Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12 Cara Mengatasi Jaringan 3 Hilang Tiba Tiba dan Lemot

Bagaimana cara memperbaiki dan mengatasi jaringan sinyal 3 (tri) kamu yang jelek, tiba tiba hilang atau mengalami lemot? Masalah ini memang menjadi hal yang menyebalkan untuk pengguna kartu 3, khususnya pengguna android dan iphone.

Karena selain tidak bisa ber-internetan, kamu juga pasti tidak bisa menerima panggilan dan mengirim pesan sama sekali. Nah kali ini kosngosan akan membahas mengenai panduan untuk menghilangkan permasalahan tersebut.

3 (Tri) adalah salah satu operator seluler yang cukup terkenal di Indonesia. Saat ini 3 memang menawarkan berbagai macam paket internet sms dan telepon yang terjangkau bagi masyarakat luas. tapi jangkauan operator 3 ini mungkin tidaklah sebagus jangkauan Si Merah.

Namun tetap saja operator ini menjadi Primadona bagi orang-orang yang memang membutuhkan layanan internet yang terjangkau dan memiliki kualitas yang lumayan di perkotaan

Bila kamu seorang pemakai 3 pasti pernah mengalami yang namanya gangguan jaringan atau sinyal. mungkin ini juga berlaku untuk operator lain karena memang tidak ada operator dengan kualitas jaringan atau sinyal yang sempurna, sehingga kita konsumen lah yang harus pintar-pintar dalam memilih layanan operator ini

Seperti misalnya ketika jaringan 3 mengalami susah sinyal atau lemot yang membuat akses internet di smartphone kita terganggu.

Tentunya kita sebagai pemakai sangat tidak ingin mengalami Kejadian ini. Selain merugikan karena membuang waktu kita mencari cari sinyal, lemotnya sinyal juga berpengaruh terhadap penurunan pengalaman pengguna.

Baca juga : Cara Mengatasi Sinyal XL yang Lemot


Cara Memperbaiki Jaringan 3 Jelek dan Lemot

cara memperbaiki jaringan 3 error

Untuk cara mengecek paket dan mendapatkan update informasi seputar promo 3 bisa mengunduh aplikasi BimaTri nya di Playstore dan Apple Store.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi jaringan provider yang lemot, diantaranya:
  • Pastikan kuota internet kamu masih cukup. Jika kuota sudah habis, kecepatan internet akan menjadi lambat.
  • Cek sinyal jaringan kamu. Jika sinyal lemah, cobalah untuk pindah ke tempat yang memiliki sinyal yang lebih kuat.
  • Hapus cache dan data aplikasi yang tidak digunakan. Aplikasi yang terlalu banyak menyimpan cache dapat menyebabkan kinerja jaringan menjadi lebih lambat.
  • Matikan aplikasi yang tidak digunakan saat menggunakan internet. Aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat mengambil banyak bandwidth jaringan.
  • Restart perangkat kamu. Restart dapat memperbarui koneksi jaringan dan mengatasi masalah yang mungkin terjadi.
  • Cek pengaturan jaringan kamu. Pastikan kamu menggunakan jaringan yang tepat (misalnya, jaringan 4G daripada 3G) dan periksa apakah ada pengaturan lain yang dapat meningkatkan kinerja jaringan.
  • Cek pengaturan VPN. VPN dapat memperlambat koneksi internet karena data harus melewati jalur tambahan sebelum sampai ke tujuan akhir.
  • Cek dengan provider, jika masalah tetap tidak teratasi, coba hubungi provider kamu untuk meminta bantuan.
Ingatlah bahwa beberapa faktor seperti kondisi cuaca, jumlah pengguna yang bersamaan menggunakan jaringan, dan jenis aktivitas yang kamu lakukan dapat mempengaruhi kecepatan jaringan. Namun dengan melakukan beberapa cara diatas, kamu dapat meningkatkan kinerja jaringan kamu.

Ada beberapa cara dan tips untuk menghindari susah sinyal atau bahkan hilang sinyal secara tiba-tiba. Di antara nya adalah sebagai berikut:


Pastikan pengaturan jaringan di smartphone kamu sudah diatur ke tipe jaringan 4G

Untuk smartphone Android, sebenarnya ada cara untuk mengatur jaringan di perangkat kesayanangmu itu. Biasanya ada di pengaturan jaringan. Bila gadget mu support dengan jaringan LTE (4G) maka ada tiga pilihan yang bisa kamu tentukan yaitu :
  • jaringan 2G (untuk menelepon dan sms saja),
  • jaringan 3G (generasi yang lebih baik dan bisa internetan tapi dengan kecepatan standar)
  • jaringan 4G (untuk akses internet yang lebih cepat)
Lalu sesuaikan dengan kebutuhan mu saat ini. Bila kamu memang perlu internetan kencang, smartphone mu support 4G, kamu juga berada didaerah yang terjangkau sinyal 4G nya 3, maka aktifkan pilihan yang terakhir. Ini akan memakan waktu bebera detik sehingga smartphonemu akan hanya menangkap sinyal 4G saja dan mengabaikan jenis jaringan lainnya.


Pindahlah ke tempat yang lebih tinggi dan lebih terbuka agar persentase penerimaan sinyal lebih tinggi

Terdengar klise memang, tapi ini menjadi salah satu penyebab sinyal di hp mu mengalami keleletan. Jangan salahkan pihak operator bila memang lokasi tempat tinggalmu terletak di daerah yang memang sulit untuk di cover tower pengirim sinyal.

Oleh karena itu pindah ke tempat yang lebih terbuka dan tinggi menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba bila memang masih mengalami kegagalan jaringan


Cek situs dan aplikasi yang kamu kunjungi

Mungkin saja masalahnya ada pada situs atau aplikasi yang sedang kamu buka saat itu. Bisa saja situs atau aplikasiya sedang down atau maintance, meskipun ini jarang terjadi tetapi bukan tidak mungkin bisa terjadi.

Misalnya saja, kamu ingin mengunjung situs www.kosngosan.com namun situs tersebut tidak bisa diakses dengan memunculkan keterangan down atau limit reached. 

Yahh mungkin itu terjadi ketika mimin menambahkan "A record" ke pengaturan DNS System. Permasalahan tidak selalu terjadi secara internal dari pihak operator tetapi bisa juga terjadi secara eksternal dari sisi server web yang di akses


Pastikan settingan APN 3 sudah benar

Kuota internet masih melimpah akan tetapi kartu 3 tidak bisa digunakan untuk internetan? coba periksa pengaturan APN barangkali bermasalah. APN (Access Point Name) adalah penghubung antara perangkat dengan jaringan internet

Kalau konfigurasi gateway pada APN bermasalah maka meski perangkat sobat kosngosan bisa terhubung ke internet tetap saja tidak bisa digunakan untuk internetan

Ini adalah masalah teknis yang sering terjadi pada pengguna hp yang menggonta-ganti kartu SIM sehingga terdapat banyak profile APN di pengaturan HP nya. 

Jadi kamu harus menyetting ulang APN sesuai tipe paket internetnya, buka menu setting > network and internet > mobile network > access point name > edit atau rubah APN yang digunakan/bisa juga membuat APN baru

Name : 3 http
APN : 3gprs
proxy : kosongkan
port : kosongkan
username : 3gprs
password : 3gprs
server: kosongkann
mmsc : kosongkan
mms proxy :kosongkan
mms port :kosongkan
mcc : 510
mnc : 89
Authentication type : Pap Or Chap
apn type : default
Apn protocol : Ipv4
apn roaming protocol : Ipv4
Bearer :unsepecified
mvno type : None

alternatif APN 3 lainnya :

Name : internet
APN : internet
proxy : jangan diisi
port : jangan diisi
username : jangan diisi
password : jangan diisi
server: jangan diisi
mmsc : jangan diisi
mms proxy : jangan diisi
mms port : jangan diisi
mcc : 510
mnc : 89
Authentication type : Pap Or Chap
apn type : default,supl
Apn protocol : Ipv4
apn roaming protocol : Ipv4
Bearer : unsepecified
mvno type : None


Setting ulang DNS

Untuk mempercepat koneksi internet 3 mu, bisa mencoba merubah pengaturan DNS atau Domain Name System , perlu sobat kosngosan ketahui bahwa fungsi DNS adalah merubah alamat IP address menjadi domain address

Karena setiap DNS memiliki server dan stabilitas yang berbeda oleh sebab itu terkadang DNS default bukanlah pilihan yang baik. Oleh sebab itu kamu harus menggunakan DNS pihak ketiga untuk melancarkan koneksi


Cek batas FUP paket

Bagi sobat kosngosan pengguna paket internet 3 yang unlimited yang sebelumnya bisa internetan lancar, merasa koneksi internet sangat lambat, salah satu penyebabnya bukan disebabkan oleh jaringan atau settingan APN/DNS, melainkan memang sudah mencapai batas FUP (Fair Use Policy)

Harga paket internet unlimited yang murah menggoda memang membuat kita berlangganan namun harus di ingat bahwa paket tersebut memiliki batas atau biasa disebut FUP


Bersihkan file cache

Bisa jadi jaringan 3 yang kamu miliki terganggu mungkin berasal dari file cache yang sudah menumpuk. File cache adalah file sampah, yang jumlahnya sangat banyak meskipun sifatnya sementara. 

Fungsi file cache adalah mempercepat proses membuka aplikasi namun tidak semua file cache itu penting


Buatlah alat penguat sinyal sederhana dari barang-barang bekas berikut ini

Ada banyak alat penguat sinyal yang bisa kamu coba, mulai dari yang moderen seperti stiker penguat sinyal yang dijual di konter konter, atau alat tradisional yang mengandalkan barang barang bekas seperti antena wajan atau kaleng alumunium minuman bekas.

Untuk membuat antena kaleng sederhana, kamu harus mempersiapkan alat alat seperti kaleng bekas minuman, Gabus, Paralon 1/2", Baut, Gunting, Cuter, Kabel UTP atau LAN dan Paku. Kamu bisa melihat berbagai tutorial pembuatanya di youtube atau googling lengkap.

Namun jika kamu tidak ingin repot membuat nya, kamu cukup membeli antena penguat sinyal yang dijual banyak di market place seperti bukalapak dan tokopedia dengan harga ratusan ribu tergantung kemampuan nya dalam meningkatkan sinyal.


Faktor keadaan cuaca pada saat itu

Cuaca memang sangat berpengaruh terhadap kualitas sebuah jaringan telekomunikasi. Tidak terkecuali dengan kartu tri. pastika kamu memang terbebas dari keadaan cuaca yang buruk seperti hujan deras dan petir.

Bila kedua fenomena alam ini terjadi, bukan tidak mungkin sinyal 3 mengalami hilang tiba tiba. Namun ini akan kembali normal bila cuaca kembali cerah seperti biasanya.


Paksa jaringan 4G untuk muncul


paksa jaringan 4G

Ini adalah salah satu trik yang mimin terapkan di hp android kepunyaan mimin sendiri. Untuk masuk ke mode jaringan android, kamu bisa menekan kode "*#*#4636#*#*" tanpa tanda kutip pada akses telepon.

Kemudian pilih "phone information" sesuai kartu. Setelah itu scrool kebawah untuk menemukan pilihan "Set prefered network type" menjadi LTE Only.

Hal ini berbeda dengan pengaturan di setting utama tadi seperti pada langkah pertama. Ini akan memaksa hp mu untuk menerima sinyal 4G saja. 

Kekurangannya, apabila sinyal 4G di daerahmu tiba tiba hilang, maka kamu tidak akan bisa beralih ke sinyal 3G ataupun 2G. Tapi tenang saja, ini akan kembali normal bila kamu merestart ulang hp milikmu.


Hubungi pihak 3 Tri Apabila masih mengalami kendala susah sinyal atau hilang sinyal secara tiba-tiba

Bila semua langkah diatas sudah kamu lakukan namun masih kurang puas juga, maka ada baiknya kamu segera menghubungi pihak tri untuk mengadukan berbagai permasalahan mu itu. Jangan pendam sendiri. Kamu bisa menghubungi Call Center 3 di nomor :
123 (tarif 300 rupiah per panggilan untuk prabayar)
0896 44000 123 (berbayar)
atau email ke 3Care@three.co.id
Pihak 3 akan memberikan solusi secepat mungkin dari permasalahan yang menimpamu. Ikuti setiap instruksi yang dikatakan oleh mbak mbak cs-nya. Jangan lupa untuk memberikan informasi data diri mu terlebih dahulu agar mereka mencek di database yang ada.


Berdoa sembari menunggu

Mungkin ini adalah langkah terakhir yang bisa kamu lakukan apabila sudah melakukan semua langkah yang Mimin berikan. 

Dengan berdoa kamu akan lebih tenang dan melupakan masalahmu sejenak. So, dengan demikian kamu lebih dekat dengan Tuhan dan melupakan sejenak smartphone mu.

Baca juga : Cara Mengatasi Telkomsel Lemot dan Tidak Stabil

Kata Penutup

Demikianlah pembahasan kita mengenai Solusi dan Cara Mengatasi Jaringan 3 Hilang Tiba Tiba dan Lemot Terbaru kali ini. 

Karena sinyal yang bagus dan berkualitas adalah hak setiap pengguna internet di Indonesia, mari kita bagikan dan share artikel ini ke teman teman mu juga ya!

Semoga dengan mengikuti tips diatas, kamu bisa mendapatkan kenikmatan sinyal tanpa masalah yang memang menjadi dambaan semua orang, apalagi mimin sendiri. 

Jangan lupa berikan reaksi kalian terhadap postingan diatas dengan memberikan komentar dibawah ini
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya