Makalah Penalaran Etika Dalam Kebijakan Publik

Makalah Penalaran Etika Dalam Kebijakan Publik

Penalaran Etika Dalam Kebijakan Publik

Kali ini kosngosan akan membahas makalah mengenai Penalaran Etika Dalam Kebijakan Publik yang akan diberikan dalam bentuk file doc dan bisa kamu download setelah mengikuti pembahasan mengenai materi ini secara singkat.

Dalam perumusan kebijakan publik, adanya penalaran etika sangat diperlukan untuk menghasilkan kebijakan yang bisa diterima oleh masyarakat atau karyawan. Upaya perwujudan Good Goverment menjadi salah satu tujuan yang harus dicapai oleh perumus kebijakan publik, dan salah satunya adalah dengan menerapkan penalaran etika dalam setiap kebijakan publik yang dibuat.

Makalah ini akan membahas mengenai Perlunya Kriteria Etika Dalam Kebijakan Publik, Perlunya Kriteria Etika Dalam Kebijakan Publik, Etika Individual Dan Tipe-Tipe Penalaran Etika, Etika Institusional Dan Budaya Etika serta bagaimana Memutuskan Pilihan Etis Dalam Kebijakan Publik.

Pengertian Etika dan Kebijakan Publik

Sebelum membahas defenisi kebijakan publik, kita bahas terlebih dahulu mengenai etika. Etika dapat dikaitkan dengan sifat moral yang berarti juga adat kebiasaan atau cara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan) serta menghindari hal-hal tindakan yang buruk.

Menurut Romo Franz Magnis Suseno, Etika merupakan ilmu yang mencari orientasi atau ilmu yang memberikan arah dan pijakan pada perbuatan manusia. Selain itu, Mustafa mengartikan etika sebagai ilmu yang menyelidiki tentang baik dan buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran

Setelah mengetahui pengertian etika, kita membahas pengertian kebijakan publik. Menurut Cochran kebijakan publik adalah suatu upaya pemerintah melalui keputusan-keputusan dan tindakan-tindakannya yang didesain untuk menangani masalah pelayan publik dengan semua keprihatinannya.

Tokoh Considine berpendapat lain. Defenisi kebijakan publik diartikannya sebagai suatu tindakan atau kebijakan yang mengatasnamakan pemerintah untuk mangalokasikan sumber daya-sumber daya dalam upaya untuk mencapai nilai bersama yang diutamakan.

Setiap kebijakan publik yang akan dan atau sedang dibuat dan dirumuskan oleh para perumus dan pembuat kebijakan haruslah didasarkan terhadap etika penyelenggaraan administrasi publik. Penalaran etika demi terciptanya kebijakan yang relevan dengan berbagai permasalahan yang ada.

Eksistensi etika dalam setiap penciptaan kebijakan publik atau administrasi publik sebenarnya tidaklah mempersoalkan tentang benar atau salah tetapi lebih kepada baik atau buruk. Ditambah lagi etika mempengaruhi perilaku para penyelenggara administrasi publik dan perilaku dari masyarakat yang menjadi objek penetapan kebijakan itu sendiri.

Terakhir, etika, administrasi publik dan kebijakan publik tidak bisa dilepaskan karena diantarannya terdapat hubungan kausalitas yang satu sama lain saling mempengaruhi.

Nah, bila kamu sedang mencari materi dan atau contoh makalah mengenai etika dan kebijakan publik ini, bisa segera mendownloadnya lewat link dibawah ini. Kamu akan diarahkan ke halaman safelink, tunggu lima detik untuk menuju url downlod file yang telah mimin siapkan dalam bentuk doc. Kamu bebas mendapatkannya. Gunakan file makalah tersebut secara bertanggung jawab.

Download Contoh Makalah Penalaran Etika dalam Kebijakan Publik

Demikian postingan kosngosan yang bertemakan tentang Penalaran Etika Dalam Kebijakan Publik. Semoga dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari referensi dan informasi mengenai hal tersebut. Jangan lupa memberikan komentar, karena pengunjung yang budiman selalu meninggalkan komentar.

Buka Komentar