Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

101 Kata Ucapan 17 Agustus tentang Kemerdekaan NKRI

Dirgahayu HUT RI! Selamat hari kemerdekaan (independence day) buat Indonesia! Momen spesial ini pastilah kita tunggu-tunggu setiap tahunnya. sebagai warga negara Indonesia yang punya nasionalisme dan patriotisme tinggi, sudah saatnya kita memeriahkan momen ini dengan mengupdate caption dan status lewat facebook, instagram, whatsapp, twitter dan line milik kita masing masing. Tentunya penasaran dong? yuk kepoin dibawah ini.

Bulan Agustus memang menjadi bulan yang spesial bagi seluruh bangsa Indonesia. Pada bulan 8 di kalender masehi ini, tepatnya pada tanggal 17, negara Indonesia menyatakan kemerdekaannya dari penjajahan Jepang.

Banyak sekali kata kata indah bertemakan perjuangan kemerdekaan pada bulan Agustus ini. Sobat kosngosan yang sudah belajar sejarah bangsa ini ketika SD, pasti mengerti betapa besar jasa para pahlawan yang rela mengorbankan segenap jiwa raganya untuk kemerdekaan yang sekarang kita nikmati ini.

Pada dasarnya, tema 17 Agustus tahun ini akan ada banyak contoh kalimat slogan kemerdekaan yang sobat kosngosan temui baik di media sosial, jalan raya, televisi dan bahkan di beberapa linimasa sosial media yang dikirimkan oleh teman temanmu. mimin akan membantumu dalam mempersiapkan berbagai kata ucapan 17 Agustus dan caption menarik yang tentunya bisa kamu gunakan untuk momen spesial ini.


Kata Semangat Kemerdekaan


kata agustus kemerdekaan

Selamat hari kemerdekaan Indonesia. Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan Kemerdekaan Bangsa Indonesia. Mari bersatu membangun tanah air tercinta dengan semangat dan ilmu yang kita miliki.


Aku memang tidak pernah ikut bela negara secara fisik
Akan tetapi aku akan terus berjuang sebagai WNI yang baik,
Meningkatkan patriotisme dan nasionalisme ku sebisa mungkin


Terimakasih NKRI yang sudah menerika aku sebagai WNI mu
Aku bangga, dan aku merasakan syukur yang tiada terkira
Atas kemerdekaan yang kita rasakan sekarang ini


Apapun profesi mu saat ini,
Ayo kita ikut berpartisipasi dalam memajukan NKRI tercinta!


Kobarkan selalu semangat berjuang para pahlawan kita. Mari tingkatkan kecintaan kita terhadap NKRI dan memproklamirkan kesetiaan kita terhadap Pancasila. Dirgahayu HUT RI ke (...)


Happy BirthDay Indonesia. Semoga ulang tahun yang ke (...) tahun ini menjadikanmu sebagai bangsa yang unggul dan maju. Kami dari rakyat akan selalu mencintaimu sampai titik darah terakhir.


Satu nusa, satu bangsa satu bahasa. Tanah air pasti jaya untuk selama-lamanya! Merdeka! Indonesia Kerja Nyata!


Perjuanganku lebih mudah karena melawan penjajah. Perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri. Mari kita kokohkan persatuan untuk melawan musuh bangsa bersama. Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia yang ke (...)


Happy (...)th Independence Day Indonesia! Wish all indonesians a very happy (...)th Independence Day, Peace, Prosperity and Growth!


Kemerdekaan hakiki adalah ketika terbebas dari belenggu nafsu, tak bergantung pada manusia dan hanya Allah yang menghuni hati.


Setiap warga negara wajib memberikan dirinya yang lebih produktif dan kreatif dalam membentuk masa depan Indonesia yang lebih cemerlang. Satukan hati, satukan jiwa dan pikiran kedalam kerja keras membangun Indonesia yang lebih maju. (Djajendra)


(...) Tahun Indonesia Jaya! Bukan Merah Kalau Tidak Berani. Bukan Putih Kalau Tidak Suci. Bukan Indonesia Kalau Hanya Diam Berdiri. Bergeraklah Wahai Pemuda Pemudi. Demi Ibu Pertiwi Ini!


Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu dan hari ini. Tetapi juga untuk besok dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari perjuangkan bersama Indonesia yang lebih adil dan sejahtera.


Bersamaan dengan momen Dirgahayu Republik Indonesia yang ke (...), Mari kita tingkatkan persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI dengan mewujudkannya dalam bentuk Kerja Nyata bagi seluruh masyarakat Indonesia.


Karena pahlawan-pahlawan berhati gagah. Semangat juangnya pantang menyerah. Terbukti mengusir para penjajah. Merah putih pun berakibar indah. Selamat Memperingati Hari Merdeka. Untukmu Indonesia-ku yang tercinta. Semoga makmur sejahtera. Dalam persatuan suku-suku bangsa. Selalu damai dan sehat bahagia (Anisayu)


Merdeka Indonesia, Tanah Airku, Tumpah Darahku! Mari wujudkan bangsa yang berkarakter dan bermartabat melalui gerakan cinta tanah air.


Besok habis upacara kemerdekaan lanjut nyusul upacara pernikahan kita ya, mas :)


Sejauh manapun kaki ini melangkah, Tanah air tetap merupakan tempat kembali yang paling dirindukan. Selamat Hari Kemerdekaan Buat Negeriku Tercinta. Walaupun kali ini tidak bisa dekat bersamamu, namun Engkau selalu ada di hati ini.


Bersama semangat proklamasi 17 Agustus 45, Kita berkerja keras untuk kemajuan bersama. Kita tingkatkan pemerataan hasil-hasil pembangunan untuk keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.


Kemandirian bangsa adalah wujud nyata dari makna kemerdekaan. Jika negara masih bergantung dengan pihak luar, maka kita belum sepenuhnya merdeka.


Kemerdekaan hanya dapat diperoleh oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad Merdeka atau Mati. (Ir. Soekarno)

Baca dulu : Download Proposal Kegiatan 17 Agustus


Ucapan HUT RI


ucapan ulang tahun RI

Dirgahayu Republik Indonesia 17 Agustus 1945 - 17 Agustus (...)
Jayalah Negeriku, Jayalah Bangsaku
Dengan semangat proklamasi mari tingkatkan pembangunan dan pendidikan untuk Indonesia yang lebih baik.


Dirgahayu Republik Indonesia. Dengan semangat proklamasi 17 Agustus 1945, Mari kita meningkatkan kesadaran persatuan, Hidup Berbhineka untuk memperkokoh persatuan NKRI. Jaga stabilitas politik, ekonomi dan sosial untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.


Selamat ulang tahun buat negaraku tercinta. Maafkan aku saat ini belum bisa berkontribusi yang nyata kepadamu namun aku berjanji akan mengisi kemerdekaan yang telah diberikan oleh pahlawan terdahulu dengan sebaik mungkin


DIRGAHAYU NKRI yang ke (...) . Semoga dengan usiamu yang semakin matang ini bisa lebih membuatmu kokoh dan menjadi negara maju dan terpandang di seluruh dunia


Selamat hari jadi Indonesia yang ke (...), kita sebagai warga negara harus bisa berkontribusi aktif untuk memajukan bangsa ini menjadi lebih baik lagi


Kesabaran kita akan teruji tentang bagaimana menjaga kemerdekaan ini,
Mempertahankannya dan juga mengembangkan NKRI sehingga menjadi maju
DIRGAHAYU HUT RI YANG KE ____ SALAM LESTARI INDONESIAKU!


Merdeka! DIRHAYU INDONESIAKU yang ke (...) tahun. Disini aku akan terus mendukungmu dan menjadi di warga negara yang selalu membanggakanmu Kemanapun aku berada


Banggalah menjadi warga negara Indonesia karena di negeri kita Bumi Pertiwi, Kita telah menjadi sosok yang telah mendapatkan kemerdekaan dari para pahlawan terdahulu, Selamat Hari Lahir buat NKRI yang ke (....)

Baca juga : Kata Ucapan Selamat Hari Lahir Pancasila


Kata Bijak Pahlawan Kemerdekaaan


ucapan hut dirgahayu indonesia 73

Bagimu pahlawanku, semoga engkau tenang disana. Kami para penerusmu akan memberikan yang terbaik untuk mengisi kemerdekaan ini. Semangat mu tidak akan pernah padam dan akan diteruskan kepada generasi ini.


Jasa jasa mu, akan selalu kami kenang, duhai Pahlawan bangsa! Merdeka! Kini kami telah merasakan kemerdekaan yang telah engkau perjuangkan. Semoga kami bisa mengisinya dengan prestasi dan mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah dunia, Amin


17 Agustus tidak akan berarti tanpa perjuangan Pahlawan-Pahlawan hebat bangsa Ini. Semoga kita semua bisa menjadi penerus yang memuliakan bangsa ini. Ingat supaya selalu menghormati mereka yang telah berjuang.


Indonesia adalah bangsa pejuang, dan memiliki semangat patriot yang mengalir. Kita tidak akan pernah menyerah. Selamat Dirgahayu Indonesia, Marilah membuat Indonesia Jaya!


"Pahlawan masa kini adalah mereka yang tak kenal lelah mengabdi pada bangsa dan negara". Selamat HUT RI, semoga kita sebagai anak bangsa bisa mengisi kemerdekaan dengan lebih baik, tidak melupakan jasa para pahlawan terdahulu yang berkorban harta dan nyawa untuk hidup merdeka seperti saat ini.


Dirgahayu Republik Indonesia. Mari jadikan momen ini untuk meningkatkan peran kita membangun bangsa, memberikan kontribusi terbaik untuk menjadi pahlawan masa kini.


Pantun Kemerdekaan


Jalan-jalan ke Jakarta
Naik Busway memakai batik
Wahai Indonesia tercinta,
Jadilah negeri yang baik


Pergi kekebun metik  nangka
Isinya dimakan dibuang bijinya
Indonesia bhineka tunggal ika
Masyarakat beribu suku bangsa


Bawa celurit pergi ke sawah
Menanam sawah di pagi hari
Takkan ada kata berpisah
Bersatu Indonesia pertiwi


Minum air nyalakan bara
Ambil teko minum kopi
Saya cinta Indonesia raya
Kubela hingga aku tua


Indah syair pujangga
Menyihir hati pembaca
Banyak orang yang berkata
Aku cinta Indonesia


Perenang tubuhnya basah
Berlomba menuju kolam seberang
Budaya asing sudah merambah
Budaya asli jangan hilang


Merdu suaranya burung jantan
Burung berkicau di pagi buta
Hiduplah damai di keseharian
Bukti Indonesia makmur sentosa


Alat celurit tajam menghunus
Pakai sudah ke kaki meja
Dengarlah para generasi penerus
Jagalah selalu kedaulatan Indonesia


Di bukit ada Pantai alam
Indah dilihat silahkan datang
Budaya daerah beraneka ragam
Mari bersama kita lestarikan


Minum teh makan roti
Roti habis di pagi hari
Hendaklah senantiasa mengabdi
Di pangkuan ibu pertiwi


Sejarah Singkat Kemerdekaan Republik Indonesia

Ada yang bilang bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu mengingat jasa para pahlawannya. Oleh karena itu pada sub pembahasan kali ini kosngosan ingin membahas flashback sedikit mengenai perisitiwa kemerdekaan. Dengan tidak melupakan jasa para pahlawan nasional di masa penjajahan Belanda, kita langsung saja menuju masa penjajahan Jepang.

Pada tanggal 14 Agustus 1945 Negara Jepang menyerah kepada sekutu sebagai imbas dari kekalahannya dalam perang dunia II melawan Amerika Serikat. Kemudian pada tanggal 17 Agustus 1945  pada rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur 56, sebuah acara bersejarah akan dimulai pada jam 10:00 pagi bertepatan pada hari Jumat.

Kemudian dimulailah pembacaan proklamasi oleh Soekarno dan disambung pidato singkat tanpa teks. Kemudian bendera sang saka Merah Putih dikibarkan oleh seorang komandan kompi bernama Abdul Latief Hendraningrat dan seorang pemuda dari barisan pelopor, Soehoed. Bendera ini dijahit sendiri oleh ibu negara Fatmawati.

Baca juga : Kata Bijak Paskibraka Keren


Kata Penutup


Momen kemerdekaan memang sangatlah penting untuk dikenal bagi warga negara, khususnya bagi para generasi muda Indonesia saat ini karena penting untuk membuat mereka mengetahui betapa besar perjuangan pahlawan kita di era penjajahan saat dahulu. Semoga saja dengan kumpulan kata-kata semangat di atas bisa menambah nasionalisme dan patriotisme kita

Demikianlah beberapa kumpulan kata ucapan kemerdekaan 17 Agustus ini. Jika sobat kosngosan merasa postingan ini bermanfaat, kamu dapat membagikan link nya kepada teman-temanmu yang lain. dan jangan lupa untuk memberikan saran dan kritik di kotak komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya