Profil Pengusaha Sukses Ketika Kuliah dan Sekolah

Profil Pengusaha Sukses Ketika Kuliah dan Sekolah

Profil Pengusaha Sukses

Menjadi pengusaha sukses adalah impian semua orang, terlebih sekarang ini melamar pekerjaan sangatlah sulit. Nah kali ini kosngosan akan membahas daftar beberapa pengusaha dan pebisnis yang sukses ketika kuliah dan sekolah. Ini juga untuk memberikan kamu motivasi untuk segera memulai bisnis, walaupun masih duduk dibangku kuliah atau sekolah.

Bagaimana cara berbisnis yang baik dan benar tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya pengalaman mu selama ini dalam berkecimpung di dunia bisnis.  Sebenarnya ada banyak tips yang membuat pengusaha sukses, namun kali ini kita hanya akan membahas mengenai "hasil" nya saja, yaitu orang orang yang memang memiliki passion dibidang bisnis, memulainya sejak masih muda, serta kini menikmati hasilnya dengan indah.

Baca juga : Rahasia Sederhana Menjadi Pengusaha Sukses Menghasilkan Milyaran Rupiah

Bill Gates

Siapa yang tidak kenal sosok fenomenal yang satu ini? Orang terkaya sejagad yang sekarang sudah pensiun dari CEO microsoft yang telah membesarkan nama dan kekayaan nya ini menjadi pilihan mimin pertama untuk kategori pengusaha sukses saat di bangku kuliah. Memang jika dijadikan tolak ukur kesuksesan, sudah pasti tidak linier dengan karier pendidikannya. Akan tetapi ada banyak pelajaran yang bias dipetik dari DO-nya beliau dari bangku kuliah akibat terlalu memikirkan bisnisnya.

Hingga kini, Bill gates adalah manusia terkaya didunia pertama yang berasal dari bidang teknologi informasi. Walaupun mungkin sudah tidak menjadi manusia terkaya sejagad lagi (karena ada bos amazon yang kini sudah menduduki posisi pertama), tetapi kisah keuletannya mengembangkan startups microsoft saat kuliah menjadi inspirasi buat kita semua.

Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg sukses membangun Facebook menjadi media sosial terbesar di dunia hingga kini. Suami Priscilla Chan ini keluar dari Harvard University pada 2004 saat tahun kedua masa kuliahnya. Hampir sama dengan Bill Gates, dia lebih memilih mengembangkan startup miliknya dan meninggalkan dunia pendidikan.

Walaupun tidak bisa ditiru sepenuhnya, kita tetap bisa menjadikan dia sebagai inspirasi bagi anak muda sekarang, khususnya yang masih sekolah dan kuliah bahwa berbisnis ketika belajar tidak ada salahnya, malah akan lebih memotivasi kita dalam belajar dan mencari penghasilan tambahan.

Elang Gumilang

Profil Pengusaha Sukses Ketika Kuliah

Profil pebisnis Indonesia kali ini sudah sukses mendulang rupiah berkat bisnis properti miliknya sejak duduk dibangku kuliah. Seorang anak muda yang tak hanya peduli pada profit bisnis, namun juga pada masyarakat yang tidak memiliki perumahan khusus yang layak.

Otak bisnisnya sudah ada sejak duduk di bangku kuliah IPB. Lalu dia dan kawan kawan nya membeli sepetak tanah dan membangun rumah pertamanya yang kemudian laku terjual dengan keuntungan yang lumayan. Dari situ dia mulai berpikir tentang prospek bisnis properti ini.

Hingga kini Elang sudah menjadi pengusaha muda yang terbilang sukses. Hal yang kita pelajari dari anak muda ini adalah walaupun memiliki keluarga yang berada, tidak lantas membuat gaya hidupnya hedon. Dia justru memanfaatkan nya sebagai modal awal untuk memulai bisnis propertinya yang memang terbilang memiliki modal yang lumayan.

Susi Pudjiastuti

Profil Pengusaha Sukses Ketika Sekolah

Ibu Susi Pudjiastuti adalah sosok wanita teguh yang memulai karir bisnis nya sejak masih duduk di bangku sekolah menegah atas. Beliau memulai karir bisnisnya dengan berjualan pakaian dan bed cover. Dengan melihat peluang bisnis in di daerah tempat tinggalnya, yang terkenal dengan sentra perikanan, maka dari itu beliau memutuskan untuk memulai bisnis perikanannya.

Selain bisnis perikanan, Susi juga berekspansi di bidang maskapai penerbangan. Dia memanfaatkan maskapai miliknya untuk pengiriman ikan bila jalur darat dan laut mengalami keterlambatan. Ibu Susi ini membeli pesawat dengan modal pinjaman dari bank. Setelah sukses, kemudian beliau mengembangkan lagi bisnis armada penerbangan Susi Air hinggga kini.

Hal yang perlu kita pelajari juga dari sosok wanita satu ini adalah walaupun dengan keterbatasan ekonomi dan modal  yang ada, tidak lantas menjadikan tekad berbisnis beliau surut. Malah justru menjadi pemacu untuk memulai bisnis yang benar benar memiliki prospek. Walaupun pada akhirnya karier pendidikan Ibu Susi harus terhenti.

Hamzah Izzulhaq

Profil Pengusaha Sukses Ketika Sekolah

Kalau ada pengusaha yang memang benar benar memulai bisnisnya dari nol, maka orang ini adalah salah satunya. Memulai bisnis nya saat masih duduk dibangku sekolah, sangat muda untuk memikirkan peluang bisnis di kala itu.

Owner sekaligus pendiri Franchise Entrepreneur CEO Hamasa Indonesia Corp ini memang benar benar pemilik otak bisnis. Dia sudah mulai belajar bisnis sejak kelas 5 Sekolah Dasar. Dia mulai menjual berbagai macam permainan khas anak anak seperti kelereng, petasan, dan lainnya yang  sangat digemari anak anak. Selain itu pernah menjual koran, ojek payung dan mengamen besama teman temannya yang memang kebanyakan kalangan menengah ke bawah.

Hingga duduk di bangku SMA, dia mulai merintis bisnis nya secara lebih profesional dengan memulai berjualan pulsa dan buku sekolah tiap semesternya. Hasilnya dia sudah bisa mendapatkan keuntungan pertamanya di semester awal dengan lumayan. Banyak mengalami kegagalan sejak SMA tidak lantas membuatnya turun semangat. Awal bisnis briliannya adalah ketika membeli lisensi bimbingan belajar seharga 175 juta dari modal awal bantuan Ayahnya dan dengan cara menyicil sisanya. Dan ini menjadi starter bisnis yang mengantarkan menuju kesuksesan hingga saat ini.

Pantang menyerah. Hal tersebut menjadi pembelajaran kuat bagi kita yang hendak memulai bisnis sejak muda. Apalagi banyak hal yang tidak bisa kita prediksi dan bisa menggagalkan bisnis kita setiap saat. Hanya sikap pantang menyerahlah yang menjadi kan kita kuat dalam berbisnis.

Reza Nurhilman

Profil Pengusaha Sukses Ketika Sekolah

Reza Nurhilman alias Axl adalah seorang pebisnis ulung muda yang lebih tertarik menjadi pengusaha saat pria seusianya lebih memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang kuliah. Berbeda dengan teman sebayanya waktu SMA, otak bisnisnya menuntunnya untuk memulai bisnis daripada melanjutkan kuliah.

Ketika dia lulus dari SMA di tahun 2005, Reza kemudian mencoba berbisnis barang barang elektronik hingga berjualan pupuk. 4 tahun kemudian dia hanya berjualan produk dari orang lain. Hingga pada akhirnya dia menemukan bisnis idealnya dengan berjualan keripik singkong Maicih yang memiliki ciri khas bumbu pedas dengan level yang bisa dipilih. Selain itu gaya penjualannya yang nomaden membuat bisnis nya cepat naik daun.

Try Wibowo

Profil Pengusaha Sukses Ketika Sekolah

Seorang pebisnis muda yang berhati mulia juga. Try yang saat SMA kala itu sudah memiliki naluri bisnis yang kemudian tersalurkan ketika tamat SMA. Semangat bisnis nya dimulai sejak kelas 2 SMA ketika dia mengikuti coaching entrepreneurship di sekolahnya. Begitu lulus, dia pun langsung menciptakan Lembaga Pelatihan Kerja Asisten Perawat (LPKAP) di tahun 2010.

Pada awalnya layanan miliknya hanya menyediakan layanan jasa perawat homecare yang tinggal bersama pasien. Kemudian sejak tahun 2016 dia meluncurkan aplikasi homecare visit berbasis lokasi guna memudahkan pengguna mengetahui posisi terdekat dari tenaga medisnya.

Hal yang perlu kita pelajari dari pebisnis ini adalah apapun jenis bisnis kita, haruslah bermanfaat bagi orang lain. Karena percuma mendapatkan profit dan kesuksesan terhadap diri sendiri, tetapi tidak tertularan ke orang lain.

Semua profil pengusaha diatas memang sangat inspiratif. Sebenarnya ada ribuan pengusaha diluar sana yang saat ini tengah merasakan kesuksesannya karena memulai bisnis sejak dini, saat kuliah atau sekolah. Ada juga yang mengatakan tidak semua orang punya bakat jadi pengusaha, itu salah besar. Karena semua orang punya hak dan kesempatan yang sama untuk sukses. Tergantung sejauh mana kita berusaha dan tetap konsisten dalam membangun bisnis.

Demikian lah beberapa profil pengusaha dan pebisnis Sukses Ketika Kuliah dan Sekolah kali ini. Well, semoga ini bisa menjadi pemantik atau pemicu bagi kamu yang malas dalam mencari bisnis sampingan. Karena kita tidak bisa selamanya mengandalkan orang tua dalam sumber uang kita. Mandirilah. Karena mandiri adalah kunci kesuksesan pebisnis. Sekian dan jangan lupa berkomentar ya!

Buka Komentar