Cara Menghindari Jasa Pembuatan Ijazah Palsu

Cara Menghindari Jasa Pembuatan Ijazah Palsu

jasa pembuatan ijazah palsu

Ijazah palsu sekarang marak beredar. Entah itu disengaja atau memang menjadi kesalahan di pemilik, sudah banyak terdapat kasus politisi yang menggunakan bukti pendidikan ini sebagai alat untuk meningkatkan prestise gelar nya. Bila memang kamu pernah menjadi korban atau merasa khawatir untuk menggunakan jasa pembuatan ijazah (karena hilang atau rusak), maka kali ini kosngosan akan membahas mengenai Cara Menghindari Jasa Pembuatan Ijazah Palsu.

Ada begitu banyak jasa pembuatan ijazah asli yang terpercaya yang menyajikan layananya melalui media online seperti website dan media sosial. Akan tetapi tidak semua yang memang bekerja profesional dan dapat dipercayai.

Kalau kamu bertanya, untuk apa sih keberadaan jasa pembuatan ijazah asli ini? Apakah cara mendapatkan ijazah lewat jasa pembuatan ijazah ini legal ? Dan dimana alamat yang bisa kita datangi bila ingin menggunakan jasa pembuatan ijazah asli ini? Mimin akan menjelaskannya secara terpisah dahulu.

Ijazah akademik yang kamu dapatkan setiap melewati jenjang pendidikan formal merupakan suatu jenis surat pernyataan resmi yang bernilai legal dan didalamnya terdapat pernyataan bahwa pemegangnya telah menyelesaikan suatu jenjang pendidikan tertentu dan menjadi salah satu syarat agar dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau dapat juga digunakan dalam hal melamar pekerjaan dan untuk pentingan lainnya.

Baca juga : Cara Mengurus Pembuatan Ijazah Baru yang Hilang dengan Cepat

Nah hampir sama dengan uang, kertas Ijazah merupakan kertas yang bernilai dan berkualitas tinggi. Biasanya, untuk ijazah SD, SMP, SMA dan PTN dicetak oleh Perum Peruri yang juga menjadi satu satunya perusahan milik negara yang mencetak uang rupiah.

Ciri Ciri Jasa Pembuatan Ijazah Palsu

Bila ijazah yang kamu miliki sebelumnya mengalami kehilangan atau kerusakan dan mengharuskan kamu untuk mengajukan pembuatan ijazah baru, maka kamu harus mencari perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan ijazah yang benar benar terpercaya. Pasalnya ada banyak sekali perusahaan di luar sana yang memberikan ijazah palsu yang nantinya akan merugikan kamu sendiri.

Jika kamu masih memiliki salinan ijazah yang dilegalisir, maka ini tentunya lebih mudah. Karena salinan ini bisa menjadi bukti kuat pihak terkait untuk mengeluarkan pengganti ijazah baru. Apa yang kamu harus lakukan untuk menghidari jasa pembuatan ijazah palsu ini ? Sebenarnya cukup simpel dan sederhana. Berikut adalah langkah yang harus kamu ambil :

1. Bawalah salinan ijazah yang telah di legalisir tersebut. Bila memang tidak ada, kamu harus mengajukan surat kehilangan ke kantor polisi dan segera mengunjungi instansi pendidikan terkait untuk mengurus segala persyaratannya.

2. Langkah seterusnya adalah dengan mengunjungi dinas pendidikan di daerah dimana kamu bersekolah atau kuliah. Kemudian kamu akan mendapatkan surat pengganti ijazah sementara.

3. Kemudian lakukan semua persyaratan yang diminta oleh dinas pendidikan untuk membuat kembali ijazah pengganti yang baru. Persyaratan untuk mencetak ulang ijazah pengganti yang baru bagi tiap daerah mungkin berbeda beda, oleh karena itu kamu harus bertanya tentang syarat nya selengkap mungkin.  Untuk lama pengeluaran ijazah pengganti baru tergantung dari pihak sekolah dan dinas pendidikannya.

4. Anggap kamu sudah mengerjakan semua persyaratan, kini kamu sudah memiliki Surat Pengganti Ijazah yang baru. Ya, hanya berupa surat yang berbeda dengan ijazah asli. Namun fungsinya sama dan berlaku setara dengan ijazah asli yang hilang atau rusak sebelumnya.

Jadi, Jasa Pembuatan Ijazah Terpercaya dan Asli itu Bagaimana?

Pertanyaan yang bagus, karena mewakili rasa penasaran kalian semua. Yang pasti adalah bila ada pihak ketiga yang memberikan layanan berupa jasa pembuatan ijazah asli dan terpercaya, dengan iming iming memberikan ijazah asli seperti sedia kala (artinya mirip dengan ijazah mu yang telah hilang atau rusak itu) maka dapat dipastikan itu adalah sebuah penipuan. Ya, penipuan.

Sebenarnya pihak yang berwenang untuk menerbitkan ijazah asli adalah instansi pendidikan (dalam hal ini ijazah awal yang diterbitkan ketika kamu sudah menyelesaikan pendidikan di instansi mereka) atau pihak Dinas Pendidikan di daerah yang mengeluarkan Surat Pengganti Ijazah Asli yang berlaku dan setara dengan ijazah asli tersebut.

Jangan terkecoh, karena sebagian dari mereka juga ada yang mempromosikan layanan lewat situs resmi berdomain profesional seperti .com. Jadi selama ada yang menawarkan jasa pembuatan ijazah asli dengan nomor seri sama dan tidak mengikuti prosedur diatas, maka dapat dipastikan itu adalah pembuat ijazah aspal (asli tapi palsu)

Pada akhirnya semua proses pengajuan pembuatan ijazah baru memang terbilang tidak begitu rumit. Namun begitu kamu kehilangan ijazah asli dan mendapat surat pengganti ijazah tersebut, tentu berbeda kualitas kertas dan penampilannya. Untuk tampilannya sendiri tetap tidak sebaik ijazah asli. Jadi pesan mimin kepada kalian adalah simpanlah baik-baik ijazah asli, karena itu merupakan bukti asli jenjang pendidikanmu.

Sekianlah bagaimana Cara agar dapat Menghindari para pembuat Ijazah Palsu tersebut. Semoga kita terhindar dari kerugian akibat salah menggunakan layanan yang sebenarnya bisa dicegah apabila kita teliti dari awal. Sebelum kamu beranjak, jangan segan untuk memberikan komentar di bawah ini ya untuk feedback mimin kedepannya. Terimakasih telah berkunjung.