Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kata Ucapan Hari Buruh untuk Caption dan Status

Mayday atau hari buruh internasional memang menjadi momen titik balik kebangkitan para buruh di seluruh dunia. Berhubung sebentar lagi akan memasuki hari buruh ini, oleh karena itu kosngosan akan memberikan beberapa Contoh Ucapan Kata Hari Buruh Lengkap Dengan Gambar di tahun ini yang bisa kamu gunakan untuk status atau story di akun media sosial atau aplikasi chatting milik mu.

Contoh Ucapan Kata Hari Buruh

Bagi kamu yang berprofesi sebagai buruh memang selalu menantikan momen ini sebagai suatu eksistensi supaya mengangkat derajat para buruh di Indonesia khususnya. Karena banyak sekali permasalahan yang menimpa para buruh kita, seperti misalnya upah yang dibawah standar, keselamatan kerja, jam kerja yang berlebih dan juga berbagai persoalan yang mengesampingkan hak para buruh.

Mungkin kamu yang tidak ada sangkut pautnya dengan dunia buruh kurang merasakan manfaat dari momen hari buruh ini. Namun percayalah, ini juga akan mempengaruhimu secara tidak langsung. Karena kaum buruh secara domino adalah para penggerak ekonomi makro suatu negara. Apabila kinerja dan produktifitasnya bagus, maka dapat dipastikan perkembangan ekonomi makro dari suatu negara juga pasti akan berkembang baik.

Bila kamu masih bingung dengan istilah atau profesi "buruh", maka ada baiknya mimin menjelaskan secara singkat mengenai profesi ini.

Buruh merupakan profesi atau pekerjaan seseorang yang berkerja pada usaha perorangan dan diberikan imbalan kerja secara harian maupun borongan sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak, baik lisan maupun tertulis.

Baca juga : Contoh Kata Ucapan Isra Miraj 2018 Lengkap dengan Gambar

Buruh identik dengan bekerja di pabrik yang memang menjual barang atau jasa berskala industri. Boleh dikatakan gajinya sangat tidak menentu sesuai dengan kesepakatan (yang lebih sering diajukan oleh sepihak yakni perusahaan). Hal inilah yang membuat banyak dari buruh di Indonesia masih hidup tidak sejahtera dengan jam kerja yang terbilang padat.

Sejarah Perayaan May Day atau Hari Buruh Internasional


Peristiwa ini imulai pada tanggal 1 Mei 1886 di Amerika Serikat. Seperti yang mimin katakan, hari buruh ini bermula dari ketidakharmonisan antara para buruh dengan perusahaan. May Day tercipta akibat kesewenang wenangan perusahaan / pabrik terhadap buruh.

Demonstrasi yang berlangsung April 1886 pertama kalinya didukung sekitar 250 buruh. Dua minggu kemudian bertambah 350 buruh. Setelah itu menyebar dengan cepat ke seluruh Negara Bagian Amerika.

Bahkan untuk daerah Louisville dan Baltimore momen ini menyatukan kaum buruh kulit putih dan kulit hitam. Sehingga pada tanggal 1 Mei 1886, merupakan titik puncak yang diikuti oleh setengah juta buruh di negara paman sam ini.

Sejarah Singkat Hari Buruh di Indonesia


Peristiwa hari buruh telah diperingati di Indonesia sejak 1920 di masa pemerintahan Hindia Belanda yang kala itu merupakan negara pertama di Asia yang memperingati hari buruh.

Namun sejak pemerintahan orde baru di bawah kekuasaan presiden Soeharto hari buruh tidak diperingati lagi di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh gerakan buruh saat itu dikaitkan dengan gerakan dan paham komunis.

Kemudian disaat Orde Baru tumbang gerakan memperingati hari guru di Indonesia sejak tanggal 1 Mei kembali dilakukan kembali oleh para buruh. Setelah reformasi 1998 juga masih belum ditetapkan sebagai hari libur nasional. Banyak para buruh aksi turun ke jalan di seluruh kota besar di Indonesia.

Lalu pada tanggal 1 Mei pada tahun 2013 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengeluarkan Keputusan Presiden tentang peringatan Hari Buruh. Pemerintah kemudian menetapkan tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional. Untuk memperingati hari buruh sedunia hari libur nasional ini dimulai sejak tanggal 1 Mei 2014.

Contoh Ucapan Kata Hari Buruh Lengkap Dengan Gambar


Selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018

contoh gambar ucapan hari buruh

1 Mei Hari Buruh Internasional : Jangan Biarkan Hak Buruh Di Injak-Injak

Utamakan Hak Pekerja Buruh

International Labour's May Day Solidarity Is Strength

Dahulu Budak Tidak Dikasih Upah Tapi Dikasih Makan, Sekarang Buruh Dikasih Upah Hanya Cukup Untuk Makan. Lalu Apa Bedanya?

May Day : No Kapitalisme

contoh gambar ucapan hari buruh

Keringatku Adalah Masa Depanku : Buruh

Bersatu! Bentuk Peraturan Yang Memihak Buruh!

Selamat Hari Pekerja Buat Semua Yang Bekerja

Loyalitas Harga Mati, Salah Sedikit Dicaci Maki : Buruh

Bangsa Yang Besar Adalah Bangsa Yang Menghargai Buruh

contoh gambar ucapan hari buruh

Selamat Hari Buruh Internasional 1 Mei 2018 Untuk Semua Para Buruh Yang Telah Berjuang Membangun Keluarga Dan Bangsa

Demikianlah beberapa Contoh Ucapan Kata Hari Buruh Mayday Lengkap Dengan Gambar yang mimin berikan. Semoga saja para buruh kita menjadi makmur dan sejahtera ya. Terakhir jangan lupa untuk memberikan komentar yang membangun untuk keperluan blog ini. Terimakasih.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya