Konten Visual Gratis dari Situs Penyedia Gambar Untuk Blog dan Youtube

Konten Visual Gratis dari Situs Penyedia Gambar Untuk Blog dan Youtube

Visual Content Free

Judulnya cukup panjang, Cara Mendapatkan Konten Visual Gratis dari Situs Penyedia Gambar Untuk Blog dan Youtube. Buat kamu yang masih kebingungan mencari dan mendapatkan image, gambar atau foto yang berkualitas, tetapi dengan tanpa membayar alias gratis, maka kita bisa membahasnya dalam postingan kali ini.

Konten visual atau bahasa bekennya Visual content menjadi sangat vital sekali untuk kepentingan promosi dan konten di internet saat ini. Konten visual ini digunakan untuk artikel yang akan kita posting di website atau blog misalnya. Konten visual ini juga banyak digunakan oleh para video creator seperti youtuber.

Penggunaannya memang sangat beragam. Penelitian menunjukkan sekitar sepuluh persen informasi di pertahankan setelah periode 3 hari dan enam puluh lima persen informasi yang berhubungan dengan gambar atau visual dipertahankan setelah 3 hari.

Kita bisa menarik statement bahwa konten visual ternyata lebih banyak menarik minat pengunjung. Hal ini bisa dibuktikan dengan perkembangan sosial media yang semakin pesat, hanya karena menyajikan banyak konten visual yang menyenangkan penggunanya.

Apa yang dirasakan adalah kecenderungan dari kita lebih ingin melihat banyak gambar jika dibandingkan dengan teks yang sering kali membuat kita malas dalam membaca, terlebih lagi berlama-lama berada dihalaman website.

Visual Content juga lebih mudah untuk dimengerti karena lebih sederhana ketimbang teks yang harus dipahami setiap kata untuk menyimpulkan makna dalam suatu paragraf misalnya.

Apa yang sudah disampaikan diatas mestinya membuat kita, para blogger atau youtuber tidak menambah gambar secara acak atau sembarangan ke dalam postingan atau konten video kita. Apa yang harus kita lakukan adalah memasukkan konten visual yang benar benar menarik dan relevan dengan topik yang kita bahas. Coba perhatikan gambar dibawah ini :

Visual Content Free

90 persen informasi itu lebih mudah diterima oleh otak ketimbang teks. Oleh karena itu mendapatkan konten visual sangatlah penting bagi seorang blogger dan youtuber. Masalahnya untuk mendapat gambar berkualitas memang harus rela merogoh uang yang tidak sedikit

Untungnya kosngosan kali ini akan memberikan kalian daftar situs penyedia image atau gambar secara gratis tanpa syarat kepada kalian. Beberapa situs diantaranya adalah :

Pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan situs satu ini? situs ini sangat familiar bagi para blogger, karena dengan senang hati menyediakan image gambar free yang legal. Mimin merangkum dari wikipedia bahwa pixabay didirikan pada bulan November 2010 di Ulm, Jerman oleh Hans Braxmeier dan Simon Steinberger.

Pada bulan Maret 2012 kemudian diadakan pendesainan ulang, beralih dari koleksi gambar pribadi menuju situs komunitas online yang interaktif dan mendukung 20 bahasa, termasuk bahasa Indonesia.

Nah kamu bisa langsung mendapatkan konten visual secara gratis dengan mencari kata kunci pixabay dalam pencarian google image search. Disana akan ada banyak gambar free yang legal. Atau bisa langsung mengunjungi situsnya.

Flickr

Selain pixabay, flickr juga menjadi situs favourite penyedia visual content yang perfect. Flickr diluncurkan pada bulan Februari tahun 2004 oleh Ludicorp, sebuah perusahaan yang berbasis di Vancouver dan didirikan oleh Stewart Butterfield dan Caterina Fake.

Kita juga bisa langsung mengunjungi situsnya atau menggunakan kata kunci dalam kotak search flickr untuk mencari konten visual yang sesuai dengan kebutuhan masing masing.

Pexels

Bagi kamu yang masih jarang mendengar situs ini, mimin kasih tahu bahwa Pexels bisa menyediakan foto atau image berkualitas tinggi dengan gratis yang memiliki lisensi di bawah Creative Commons Zero (CC0). Semua image diarsip dan ditandai dengan baik, mudah dicari dan juga mudah untuk ditemukan melalui halaman pencarian pexels atau pun google sendiri.

Wikipedia

Walaupun sebenarnya situs ini adalah situs penyedia informasi secara umum, tapi bukan berarti tidak menyediakan konten visual gratis. Kamu bisa menemukan berbagai konten visual gratis dan bebas lisensi dengan mencari menggunakan kata kunci wikipedia di google search image.

Wikipedia sendiri didirikan oleh Rick Gates tahun 1993. Ensiklopedia awalnya memiliki konsep Online berbasis web yang dikemukakan oleh Richard Stallman di 1999. Kemudian secara formal dilluncurkan 15 Januari 2001 oleh Jimmy Wales dan Larry Sanger menggunakan konsep dan teknologi wiki yang dirintis Ward Cunningham.

WikiMedia Commons

Hampir sama dengan konsep wikipedia, wikimedia menyajikan konten gambar yang berkualitas dan bebas untuk diunduh kapan pun dan dimana pun. Ada banyak jenis gambar yang dapat kita cari, mulai dari tema alam hingga ilmu pengetahuan. Kita cukup memperhatikan ketentuan yang dibuat oleh si pemilik gambar. Kita cukup mencantumkan sumber URL dan gambar sudah bisa kita gunakan sesuka hati.

Freepik

Freepik memberika kita jutaan image dengan format vector yang bisa kita pilih sesuka hati. Cukup masukkan keyword dan pilih jenis konten (foto atau gambar) dan kita sudah bisa langsung mendapatkan sejumlah konten visual sesuai dengan keyword yang kita cari. Keren bukan?

Nah setelah mengetahui jenis jenis situs yang menyediakan konten visual gratis, ada baiknya kamu juga harus membuat konten visul sendiri hasil editan. Walaupun kamu masih belum menguasai aplikasi pengolah grafis seperti photoshop dan corel draw, tapi ada cara mudah untuk menghasilkan konten visul yang gratis dan praktis seperti :

Membuat Infografis berupa data data statistik hasil analisis berupa diagram dan tabel yang bisa disimpan dalam bentuk gambar. Kamu bisa membuat infografis tersebut menggunakan bantuan aplikasi office seperti excel dan word.

Screenshoot. Salah satu cara yang paling mudah dan praktis dalam membuat konten grafis adalah dengan menangkap layar. SS bisa kamu aplikasikan di berbagai perangkat seperti komputer dan smartphone.

Demikian artikel mimin mengenai Cara Mendapat Konten Visual Gratis dari Situs Penyedia Gambar Untuk Blog dan Youtube. Buat kamu yang seorang blogger atau youtuber mudah mudahan sukses terus dalam berkarya tanpa pusing lagi mencari konten gambar yang legal untuk karya-karyanya. Salam sukses!

Buka Komentar