Cara Mengurus Pembuatan Ijazah Baru yang Hilang dengan Cepat

Cara Mengurus Pembuatan Ijazah Baru yang Hilang dengan Cepat

Baca juga :

cara ganti ijazah baru

Bagi kamu yang mengalami kehilangan atau kerusakan ijazah asli, bisa membaca postingan kosngosna kali ini mengenai cara dan langkah pengurusan surat pengganti ijazah asli serta syarat syarat yang harus dipersiapkan untuk mendapatkannya.

Bgaimana cara membuat ijazah baru yang hilang? Pertanyaan ini sering kali terlintas, apalagi bagi kamu sedang dilanda musibah kehilangan atau kerusakan ijazah baik itu ijazah sd, smp, sma atau bahkan perguruan tinggi. Karena benda yang satu ini begitu sakral dan penting, maka menggantinya pun butuh proses yang terbilang cukup panjang.

Faktanya memang akan mengecewakanmu. Tidak ada cara untuk membuat ijazah asli seperti semula dengan nomor seri yang sama pula. yang ada adalah kamu diharuskan untuk segera mengganti dan mengurus pembuatan ijazah pengganti, baik itu untuk ijazah sekolah, S1, S2 dan S3 sekalipun.

Baca juga : Cara Mengetahui Jasa Pembuatan Ijazah yang Palsu

Kamu harus mengurus pembuatan pengganti ijazah ini secara sendiri, tanpa diwakilkan. Karena kehilangan atau kerusakan ijazah, diperlukan suatu laporan kehilangan barang berharga ke kantor polisi. Untuk proses lebih detailnya kamu bisa melihatnya pada pembahasan selanjutnya dibawah ini.

1. Melaporkan kehilangan atau kerusakan ijazah ke pihak sekolah atau perguruan tinggi. Bawalah salinan ijazah yang telah di legalisir. Untuk kamu yang memiliki ijazah untuk paket A, B, C, langsung saja ke dinas pendidikan di tempat domisilimu.

2.  Seterusnya kamu harus mengajukan surat kehilangan ke kantor polisi dan segera mengunjungi dinas pendidikan terkait untuk mengurus segala persyaratan untuk membuat surat pengganti ijazah. Anda akan di tanya (interogasi) terkait alasan kehilangan atau kerusakan ijazah. Jawablah dengan sejujurnya agar proses lebih cepat berjalan.

3. Seterusnya adalah dengan mengunjungi dinas pendidikan di daerah dimana kamu bersekolah atau kuliah. Kemudian penuhi semua persyaratan yang diminta oleh dinas pendidikan untuk membuat kembali ijazah pengganti yang baru.

Persyaratan untuk mencetak ulang ijazah pengganti yang baru bagi tiap daerah mungkin berbeda beda, oleh karena itu kamu harus bertanya tentang syarat nya selengkap mungkin. Berikut adalah beberapa syarat umum, seperti :

  • KTP yang Asli dan Salinannya
  • Salinan Ijazah atau STTB (kalau ada)
  • Salinan Buku Induk Instansi Pendidikan pada halaman identitas.
  • Surat Keterangan dari Instansi Pendiidikan
  • Surat Keterangan dari Kepolisian (Kehilangan atau Kerusakan)
  • Foto Berwarna
  • Surat Pernyataan Kehilangan dari Kamu Sendiri
  • Materai 6000 3 lembar

Untuk lama pengeluaran ijazah pengganti baru tergantung dari pihak instansi pendidikannya dan dinas pendidikannya. Karena harus menunggu untuk ditandatangani oleh kepala dinas pendidikan dan pihak instansi pendidikannya.

4. Terakhir, anggap kamu sudah mengerjakan semua persyaratan, kini kamu sudah memiliki Surat Pengganti Ijazah yang baru. Ya, hanya berupa surat yang berbeda dengan ijazah aslinya. Namun fungsinya sama dan berlaku setara dengan ijazah asli yang hilang atau rusak sebelumnya. Kamu bisa menggunakannya sama seperti ijazah asli sebelumnya.

Berikut adalah  contoh pengganti ijazah yang hilang atau rusak :
contoh surat pengganti ijazah baru
Sumber : slideshare.net/septianraha

Nah, bagi kamu yang menemukan alamat jasa pembuatan ijazah dengan iming iming dapat mengganti ijazah lamamu yang hilang atau rusak tersebut menjadi baru dengan kondisi dan nomor seri yang sama, maka mereka patut di curigai sebagai pembuat ijazah palsu. Karena tidak ada wewenang dari pihak luar untuk dapat mencetak sertifitat berharga ini selain pihak institusi pendidikan dan juga dinas pendidikan di daerah terkait.

Beda lagi bila ada beberapa jasa yang menawarkan jasa untuk mempercepat proses administrasi kepengurusan surat ijazah pengganti yang biasanya memang memakan waktu yang lama, karena harus mendapatkan tanda tangan ketua dinas pendidikan dan juga kepala sekolah / dekan / rektor dari perguruan tinggi.

Ijazah merupakan kertas yang berharga. Semoga dengan membaca postingan mengenai Cara Mengurus Pembuatan Ijazah Baru yang Hilang dengan cepat, kali ini kamu bisa lebih menjaga dan merawat ijazah mu. Jangan sampai hilang, kalau hilang kan kamu sendiri yang akan repot. Terakhir jangan lupa untuk memberikan komentar mu di bawah ini ya.

Buka Komentar