Cara Sederhana Mempercepat Loading Smartphone Android Tanpa Root Work 100%

Cara Sederhana Mempercepat Loading Smartphone Android Tanpa Root Work 100%

cara mempercepat loading smartphone
Kamu punya Smartphone Android dengan kapasitas RAM yang mampet? Sering loading lama dan lelet tidak menentu, maka kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mempercepat kinerja gadget mu tersebut, tanpa harus repot repot melakukan teknik Root yang terkadang justru membuat HP menjadi error karena menghilangkan lisensi dan garansi dari android mu. Penasaran? Yuk silahkan simak terus pembahasan kita selanjutnya.

Seubrek problematika HP pintar Android memang beragam, spesifikasi HP kita sendiri juga sangat mempengaruhi kinerja HP android saat akan mengakses suatu aplikasi. Logikanya, semakin tinggi spek smartphone kita, semakin bebas kita menginstal dan menjalankan berbagai aplikasi. Dan tentunya semakin mahal pula harganya. Oleh karena itu bagi kalian yang punya hp dengan spesifikasi kurang, maka aplikasi adalah hal yang harus diperhatikan.

Perkembangan aplikasi dan banyaknya pengguna smartphone Android saat ini menjadikan kamu harus pintar pintar dalam memilih jenis smartphone dan aplikasi yang benar benar cocok untukmu. Selain itu, penyedia aplikasi akan selalu memperbaharui aplikasi buatanya untuk memperbaiki fitur dan melengkapi kekurangan versi sebelumnya. Namun, hal yang paling dirugikan adalah ketika spesifikasi hp kita ternyata hanya tetap segitu, sementara kapasitas yang dibutuhkan oleh aplikasi hampir dipastikan selalu membutuhkan perluasan. Seperti misalnya ketika kamu mendownload aplikasi dan game di play store.

Baca juga : Cara Kreatif Membuat Story Instagram Lucu Yang Bikin Ngakak

Ini secara langsung akan mempengaruhi Hp Android milikmu, terlebih apabila hanya memiliki spesifikasi yang di bawah rata-rata. Ibaratnya, kamu tidak akan bisa menampung satu truk pasir hanya dengan menggunakan satu gerobak pasir biasa. Kamu hanya bisa menggunakan berbagai teknik dan cara untuk menghemat kapasitas ruangan penyimpanannya sehingga masih bisa melakukan berbagai kegiatan di smartphone mu.

Sebagai salah satu akibatnya, maka loading (waktu tunggu) dari setiap pembukaan aplikasi dan menghidupkan smartphone akan terasa lelet, karena kapasitas nya juga hampir memenuhi batas. Selain itu, sering kamu akan merasakan peningkatan suhu atau temperatur pada body terlebih bila body smartphonemu terbuat dari metal. Hal hal tersebut sebenarnya bisa kamu atasi apabila kamu menerapkan beberapa tips dibawah ini, seperti :

Panduan Mempercepat Kinerja Smartphone Android Tanpa Root

Disini mimin akan memberikan tips bagaimana mempercepat dan memperingan kinerja Hp Android milikmu tanpa melakukan akses root :

cara mempercepat loading smartphone


1. Manfaatkan Aplikasi dan Fitur Default dari Android

Gunakan fitur bawaan android untuk setiap melakukan aktifitas pembersihan chace dan uninstall aplikasi. Jangan memasang aplikasi pihak ketiga seperti misalnya menginstall CCleaner, Mastercleaner dan lainnya. Kamu bisa melakukannya secara default dengan cara menghapus cache dalam penyimpanan melalui menu Settings - Penyimpanan Hapus Cache

Kenapa harus menggunakan fitur bawaan dari Android ini? Logikanya adalah semakin banyak aplikasi yang terinstall di gadget mu, maka semakin lambat kinerjanya. Kamu harus benar benar selektif dalam memilih aplikasi yang benar benar dibutuhkan. Kalau sudah ada fitur bawaan, untuk apa menggunakan aplikasi lainnya?

2. Hanya Install Aplikasi Penting dan Benar Benar Digunakan

Seperti yang mimin katakan sebelumnya, kamu yang menggunakan smartphone yang memiliki kualifikasi terbatas, harus menginstall aplikasi yang hanya benar benar dibutuhkan oleh mu.  Pilihlah aplikasi media sosial atau chatting yang senantiasa kamu gunakan. Bila ada aplikasi yang sudah sebulan tidak kamu buka, maka mimin sarankan untuk segera menghapus aplikasi tersebut sesegera mungkin.

3. Gunakan Aplikasi Lite dan Bawaan dari Android / Pabrikan Smartphone

Gunakan Aplikasi lite dan bawaan dari android, seperti Facebook Lite dan Browser bawaan dari Android. Walaupun tampilannya terlihat sederhana, namun ini lebih baik karena akan menghemat space RAM di Smartphone-mu. Termasuk jangan menggunakan aplikasi operator seluler untuk cek kuota (cukup tekan kodenya di phone) atau aplikasi marketplace untuk shooping (bisa pakai browser saja)

4. Disable / Non-aktifkan Aplikasi Bawaan Google

Bila ada aplikasi bawaan seperti Google dan turunannya (Gmail, Youtube, Chrome dll) yang tidak kamu gunakan, dan biasanya aplikasi ini tidak bisa di uninstall secara penuh, maka pilih saja opsi "Disable", bersihkan cache dan hapus informasi didalamnya. Ini akan membuat aplikasi tersebut tetap tersedia di smartphone mu, akan tetapi tidak akan terlalu membebani space RAM mu karena sudah dinon-aktifkan dan dikosongkan datanya.

5. Monitoring Kapasitas Space Internal dan Eksternal

Kamu harus selalu memantau status space memori internal dan eksternal smartphone milikmu. Kamu bisa lihat di Settings - Storage Akan ada status terkini mengenai memori yang kamu pakai dan memori yang masih tersedia. Pastikan untuk selalu memberikan ruang kosong yang cukup sebesar 25% untuk berjaga-jaga dan membuat kinerja Smartphone-mu tetap prima.

Hapus file - file sampah yang tidak lagi kamu gunakan, seperti foto - foto alay, video film yang sudah kamu tonton, APK yang sudah kamu install, musik yang ketinggalan zaman dan berbagai ekstensi file lain yang keberadaannya sudah tidak berguna lagi.

6. Tidak ada jalan lain, Segera Root Smartphone-mu!

root smartphone android

Jika dengan kelima langkah tersebut belum berdampak secara signifikan terhadap smartphone mu, maka cara terakhir yang terbaik mungkin adalah dengan melakukan Root. Ada berbagai tutorial root hp di internet sesuai dengan tipe dan jenis smartphone androidnya.
Penting untuk kamu ketahui, bahwa melakukan root berarti telah melepas segel pabrik, melepas garansi juga. Konsekuensi terbesarnya adalah bila hp mu rusak, kamu tidak akan bisa melakukan klaim garansi lagi. Namun kelebihannya, kamu bisa dengan bebas hati menguninstall aplikasi apapun, termasuk bawaan android sekali pun.

Beli Smartphone Baru

At last, Root hanyalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan. Bila tetap saja masih dirasa tidak ada pengaruh sama sekali, berarti itu tandanya mulailah menabung dan membeli smartphone baru dengan kapasitas RAM dan ROM yang lebih memadai. Ada banyak pabrikan android yang menawarkan RAM 3 GB an dengan harga dibawah 2 jutaan kok. Kamu juga harus mulai memikirkannya.

Demikian artikel pembahasan kita mengenai Cara Sederhana Meringankan Loading Smartphone Android Tanpa Root Work 100% kali ini, semoga dapat menginspirasimu dalam merawat dan menjaga kinerja hp mu. Kalau bukan kamu yang menjaga, terus siapa lagi? Berikan pendapatmu tentang tips diatas, bila kamu masih punya beberapa diantaranya, kamu bisa memberi tahu mimin pada kotak komentar dibawah ini !

Buka Komentar