Cara Membuat Akun Google Scholar (Cendekia) Gratis

Cara Membuat Akun Google Scholar (Cendekia) Gratis

membuat akun google schoolar cendekia
Google Scholar atau Google Cendekia merupakan produk khusus untuk kepentingan pendidikan baik digunakan untuk sekolah maupun perguruan tinggi. Kamu dapat membuat akun Google Scholar secara gratis melalui beberapa langkah seperti yang dijelaskan di bawah ini. Namun sebelumnya kita akan membahas mengenai Google scholar terlebih dahulu.

Siapa dari kalian yang belum mengenal produk layanan google yang satu ini? Bagi kalian yang punya sekolah atau kampus terkini, mungkin penggunaannya sudah sangat sering untuk mendukung aktifitas pembelajaran sehari hari. Namun bagi kamu yang masih jarang bahkan baru mendengar namanya, mari kita berkenalan dengan produk pendidikan google ini.

Google Schoolar atau dalam bahasa Indonesianya adalah Google Cendekia adalah suatu layanan pencarian yang mengkhususkan diri terhadap pencarian materi pelajaran lengkap berupa teks dalam berbagai format seperti doc, pdf, xml dan lainnya. Layanan ini didirikan oleh raksasa perusahaan google pada tahun 2004 silam dengan mencakup banyak jurnal online yang membantu para peneliti dalam mencari literatur.

Baca juga :
Cara Membuat Daftar Isi Ms Word Otomatis dan Manual
Gelar Sarjana pada Program Studi Manajemen

Kamu seorang pelajar atau mahasiswa yang membutuhkan sumber pustaka berupa abstrak, jurnal, buku, artikel, komunitas dari berbagai bidang keilmuan dan sumber pengetahuan lainnya bisa memanfaatkan google shoolar sebagai wadah pencariannya. Bayangkan seluruh jurnal internasional bisa kamu temukan disini. Keren bukan?

Daftar Google Cendekia

Langkah pertama : Sebumnya log in dulu menggunakan akun google mu. Setelah itu kunjungi situs google cendekia di scholar.google.co.id . Kemudian akan tampil halaman beranda dari google schoolar.

Langkah kedua : Pilih menu pada tab sebelah kiri, klik "Profil saya". Isi beberapa formulir pendaftaran seperti yang diminta dengan lengkap seperti
  • nama, 
  • afiliasi, 
  • email (email khusus domain pendidikan, bila tidak ada, kosongkan) 
  • bidang minat
  • halaman beranda (opsional)

Langkah ketiga : Pilih kelompok artikel yang akan kamu buat, pilih yang sesuai dengan minat dan bakatmu. Setelah itu akan ada pilihan "Update artikel terkait" dengan memilih antara "Update secara otomatis" dengan "Kirim update melalui email". Pilih yang kamu rasa paling sesuai.

pengaturan google schoolar cendekia
Langkah keempat : Pilih visibilitas profil apakah profilmu dijadikan secara private (uncheck bagian "Jadikan profil saya untuk umum") dan apabila ingin profilmu bisa dilihat orang lain, maka checklist bagian tersebut. Tekan "Selesai"

halaman profil google cendekia schoolar


Bagaimana cara artikel atau tulisan online kita terindeks oleh google scholar

Pertanyaan yang sering muncul bagi mereka yang ingin hasil karya tulisannya layak dan dicari oleh banyak orang adalah, bagaimana cara agar tulisan kita bisa cepat terindeks oleh google schoolar? 

Pembahasan mengenai cara membuat akun Google Scholar atau Cendekia secara gratis telah selesai. Semoga dapat membantumu dalam setiap proses pembelajaran baik itu di sekolah maupun di kampus. Kamu dapat memberikan kritik dan masukkan di bawah ini. Juga bila ada pertanyaan yang hendak ditanyakan kepada admin silahkan tanyakan di kotak komentar di bawah ini.

Buka Komentar