Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Cara Merawat Layar Super Amoled di HP

Apakah smartphone yang kamu miliki saat ini sudah memiliki teknologi layar super amoled? Saat ini, kebanyakan HP mid-end dan flag-ship sudah punya teknologi papan layar yang semakin canggih. Berbagai pabrikan seperti Apple, Samsung, Xiaomi, Oppo dan lainnya berlomba lomba mebuat hp dengan layar yang bisa memanjakan sobat kosngosan sebagai konsumen mereka.

Penggunaan istilah AMOLED pertama kali diperkenalkan oleh Samsung, yang mengacu pada terobosan teknologi yang dikembangakan dalam layar perangkat elektronik seperti handphone, laptop, tablet dan sebagainya. Karena teknologi ini mengandalkan kesensitifan sentuhan dan tampilan cahaya, maka dalam perawatannya cukup gampang-gampang susah.

Selain battery health yang terjaga, ada berbagai kelebihan yang kamu dapatkan jika HP mu menggunakan layar super amoled, misalnya bisa memberikan warna yang sangat tajam, bisa memiliki kontras satu juta dibandingkan satu

Dan satu lagi yang membuat layar jenis ini begitu efektif dan efisien adalah, warna hitam yang dihasilkan berasal dari pixel yang dihentikan aliran listriknya. jadi ketika layar Super AMOLED menampilkan warna hitam, maka itu benar benar hitam pekat dan tidak membutuhkan listrik sama sekali


Tips Merawat Layar Super Amoled

cara merawat layar super amoled

Nah berdasarkan dari judul yang sudah kamu temukan di bagian pertama tadi, kita akan mulai membahas beberapa langkah detail lebih lanjut, jadi simak penjelasan artikelnya dari kosngosan.com dibawah ini ya :


1. Mengaktifkan Dark Mode (Mode Gelap)

Mode gelap yang muncul pada tampilan layar akan mendominasi warna layar menjadi hitam. Sesekali pengaktifan mode gelap perlu dilakukan, hal ini akan membantu dalam menghemat daya dan meminimalisir burn in pada layar.

Selain itu, dark mode yang diaktifkan akan mengurangi pemakaian warna. Secara otomatis mode gelap ini biasanya sudah ada pada teknologi android 9.


2. Menggunakan Kecerahan Layar Sedang

Untuk mengatasi keborosan baterai yang berlebih, atur kecerahan layar kurang lebih 50-60%. Saat berada diluar ruangan atau saat intensitas cahaya sedang tinggi

Mengaktifkan layar dengan intensitas tinggi boleh, namun jangan terlalu sering karena akan menyebabkan layar Amoled bekerja lebih keras. Sebaliknya, bila dalam kondisi pencahayaan yang tidak terlalu tinggi atau pada malam hari, gunakan kecerahan layar minimum agar saat melihat layar mata lebih terasa nyaman.


3. Menggunakan Tema dan Icon untuk Layar Amoled

Icon pack atau tema untuk Layar Amoled memiliki cara kerja dengan cara mengontrol penggunaan warna agar layar tidak boros daya. Untuk mendapatkan tema yang mendukung kerja layar Amoled ini, sobat kosngosan dapat mendownloadnya di playstore.


4. Mengganti Tema, Wallpaper dan AOD

Dengan mengganti-ganti tema wallpaper dan tema dalam beberapa minggu sekali, akan membuat layar Amoled yang kalian miliki lebih fluktuatif dalam komposisi visual. Sehingga membuat layar terhindar dari fokus pada satu warna dan berbayang.

Bila kalian ingin mengaktifkan AOD atau always on display pada saat layar mati tidak masalah, namun sebagai antisipasi dan untuk menghemat penggunaan baterai, sebaiknya pasang AOD pada posisi berubah-ubah.


5. Jangan Terlalu Sering menggunakan Layar di bawah Sinar Matahari

Pada dasarnya dalam perawatan berbagai macam jenis layar tidak dianjurkan untuk terkena sinar matahari langsung, hal ini untuk meminimalisir kerusakan yang akan terjadi.

Ada beragam cara untuk melindungi layar Amoled bila kalian sedang berada dibawah sinar matahari. Yang pertama adalah menggunakan pelindung layar anti silau, yang kedua memaksimalkan aksesibilitas handphone dan yang terakhirr adalah dengan berteduh.


6. Menghindar dari Magnet

Sangat tidak dianjurkan pada setiap barang elektronik untuk didekatkan dengan magnet. Daya tarik yang dimiliki oleh magnet akan membuat layar sobat kosngosan menjadi buram, bergaris dan tak jarang hingga membuat layar memiliki bayangan bulat. Terlalu sering terpapar magnet juga akan mengakibatkan visual layar menjadi tidak presisi lagi.


7. Menjaga Kebersihan Layar

Dalam membersihkan layar kita harus memperhatikan material yang digunakan, jangan gunakan marerial yang kasar dan keras karena sifat layar yang cukup sensitif. Gunakan tissue atau kain dengan tekstur yang halus untuk membersihkan layar. Bersihkan sesering mungkin bila dirasa layar cukup kotor.


8. Gunakan Pelindung Anti Gores

Pemasangan anti gores layar pada handphone perlu dilakukan sebagai tindakan preventif untuk menghindari goresan, retak pada layara akibat terjatuh atau benturan, serta menghindarkan layar dari berbagai macam minyak, kotoran dan debu.

Saat memasang antigores, sebaiknya sobat kosngosan melakukan dengan seksama agar posisi antigores dapat sesuai dengan posisi layar.


9. Hindari Menyentuh Layar dengan Kuku

Memiliki kuku yang panjang tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan, namun bila kalian hendak menyentuh layar Amoled menggunakan kuku yang panjang sebaiknya berhati-hati.

Gesekan dari kuku tersebut dapat membuat layar tergores, lagipula sensitifitas layar HP dirancang khusus untuk kepekaan terhadap sentuhan kulit.


10. Ubah Tampilan Bar Navigasi

Agar layar Amoled tidak cepat burn in langkah lain yang dapat dilakukan adalah dengan mengubah-ubah tampilan bar navigasi. Gunakan beberapa aplikasi seperti Navbar apps bila kalian menggunakan on screen navigation bar.

Dengan bantuan aplikasi ini, tampilan navigation bari akan lebih bervariatif dan menarik. Sama seperti langkah-langkah sebelumnya, tujuan pergantian tampilan ini adalah agar tampilan layar tidak monoton.


11. Menggunakan Aplikasi Penggelap Layar

Selain menggunakan mode gelap yang telah disediakan otomatis pada perangkat, kalian juga dapat mendownload aplikasi untuk membuat layar menjadi lebih gelap pada playtsore.

Salah satu aplikasi penyedia layanan ini adalah Darker (Screen Filter). Sobat kosngosán bisa menggunakan aplikasi ini pada saat keadaan baterai mulai genting, hal ini akan membantu juga dalam perawatan layar Amoled.


12. Menghapus Aplikasi yang Tidak Penting

Seringkali aplikasi bawaan dari handphone banyak yang tidak terpakai, selain itu mungkin ridak sengaja kalian mendownload berbagai macam aplikasi yang tidak diperlukan pada saat menjelajah internet. Untuk itu, segera bersihkan aplikasi-aplikasi yang tidak diperlukan.

Dengan cara ini, RAM pada perangkat handphone akan tersisa lebih banyak dan daya kerja baterai tidak terasa berat. Baterai yang cepat habis akan membuat handphone cepat drop dan mempengaruhi performa layar.


13. Mengaktifkan Notifikasi AC Display

Cara kerja aplikasi ini adalah dengan memberikan notifikasi handphone pada lock screen. Sehingga pengguna dapat langsung mengambil tindakan saat ada notif masuk.

Sistem kerja seperti ini akan membuat daya baterai lebih hemat, lagipula tampilan pada Aplikasi AC Display Lock Screen Notification ini memberikan tampilan screen lock full hitam sehingga akan menghemat daya kerja layar dari hp sobat kosngosan


14. Mengatur Jadwal Hidup-Mati Otomatis pada Layar

Saat kita sedang tidak beraktifitas atau saat kebutuhan kita akan handphone tidak terlalu intens, ada baiknya untuk mengatur kapan akan mematikan atau mengaktifan layar. Dengan cara ini, pengguna dapat meminimalisir penggunaan baterai dan internet.

Cara untuk mengatur timeout pada layar adalah sebagai berikut, masuklah dalam menu pengaturan kemudian cari opsi ‘timeout’ bila perangkat berbahasa Inggris, atau carilah opsi ‘batas waktu’ bila perangkat berbahasa Indonesia.

Kemudian pilih berapa lama kalian ingin mengaktifkan layar, untuk waktu normalnya biasanya setiap 30 detik sampai 1 menit sekali layar akan mati.

Langkah lain untuk membuat tampilan layar mati secara otomatis adalah dengan masuk menu setting, lalu klik display, klik sleep dan tentukan batas waktu hidup dan mati layar seperti cara diatas. Saran sebaiknya aturlah menu timeout pada waktu tercepat.


15. Menggunakan Wallpaper Bergerak

Terapkan wallpaper yang dapat bergerak, cara ini dapat menjadi solusi bila kalian menginginkan menggunakan wallpaper dengan warna yang bervariatif namun tidak merusak pixel.

Berbagai macam wallpaper bergerak ini dapat di download melalui aplikasi yang ada di playstore atau langsung mengunduh di website yang menyediakan fasilitas wallpaper bergerak. Saat memasang sesuatu yang bukan bawaan dari perangkat, pengguna akan menemukan kelebihan dan kekurangan.

Apabila RAM memungkinkan untuk memasang live wallpaper maka akan menguntungkan dalam perawatan layar Amoled, namun bila RAM tidak cukup justru akan menghambat kerja touchscreen dan membuat layar lebih lambat bekerja.

Baca juga : Cara Buat Wallpaper Video tanpa Aplikasi


Bagian akhir

Layar menjadi bagian paling penting bagi smartphone dengan teknologi layar sentuh. Berbagai kegiatan termasuk bekerja atau belajar daring, berkomunikasi, dan mencari informasi, semuanya membutuhkan peran smartphone dalam pemanfaatan teknologinya.

Terutama pada layarnya ada berbagai teknologi, seperti TFT, IPS atau yang paling mahal Amoled atau Oled. Demikian pembahasan dari kosngosan.com kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini di sosial media kalian masing masing ya

Oleh rezaharahap