Gelar Sarjana pada Program Studi Manajemen

Gelar Sarjana pada Program Studi Manajemen

gelar sarjana manajemen

Gelar sarjana pada program studi manajemen bisa dikatakan cukup penting untuk mendapatkan pekerjaan pada saat sekarang ini. Seperti apa prospek persaingan jurusan manajemen di jaman sekarang? Kali ini blog kosngosan akan membahas mengenai peluang kerja jurusan manajemen.

Kita sering mendengar istilah sarjana, namun masih kurang mengerti apa itu sarjana. Sarjana secara teoritis sudah diungkapkan maknanya oleh kamus besar bahasa indonesia, yaitu seseorang yang memiliki kepandaian (ahli ilmu pengetahuan) atau gelar strata satu yang dicapai oleh seseorang yang telah menamatkan pendidikan tingkat terakhir di perguruan tinggi (universitas, politeknik, institut).

Dari pengertian tersebut, istilah sarjana sudah pasti diartikan sebagai gelar yang diberikan oleh institusi pendidikan kepada seseorang yang telah belajar dalam ruang lingkup pendidikan tinggi. Gelar tersebut kemudian akan dipergunakan untuk kepentingan formal seperti mencari pekerjaan, masuk partai politik, pencantuman gelar pada dokumen dan lainnya.

Baca juga : Cara Membuat Akun Google Scholar (Cendekia) Gratis

Sejarah sarjana adalah istilah yang diambil dari bahasa Sansekerta yaitu "orang yang pandai" atau "orang yang berilmu". Pada masanya, para sarjana ini bisa dikatakan adalah mereka yang memiliki ilmu dibidang masing masing serta berguna bagi kalangannya.

Namun sekarang ini, kondisi sarjana sangat memprihatinkan, karena banyak yang mengalami pengangguran dan ketimpangan pendidikan. Menjadi tugas bersama untuk mengembalikan posisi sarjana sebagaimana mestinya sehingga bisa mengubah lingkungan sekitarnya menjadi lebih baik.

Dalam pembahasa kita mengenai gelar sarjana jurusan manajemen, sebenarnya ada banyak sekali gelar sarjana akademik tergantung dari jurusan atau program studinya yang diatur dalam peraturan surat edaran Direktorat Jendral Perguruan Tinggi (Dirjen DIKTI) Republik Indonesia.

Untuk Program Studi ataupun Jurusan yang menyangkut ilmu Manajemen, maka gelar akademiknya adalah sebagai berikut :

Sarjana Manajemen (S.M.) penulisan S titik M titik

Sarjana Manajemen Bisnis (S.Mb.) penulisan S titik Mb titik

Sarjana Manajemen Komunikasi dan Media (S.I.Kom.) penulisan S titik I titik Kom titik

Magister Manajemen (M.M.) penulisan M titik M titik

Magister Manajemen Sistem Informasi (M.M.S.I.) penulisan M titik M titik S titik I titik

Magister Manajemen Pendidikan (M.MPd.) penulisan M titik MPd titik

Demikianlah pembahasan kita mengenai Gelar Sarjana pada Program Studi Manajemen kali ini, semoga dapat menambah wawasan kita mengenai gelar gelar akademik yang ada pada perguruan tinggi. Kamu pengen kuliah? Silahkan cari informasi kampus yang bisa menjadi referensi buat kamu untuk belajar. Jangan lupa berkomentar ya!

Buka Komentar