51 Peluang Bisnis Dosen selain Mengajar di Kampus

Apa saja usaha yang cocok untuk dosen selain mengajar mahasiswa? Seperti profesi lainnya, dosen juga bisa dikerjakan dengan usaha sampingan lain yang tentunya tidak mengganggu proses pengajaran, penelitian dan pengabdian di kampus. Dan pada kesempatan kali ini, kosngosan akan mencoba memberikan beberapa ide segar yang mungkin bisa diaplikasikan untuk menambah penghasilan selain gaji pokok sebagai tenaga pengajar di perguruan tinggi.

Dosen adalah sebutan bagi mereka yang berprofesi sebagai pendidik juga ilmuwan yang tugasnya dibagi tiga sesuai prinsip tri dharma perguruan tinggi, yaitu mendidik, meneliti dan mengabdi. Dosen tidak sama dengan guru. Tentu saja, level pendidikan, aspek penguasaan bidang dan orang yang diajarinya saja sudah berbeda.

Kenapa kita khusus membahas dosen ? Karena sebagian juga masih ada yang belum sejahtera dari penghasilannya sebagai seorang dosen. Oleh karena itu hal ini mengharuskan mereka untuk berbisnis sampingan disela sela waktu pekerjaannya sebagai dosen.

Sebagian dosen ada juga yang memanfaatkan mahasiswanya untuk berbisnis bersama. Bahkan ada juga yang mempekerjakan mereka, atau menjadikan mahasiswanya sebagai peneliti di bidang proyek yang dia tangani bersama dosen lain. Tentu saja kerjasama antara dosen dengan mahasiswa ini masih dianggap lumrah dan saling menguntungkan

Langsung saja kosngosan akan membahas beberapa ide usaha atau bisnis yang cocok untuk digarap oleh seseorang yang berprofesi sebagai dosen. Tentunya beberapa bisnis ini memiliki waktu koleksi barang dan tidak mengganggu jadwal mengajar di kampus atau universitas. Penasaran? check these out!

Baca dulu : Cobain Bisnis Sampingan Guru Sekolah


Peluang Usaha Dosen


bisnis usaha dosen

1. Mengajar Semester Pendek


Semester pendek meerupakan kegiatan kuliah normal yang dipersingkat, dilakukan di antara libur semester panjang. Beberapa perguruan tinggi ada yang menyediakan program semester pendek untuk membantu mahasiswa dalam memperbaiki nilainya dan mempercepat masa studi dengan mengambil mata kuliah pilihan.

Dosen yang mengajar untuk semester pendek akan mendapatkan honor yang disediakan pihak kampus. Sebagian khususnya kampus swasta, sering menetapkan biaya per SKS, misalnya 70 ribu per 1 sks mata kuliah yang kamu ambil.


2. Melakukan Penelian Ilmiah


Seorang dosen tidak hanya berkutat dengan mengajar di dalam kelas, tetapi harus melakukan kaidah Tri Dharma perguruan tinggi yaitu salah satunya adalah penelitian (selain pengabdian masyarakat).

Dosen yang mendapatkan hasil temuan yang bermanfaat bagi industri, sobat kosngosan bisa mendaftarkannya ke badan kekayaan intelektual, maka bisa mendapatkan royalti dari setiap barang yang diciptakan menggunakan hasil temuanmu


3. Tunjangan Profesor


Seorang guru besar atau Profesor pada perguruan tinggi akan mendapatkan nilai plus untuk mendapatkan tunjangan lebih setiap bulannya, asal aktif meneli dan mempublikasikan jurnal internasional.

Guru besar atau Profesor mendapatkan berbagai tunjangan sesuai dengan golongannya. Selain itu syarat yang harus dipenuhi yaitu adanya publikasi ilmiah rutin yang harus dikeluarkan, sehingga pencairan tunjangan kehormatan bagi dosen besar bisa didapatkan


4. Konveksi Almamater Kampus


Almamater merupakan jenis seragam wajib yang dipakai oleh mahasiswa sebagai identitas dari suatu perguruan tinggi. Biasanya pakaian ini dipakai untuk kepentingan formal dan juga bisa dipakai untuk kegiatan kuliah normal

Bagi sobat kosngosan yang baru tentunya almamater dari perguruan tinggi menjadi kebutuhan yang harus dibeli. Dan Dosen bisa bekerjasama dengan pihak kampus untuk proyek pengadaan almamater ini, akan mendapatkan penghasilan yang cukup besar sesuai dengan jumlah mahasiswa baru yang diterima oleh suatu perguruan tinggi


5. Menjadi DPL KKN


Dosen pendamping lapangan untuk mahasiswa yang mengadakan Kuliah Kerja Nyata atau yang sering disingkat KKN memang memberikan beberapa bagian honor untuk dosen yang bersangkutan.

Beberapa dosen ditunjuk untuk meng-handle mahasiswa yang KKN di suatu daerah, karena memang mungkin sobat kosngosan mengenal lebih baik daerah tersebut, sehingga bisa membantu mahasiswa untuk melakukan program kerja KKN dengan lancar


6. Pembimbing Magang


Hampir sama dengan menjadi DPL KKN, namun kali ini dosen bertanggung jawab untuk mengurusi mahasiswa yang sedang magang pada suatu perusahaan atau instansi milik swasta atau pemerintah.

Dosen ini juga dirasa memiliki kapabilitas dalam meng-handle mahasiswa yang sedang magang, sehingga bisa mengerjakan setiap program magang dengan baik. Dosen juga berperan sebagai penghubung antara mahasiswa dengan pihak penerima magang


7. Pengembangan Inkubator Pertanian


Inkubator pertanian pada suatu kampus, khususnya fakultas pertanian, memang menjadi salah satu fasilitas yang bisa dikomersilkan.

Beberapa contoh seperti di Universitas RIAU (tempat admin kuliah), memiliki inkubator agribisnis, yang bisa menjual berbagai produk pertanian seperti pupuk kandang, penjualan TBS dari perkebunan sawit, dan juga penjualan bibit sawit bersertifikat.


8. Rental Jas dan Sepatu


Mahasiswa akhir butuh jas dan sepatu untuk seminar dalam mengikuti sidang secara formal. Dan biasanya mereka malas untuk memebli jas dan karena hanya digunakan sekali pakai saja.

Banyak yang memilih untuk memincam jas dan sepatu sementara. Sebagai dosen, sobat kosngosan dapat menyediakan bisnispeminjaman perlengkapan ini tentunya dengan sistem hitungan per hari, dan syaratnya adalah untuk meninggalkan KTP sebagai jaminan


9. Photo Studio


Wisuda menjadi proses berkesan yang dialami mahasiswa akhir, menandakan sudah lulus dan selesai masa studinya di kampus. Banyak yang mengabadikan momen wisuda dengan memanfaatkan jasa foto studio dan melakukan sesi pemotretan bersama keluarga.

Kamu bisa mengerti kebutuhan ini, bisa menyewa ruko atau tempat khusus untuk photo studio. Dan bila perlu mempekerjakan beberapa karyawan untuk fotografer dan editing yang profesional. Tentukan tarif foto studio yang terjangkau


10. Jilid Keras Karya Tulis


Bisnis dosen memang tidak jauh jauh dari dunia kampus, yang namanya skripsi, tesis atau disertasi menjadi tugas akhir dari mahasiswa supaya bisa lulus dan mendapat gelar dari perguruan tinggi. Karya tulis ilmiah tersebut biasanya dicetak dan dijilid keras untuk diberikan kepada beberapa pihak.

Jasa percetakan sekaligus dijilid khusus untuk skripsi, tesis atau disertasi. Mulai dari harga cover, lem, hingga jasa penjilidan bisa ditawarkan dengan harga khusus dan bersaing tentunya.


11. Jasa Tulis Abstrak


Abstrak menjadi bagian karya ilmiah yang berisi intisari penelitian dalam satu atau dua halaman, dan punya kata kunci untuk memudahkan dalam memahaminya, namun kebanyakan abstrak yang ditentukan oleh perguruan tinggi menggunakan bahasa Inggris, atau sesuai dengan jurusannya (bisa bahasa jerman, prancis dan

Sobat kosńgosan bisa membuat jasa penerjemah bahasa asing demi keperluan pembuatan abstrak untuk karya tulis ilmiah. Buatlah tarif per kata dan juga jaminan penyuntingan apabila tidak sesuai dan ingin di revisi kata katanya.


12. Menjadi Penulis Buku


Dosen tidak hanya berkutat dengan mengajar di dalam kelas saja, tetapi bagi yang kompetitif, tetap akan mencari kegiatan lain di luar kampus, dan salah satunya adalah dengan menulis buku yang sesuai dengan bidangnya masing masing

Anggap saja penerbit mayor menerbitkan bukumu dan sudah disebarkan di berbagai toko buku yang ada, maka kamu bisa mendapatkan royalti beberapa persen dari penjualan buku tersebut sesuai dengan kesepakatan dengan penerbit


13. Pembimbing Mahasiswa Akhir


Seorang dosen pembimbing memang akan mendapatkan honor khusus dari perguruan tinggi apabila bertugas untuk membimbing mahasiswa akhir dalam membuat karya tulis ilmiahnya. Selain itu seorang dosen bisa bisa mendapatkan tambahan honor dari pengerjakan tugas proyek kuliah tertentu


14. Menulis Modul Kuliah


Dosen juga bias membuat diktat atau modul yang biasanya diwajibkan untuk mahasiswa dalam belajar suatu bidang keilmuan. Dsen yang kompeten di suatu bidang, bisa menulis buku buku pembelajaran ini, bila perlu melakukan kolaborasi dengan dosen lainya. Membuat modul biasanya diwajibkan bagi seorang dosen di dalam setiap mata kuliah praktikum dan juga teori.


15. Dosen Terbang


Bagi dosen yang punya jadwal khusus, maka biasanya akan kerap diminta mengajar sebagai dosen tamu atau dosen terbang di beberapa perguruan tinggi yang ada di daerah. Selain bisa jalan keluar kota, dosen tentunya mendapat penghasilan tambahan dari kegiatan mengajar di luar kampus resminya tersebut.


16. Menjadi Pembicara Seminar


Seorang dosen yang pakar pada bidang tertentu bisa sering dipanggil untuk bekerja sama dengan pihak-pihak tertentu dari pemerintah maupun swasta sebagai narasumber atau keynote speaker untuk mengisi seminar di berbagai acara yang relavan. Apalagi topik seminar atau workshop yang dibawakan sedang trending, sehingga hampir dipastikan jadwal sang dosen akan padat sekali dalam setiap minggunya.


17. Jasa Pengetikan


Sebagai dosen, sobat kosngosan juga bisa membuka jasa pengetikan yang terkenal karena minim modal, karena hanya mengandalkan kemampuan mengetik cepat ini. Jasa ini menjadi jasa yang paling diminati, apalagi bagi orang orang yang malas untuk mengetik tugas karena berbagai alasan.

Dosen bisa memperkerjakan beberapa mahasiswa yang bersungguh-sungguh untuk jasa pengetikan, perlu untuk mempersiapkan beberapa unit PC dan printer. Apabila sudah mulai ramai, kamu bisa menambah unit komputer dan mempekerjakan beberapa orang karyawan lainnya


18. Mengelola Website Kampus


Sebagai dosen yang bekerja di dalam ruangan dengan rutinitas, bisa berinteraksi dengan komputer dan membuat mu menjadi seorang penulis artikel dan me-maintenance website resmi kampus menjadi salah satu profesi sampingan.

Apabila traffic website kampus tersebut sudah besar, maka bisa dipasang jaringan iklan seperti gogole adsense dan menerima artikel endorse terkait pendidikan sekolah dan kerjasama yang menguntungkan lainnya


19. Mengelola Channel YouTube Kampus


Menjadi youtuber bisa juga dicoba oleh dosen yang punya public speaking bagus. Tentu saja tinggal fokus memilih niche channel yang sesuai dengan passion mu.

Kamu bisa membangun channel youtube terkait dunia pendidikan, vlog di sekolah dan sebagainya. Nantinya apabila brand dari channel YouTube milikmu sudah besar, sobat kosngosan bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan Adsense atau sistem endorse dari industri pendidikan


20. Katering Kampus


Memproduksi makanan dengan sistem katering di lingkungan kampus secara berkala dengan pembayaran tertentu memang menjadi pilihan berbagai mahasiswa yang tidak ingin repot.

Kamu bisa menyasar orang yang bekerja sebagai tenaga pendidik di sekolah, atau murid yang sekolah jauh dari keluarga dan hidup nge-kost.  Mereka biasanya tidak sempat untuk menyiapkan makanamnya sendiri. Menu yang kamu tawarkan juga harus bervariasi dan menyesuaikan dengan selera mareka


21. Koperasi Kampus


Dosen bisa mendirikan koperasi di lingkungan kampus, mengembangkan omset di dalam koperasi tersebut dan membagi keuntungan sesama anggotanya.

Pengembangan koperasi sangat bergantung dengan aktivitas anggotanya. Karena lembaga ini didirikan dan dikembangkan oleh anggotanya sendiri maka kualitas dan manajemen dari anggotanya sangat diperlukan.


22. Distributor Buku Kuliah


Dosen tentu mengetahui buku apa yang paling cocok untuk dipakai oleh mahasiswa sendiri. Berjualan buku ini sangat cocok untuk dikembangkan seorang dosen. Namun jangan mengambil untung yang besar.

Kamu bisa mencari penerbit buku yang sudah besar, membeli dalam sistem borongan dan partai besar serta menetapkan margin keuntungan yang relatif tidak mencekik, sehingga akan membantu para siswa juga untuk mendapakatkan buku berkualitas namun tetap terjangkau


23. Fotocopy


Bisnis ini memang membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain biaya sewa ruko, perlengkapan seperti mesin fotocopy, mesin print, karyawan dan lainnya cukup menguras kantong. Ada baiknya sobat kośngosan membicarakan ini kepada pihak terkait sebelum membuka bisnis seperti ini.


24. Percetakan


Percetakan juga hampir sama dengan fotocopy, dan biasanya sepaket. Apakah pesaing cukup banyak? Kalau iya maka tingkatkan kualitas pelayanan mu, dan tekan harga semaksimal mungkin untuk menarik pelanggan baru.

Baca juga : Peluang Bisnis Sampingan Santri Pesantren


25. Agen Umrah Plus


Di bulan puasa orang-orang banyak untuk berangkat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah Umroh. Tentu saja kamu bisa membuka agen umroh profesional dengan menawarkan harga yang bersaing dengan kualitas pelayanan yang mumpuni. Maksimalkan promosi mu di dunia sosial, Buatlah promo dan diskon spesial bulan Ramadan untuk menarik perhatian


26. Laundry Kiloan


Sebagai salah satu pekerjaan yang paling menyibukkan, karyawan kantoran selalu tidak punya waktu untuk mencuci pakaian serta kendaraan miliknya. Ini bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis

Kamu cukup menyewa atau mempekerjakan beberapa orang dan menawarkan kepada rekan-rekan kerjamu untuk laundry pakaian mereka, seperti kemeja, kaos dan celana. Biasanya laundry ini menggunakan sistem kiloan untuk perhitungan jasanya.


27. Doorsmer Kendaraan


Banyak mahasiswa yang tidak sempat untuk mencuci kendaraan milik merek karena terlalu sibuk dengan pekerjaan di kantor. Oleh karena itu kamu bisa membuka jasa pencucian kendaraan bermotor seperti motor roda dua, hingga mobil. Buatlah palyanan maksimal seperti cuci salju, menggunakan karyawan yang cekatan dan penggunaan sistem kupon untuk diskon


28. Sewa Kosan


Bisnis apa yang tetap menghasilkan uang walaupun kamu tidur? Ya salah satunya adalah properti, yaitu tepatnya menyewakan kost kostan bagi pekerja, pelajar atau mahasiswa. Apabila lokasi mu dekat dengan kampus atau perkantoran, maka sobat kosngośan dapat memanfaatkan ruang atau kamar yang kosong untuk disewakan kepada mahasiswa yang sedang kuliah atau para pekerja yang sedang bekerja di kantor.

Namun disini Kamu harus mengeluarkan modal yang sangat besar untuk membeli properti disekitaran tempat yang strategis tersebut. Sehingga tidak dapat lagi dikatakan sebagai usaha sampingan dengan modal kecil bagi karyawan dan pegawai yang kurang memiliki dana.


29. Ternak Burung Kicau


Kalau kamu menyukai burung kicau seperti kacer, murai batu, kenari, lovebird dan burung burung lainnya, kenapa tidak mencoba untuk menangkar kannya?

Hal ini selain membantu burung burung tersebut dari kepunahan, juga bisa dijadikan sebagai pemasukan tambahan. Kamu cukup menyediakan tempat dan burung yang sudah berjodoh, dan apabila bertelur dan menetas, maka kamu bisa merawatnya dan menjual burung tersebut sambil tetap bekerja


30. Ternak Ikan Konsumsi


Beternak ikan konsumsi menjadi salah satu pilihan yang sangat cocok untuk dilakukan buat yang ingin bekerja sampingan namun tidak terlalu sibuk, dengan memanfaatkan halaman rumah yang kosong, kamu tetap bisa membudidayakan ikan seperti nila, patin, mas, lele dan jenis ikan lainnya yang komersil dan disukai oleh pasar


31. Jualan Food Truck


Jualan makanan menggunakan media truk atau mobil besar ini bisa jadi pilihan buat kamu dosen yang ingin berdagang namun memiliki mobilitas yang tinggi.

Tidak hanya menjual makanan seperti gorengan, kue, minuman kekinian, sobat kosngosan juga bisa berjualan produk seperti pakaian, boneka, aksesoris, bibit tanaman, paket data, pulsa, atau justru memanfaatkannya untuk menyediakan jasa pindahan rumah dan kost disekitaran kampus.


32. Rental Infokus


Infokus atau proyektor memang dibutuhkan untuk presentasi dan kegiatan lainnya yang dipakai oleh mahasiswa dan dosen. Buat yang belum memilikinya, biasanya ingin meminjam untuk kebutuhan acara seminar, training, atau event lainnya. Namun membeli infokus tentunya harus dipikir ulang, karena harganya yang relatif mahal, oleh karena itu bisa menjadi pilihan rental barang seperti ini


33. Konsultan Properti


Apabila kamu memiliki latar belakang di bidang teknik sipil atau arsitek maka bisa membuka jasa konsultan khusus properti bagi mereka yang ingin membangun rumah atau bangunan idaman. Kamu bisa membuka jasa tersebut secara online dengan sistem freelance atau menjadi tenaga lepas.


34. Dagang Meja dan Kursi Kantoran


Orang-orang juga sangat membutuhkan peralatan kantoran seperti meja atau kursi untuk kebutuhan ruangan secara formal. Kamu bisa menjadi distributor meja atau kursi kantoran dan menawarkannya kepada pihak kampus bagi yang ingin melakukan renovasi dalam ruangan atau membuat ruangan baru untuk menambah kelas belajar


35. Agen Beras


Jangan menyepelekan agen atau penjual beras. Apalagi buat kamu yang tinggal di daerah terpencil memanfaatkan ini untuk menjual beras bisa memberikan keuntungan yang lumayan. Kamu bisa bekerjasama dengan petani dan melakukan packing yang menarik serta menjual beras yang sudah siap konsumsi.

Baca juga : Cara Daftar Jadi Distributor Beras Bulog


36. Agen LPG


Selain menjual beras kebutuhan lain yang mendasar dan sangat banyak dicari orang adalah tabung gas elpiji. Saat ini banyak orang yang mencari tabung gas Ini apa lagi yang ukuran 3 kilo dan semakin sulit ditemukan diberbagai tempat. kamu bisa menjadi agen Elpiji dengan memanfaatkan halaman depan rumah untuk menjadi tempat penyimpanan tabung ini

Baca juga : Panduan Mendaftar Agen Gas Elpiji


37. Desain dan Cetak Undangan


Selain mendapatkan penghasilan dari mengajar di kampus Kamu juga bisa membuka jasa desain undangan dan cetak undangan untuk keperluan pernikahan atau event tertentu. Sobat kosngosan bisa belajar desain dan dan teknik untuk mencetak undangan yang baik dari orang yang sudah berpengalaman



38. Jasa Pembuatan Website


Apabila kamu memiliki latar belakang di bidang programing bisa membuka jasa pembuatan website untuk berbagai keperluan. Kamu bisa memperkenalkan jasa pembuatan website tersebut secara online dan memamerkan portofolio client yang sudah kamu buatkan websitenya



39. Jasa SEO



Selain jasa pembuatan website kamu juga bisa membuka jasa SEO gimana ini lebih kepada teknik pengoptimalan website supaya bisa bersaing di mesin pencari. Seo merupakan salah satu ilmu yang sangat mahal dan dicari oleh client yang bekerja di bidang industri internet marketing atau menjual produk secara online


40. Jasa Pembuatan Aplikasi


Hampir berkaitan dengan pembuatan website kamu juga bisa untuk membuat aplikasi yang berbasis Android atau iOS. Pastikan kamu menguasai berbagai bahasa pemograman yang mendukung pembuatan aplikasi tersebut.


41. Service Barang Elektronik


Selain membuka jasa pembuatan software, buat kamu yang memiliki keahlian di bidang hardware atau perangkat keras bisa membuka jasa service barang elektronik seperti perbaikan smartphone atau komputer dan laptop. Sobat kósngosan bisa memanfaatkan halaman depan rumah untuk membuka tempat kerjamu atau bisa memanfaatkan ruangan kosong di rumah untuk tempat service


42. Kolam Pancing


Buat kamu yang suka dengan memancing Tetapi tidak ingin pergi jauh-jauh ke laut atau Sungai misalnya, kamu bisa membuka kolam pancing dengan ukuran beberapa meter kemudian mengisinya dengan ikan konsumsi. Buatlah bisnis kolam pancing Mu lebih diminati dengan berbagai fasilitas yang ada seperti wi-fi dan musik yang beda dari yang lain


43. Pertamina Mini


Berbisnis juga bisa dimulai dari depan rumah yaitu dengan menjual bensin secara eceran dengan menggunakan alat yang namanya Pertamini. cukup untuk membeli beberapa jenis bahan bakar kemudian menjualnya di depan rumah atau di pinggir jalan


44. Kursus Mengemudi


Seorang dosen yang sering mengendarai mobil dinas keliling daerah untuk proyek penelitian, juga bisa untuk membuka jasa rental atau kursus mengemudi mobil.

Apabila kamu memiliki mobil pribadi yang menganggur, daripada didiamkan mending dimanfaatkan untuk jasa rental atau media untuk kursus mengemudi mobil, atau juga kamu bisa mempekerjakan 1 atau 2 instruktur yang berpengalaman


45. Jual Pulsa


Menjual pulsa memang sangat simpel dan mudah. Salah satu pilihan yang tidak butuh modal besar dan sangat mudah untuk di mulai bahkan bisa menjual pulsa ke rekan dosen atau mahasiswa mu.

Sebagian civitas akademika juga tentunya juga membutuhkan yang namanya pulsa. Akses yang terbatas mungkin menjadi kendala, sehingga kamu bisa menyediakan jasa pembelian pulsa dan token dengan hanya mendaftarkan ke beberapa aplikasi penyedia. Jadi sobat kosngosan cukup menjualnya menggunakan smartphone milikmu


46. Berkebun Hidroponik


Dosen yang sibuk dengan rutinitas di kelas bisa mencoba berkebun tanpa tanah untuk menghilangkan beban kerja juga.

Bisa mulai menanam beberapa tanaman yang memang dibutuhkan oleh masyarakat seperti sayuran, palawija, rimpang rimpangan dan tanaman konsumsi lainnya. Apabila kamu ingin mencoba sistem berkebun secara hidroponik, bisa memanfaatkan halaman rumah sekitar untuk menanam sayuran secara hidroponik


47. Menjadi Makelar


Seorang dosen yang punya networking dan jaringan pertemanan yang luas, bisa menjadi makelar dan perantara pada suatu transaksi baik di lingkungan kampus maupun di luar kampus. Misalnya ada temanmu yang ingin membeli rumah, dan kamu mengenal berapa orang yang sedang membutuhkan uang untuk menjual rumahnya. Jadi kamu bisa berperan sebagai perantara dan mengambil margin keuntungan


48. Mentor Privat


sebagai seorang dosen yang tentunya memiliki bidang keahlian tertentu, kamu bisa membuka jasa mentor private untuk anak-anak sekolah yang ingin menghadapi ujian atau Olimpiade di bidang yang kamu kuasai. Tidak hanya guru yang bisa membuka jasa bimbingan belajar tetapi dosen juga asalkan ilmu yang kamu kuasai relevan dengan yang mereka butuhkan


49. Investasi Saham


Sebagai seorang dosen yang tentunya sudah melek dengan bidang ekonomi dan finansial, Ma pastinya pilihan untuk melakukan investasi di bidang saham sudah menjadi pilihan yang tepat. Di sela-sela mengajar kamu bisa melakukan transaksi saham dan melakukan analisis terhadap saham yang perspektif kedepannya


50. Trading Forex


Selain saham salah satu investasi yang memberikan return atau nilai kembali yang tinggi adalah trading forex. Namun seperti yang diketahui trading forex harus membutuhkan pengalaman dan keahlian sehingga sobat kosngósan bisa memanajemen perasaan dan emosi ketika melakukan investasi ini.


51. Investasi Properti


Seorang dosen yang memiliki pola pikir maju ke depan, bisa memanfaatkan dana menganggur yang dimiliki untuk investasi properti seperti membeli tanah, apartemen, rumah kost kostan dan sebagainya. Kemudian memanfaatkan properti tersebut untuk disewakan. Aset ini nantinya akan berguna untuk kamu di masa pensiun

Baca juga : Alasan Kenapa Kamu Harus Mulai Bisnis Sejak Dini


Kata Penutup


Ketika berbicara mengenai dosen tentunya yang terngiang di kepala kita adalah sosok yang mengajar di kampus dan selalu memberikan php kepada mahasiswanya yang ingin bimbingan. namun kali ini kita sudah membahas mengenai beberapa peluang bisnis yang cocok dilakukan oleh dosen

Semoga beberapa contoh ide usaha dari kosngosan diatas bisa bermanfaat dan menginspirasi kamu yang saat ini Anda bingung untuk memulai bisnis seperti apa. Seperti biasanya apabila kamu merasa artikel ini bermanfaat silahkan tekan tombol share dan bagikan ke teman-temanmu yang ada di media sosial
By

head ads

inline ads

inline ads 2

bottom ads