Contoh Proposal Kegiatan 17 Agustus Estimasi Biaya

Bagaimana cara membuat proposal acara 17 agustus untuk memperingati kemerdekaan HUT RI? Biasanya para pemuda seperti karang taruna dan masyarakat akan mengadakan berbagai acara yang membutuhkan modal tidak sedikit. Oleh karena itu pembuatan proposal yang baik sangat dibutuhkan demi kelancaran mendapatkan dana bantuan.

Masih ingat waktu kecil ketika mengikuti lomba 17-an? mungkin itu adalah momen paling seru ketika lomba makan kerupuk, memasukkan kelereng atau belut, panjat pinang, main bola dangdut, bakiak dan lainnya yang bisa menghibur suasana.

Banyak lomba yang diadakan itu memiliki keunikan tersendiri yang memang mampu mengundang gelak tawa masyarakat se kelurahan atau desa. Bisa dibilang pesta rakyat pada bulan agustus memang sangat menyenangkan dan membuat peserta lomba dan penonton terhibur.

Nah berhubung kosngosan kali ini membahas proposal acara kegiatan 17 agustus, tidak ada salahnya kita membahas mengenai  sejarah dan awal mula digelarnya lomba 17 agustusan ini.

Menurut Bapak JJ Rizal yang merupakan seorang sejarawan Indonesia, memberikan pendapatnya bahwas tradisi lomba biasa menghiasi perayaan HUT RI ini mulai diadakan ketika pada tahun 1950-an. Dari masyarakat sendiri-lah yang mengadakan lomba tersebut. Saat itu masyarakat begitu antusias memeriahkan bulan dan hari kemerdekaan ini.

Tahukah kamu, berdasarkan apa yang di infokan oleh Bapak Rizal juga, bahwa saat itu presiden pertama kita, Bapak Soekarno juga turut menandatangani buku untuk hadiah perlombaan. Bahkan tidak hanya anak-anak yang memperoleh hadiah buku, tetapi juga juri. Mungkin sekarang bisa kita bandingkan hadiah sepeda yang sering dibagikan oleh bapak presiden


Contoh Proposal 17 Agustus


contoh proposal 17 agustus

Nah untuk mengadakan acara acara tersebut tentunya membutuhkan panitia dan dana yang tidak bisa dianggap remeh. Karena setiap kegiatan pastinya memiliki manajemen, maka adanya proposal menjadi salah satu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dana dari berbagai pihak untuk kelangsungan acara tersebut.

Baca dulu : Kata Ucapan 17 Agustus tentang Kemerdekaan

Berikut format proposal yang bisa kamu ikuti (silahkan scrool ke bawah untuk mengikuti formatnya) :


PROPOSAL

LATAR BELAKANG

Kegiatan 17 Agustus adalah rutinitas yang menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan motivasi proklamasi ini, maka kita jadikan manusia di Indonesia yang memiliki moral, memiliki rasa tanggung jawab menolong yang tengah memerlukan, bisa bergotong-royong sesama. Kemudian kita lanjutkan pembangunan ekonomi menuju peningkatan kesejahteraan rakyat, dan kita perkuat ketahanan nasional hadapi tantangan global.

Kegiatan yang akan panitia laksanakan ini tidak terlepas dari momen peringatan hari HUT-RI yang dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus 2021 nanti. Seluruh warga menyadari bahwa perubahan yang di hasilkan oleh para proklamator membawa dampak yang sangat besar kepada rakyat Indonesia. Oleh karena itu, kegiatan ini di rencanakan.

MAKSUD PROPOSAL

Adapun maksud diadakannya kegiatan peringatan ini yaitu sebagai wujud rasa syukur pada tuhan Yang Maha Esa, dan juga menjadi sumber keceriaan saat menyambut HUT RI kemerdekaan republik indonesia yang ke-X pada tanggal 17 agustus 2021.

TUJUAN PROPOSAL

Tujuan diselenggarakan acara ini  adalah sebagai berikut :

  1. Mempererat tali persaudaraan serta silahturahmi pada sesama warga
  2. Memotivasi perjuangan didalam meraih prestasi serta harapan
  3. Memupuk jiwa sportifitas serta melatih kekompakan pada tim waktu lomba berjalan
  4. Mengisi hari libur dengan hal-hal yang positif
  5. Momen rasa syukur atas jasa pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah
  6. Memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanannasional menghadapi tantangan global
  7. Meningkatkan jiwa Nasionalis dan Patriotis

DASAR KEGIATAN

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan :

  1. Pancasila sila ke-3 yang berbunyi Persatuan Indonesia
  2. Agenda rutin tahunan Desa Aek Sijorni
  3. Petunjuk dan arahan bapak ketua rt 12/01 tentang pelaksanaan kegiatan dalam rangka
  4. peringatan HUT RI ke X di lingkungan RT 12/01

TEMA KEGIATAN

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan warga melalui Perlombaan-perlombaan”.

JENIS KEGIATAN

Perlombaan untuk anak :

  1. Lomba Adzan
  2. Lomba Hafalan Surat Pendek
  3. Lomba Cerdas Cermat
  4. Lomba Fashion Show
  5. Lomba Lari Bendera
  6. Lomba Makan Kerupuk
  7. Lomba Panjat Pinang

Perlombaan untuk para bapak dan ibu :

  1. Lomba Joget bola (ibu-ibu)
  2. Lomba sepak bola sarung (bapak-bapak)
  3. Lomba estafet belut

WAKTU TEMPAT

Lomba diadakan pada 2 waktu, yakni:

Sabtu, 16 Agustus 2021 pukul 19.30 WIB s/d selesai
Minggu, 17 Agustus 2021 pukul 7.30 WIB s/d selesai

Bertempat di lapangan bulu tangkis RT 12 / 01
*) Perlombaan dapat berubah/diganti sesuai dengan kondisi

STRUKTUR PANITIA

Pelindung :
Penasihat :

A.Panitia Pelaksana

Ketua Pelaksana :
Wakil ketua :
Sekretaris :
Bendahara :

B.Seksi-Seksi

Seksi Acara
Koordinator :
Anggota :
Seksi Humas
Koordinator :
Anggota :
Seksi Perlengkapan
Koordinator :
Anggota :
Seksi Dokumentasi
Koordinator :
Anggota :
Seksi Keamanan
Koordinator :
Anggota :

ANGGARAN BIAYA

Pengeluaran 

Kesekertariatan : Rp. 50.000
Alat dan Bahan Lomba : Rp. 500.000
Konsumsi:
Aqua gelas 4 dus @ Rp. 15.000 : Rp. 60.000
Roti 50 bungkus @ Rp. 2.000 : Rp. 100.000
Hadiah Lomba : Rp. 4.000.000,00
Perlengkapan Panjat Pinang : Rp. 5.000.000
Panggung Hiburan : Rp. 5.000.000
Total : Rp.14.710.000

Sumber Dana

  • Sponsor Acara
  • Dana Talangan dari Masyarakat
  • Sumber lain yang bisa dipertanggung jawabkan


PENUTUP

Demikian proposal ini kami buat, kami menginginkan dukungan serta partisipasi bapak/ibu. Semoga acara ini bisa terlaksana sebagaimana yang kita inginkan. Mudah mudahan dengan terlaksananya kegiatan ini menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antara warga, Amin.

Akhir kata dengan keterbatasan yang ada, mudah-mudahan menghasilkan apa yang kita harapkan dan dambakan. Semoga kegiatan ini memberikan manfaat bagi semua pihak dan dapat dilaksanakan sesuai rencana. Atas perhatian serta hubungan kerja sama bapak/ibu saya ucapkan terimakasih

Baca juga : Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


Contoh Proposal 17 Agustus Format DOC


Nah selain kamu bisa melihat contoh proposal kegiatan 17 agustus diatas secara langsung, kamu juga bisa mengunduh contoh file nya dalam format DOCX yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan menggunakan aplikasi microsoft Word dibawah ini. Bisa lihat previewnya disini :



Download Format Contoh Surat Proposal Acara 17 Agustus DISINI

Setelah kamu mengklik link tersebut, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu beberapa saat selama lima detik untuk menampilkan url download file doc nya. Atau kamu bisa langsung copy format diatas yang telah mimin bagikan.


Tips Membuat Proposal 17 Agustus


Proposal disini juga tujuannya tidak hanya untuk meminta dana untuk bantuan acara 17 Agustusan, tetapi juga untuk memberikan transparansi biaya yang dibutuhkan supaya tidak terjadi mark up atau penggembungan dana.

Dengan adanya proposal 17 Agustus ini, pihak panitia seperti Pemuda Pancasila atau para pemuda yang tergabung dalam suatu kegiatan desa atau Kecamatan, bisa belajar membuat proposal yang baik dan benar sehingga kebermanfaat nantinya ketika melakukan acara atau kegiatan lain.

Dalam contoh diatas tersebut, ada beberapa bagian yang wajib dituliskan agar proposal terlihat transparan, yaitu susunan kepanitian acara dan juga estimasi biaya yang dibutuhkan untuk menggelar acara tersebut. Perhitungan tersebut haruslah setepat mungkin, karena apabila meleset, bisa mendatangkan kecurigaan warga

Panitia juga harus menjelaskan sumber dana dari mana saja untuk menyokong acara, apakah murni dari pihak ketiga yaitu sponsor resmi, dana hibah dari warga, dana hibah dari pemerintahan daerah atau gabungan dari ketiganya. Untuk urusan dana, merupakan tanggung jawab panitia yang paling penting. Jangan sampai menimbulkan persepsi negatif dari berbagai pihak.

Baca juga : Contoh Bela Negara dalam Kehidupan Sehari Hari


Kata Penutup


Proposal kegiatan 17 Agustus menjadi hal yang wajib dibuat untuk menggelar acara peringatan HUT NKRI yang transparan dan benar benar profesional. Karena banyak pihak yang akan memberikan sumbangan, supaya menghindari adanya praktek penyelewengan dana, maka rincian biaya amat diperlukan.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Contoh Proposal Acara Kegiatan 17 Agustus yang Baik dan Benar. Semoga dapat menjadi sumber referensi untuk membuat proposal yang sesunggunya dan cepat cair dana kegiatannya sehingga bisa melaksanakan acara sesuai yang direncanakan. Jangan lupa beri share atau bagikan tulisan untuk postingan kali ini ya.
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads