Tips Magang, PKL atau KP di Kantor Pemerintahan

Tips Magang, PKL atau KP di Kantor Pemerintahan

tips internship magang

Bagi yang hendak Magang, PKL atau KP pastinya ingin mencari tahu tips seperti apa yang bisa dilakukan supaya bisa sukses melalui magang dan pkl di kantor pemerintahan seperti kementrian, dinas, badan nasional dan lainnya. Dan kali ini kosngosan akan memberikan tips nya kepada kalian.

Tahu tidak, mayoritas atau hampir sekitar 75% mahasiswa perguruan tinggi akan mengalami kerja magang pada masa akhir perkuliahannya. Bekerja sebagai magang menjadi salah satu kesempatan emas untuk membangun pengalaman kerja secara nyata, melatih skill dan keahlian kerja juga dapat memperluas jaringan untuk diterima kerja di salah satu perusahaan impianmu.

Bahkan tidak menutup kemungkinan kamu mendapatkan tawaran kerja full time dengan diangkat menjadi karyawan tetap setelah program magang selesai. Namun sayangnya, tidak mudah untuk beradaptasi dan berprestasi dalam jangka waktu magang yang hanya sekitar satu hingga tiga bulan.

Bila sudah siap, maka mimin akan memberikan beberapa tips untuk kalian yang akan mengadakan magang, praktek kerja lapangan, kerja praktek atau apapun namanya. Silahkan simak beberapa tips dibawah ini :

Magang di Tempat yang Sesuai dengan Passion-mu

Magang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, tergantung dari peraturan instansi pendidikannya. Seperti ada yang magang sebulan, dua bulan hingga empat bulan. Bayangkan bila kamu mendapatkan tempat magang yang justru tidak sesuai dengan passion dan skiil yang kamu punya. Bisa  bisa kamu akan melewati hari hari magangmu dengan buruk dan penuh kekecewaan. Oleh karena itu, hal yang pertama yang harus diperhatikan adalah pilihlah tempat magang yang betul betul sesuai dengan passion dan skill-mu.

Disiplin ketika Masuk dan Pulang Magang

Walaupun magang di kantor pemerintahan cenderung lebih santai daripada di kantor swasta, kamu tidak lantas mengikuti gaya bekerja para pegawainya. sebagai seorang anak magang, kamu harus tetap menjunjung tinggi kedisiplinan, seperti masuk tepat waktu, izin bila ada kepentingan, dan tidak meningggalkan tugas yang diberikan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.

Bagian disiplin ini juga termasuk pakaian saat magang. Tanyalah jadwal pemakaian seragam untuk kantor. Biasanya untuk hari senin sampai kamis menggunakan seragam magang atau pakaian batik, serta jumat untuk tema olahraga. Yang terpenting adalah jagalah penampilan saat magang.

Selesaikan Setiap Tugas yang Diberikan Kepadamu Dengan Hasil Terbaik

Tugas anak magang memang bejibun. Diberikan perintah oleh atasan atau pembimbing magang sudah menjadi hal yang lumrah. Terlebih lagi menyelesaikan tugas laporan akhir magang. Semua itu harus dilakukan dengan upaya yang maksimal demi menghasilkan kinerja yang terbaik tentunya.

Jangan sungkan untuk bertanya berupa pertanyaan bermutu yang tentunya akan meningkatkan wawasan mu. Jangan sampai mengerjakan sesuatu tanpa arahan atau ilmu yang cukup untuk menyelesaikannya. Namun sebelum bertanya, ada baiknya kamu menggali Informasi supaya kamu tidak dianggap banyak tanya dan kurang keahlian.

Bila kamu mendapatkan tugas yang sepele seperti hanya dikasih bagian foto copy, mengangkat barang, atau membeli makanan, dan terus menerus seperti itu, ada baiknya kamu berkonsultasi dengan guru atau dosen pembimbingmu mengenai kelangsungan nilai dan pengalaman yang akan kamu dapatkan nantinya.

Ambil Tanggung Jawab Lebih Tanpa Diminta

Tugas anak magang di kantor pemerintahan berbeda dengan tugas anak magang di bank dan perusahan swasta. Pada perusahaan swasta cenderung memiliki penghasilan yang besar namun juga mempunyai beban kerja yang relatif lebih besar daripada bekerja di perusahaan pemerintah. Hal ini juga berlaku bagi anak magang.

Ada anggapan bahwa magang di perusahaan atau instansi pemerintahan terkesan lebih banyak waktu luang, beban kerja sedikit, namun hal tersebut bersifat relatif karena tergantung dari posisi dan jabatan pekerjaannya. Tidak sedikit juga perusahaan atau instansi pemerintahan yang memiliki beban kerja tinggi.

Ciptakanlah Jaringan Pertemananmu

Melamar magang di perusahaan atau kantor pemerintahan memang terbilang cukup sulit. Jadi bila kamu diterima magang, ini adalah kesempatan emas buat kamu untuk membangun jaringan pertemanan antar sesama pegawai di kantor tersebut. Hal ini berguna nantinya bila kamu lulus. Kamu bisa mendapatkan dukungan untuk mendapatkan pekerjaan lebih cepat bila sudah mengenal mereka yang memiliki posisi tertentu di pemerintahan (ini bukan KKN lho, tetapi lebih kepada mendapatkan informasi lebih cepat ketimbang orang luar)

Demikianlah berbagai Tips Magang / PKL / KP di Kantor Kementerian yang bisa kamu lakukan. Karena magang di instansi pemerintahan sangat berbeda dengan magang di instansi swasta. Bila ada yang bisa kamu tambahi, kamu bisa komentar pada kolom dibawah ini, mimin akan dengan senang hati mendengarkannya.