Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Kunjungan Industri Format DOCX

Menulis laporan kunjungan adalah kegiatan wajib yang dilakukan setelah berkunjung ke suatu perusahaan atau pabrik, yang bertujuan untuk mempelajari tentang proses produksi, manajemen logistik dan berbagai hal didalamnya yang bisa dijadikan pembelajaran.

Apa yang dimaksud dengan laporan kunjungan atau laporangan pengamatan? Laporan jenis ini adalah laporan tertulis dari kegiatan yang dilakukan oleh siswa sekolah (SD, SMP, SMA atau SMK) juga mahasiswa untuk menjelaskan bagaimana penerapan pembelajaran di dunia pekerjaan secara nyata.

Jadi laporan kunjungan industri adalah sebuah laporan yang berisi data keterangan, atau informasi setelah sobat kosngosan melakukan kegiatan kunjungan industri sebagai bukti bahwa kalian memang benar melakukan kunjungan dan paham mengenai kunjungan industri tersebut.

Apa tujuan pembuatan teks laporan percobaan atau kunjungan industri? Hal ini berguna untuk menambah wawasan, khususnya bidang industri dan implementasi pada peserta. Selain itu terjalin pula kerjasama dengan bidang industri bersama lembaga pendidikan yang terlibat.


Contoh laporan kunjungan industri

Contoh Laporan Kunjungan Industri

Berbicara mengenai contoh laporan kunjungan, ada beberapa struktur penulisan yang harus sobat kosngosan pahami, diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Cover Depan Laporan
  • Lembar pengesahan
  • Kata pengantar atau kata sambutan penulis
  • Bab 1 Pendahuluan (latar belakang, tujuan, dan manfaat bagi instansi, industri dan pelajar)
  • Bab 2 Gambaran umum (profil perusahaan seperti sejarah, visi-misi, arah kebijakan, dan struktur organisasi, termasuk arah kebijakan)
  • Bab 3 Isi laporan kunjungan industri
  • Bab 4 Penutup (kesimpulan dan saran)
  • Daftar pustaka dan lampiran

Kalau kalian sudah mengetahui struktur penulisan laporan kunjungan industri diatas (termasuk contoh saran, kata pengantar dan daftar isi) maka bisa melihat beberapa contoh laporan yang sudah koꜱngosan rangkum dibawah ini :



LAPORAN KUNJUNGAN INDUSTRI

COVER

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami ucapkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga penyusunan Laporan Kunjungan Industri di ini dapat terselesaikan dengan baik tanpa ada kendala.

Adapun penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini berdasarkan data-data yang diperoleh selama melakukan Kunjungan Industri, buku – buku pedoman, dan berbagai data serta keterangan dari pembimbing.

Kami menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Kunjungan Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada:

1. Bapak … selaku kepala sekolah yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk melaksanakan Kunjungan Industri.

2. Bapak … selaku Ketua …. Kunjungan Industri Medan yang telah membimbing kami selama berada disana.

3. Bapak …. selaku kepala Kompetensi Keahlian Teknik komputer dan jaringan

4. Ibu …. selaku wali kelas Teknik komputer dan jaringan

5. Pihak yang tidak dapat kami sebutkan , terima kasih atas bantuan dan do’a restu yang berhubungan dengan kegiatan Kunjungan Industri.

Akhirnya, penulis menyadari bahwa dalam penyusunan laporan kunjungan industri masih banyak kekurangan.

Karena keterbatasan pengetahuan dan kemampuan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan demi kesempurnaan Laporan kunjungan Industri ini.

Demikian kata pengantar laporan kunjungan industri ini kami buat, semoga dapat bermanfaat, khususnya bagi diri pribadi kami sendiri dan pembaca pada umumnya.


HALAMAN PENGESAHAN

Laporan kunjungan industri (KI) pada SMK Kosngosan pada tanggal 10 Januari 20xx ini telah disetujui dan disyahkan pada :

Hari/tanggal :

Oleh : Guru pembimbing pelaksanaan kunjungan industri

Tempat : Pabrik Smartphone OPPO Tangerang

Ketua Program Keahlian TI

Guru Pembimbing Kunjungan Industri


BAB I PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah

Kunjungan industri dimaksud agar para siswa mengetahui dengan cara melihat dan mengamati langsung berbagai kegiatan perakitan yang dilaksanakan di kota Tangerang

Kunjungan ini merupakan program kurikulum sekolah menengah kejuruan kelompok TI dan Elektronik khususnya SMK Kosngosan

Dengan demikian diharapkan wawasan siswa terhadap dunia kerja agar lebih mantap, sehingga dapat menggugah motivasi siswa dalam mempelajari berbagai bidang ilmu yang diterima dari luar sekolah


Tujuan dan Maksud Kunjungan Industri

Tujuan dan maksud KI adalah memperkenalkan kepada siswa tentang berbagai kegiatan perakitan smartphone yang terjadi pada dunia usaha, sehingga siswa diharapkan dapat memahami, mengkaji serta membandingkan bagaimana ilmu yang diterima di sekolah dan aplikasinya di dunia kerja.


Peserta Kunjungan Industri

Peserta kunjungan industri terdiri dari siswa dan pembimbing antara lain sebagai berikut :

  • Siswa kelas X dan XI
  • Program Study Teknik Kendaraan Ringan : 28 siswa
  • Program Study Teknologi Elektronika : 24 siswa
  • Jumlah 131 siswa
  • Guru Pembimbing : 10 gutu
  • Total : 141 orang


Waktu dan Tempat

Tempat tujuan kunjungan industri adalah di Pabrik Smartphone OPPO Tangerang

Kunjungan industri ini dilaksanakan pada hari senin tanggal 27 Desember 20xx


Pembimbing dan Kepanitian

Sebagai penanggung jawab dalam pelaksanaan kunjungan industri adalah kepada sekolah SMK Kosngosan yaitu

  • Drs. H. Harahap, M.Pd.I dibantu oleh segenap panitia sebagai berikut :
  • Penanggung jawab : Drs. H. Siregar M.Pd.I
  • Ketua : Purba, S.Ag
  • Sekertaris : Simbolon, S.Kom
  • Bendahara : Siregar, S.E

Pelaksanaan kunjungan industri ini dibiayai oleh setiap siswa khususnya siswa kelas XII yang pembayarannya dilakukan secara cash atau secara berangsur.


BAB II GAMBARAN UMUM PABRIK SMARTPHONE OPPO

Profil Pabrik OPPO Tangerang

Pada bulan April tahun 2013, OPPO untuk pertama kalinya menginjakkan kaki di pasar Indonesia secara resmi. Oppo Indonesia membuka pabrik baru yang berlokasi di Jl. Bayur, Periuk, Kota Tangerang

Pabrik ini memiliki kemampuan untuk memproduksi 1 unit ponsel Oppo dalam hanya waktu 10 detik. 10 detik tersebut sudah mencakup proses awal seperti proses perakitan (assembly) komponen papan inti (motherboard), kamera, antena, dll hingga proses pengemasan (packing) yang berada di paling akhir.

Jadi setiap 10 detik, satu ponsel Oppo akan keluar dari area packing dan menjadi sebuah produk yang sudah dikemas lengkap dengan plastik

Production Line adalah ruangan utama yang dipakai untuk merakit sebuah smartphone Oppo. Pada pabrik Oppo di Tangerang ini, Oppo menyediakan 3 ruangan Production Line. Di dalam ruangan ini, ada sekitar tujuh jalur (lane) produksi yang diisi dengan puluhan operator pabrik

Masing masing memiliki tugas, setiap line akan membuat satu model perangkat, dan setiap operator punya tugas alias jobdesk tersendiri, mulai dari merakit komponen awal seperti morherboard, memasang antena dan kamera, sampai menyiapkan HP Oppo ke dalam kotak penjualan.


BAB III KUNJUNGAN INDUSTRI PABRIK OPPO TANGERANG

Deskripsi Kunjungan Industri

Sesampainya di pabrik oppo, siswa smk kosngoꜱan berkumpul melakukan briefing. Perwakilan OPPO menjelaskan instruksi safety yang wajib dipatuhi setiap siswa smk, untuk mencegah hal yang tidak diinginkan terjadi

Setelah briefing selesai, kemudian para siswa smk kosngosan memulai tour ke dalam pabrik. Sebelum melalui tahap produksi sparepart dan peralatan yang dibutuhkan, satu persatu perangkat baik masuk maupun keluar dicatat dan juga sparepart yang cacat.

Sparepart yang cacat akan dikarantina, didata kembali, dan dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Ruangan memiliki AC besar yang berfungsi menjaga kelembaban untuk mencegah terjadinya korosi pada beberapa sparepart, suhu berkisar 25° Celcius


Lantai 2 Pabrik Oppo

Setelah selesai mengitari area gudang penyimpanan pada lantai 1, siswa smk kosngosan melanjutkan kunjungan ke lantai 2 dimana menjadi tempat produksi HP OPPO dilakukan.

Disini, siswa smk kosngoꜱan melihat secara langsung bagaimana proses perakitan smartphone OPPO berlangsung, setiap line terdiri dari 20 pekerja yang punya job desk masing-masing.

Sparepart yang sebelumnya sudah disiapkan di area gudang, akan dialihkan ke area produksi, satu persatu sparepart digabungkan dari proses pemasangan Camera sampai ke papan PCB smartphone, pemasangan body smartphone, dan ujicoba fungsi juga pengecekan dead pixel pada LCD layar

Smartphone OPPO yang lolos uji akan dipindahkan ke bagian packing yang bertugas mengemas isi produk dalam kardus, termasuk charger, silicon case, buku panduan, dan lainnya.

Setelah produk smartphone selesai dikemas, maka hp akan dipindahkan ke area gudang penyimpanan untuk dilanjutkan proses pengiriman.


Proses Quality Control

Selesai kami mengamati proses produksi, siswa smk kosngosan pun berkesempatan untuk melihat bagaimana proses quality control sebagai tahapan apakah smartphone OPPO tetap terjaga kualitas produk-nya.

Pengujian QC ini dilakukan secara berkala dimana sejumlah sample hp oppo hasil produksi diambil dan melalui serangkaian ujicoba.

Hal ini supaya bertujuan untuk menjamin kualitas HP sebagai bentuk komitmen OPPO menjaga mutu produknya hingga sampai ditangan pengguna seperti sobat kosngosan.

Pabrik perakitan Oppo di tangerang ini bukanlah hanya bertujuan kepada produsen seperti yang diutarakan diawal, tetapi juga untuk mengakomodir bentuk pelayanan kepada konsumen akhir.

Proses distribusi yang mudah, akan memberikan keleluasaan kepada konsumen dan layanan purna jual (after sales) akan lebih baik

Dengan demikian, konsumen atau pengguna hp OPPO tidak perlu khawatir bilamana mengajukan proses klaim produk selama masa garansi.


BAB IV PENUTUP

Kesimpulan

Dengan adanya pabrik perakitan sendiri di Indonesia, punya andil dalam roda perekonomian, salah satunya menyediakan lapangan pekerjaan di Indonesia, khususnya daerah tangerang dan sekitarnya

Semoga dikedepan hari akan banyak produsen smartphone seperti apa yang OPPO telah lakukan, terus berusaha untuk menghasilkan produk berkualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen

Baca juga : Contoh Perkembangan Bisnis Digital di Indonesia


Download Contoh Laporan Kunjungan Industri Format Doc Bisa Diedit

Sobat koꜱngosan juga bisa mengunduh file yang sudah kami berikan dibawah ini, dalam format docx yang bisa dibuka dan diedit pakai ms word di laptop atau di hp (pakai wps office)

Download file laporan kunjungan industri disini


Kata Penutup

Semoga dengan membahas mengenai pengertian dan contoh laporan kunjungan industri dari kosngosan diatas, bisa bermanfaat dan menjadi referensi buat teman teman sekalian ya

Diharapkan kalian dapat mempraktekkannya dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk klik tombol share dibawah, serta bookmart juga halamannya. sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya

Oleh rezaharahap