Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot serta Hilang Tiba Tiba

Cara Mengatasi Jaringan Indosat Lemot serta Hilang Tiba Tiba

Baca juga :

solusi jaringan lemot indosat
Kamu pengguna jaringan Indosat oreedo tentunya tidak ingin mengalami kehilangan atau kelemotan sinyal. Pada kali ini kita akan membahas langkah solusi untuk mengatasi jaringan operator Indosat yang mengalami gagal sinyal atau lelet. Simak terus pembahasan nya agar dapat menikmati layanan paket yang terbilang cukup murah ini.

Operator yang identik dengan warna kuning ini selalu menawarkan paket internet yang terbilang murah. Tidak hanya itu untuk paket telepon dan SMS baik sesama operator maupun di luar operator juga banyak yang cocok untuk kantong mahasiswa. Oleh karena itu banyak kalangan yang menggunakan operator kuning ini.

Siapa yang tahu dengan perkembangan perusahan telekomunikasi Indosat ini di tanah air? mimin akan menjelaskan secara singkat mengenai sejarahnya. Didirikan sejak november 1967yang pertama merupakan perusahaan bermodal asing oleh pemerintah Indonesia bernama PT Indonesian Satellite Corporation Tbk. Sejak ahun 1980 Indosat berubah menjadi BUMN. Sampai pada akhir tahun 2008 saham milik negara tinggal 14.3% saja, dan sisanya sebanyak 65% telah dibeli oleh perusahaan Qtel.

Hingga kini Indosat oreedo telah menjadi salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air yang bersaing dengan telkomsel, xl axiata dan juga 3 tri. Harga paket yang ditawarkan bervariasi dan terjangkau yang membuat operator ini begitu dilirik kaum muda yang memang membutuhkan kuantitas disamping kualitas.

Namun tidak selamanya kualitas jaringan bisa terjaga, apalagi dengan kondisi alam indonesia yang memang mengharuskan berbagai perusahaan telekomunikasi membangun tower sinyal di berbagai titik di daerah daerah terpencil. Bila kamu tinggal di kota memang tidak merasakan permasalahan jaringan ini, namun percayalah saudara kita yang ada di pinggiran dan terpelosok sangat mendambakan sinyal yang berkualitas ini.

Pembahasan kita kali ini fokus kepada kalian yang tinggal di perkotaan dengan kualitas sinyal yang bisa dibilang lebih baik. Karena untuk masalah jaringan di pelosok, itu beda lagi solusi yang mimin tawarkan. karena sudah termasuk pada permasalahan teknis yang memang harus diselesaikan dengan pembangunan fasilitas.

Sebenarnya ada banyak cara untuk setting jaringan internet indosat biar kenceng. Namun Mimin akan memberikan beberapa tips yang terbilang cukup sederhana untuk dilakukan bahkan untuk kamu yang malas untuk keluar rumah hanya karena mengalami kegagalan sinyal. 


Seperti misalnya melakukan cara-cara berikut ini :

Cara mengatasi internet lemot indosat pertama adalah dengan memastikan bahwa pengaturan jaringan di Smartphone mu sudah diset ke tipe jaringan 4G

Pergilah ke pengaturan utama (settings), pilih network atau jaringan, kemudian pilihlah opsi prefered network type (tipe jaringan yang disukai) dan pilihlah mode prefer jaringan 4G. Untuk smartphone yang sudah support dengan 4G, ada tiga pilihan yaitu prefer LTE, prefer 3G dan prefer 2G. untuk kondisi yang prima maka pilihlah jaringan 4G yang memang membuat akses internet kencang.

Cara mengatasi gangguan jaringan indosat yang kedua adalah dengan menambahkan stiker penguat sinyal atau antena penguat sinyal dari bahan-bahan berikut ini

Memakai stiker penguat sinyal bisa meningkatkan kemampuan smartphone dalam menangkap sinyal indosat. Caranya bukalah casing belakang smartphone mu dan tempel dibagian dalam dekat baterai. Untuk petunjuk lengkapnya bisa kamu lihat di google.

Nah selain stiker penguat sinyal, kamu juga bisa membuat antena penguat sinyal sederhana dari bahan bahan bekas seperti kaleng minuman. Untuk membuat antena kaleng sederhana tersebut, kamu cukup mempersiapkan bahan dasar seperti kaleng bekas minuman, gabus, paralon 1/2", baut, gunting, cuter, kabel UTP atau LAN serta paku. Kamu bisa melihat panduan pembuatannya di youtube atau google.

Cara mempercepat koneksi indosat ooredoo yang ketiga adalah dengan memaksa jaringan di smartphone dengan mengakses kode berikut

Tekan kode *#*#4636#*#* di dial phone smartphone mu untuk masuk ke mode enginering khusus jaringan. Setelah itu pilihlah phone information untuk masuk ke pilihan "Set prefered network type". Pilih jaringan LTE Only untuk membuat smartphone hanya menangkap jaringan 4G saja dan mengabaikan jaringan dengan tipe yang lain.

Hal ini berarti kamu telah memaksa hp agar memilih 4G saja. dengan begitu kinerja akan lebih efisien. Tapi perhatikan juga bahwa indosat di daerahmu sudah bisa diakses dengan jaringan 4G dengan stabil serta kondisi alam tidak mengganggu sinyal.

Pastikan bahwa Cuaca dan kondisi tempat tinggalmu itu tidak mengganggu datangnya sinyal

Terkadang sinyal / jaringan indosat memang mengalami hilang atau lemot karena faktor kondisi alam seperti hujan, badai dan petir yang kuat. Jadi bila kamu mengalami masalah pada kondisi tersebut ada baiknya tunggu sampai kondisi normal kembali. Bila memang masih lemot atau hilang, maka kamu bisa melakukan langkah berikutnya ini.

Lakukan pembersihan cache, file dan aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi

cara mengatasi jaringan indosat lemot

Cache adalah memory berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara). Baik Cache, history, file sampah dan aplikasi yang jarang dipakai adalah faktor yang membuat smartphone memiliki kinerja buruk, termasuk kemampuan menangkap sinyal. Segera hapus semuanya dengan aplikasi pembersih yang bisa kamu install di google play atau apple store secara gratis. Jangan biarkan kinerja smarphone mu lelet hanya karena faktor yang sepele tersebut. Ini juga bisa menjaga kesehatan smartphone mu dalam jangka panjang. 

Hubungi customer service dari Indosat untuk melaporkan permasalahan terkait jaringan

Bila memang masalah mu masih belum terselesaikan dengan semua langkah diatas, maka kamu perlu menghubungi pihak indosat untuk segera mendapatkan solusinya. Kamu adalah konsumen yang punya hak dalam melaporkan setiap permasalahan yang terjadi seputar jaringan. Kamu bisa menghubungi pihak indosat oreedo dibawah ini :

(021) 54388888
+6221 3000 3000
+6221 5438 8888
CS@indosatooredoo.com
@IndosatCare

Menunggu dan melakukan kegiatan positif lainnya

Ini merupakan langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi gagal sinyal. Mungkin hikmahnya kamu bisa sedikit mengurangi ketergantungan smartphone dan mulai mengerjakan hal-hal positif apa saja yang bisa dilakukan di saat itu.

Jadi setelah melakukan beberapa langkah diatas tersebut mimin berharap pertanyaan seperti kenapa jaringan internet indosat lemot atau sinyal indosat jelek sudah bisa teratasi dengan baik. 

Sekian yang bisa Mimin berikan, mengenai cara mengatasi sinyal Indosat yang mengalami kerusakan serta hilang tiba-tiba. Semoga dengan mengikuti langkah diatas kamu bisa menikmati sinyal Indosat dengan nyaman tanpa hambatan yang berarti. Terakhir Jangan lupa untuk memberikan masukan melalui kotak komentar di bawah ini.

Buka Komentar