini adalah tingkatan anak kost yang emang dilahirkan kaya dari sono-nya.

Memiliki keluarga yang royal dan dana melimpah tiap bulannya yang ditransfer untuk kehidupan kost-nya. Kasta ini sudah pasti memilih HP dengan brand yang terbukti wah, seperti Strawberry, eh, Apple deng!

Kasta menengah. Anak kost ini hidupnya simpel dan memiliki bulanan yang mencukupi. Mungkin dia akan memilih kedua HP platform Android dan iOS. 

Dan kasta selanjutnya adalah kasta bawah. Kalau dibandingkan dengan anak kost sebelumnya, ini adalah "the real" nya anak kost. Betapa fungsi, kinerja dan harga menjadi prioritas utamanya dalam memilih HP.


2. Kinerja yang support dengan aktifitas perkuliahan


Percuma dong punya HP yang tidak bisa mendukung aktifitas luarmu, seperti naik gunung atau traveling? Atau kamu suka olahraga dan sering mendapati hp mu terjatuh?

Bagi kamu anak kost yang hobi "maen aer" di kamar mandi, traveling atau wefie di kolam renang diatas Burj Khalifa, kamu bisa pakai produk HP dari berbagai brand, seperti Sony atau Samsung yang terkenal tahan air (meskipun ada juga sih brand hp lain yang tahan air). 

Selain itu, lengkapi juga hp mu dengan case yang bisa meredam benturan jika terjadi peristiwa jatuh dari kantong atau genggaman mu


3. Baterai yang setahan dengan kejombloanmu


Nah, semua kasta anak kuliah akan setuju bila baterai menjadi poin utama dalam hal mereka memilih HP. Ibaratnya baterai adalah umurmu yang di-charge ulang. Sekarang standar baterai untuk HP itu 4000 mah keatas, kalau dibawah itu, siap siap saja kamu bawa power bank.

Semakin lama kamu bertahan, maka semakin banyak hal yang bisa kamu lakukan. Dan itu bermanfaat sekali. Jadi, jangan suangkan untuk memilih produk-produk seperti LG X Power, Lenovo Vibe dan HP berbaterai jumbo lainnya.


4. Desain dan kameranya


Biasanya sih ini untuk anak kuliah cewek. Mungkin mereka lebih menyukai HP dengan desain layar lengkungnya varian Samsung S

Atau kamu suka dengan kualitas kamera menggodanya iPhone yang benar benar memberikan tampilan apa adanya, atau kamu justru suka dengan kamera ciamiknya Oppo dan Vivo yang bisa bikin wajah buluk mu menjadi glow up hanya dengan sesaat? Okeh, lanjut ke tips terakhir ya..


5. Spesifikasi yang mumpuni


Kalau ini sudah menjadi hal yang wajib bagi kamu yang suka dengan bermain game online yang berat, mengintall aplikasi khusus yang butuh prosessor mumpuni dengan nilai branchmark antutu yang tinggi. 

Kamu yang suka ubrek ubrek smartphone, rooting dan memakainya untuk kebutuhan bekerja seperti bisnis online juga harus punya spesifikasi yang mumpuni, supaya nanti hp mu tidak lelet.

Biasanya spek tinggi itu identik dengan hp android, apalagi buat pecinta Xiaomi atau Mi fans, yang suka root hp mereka dengan custom ROM dan berbagai software lainnya. 


6. Tentunya, harga yang menjadi penentunya


Hampir seluruh anak kuliah setuju bila harga menjadi faktor penentu mereka membeli HP merek ini atau itu. Kalian bisa memilih aplikasi cicilan hp tanpa kartu kredit sebagai solusi untuk mendapatkan hp idaman kalian.

Seperti sifat naluriah anak kost pada umumnya, ngirit adalah kata lain untuk anak kost. Tapi juga jangan tergoda dengan harga miring yang ditawarkan oleh distributor HP yang tidak jelas.

Nah, supaya kamu lebih yakin lagi nih, sebelum menentukan hendak membeli HP yang cocok buat kamu, anak kost, cek aja langsung review HP yang ada di sinyaliti. Disana kamu bakalan tahu spesifikasi dan informasi harga terupdate HP idamanmu.

Beberapa tips sederhana lainnya yang bisa kamu terapkan sebelum membeli HP adalah sebagai berikut :

Perhatikan dukungan garansinya dan layanan aftersales nya (biasanya brand besar seperti iPhone dan Samsung punya layanan aftersales yang mumpuni, dan juga karena service center nya juga bejibun di daerah)

Lihat ekosistemnya, apakah kamu punya gadget yang sejenis? Seperti misal kamu beli iPhone, dan kamu ternyata juga punya mac book dan apple watch, jadinya kamu lebih dimanjakan dengan ekosistem apple yang tiada tara

Lihat review jujur dari orang orang yang sudah memakainya. Ini penting, jangan termakan omongan sales atau para pengiklan diluar sana. Perlu bertanya kepada orang yang sudah memakai produk serupa dan lihat apakah mereka memberikan kesan positif atau justru negatif


Kesimpulan


At last, demikian artikel mengenai 5 Tips dan pertimbangan memilih hp android untuk mahasiswa kali ini. Mimin berdoa semoga kamu mendapatkan HP idamanmu. 

Silahkan berkomen ria di bawah ini ya gaes. Jangan lupa untuk terus mengunjungi kosngosan ya. Jangan lupa juga untuk klik tombol share dan bookmart halaman ini ya!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya