Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Pinjam Uang Tanpa Bunga

Buat kalian yang butuh pinjaman, tapi tanpa bunga atau riba, maka beberapa aplikasi dibawah ini adalah solusinya. Terkadang kita memang butuh uang untuk keperluan mendadak. Demi mendapatkan pinjaman, kita pasti rela mencari layanan peminjaman uang dengan persyaratan yang mudah.

Tapi tidak jarang kita mengabaikan faktor bunga pinjaman yang sangat mempengaruhi besar kecilnya total pembayaran nantinya. Untuk itu, kosngosan akan memberikan beberapa rekomendasi kepada kalian daftar aplikasi pinjaman online tanpa bunga

Apa yang dimaksud dengan Bunga? Bunga pinjaman adalah timbal balik yang diperoleh kreditur atas uang yang dipinjam ke debitur.

Kreditur adalah istilah yang mengarah kepada pihak yang memberikan pinjaman, sementara debitur adalah pihak yang meminjam. Perhitungan bunga pinjaman dinyatakan dalam persen.

Saat meminjam uang, maka peminjam harus mengembalikan jumlah uang yang dipinjam beserta jumlah bunga pinjaman.

Terkadang jumlah pinjaman tidak sebanding dengan bunga yang ditawarkan, sehingga kebanyakan orang-orang terlilit hutang saat berurusan dengan apilkasi pinjaman online atau pinjol. Hal inilah yang harus kamu hindari kalau ingin berhutang


Aplikasi Pinjam Uang tanpa Bunga

aplikasi pinjam uang tanpa riba

Sebenarnya ada beberapa aplikasi pinjam uang tanpa bunga, yang memberikan bunga 0%. Pinjaman uang 0% dapat dilakukan melalui aplikasi-aplikasi dari lembaga atau instansi tertentu, simak rekomendasi aplikasi pinjam uang tanpa bunga dari koѕngosan dibawah ini.

Baca juga : Cara Menaikkan Limit Paylater


BAZNAS

Badan amil zakat nasional atau BAZNAS selain berfungsi untuk menampung dana zakat, dan menyalurkan dana bencana alam, instansi ini jug meluncurkan program BAZNAS microfinance desa (BMD)

Lembaga ini menawarkan pinjaman tanpa bunga untuk masyarakat pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) agar tidak terjerat hutang pinjaman online.

Karena dana pinjaman dari instansi ini berasal dari uang zakat, maka pinjaman yang ditawarkan tidak berbunga. Orang-orang yang sedang terlilit hutang dikategorikan sebagai penerima zakat.


PEGADAIAN SYARIAH

Bila kita ingin menggadaikan barang-barang berharga mungkin pegadaian akan menjadi solusi dari permasalahan kita. Namun siapa sangka bila pegadaian juga menawarkan pinjaman uang tanpa bunga.

Yap, pegadaian memberikan fasilitas pinjaman uang dengan 0% bunga dengan program KCA (Kredit Cepat Aman). Tenor (jangka waktu pinjaman) dari KCA ini selama 60 hari dan dapat diperpanjang. Proses pinjaman ini mudah, cepat dan aman.

Peminjam hanya perlu melampirkan KTP baik e-KTP maupun non e-KTP yang terdaftar di dukcapil maupun tidak sebagai persyaratan administrasi. 

Jumlah pinjaman berkisar antara Rp. 50.000- Rp. 500.000 dengan biaya administrasi Rp.2000- Rp. 5000. Khusus pelajar/mahasiswa dibawah 30 tahun dapat mengajukan pinjaman tersendiri.


AMMANA

Termasuk dalam kategori aplikasi fintech landing syariah yang diawasi oleh OJK dan dukcapil. Aplikasi ini berfokus pada peminjaman uang bagi pelaku usaha mikro

Syarat untuk dapat melakukan pinjaman uang tanpa bunga dengan platform ini cukup dengan menjadi bagian keanggotaan atau mitra dari Ammana sendiri.

Dengan bergabung dalam fintech ini, sobat kosngoѕan dapat diawasi langsung oleh Ammana sebagai lembaga pengelola dana dam pengawas kelayakan usaha UMKM dengan sistem crowdfunding (bentuk pendanaan yang berasal dari beberapa orang).

Ammana juga bekerjasama dengan asuransi syariah, keamanan transaksi tidak perlu diragukan karena menggunakan sistem E-KY dan scoring.


ALAMI FUNDING SYARIAH

Aplikasi pinjam online ini berbasis syariah dan memiliki fokus untuk memberikan pinjaman pada sektor pertanian, peternakan, kesehatan, anjak piutang serta UMKM.

Semua transaksi yang dilakukan berbasis hukum syariah, diawasi OJK serta MUI. Besar tingkat margin/ujrah sebesar 16%-18% p.a. Pendaftaran pinjaman membutuhkan NPWP, KTP, dan rekening bank Indonesia. Dana minimum yang akan di diterima sebesar Rp.1000.000.


DANA SYARIAH

PT Dana Syariah Indonesia menyediakan aplikasi mobile Dana Syariah yang berfungsi menyediakan pendanaan atau pembiayaan bagi pemilik usaha UMKM dengan sistem bagi hasil yang memiliki sistem bagi hasil dan mengutamakan transaksi berbasis syariah.

Sama seperti aplikasi-aplikasi sebelumnya, sistem yang digunakan pada Dana Syariah adalah peer to peer fintech landing syariah.


LinkAja Syariah

LinkAja Syariah adalah fitur layanan uang elektronik yang dikelola sesuai kaidah-kaidah syar’i yang sesuai dengan Fatwa DSN MUI No. 116/DSN-MUI/IX/2017

Platform ini adalah bagian layanan uang elektronik yang diselenggarakan oleh PT. Fintek Karya Nusantara (“Finarya”) yang telah terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia. 

Layanan ini dirancang dengan menggunakan skema Syariah melalui akad Qard antara Finarya dan Pelanggan. Jadi kamu bisa menggunakan fitur paylater atau bayar nanti yang sudah sesuai dengan kaidah syariah


DUHA SYARIAH

Memiliki prinsip pinjaman bebas riba, aplikasi DUHA SYARIAH tidak menyediakan peminjaman uang tunai melainkan pinjaman dialihkan menjadi pembiayaan transaksi jasa atau pembelian barang.

Transaksi limit pembiayaan senilai Rp.3.000.000- Rp. 500.000.000. Untuk mendaftarkan diri, calon peminjam setidaknya harus mendownload aplikasi pada appstore atau playstore, kemudian menentukan produk pembiayaan

Misal : konsumtif atau perjalanan ibadah, tunggu proses verifikasi data, tandatangani akad, kemudian bayar cicilan sesuai akad yang dilakukan. Jangka waktu pembiayaan mulai dari 3 bulan hingga 24 bulan.


INVESTREE

Berbeda dengan aplikasi-aplikasi pada perusahaan sebelumnya, Investree menawarkan 2 jenis pendanaan (konvensional dan syariah) yang diawasi oleh otoritas jasa keuangan (OJK).

Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna untuk meminjam dana melalui marketplace Investree. Pendanaan akan diberikan kepada usaha kecil dan menengah (UMK) dengan mengikuti beberapa persyaratan,

Diantaranya peminjam berasal dari WNI (melampirkan KTP dan NPWP) atau diperbolehkan WNA (melampirkan paspor dan rekening bank di Indonesia), minimum pendanaan yang diberikan dari aplikasi ini sebesar Rp.1.000.000.

Selain persyaratan diatas, ada keunggulan yang diperoleh bila melakukan pinjaman melalui Investree yakni pihak perusahaan akan memberikan fasilitas pembiayaan syariah dengan maksimal 80% dari invoice atau maksimal Rp.2000.000 untuk setiap invoice.


Bunga 0% kartu kredit

Fasilitas bunga 0% yang ditawarkan pada kartu kredit dapat dinikmati asalkan sobat kosngosan dapat melakukan pembayaran tepat sebelum jatuh tempo. Penundaan pembayaran akan menyebabkan denda keterlambatan semakin meningkat.

Agar peminjam dapat menikmati pinjaman tanpa bunga, maka penting untuk mengetahui merchant mana yang membuka fasilitas bunga 0%. Peminjaman uang tidak boleh melebihi limit yang ditawarkan.


BERKAH FINTEK SYARIAH

Aplikasi ini memberikan kemudahan dalam pembiayaan dan pendanaan syariah dengan sistem elektronik bersama PT Berkah Finteck Syariah. 

Peminjam dapat melakukan peminjaman dana dengan menyesuaikan saldo yang diberikan. Fintech syariah bekerjasama dengan payment aggregator.


PAPITUPI SYARIAH

Seperti aplikasi P2P yang lain, Papitupi syariah yang berbasis fintech landing syariah menggunakan sistem bagi hasil dan margin. 

Maksimal tingkat imbal jasa sebesar 36% p.a, jangka waktu pengembalian 1-36 bulan. Pengguna transaksi dikenakan biaya admin sampai dengan 3%.

Maksimal pendanaan yang diberikan mencapai Rp. 50.000.000. Aplikasi ini telah terdaftar di AFPI, OJK, KOMINFO dan diawasi oleh dewan syariah nasional Majelis Ulama Indonesia.


Selain penjelasan tentang aplikasi-aplikasi bebas bunga seperti diatas, ada beberapa proses pengajuan yang harus diketahui sobat kosngosan sebagai peminjam dana sebelum melakukan pinjaman.

1. Menentukan jumlah pinjaman yang ajan dilakukan dan memilih aplikasi mana yang akan digunakan untuk transaksi (pastikan aplikasi tersebut aman dan sudah terdaftar OJK).

2. Menyesuaikan jumah pinjaman yang akan dilakukan dengan kapasitas kemampuan pembayaran (jangan melebihi tenggang tempo yang telah ditentukan).

3. Mendownload aplikasi pinjaman di playstore atau appstore

4. Membaca kesepakatan pinjaman dengan seksama, jelas dan aman

5. Setelah mengisi identiftas diri dengan tepat, pemohon dapat mengajukan permohonan dana sesuai kebutuhan.

6. Melengkapi berkas dokumen seperti (KTP, NPWP, Paspor atau rekening bank )

7. Melakukan proses verifikasi berkas

8. Proses verifikasii akan dilakukan oleh pihak yang bersangkutan (dalam hal ini penyedia dana)

9. Dana yang telah diajukan dapat cair setelah menunggu waktu 0-21 hari (bergantung instansi pinjaman)

10. Setelah itu dana dapat dicairkan

Umumnya untuk mengajukan dana pinjaman tanpa bunga secara online pada setiap instansi memiliki persyaratan yang sama diantaranya :

  • Peminjam harus memiliki KTP atau NPWP
  • Peminjam dana setidaknya harus berusia minimal 21 tahun dan berusia maksimal 60 tahun.
  • Memiliki profesi sebagai wiraswasta, ahli bidang khusus atau karyawan.
  • Memiliki dominisili di wilayah Indonesia (baik Warga Negara Indonesia atau Warga Negara Asing)
  • Memiliki penghasilan tetap sebesar Rp. 3000.000 atau setidaknya memiliki kartu kredit dari bank.

Baca juga : Cara Kabur dari Pinjol Ilegal


Kata Penutup

Selain beberapa rekomendasi diatas, sobat kosngosan juga perlu untuk mempertimbangan mencari aplikasi pinjaman online langsung yang sudah terdaftar di OJK.

Hal ini untuk menghindari dampak negatif dari pinjaman uang online ilegal yang berseliweran diluar sana. Semoga tips diatas, bisa bermanfaat buat teman teman sekalian ya. Jangan lupa klik tombol share dibawah ini

Oleh rezaharahap