Cara Daftar Agen Gas Elpiji Pertamina di Daerah

Cara Daftar Agen Gas Elpiji Pertamina di Daerah

cara daftar agen gas elpiji

Mendaftar dan menjadi agen tabung gas LPG ukuran 3 kg milik Pertamina di daerah masing-masing memang menjadi salah satu peluang bisnis yang bisa dicoba. Bagaimana cara dan syarat untuk menjadi agen tabung gas elpiji Pertamina dan Berapa biaya atau modal awal yang harus dikeluarkan selanjutnya akan kita bahas di bawah ini. Oleh karena itu Mari kita simak pembahasan di bawah ini.

penggunaan tabung gas LPG saat ini memang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. program pemerintah yang melakukan konversi energi utama masyarakat dari minyak tanah menuju gas pada beberapa tahun silam turut menjadikan tabung gas LPG jadi banyak dipakai oleh masyarakat saat ini.

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu mengenai Apa itu LPG. LPG merupakan singkatan dari Liquefied Petroleum Gas. Cukup susah untuk disebutkan, namun brand yang diberikan oleh pertamina ini memang sudah sangat melekat bagi masyarakat indonesia.

Terdapat beberapa ukuran tabung gas LPG Pertamina saat ini mulai dari yang paling kecil yaitu Bright Gas 12 Kg, Bright Gas 5,5Kg, Elpji 12 Kg Biru, Elpijii 3 kg, Ease Gass 9 Kg dan Ease gas 3 Kg yang masing masing memiliki harga dan ukuran tabung yang berbeda beda.

Baca juga : Cara Pinjam Uang di Pegadaian untuk Modal Usaha

Pertamina menggunakan eks Agen dan Pangkalan Minyak Tanah yang dikonversi menjadi Agen dan Pangkalan Elpiji 3 kg dalam mendistribusikan Elpiji 3 kg. Dengan Agen dan Pangkalan Elpiji 3 kg yang cukup banyak dan tersebar di daerah yang sudah dikonversi, masyarakat tidak akan kesulitan dalam mendapatkan isi ulang Elpiji 3 kg

Cara Mendaftar Agen LPG Pertamina di Daerah


Mendaftar agen LPG Pertamina haruslah memenuhi persyaratan khusus yang telah ditetapkan oleh pihak Pertamina. Selain itu Anda juga tidak boleh menjual tabung gas LPG dengan margin diluar batas yang ditetapkan oleh pihak Pertamina.

Sebelumnya, kamu harus tahu terlebih dahulu jenis2 keagenan dalam gas elpiji, yaitu diantaranya adlaah Pengecer Gas Elpiji, Pangkalan Gas Elpiji dan Agen Gas Elpiji yang masing masing memiliki skala dan modal usaha yang berbeda beda pula. Dibawah ini adalah beberapa persyaratan untuk mendaftar sebagai agen distributor gas lpg :

Langkah pertama adalah mendaftarkan diri 


Kamu terlebih dahulu harus mendaftarkan diri sebagai agen gas elpiji di daerah. Caranya dengan mengakses situs resmi pertamina yaitu sppbe.pertamina.com

Langkah kedua kamu harus sudah memiliki badan usaha yang berbadan hukum


Seperti contoh koperasi atau CV. Ini karena nantinya calon agen gas elpiji akan membuat surat perjanjian usaha yang salah satu poinnya menyatakan kesanggupan untuk menjual satu ton lebih gas elpiji perharinya.

Langkah ketiga adalah melengkapi dokumen persyaratan


Kamu harus melengkapi beberapa syarat administrasi yang diharuskan oleh pertamina, yang beberapa dokumen diantara lain sebagai berikut :


  1. Surat Perjanjian Kerjasama, yang mana di dalam surat ini dijelaskan mengenai kesanggupan kamu dalam menjadi mitra usaha pertamina sebagai agen gas elpiji dan siap memberikan jaminan modal uang.
  2. SIUP, kamu harus melengkapinya dengan Surat ijin usaha perdagangan atau SIUP, Surat Ijin Gangguan, Surat Tanda Daftar Perusahaan, dll. Untuk membuat surat dokumen tersebut, kamu bisa mendatangi kantor dinas perijinan setempat.
  3. Surat Rekomendasi, surat ini dibuat oleh pemerintahan desa setempat yang menyatakan memberikan ijin dan rekomendasi untuk membuka usaha agen gas di wilayah sobat. Untuk membuat surat rekomendasi usaha agen gas ini, kamu harus meminta persetujuan tingkat rt dan rw hingga kelurahan
  4. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk, kamu harus melampirkan fotocopy KTP dan foto berwarna sebagai syarat pengajuan menjadi agen gas. 
  5. Surat pernyataan kepatuhan terhadap segala ketentuan dari Pertamina.


Setelah kamu mendaftarkan sebagai agen gas elpiji dengan persyaratan yang dibutuhkan diatas, maka selanjutnya pertamina akan melakukan seleksi dengan mensurvei keadaan kamu di lapangan. Ada dua hal yang akan disurvei nantinya, keduanya adalah :

Lokasi Bisnis, lokasi ini disyaratkan memiliki luas paling minimal adalah 75 meter kali 68 meter. Lebih besar lokasi bisnis maka lebih bagus. Lokasi bisnis berada di tempat yang strategis dan aman, seperti jauh dari daerah sutet dan jauh dari perumahan warga juga.

Kondisi Keuangan Bisnis, orang dari pertamina juga akan menilai kemampuan finansial dari bisnis kamu. Apakah keuangan bisnis cukup besar atau tidak? Dilihat dari segi modal dan lokasi yang strategis.

Setelah melakukan survei kelayakan bisnis agen gas, maka tunggu saja dalam waktu satu minggu dari proses pendaftaran, pihak pertamina akan memberikan pengumuman melalui email apakah kamu disetujui atau tidak dalam pengajuan sebagai agen gas elpiji tersebut.

Solusi Paling Cepat, Alih Kuasa Agen LPG dari yang Lama


cara daftar agen lpg

Terdapat cara paling cepat dan simpel untuk membuka usaha agen gas LPF  3 kg yaitu dengan membeli kuasa keagenan dari agen LPG 3 kg lama yang dijual dengan alasan bangkrut, pindah tempat tinggal atau butuh uang.

Maka jika kamu menemukan tulisan papan agen LPG 3 kg dijual, hal tersebut merupakan kesempatan emas untuk kamu dalam membelinya keagenan-nya dan praktis kamu sudah bisa membuka usaha agen gas LPG pertamina tanpa perlu repot mengurus surat perijinan karena sudah dibuatkan sebelumnya.

Demikianlah postingan yang membahas mengenai bagaimana cara untuk menjadi agen LPG Pertamina. semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang ingin menjadi agen dan ingin tahu persyaratan dan modal awal yang dikeluarkan untuk menjadi seorang agen resmi dari LPG Pertamina. silakan bagikan tulisan ini kepada teman-temanmu yang lain. Terima kasih telah mengunjungi kosngosan.

Buka Komentar