Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Kreatif Membuat Story Instagram Lucu Yang Bikin Ngakak

Siapa yang tidak kenal Instagram? Sosial media khas photo dan video ini menjadi viral dan disukai banyak orang karena memang fitur dan konsepnya yang terbilang berbeda dari media sosial kebanyakan. Fokus dengan tampilan visual dan mengepankan keunikan, kreatifitas dan nilai seni dari penggunanya. Nah kali ini, kosngosan akan memberikan hiburan beberapa contoh inspirasi yang bisa kamu gunakan untuk membuat story (fitur status yang akan hilang dalam 24 jam) lucu dan bisa membuat kamu untuk tertawa. Silahkan simak beberapa sampelnya dibawah ini.

Kamu suka mengkepoi story instagram yang keren dan lucu? Fitur terbaru di aplikasi Instagram membuat penggunanya bebas berkreasi menciptakan berbagai konten seru yang di bagi kepada pengikutnya. Kamu pasti sering melihat story instagram para selebgram (selebriti instagram) yang menyajikan banyak endorsment dengan bayaran mahal kepada ribuan bahkan jutaan followernya. Beberapa diantaranya memang terlihat bernilai komersil, tetapi juga ada yang murni untuk berbagai keseharian mereka.

Nah kamu juga bisa menirunya. Siapa tahu dengan membuat rutin konten story instagram mu, kemudian banyak orang yang suka dan akan menambah followermu secara real. Akan tetapi dibutuhkan beberapa teknik agar story mu bisa disukai banyak orang. Dan itu membutuhkan berbagai kreatifitas dan skill untuk membuatnya.

Baca juga : Kata Kata Motivasi Hari Senin Buat Pegawai Kantoran

1. Sejarah Singkat Instagram

Instagram merupakan suatu media sosial penyedia gambar dan video yang banyak dipakai orang saat ini. Tapi Tahukah kamu bagaimana sejarah singkat mengenai aplikasi media sosial ini ? Instagram pertama kali diciptakan oleh Kevin Systrom yang pada awalnya sangat berbeda bila dibandingkan dengan yang sekarang.

Beliau awalnya menciptakan aplikasi bernama Burbn (nenek moyang instagram) yang menjadi kombinasi aplikasi Foursquare berbasis HTML5 dan Game bernama Mafia Wars. Systrom kemudian bertemu dengan Krieger dan membahas pengembangan aplikasinya, hingga kemudian muncullah Instagram yang fenomenal itu.

Kemudian pada tahun 2010, Instagram akhirnya dirilis dan menjadi aplikasi photo paling populer sejagad hanya dalam beberapa jam saja. Hal ini terus berlanjut hingga menarik perhatian Facebook. Dan kemudian pada tahun 2012 Instagram dibeli oleh Facebook seharga USD1 miliar yang sebelumnya sudah masuk kedalam platform Android, setelah sebelumnya hanya digunakan oleh pemakai iOS.

Well, selanjutnya kita akan membahas bagaimana sih cara membuat story instagram?

2. Cara Membuat Story yang Keren dan Disukai Banyak Orang

Story merupakan salah satu fitur utama dalam Instagram. Story adalah suatu status yang dapat diisi dalam beberapa format seperti teks, gambar dan video mengenai hal-hal yang ingin kamu sampaikan kepada follower mu. Story akan hilang setelah 24 jam. Dia muncul pada bagian bulatan atas di beranda Instagram.  kalau kamu seorang pemakai Maniac Instagram, mungkin membuat Story merupakan hal yang biasa bagimu. Tapi kali ini kita akan membahas Bagaimana cara membuat Story yang disukai banyak orang.

Langkah 1 : Buka aplikasi instagram milikmu baik di perangkat Android maupun iOS. Pastikan kamu sudah log in menggunakan akunmu. Bila belum punya akun, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu. Gunakan akun email atau facebook milikmu.

Langkah 2 : Pada halaman depan Instagram (timeline) mu, pilih icon bulat tanda silang biru yang bergambar photo profilmu. Dengan demikian, kamu akan dialihkan ke layar pembuatan story yang terdiri dari beberapa pilihan :
  • Type : Fitur ini hampir sama dengan fitur teks pada aplikasi whatsapp, kamu bisa membuat story berbasis teks dengan variasi warna background dan emot yang disesuaikan. Ada beberapa jenis yang bisa kamu coba.
  • Live : Fitur live adalah fitur baru dalam instagram. Ini memungkinkan kamu untuk berbagi video secara langsung kepada followermu. 
  • Normal : Ini adalah fitur utama dalam story Instagram. Secara default, kamu akan dihadapkan pada pilihan ini. Terdapat beberapa lagi, icon sebelah kiri, kamu bisa menambahkan gambar dari gallery untuk kemudian diedit lagi sesuka hati. Icon petir untuk pencahayaan camera, tombol tengah untuk menjepret menggunakan kamera, icon switch untuk mengganti kamera depan dan belakang, serta icon paling kanan untuk menambahkan efek filter. 
  • Boomerang : Fitur kamera yang merekam secara bolak balik. 
  • Superzoom : Menghasilkan video objek yang diperbesar sepersekian kali seperti efek pada sinetron yang sering kita lihat.
  • Rewind : Fitur ini merupakan efek video yang berjalan mundur. Mirip seperti Boomerang, tapi tidak bolak-balik
  • Handsfree : fitur ini membebaskan jempol agar tak terus-menerus menekan tombol bulat ketika ingin merekam video. Cukup tekan sekali, Stori akan tetap merekam momen hingga batas waktunya.
Langkah 3 : Setelah mengenal beberapa fitur dari aplikasi instagram diatas, maka silahkan pilih bahan awal yang akan kita buat, bisa gambar hasil jepretan kamera atau gambar lucu yang didapat dari berbagai sumber. Pada kali ini kita akan menggunakan bahan meme yang akan diedit.

Langkah 4 : Pada bagian fitur Normal, pilih icon sebelah kiri atau geser layar ke atas, pilih file gambar yang akan kita edit.

Langkah 5 : Lakukan penambahan efek dan filter sesuai seleramu dengan insert beberapa yang telah disediakan oleh instagram.

Seperti dibawah ini, tambahkan teks, tekan dan tahan untuk mengatur posisinya kemana saja kamu suka.

panduan membuat story lucu ig

Atau kamu juga bisa drawing, dengan berbagai jenis tools yang tersedia dan warna yang beraneka ragam seperti dibawah ini :

cara membuat story lucu ig

Atau tambahkan efek / filter yang banyak pilihannya, cukup swipe dari bawah ke atas, atau tekan icon smiley di sebelah tombol download.

tutorial membuat story lucu ig

Hasilnya adalah seperti berikut ini

langkah membuat story lucu ig

Terakhir panduan diatas hanya segelintir saja. Kamu bisa mengkombinasikan banyak filter dan efek yang ada, menggunakan video, gambar dan teks sekreatif mungkin. Jadi, silahkan berkreasi semenarik mungkin ya!

3. Kumpulan Contoh Story Instagram yang Lucu dan Buat Tertawa

contoh story ig ngakak

contoh story ig lucu

contoh story ig gokil

contoh story ig kreatif

contoh story ig keren

Sekian pembahasan kita mengenai Cara Kreatif Membuat Story Instagram Lucu Yang Bikin Ngakak kali ini, semoga bisa membuat mu terhibur dan bisa menginspirasi mu untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi follower mu di Instagram. Berikan pendapatmu pada kotak komentar dibawah ini ya. Terimakasih telah mengunjungi kosngosan.

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya