Contoh Proposal Acara Kegiatan 17 Agustus yang Baik dan Benar

Contoh Proposal Acara Kegiatan 17 Agustus yang Baik dan Benar

contoh proposal kegiatan 17 agustus

Untuk menyambut bulan kemerdekaan, biasanya para pemuda seperti karang taruna dan masyarakat pasti mengadakan berbagai acara 17 agustus yang membutuhkan modal tidak sedikit. Oleh karena itu penggunaan proposal yang baik sangat dibutuhkan demi kelancaran mendapatkan dana hibah. Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa contoh proposal tersebut kepada kalian.

Bulan Agustus merupakan bulan yang penuh kenangan bagi Indonesia. Bulan yang merupakan dimana kemerdekaan kita tersebut berlangsung, biasanya diisi oleh berbagai kegiatan yang seru untuk menyambut bulan kemerdekaan.

Masih ingat waktu kecil ketika mengikuti lomba 17-an? mungkin itu adalah momen paling seru ketika lomba makan kerupuk, memasukkan kelereng atau belut, panjat pinang, main bola dangdut, bakiak dan lainnya yang bisa menghibur suasana.

Banyak lomba yang diadakan itu memiliki keunikan tersendiri yang memang mampu mengundang gelak tawa masyarakat se kelurahan atau desa. Bisa dibilang pesta rakyat pada bulan agustus memang sangat menyenangkan dan membuat peserta lomba dan penonton terhibur. Nah berhubung kosngosan kali ini membahas proposal acara kegiatan 17 agustus, tidak ada salahnya kita membahas mengenai  sejarah dan awal mula digelarnya lomba 17 agustusan ini.

Menurut Bapak JJ Rizal yang merupakan seorang sejarawan Indonesia, memberikan pendapatnya bahwas tradisi lomba biasa menghiasi perayaan HUT RI ini mulai diadakan ketika pada  tahun 1950-an. Dari masyarakat sendiri-lah yang mengadakan lomba tersebut. Saat itu masyarakat begitu antusias memeriahkan bulan dan hari kemerdekaan ini.

Tahukah kamu, berdasarkan apa yang di infokan oleh Bapak Rizal juga, bahwa saat itu presiden pertama kita, Bapak Soekarno juga turut menandatangani buku untuk hadiah perlombaan. Bahkan tidak hanya anak-anak yang memperoleh hadiah buku, tetapi juga juri. Mungkin sekarang bisa kita bandingkan hadiah sepeda yang sering dibagikan oleh bapak presiden Jokowi, ya!

Nah untuk mengadakan acara acara tersebut tentunya membutuhkan panitia dan dana yang tidak bisa dianggap remeh. Karena setiap kegiatan pastinya memiliki manajemen, maka adanya proposal menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana dari berbagai pihak untuk kelangsungan acara tersebut.

Untunya kali ini mimin akan memberikan contoh proposal acara khusus 17-an yang bisa kamu buat dengan menyesuaikan keadaan dan kebutuhan yang ada di daerah mu masing masing. Karena setiap acara 17 agustus tidaklah sama, maka kamu bisa mengedit proposal dibawah ini sesuai yang kamu hendaki.

Contoh Proposal Acara Kegiatan 17 Agustus Sesuai Prosedur

Dalam contoh dibawah ini, ada beberapa bagian yang wajib dituliskan agar proposal terlihat transparan, yaitu susunan kepanitian acara dan juga estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menggelar acara tersebut. Perhitungan tersebut haruslah setepat mungkin, karena apabila meleset, bisa mendatangkan kecurigaan warga

Panitia juga harus menjelaskan sumber dana dari mana saja untuk menyokong acara, apakah murni dari pihak ketiga yaitu sponsor resmi, dana hibah dari warga, dana hibah dari pemerintahan daerah atau gabungan dari ketiganya. Untuk urusan dana, merupakan tanggung jawab panitia yang paling penting. Jangan sampai menimbulkan persepsi negatif dari berbagai pihak.

Berikut format proposal yang bisa kamu ikuti (silahkan scrool ke bawah untuk mengikuti formatnya)




Download Format Contoh Surat Proposal Acara 17 Agustus disini

Setelah kamu mengklik link tersebut, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu beberapa saat selama lima detik untuk menampilkan url download file doc nya. Atau kamu bisa langsung copy format diatas yang telah mimin bagikan.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Contoh Proposal Acara Kegiatan 17 Agustus yang Baik dan Benar. Semoga dapat menjadi sumber referensi untuk membuat proposal yang sesunggunya dan cepat cair dana kegiatannya sehingga bisa melaksanakan acara sesuai yang direncanakan. Jangan lupa beri komentar untuk postingan kali ini ya.

Buka Komentar