Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Membuat Wallpaper Video Tanpa Aplikasi

Bagaimana cara membuat wallpaper video tanpa aplikasi? Penggunaan wallpaper biasa kita jumpai hampir di seluruh pengguna smartphone baik Android maupun iPhone. Gambar statis yang dipasang di hp pintar ini umumnya tampil di halaman menu utama (home screen) maupun di layar kunci (lockscreen). Seiring dengan perkembangan fitur smarpthone yang semakin canggih, maka penerapan tampilan wallpaper di ponsel juga semakin beragam dan menarik. Salah satunya bisa dengan format video pendek yang bisa diambil dari berbagai source

Jika dulu umumnya sobat kosngosan hanya bisa menggunakan gambar yang statis untuk diterapkan sebagai wallpaper, maka sekarang, beberapa smartphone sudah mampu menerapkan wallpaper dengan format animasi, baik berupa gif, live wallpaper dan bahkan video.

Sebenarnya, live wallpaper juga hampir sama dengan format video, hanya saja pada beberapa jenis smartphone tertentu, fitur dan gambar yang disediakan masih cukup terbatas. Artinya, gambar yang digunakan hanya bisa diambil dari penyimpanan ponsel saja.

Namun sebetulnya semua itu tergantung dengan model dan merk ponsel yang dimilki. Apabila memang pada dasarnya, handphone yang kamu miliki sudah memumpuni untuk menjalankan fitur live wallpaper, maka kamu hanya tinggal menerapkannya saja pada settingan pada smartphone.


Cara Membuat Wallpaper Video tanpa Aplikasi

cara buat wallpaper video tanpa aplikasi

Beda halnya lagi jika handphone kamu masih tidak mendukung fitur tersebut, maka kamu harus mengakalinya dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di playstore atau apple store

Jika ponselmu memang sudah mendukung fitur live wallpaper, kamu tidak perlu memasang aplikasi lain lagi sebagai fitur tambahan. Lalu bagaimana sih cara membuat video wallpaper tanpa aplikasi tambahan di ponselmu? Berikut penjelasannya :


1. Membuat Wallpaper Video dari Camera HP

Pertama, kamu bisa membuat wallpaper dari video langsung yang berasal dari rekaman kamera hp mu. Kamu bisa merekam pemandangan alam, pantai, kebun, sawah dan lainnya dari kamera hp. 

Tentu saja ini butuh kemampuan videografi yang mumpuni bermodal kan kamera hp. Selain itu kamu juga bisa membaca Cara Membuat Video Aesthetic, pastikan pencahayaan nya juga bagus, dan kamera hp mu juga bisa mendukung untuk itu.


2. Membuat Wallpaper Video dari TikTok

Pilihan kedua yang menjadi favorit mimin adalah mendapatkan video aesthetic dari tiktok. Banyak akun tiktok yang memberikan video wallpaper gratis yang bisa kamu download sepuasnya. Kamu tinggal cari saja akun tiktok yang menyediakan live wallpaper tersebut.

Tapi kamu pasti bertanya, bagaimana cara menghilangkan watermark video tiktok nya? Atau buat kalian yang sering menemukan akun yang private dan tidak bisa didownload videonya langsung dari hp, maka kamu bisa menonton cara download video tiktok tanpa watermark dan diprivasi di channel youtube kosngosan dibawah ini


3. Membuat Wallpaper Video dari YouTube

Selain dari tiktok, kamu juga bisa download video dari youtube. Ada banyak video di youtube yang keren dan bisa dijadikan sebagai wallpaper, seperti video intro animasi, anime dari jepang, pemandangan alam, scene film dan sebagianya.

Kamu tinggal search di pencarian dan dapatkan videonya. Cara download video youtube pastinya kamu sudah tahu bukan?

Kalau belum, sobat kosngósan tinggal copy url video youtube, kemudian tinggal buka tab baru, cari di youtube dengan pencarian "Download Video Youtube", nanti ada banyak situs yang menyediakan layanan download video youtube, tinggal paste kan url nya dan unduh, akan otomatis tersimpan di galeri hp mu


4. Membuat Wallpaper Video dari Instagram

Instagram tidak hanya menyediakan foto yang aesthetic sebagai wallpaper, tetapi juga ada video pendek yang berdurasi maksimal 3-15 detik untuk post biasa, 30-60 detik untuk reels dan bisa lebih lama untuk IGTV.

Jadi kamu bisa unduh berbagai konten visual dari IG itu dengan gratis, caranya hampir sama dengan mendapatkan video dari youtube. Hanya saja setelah kamu copy URL post instagramnya, pergi ke google dan cari "Download Video Instagram" ada banyak layanan yang bersebaran di internet


5. Membuat Wallpaper Video dari Facebook

Facebook juga banyak memberikan konten video yang bisa kamu ambil dan donwload untuk dijadikan sebagai wallpaper di hp. Kamu bisa copy url postingan facebook dan paste kan ke layanan download video facebook yang banyak tersebar di internet. Cara ini hampir sama dengan cara sebelumnya.


6. Membuat Wallpaper Video dari Internet

Sumber lain yang tidak bisa disebutkan, tapi pada umumnya kamu bisa ambil video dari situs website. Saran mimin bila kamu mengambil video pakai laptop atau komputer, pakai IDM (Internet Download Manager) saja, karena lebih mudah dan tidak bikin ribet.

Karena kamu tinggal download tombol download yang muncul pada layar pop up di laman website. Untuk menyimpannya, kamu bisa transfer ke smartphone pakai bluetooth atau transfer USB kabel data


7. Cara Setting Wallpaper Video di HP

Langkah pertama :

Hal pertama yang harus dipersiapkan adalah video nya. Kamu bisa dapatkan dari download video dari tiktok, youtube atau sumber lain di internet dan sosial media. Kemudian silahkan buka smartphone dan pergi ke menu galeri


Langkah kedua :

Kemudian buka aplikasi galeri dan pilih video mana yang akan kamu terapkan sebagai wallpaper nantinya. sobat kosngosan bisa memilih baik dari format gif atau video animasi pendek.


Langkah ketiga :

Nah setelah halaman terbuka, kamu akan menemukan beberapa menu yang ditampilkan di bagian bawah gambar, gif atau video yang telah kamu pilih tadi.


Langkah keempat :

Pada bagian menu paling kanan, silahkan klik simbol titik tiga. Kemudian, akan muncul beberapa menu baru lagi. Silahkan saja kamu pilih sub menu yang bertuliskan “setel sebagai wallpaper video”.


Langkah kelima :

Jika telah di klik akan muncul halaman peringatan baru lagi, pilih saja pada tombol “terapkan”. Setelah kamu pilih terapkan, akan diberikan menu baru lagi berupa pilihan, dimanakah wallpaper tersebut akan kamu pasang?

Apakah wallpaper tersebut akan kamu jadikan sebagai layar utama (home screen), screen saver atau layar kunci, ataukah kedua pilihan tersebut.


Langkah keenam :

Tentukan saja sesuai dengan keinginanmu lalu klik ok. Sekarang kamu sudah berhasil membuat wallpaper video di hp mu tanpa aplikasi dan fitur tambahan. Kamu bisa melihat tampilannya di layar utama atau layar kunci yang telah kamu setting sebelumnya. Selesai.


8. Cara Lain atur Wallpaper Video

Atau kamu bisa menerapkan cara ini, pertama – tama buka jendela pengaturan lalu pilih menu display – wallpaper. Kemudian kamu hanya tinggal memilih saja video mana yang ingin kamu jadikan wallpaper.

Maka secara otomatis, video/gambar tadi sudah terpasang di ponsel kamu. Biasanya beberapa merk smartphone ternama sudah mendukung untuk menggunakan video sebagai live wallpaper. Diantaranya seperti Samsung, Xiaomi, Huawei, Google Pixel dan lain sebagainya.


Kelebihan dan Kekurangan Wallpaper Video

Tentu dengan adanya wallpaper bergerak atau live wallpaper ini, akan membuat tampilan handphone menjadi lebih keren dan tidak membosankan bagi penggunanya. Terutama bagi mereka yang bekerja full time dengan menggunakan ponsel.

Dalam menggunakan wallpaper bergerak ini sebenarnya juga ada kelebihan dan kekurangan yang bisa sobat kosngosàn dapatkan loh! Karena seperti yang kita tahu, pasti semua hal selalu memilki dampak positif dan negatif dalam setiap penggunaannya.

Dengan demikian hal ini dapat kamu jadikan pertimbangan sebelum kamu benar – benar memutuskan untuk menggunakan video sebagai wallpaper hp kamu. Berikut penjelasan lebih lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan yang akan kamu dapatkan dalam penggunaan live wallpaper :


Kelebihan dalam Menggunakan Wallpaper Video

1. Tampilan Ponsel Akan Terlihat Lebih Keren

Dengan menerapkan wallpaper video pada handphone, tentu akan membuat tampilan layar menjadi lebih kece dan keren. Hal ini karena tampilannya akan terlihat berbeda dengan wallpaper orang lain. Selain itu, wallpaper bergerak akan membuat suasana hp mu menjadi lebih hidup dan menyenangkan.

Cocok bagi kamu yang jenuh dan bosan dengan opsi wallpaper yang hanya itu – itu saja. Untuk saran, pilihlah video yang lebih berwarna atau mengandung makna – makna tertentu yang kiranya terkesan aesthetic saat dijadikan wallpaper nantinya. Hal itu akan membuatnya menjadi lebih menarik dan sedap untuk dipandang.


2. Menampilkan Banyak Hal Baru yang Lebih Berkesan

Sudah menjadi hal yang biasa jika menjadikan foto yang istimewa sekalipun menjadi wallpaper hp kamu. Namun akan menjadi lebih keren lagi jika kamu mencoba menggunakan video menjadi tampilan layar ponselmu sekarang.

Hal itu akan membuat tampilan hp menjadi lebih berwarna dan berkesan. Kamu bisa memilih video – video yang berisikan momentum atau kenangan yang berharga bagi kamu. Misalnya dengan teman, sahabat, pacar, atau keluarga. Tentunya akan sangat menarik bukan jika dapat melihatnya setiap hari dalam tampilan ponselmu?


3. Tidak Cepat Bosan dengan Tampilan Yang Itu – Itu Saja

Dalam kesehariannya, tentu ada banyak hal yang membuat kalian harus terus menatap layar ponsel bukan? Nah, tentunya dengan tampilan yang berbeda ini akan membuat kalian menjadi tidak gampang jenuh dan bosan untuk berlama – lama menatap layar ponsel. Hal ini secara tidak langsung juga membuat kalian lebih termotivasi dalam menjalankan aktivitas setiap harinya.


4. Tampil Beda

Sudah dapat dipastikan jika menggunakan wallpaper video pada hp kamu, maka tampilan hpmu juga akan berbeda dengan milik orang lain. Karena seperti yang kita tahu, sebagian besar orang sudah terbiasa menggunakan foto atau gambar sebagai wallpaper mereka.

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tentunya hal sederhana ini dapat kalian terapkan sebagai sarana berekspresi untuk mempersonalisasikan ponsel kalian dari orang lain. Nah menarik bukan? Jadi, tertarik untuk menggunakan video sebagai wallpaper kamu?


Kekurangan Menggunakan Wallpaper Video

Selain banyak kelebihan yang bisa sobat kosngosan dapatkan, ada juga kekurangan lain yang ada di balik penggunaan wallpaper video ini. Diantaranya adalah :

1. Boros pada Daya Ponsel / Baterai

Menjadikan video pada wallpaper kita tentunya sangat menarik dan mengasyikkan. Namun yang harus dipertimbangkan sebelum benar – benar menggunakannya adalah, hal ini dapat menghabiskan daya konsumsi pada baterai lebih banyak daripada saat kalian tidak menggunakan wallpaper video. Apalagi jika kapasitas daya hp masih rendah, tentunya hal ini akan membuat kamu harus terus – menerus mengecas ponsel.


2. Penggunaan RAM dan CPU Lebih Meningkat

Selain pada konsumsi baterai, penggunaan wallpaper video juga berpengaruh pada RAM dan CPU handphone. Oleh sebab itu, hp kalian bisa menjadi lebih lemot daripada biasanya. Terutama bagi kamu yang hpnya masih memiliki spesifikasi rendah. Tentunya akan sangat membebani dan membuat kinerja ponsel akan lebih berat.

Baca juga : Cara Mempercepat Loading Android tanpa Root


Kata Penutup

Smartphone android dan iphone juga bisa menjadi salah satu bentuk hiburan. Tidak hanya dari scrool media sosial atau dari bermain game. Mengganti wallpaper dan tema juga bisa membuat mood sobat kosngosan.com menjadi lebih baik ketika membuka smartphone sehari hari.

Semoga saja tips dan langkah sederhana diatas bisa bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini supaya teman mu yang lain juga bisa mengikuti nya. Terimakasih

Oleh rezaharahap