6 Cara Terbaru Mengatasi Jaringan 3 Hilang Tiba Tiba dan Lemot

6 Cara Terbaru Mengatasi Jaringan 3 Hilang Tiba Tiba dan Lemot

memperbaiki jaringan 3 lemot
Jaringan atau sinyal 3 (Tri) kamu tiba tiba hilang atau mengalami ke-lemotan yang hakiki? Masalah ini memang menjadi hal yang menyebalkan untuk pengguna hp khususnya smartphone. Karena selain tidak bisa ber-internetan, kamu juga pasti tidak bisa menerima panggilan dan mengirim pesan sama sekali. Nah kali ini kosngosan akan membahas mengenai trik untuk menghilangkan permasalahan tersebut.

3 (Three) adalah salah satu operator seluler yang cukup terkenal di Indonesia. Saat ini 3 memang menawarkan berbagai macam paket internet sms dan telepon yang terjangkau bagi masyarakat luas. tapi jangkauan operator 3 ini mungkin tidaklah sebagus jangkauan Si Merah. namun tetap saja operator ini menjadi Primadona bagi orang-orang yang memang membutuhkan layanan internet yang terjangkau dan memiliki kualitas yang lumayan di perkotaan

Bila kamu seorang pemakai 3 pasti pernah mengalami yang namanya gangguan jaringan atau sinyal. mungkin ini juga berlaku untuk operator lain karena memang tidak ada operator dengan kualitas jaringan atau sinyal yang sempurna, sehingga kita konsumen lah yang harus pintar-pintar dalam memilih layanan operator ini

Baca juga : Cara Mencari Paket Data Murah Berkualitas

Seperti misalnya ketika jaringan 3 mengalami susah sinyal atau lemot yang membuat akses internet di smartphone kita terganggu. Tentunya kita sebagai pemakai sangat tidak ingin mengalami Kejadian ini. Selain merugikan karena membuang waktu kita mencari cari sinyal, lemotnya sinyal juga berpengaruh terhadap penurunan pengalaman pengguna.

Sejarah perusahaan operator 3 di Indonesia

Sebenarnya operator 3 merupakan operator seluler internasional yang telah ada di banyak negara eropa, asia dan australia, dan salah satunya di Indonesia. Perusahaan Operator Tri dioperasikan oleh PT Hutchison Charoen Pokphand Telecom (HCPT). Untuk pertama kalinya, jaringan 3 dipergunakan untuk wilayah jangkauan terbatas di DKI Jakarta pada tanggal 29 Maret 2007 silam.

Hingga kini, Tri telah menjadi salah satu perusahaan jaringan seluler terbesar di tanah air. Banyak layanannya yang terbilang murah dan terjangkau seperti paket internet, telepon dan sms.

Untuk cara mengecek paket dan mendapatkan update informasi seputar promo 3 bisa mengunduh aplikasi BimaTri nya di Playstore dan Apple Store.

Ada beberapa cara dan tips untuk menghindari susah sinyal atau bahkan hilang sinyal secara tiba-tiba. Di antara nya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan pengaturan jaringan di smartphone kamu sudah diatur ke tipe jaringan 4G

Untuk smartphone Android, sebenarnya ada cara untuk mengatur jaringan di perangkat kesayanangmu itu. Biasanya ada di pengaturan jaringan. Bila gadget mu support dengan jaringan LTE (4G)  maka ada tiga pilihan yang bisa kamu tentukan yaitu
  • jaringan 2G (untuk menelepon dan sms saja), 
  • jaringan 3G (generasi yang lebih baik dan bisa internetan tapi dengan kecepatan standar)
  • jaringan 4G (untuk akses internet yang lebih cepat)
Lalu sesuaikan dengan kebutuhan mu saat ini. Bila kamu memang perlu internetan kencang, smartphone mu support 4G, kamu juga berada didaerah yang terjangkau sinyal 4G nya 3, maka aktifkan pilihan yang terakhir. Ini akan memakan waktu bebera detik sehingga smartphonemu akan hanya menangkap sinyal 4G saja dan mengabaikan jenis jaringan lainnya.

2. Pindahlah ke tempat yang lebih tinggi dan lebih terbuka agar persentase penerimaan sinyal lebih tinggi

Terdengar klise memang, tapi ini menjadi salah satu penyebab sinyal di hp mu mengalami keleletan. Jangan salahkan pihak operator bila memang lokasi tempat tinggalmu terletak di daerah yang memang sulit untuk di cover tower pengirim sinyal. Oleh karena itu pindah ke tempat yang lebih terbuka dan tinggi menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba bila memang masih mengalami kegagalan jaringan. 

3. Buatlah alat penguat sinyal sederhana dari barang-barang bekas berikut ini

Ada banyak alat penguat sinyal yang bisa kamu coba, mulai dari yang moderen seperti stiker penguat sinyal yang dijual di konter konter, atau alat tradisional yang mengandalkan barang barang bekas seperti antena wajan atau kaleng alumunium minuman bekas.

Baca juga : Daftar Aplikasi Anak yang Harus di Instal di Gadget

Untuk membuat antena kaleng sederhana, kamu harus mempersiapkan alat alat seperti kaleng bekas minuman, Gabus, Paralon 1/2", Baut, Gunting, Cuter, Kabel UTP atau LAN dan Paku. Kamu bisa melihat berbagai tutorial pembuatanya di youtube atau googling lengkap.

Namun jika kamu tidak ingin repot membuat nya, kamu cukup membeli antena penguat sinyal yang dijual banyak di market place seperti bukalapak dan tokopedia dengan harga ratusan ribu tergantung kemampuan nya dalam meningkatkan sinyal.

4. Faktor keadaan cuaca pada saat itu

Cuaca memang sangat berpengaruh terhadap kualitas sebuah jaringan telekomunikasi. Tidak terkecuali dengan kartu tri. pastika kamu memang terbebas dari keadaan cuaca yang buruk seperti hujan deras dan petir. Bila kedua fenomena alam ini terjadi, bukan tidak mungkin sinyal 3 mengalami hilang tiba tiba. Namun ini akan kembali normal bila cuaca kembali cerah seperti biasanya.

5. Paksa jaringan 4G untuk muncul


paksa jaringan 4G

Ini adalah salah satu trik yang mimin terapkan di hp android kepunyaan mimin sendiri. Untuk masuk ke mode jaringan android, kamu bisa menekan kode  "*#*#4636#*#*" tanpa tanda kutip pada akses telepon.

Kemudian pilih "phone information" sesuai kartu. Setelah itu scrool kebawah untuk menemukan pilihan "Set prefered network type" menjadi LTE Only.

Hal ini berbeda dengan pengaturan di setting utama tadi seperti pada langkah pertama. Ini akan memaksa hp mu untuk menerima sinyal 4G saja. Kekurangannya, apabila sinyal 4G di daerahmu tiba tiba hilang, maka kamu tidak akan bisa beralih ke sinyal 3G ataupun 2G.  Tapi tenang saja, ini akan kembali normal bila kamu merestart ulang hp milikmu. 

5. Hubungi pihak 3 Tri Apabila masih mengalami kendala susah sinyal atau hilang sinyal secara tiba-tiba

Bila semua langkah diatas sudah kamu lakukan namun masih kurang puas juga, maka ada baiknya kamu segera menghubungi pihak tri untuk mengadukan berbagai permasalahan mu itu. Jangan pendam sendiri.  Kamu bisa menghubungi Call Center 3 di nomor  :
  • 123 (tarif 300 rupiah per panggilan untuk prabayar)
  • 0896 44000 123 (berbayar)
  • atau email ke 3Care@three.co.id
Pihak 3 akan memberikan solusi secepat mungkin dari permasalahan yang menimpamu. Ikuti setiap instruksi yang dikatakan oleh mbak mbak cs-nya. Jangan lupa untuk memberikan informasi data diri mu terlebih dahulu agar mereka mencek di database yang ada.

Berdoa sembari menunggu

Mungkin ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan apabila sudah melakukan semua langkah yang Mimin berikan. Jangan berdoa kamu akan lebih tenang dan melupakan masalahmu sejenak. So, dengan demikian kamu lebih dekat dengan Tuhan dan melupakan sejenak smartphone mu.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Solusi dan Cara Mengatasi Jaringan 3 Hilang Tiba Tiba dan Lemot Terbaru 2018 kali ini. Semoga dengan mengikuti tips diatas, kamu bisa mendapatkan kenikmatan sinyal tanpa masalah yang memang menjadi dambaan semua orang, apalagi mimin sendiri. Jangan lupa berikan reaksi kalian terhadap postingan diatas dengan memberikan komentar dibawah ini.