Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Pengecer Gas LPG 3 Kg Terbaru

Apakah kamu ingin tahu cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg? Gas Elpiji 3 KG (subsidi) kini menjadi kebutuhan harian yang wajib dipenuhi oleh semua orang. Seperti yang kita tahu, gas elpiji merupakan suatu alternatif bahan bakar yang digunakan untuk memasak. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, mudah didapatkan di lingkungan sekitar kita, serta tidak terlalu menghasilkan emisi, membuat gas ini cenderung diminati banyak orang.

Ukuran dari gas ini juga beragam sebenarnya, namun pada umumnya yang kita sering jumpai dan digunakan oleh banyak masyarakat adalah yang berukuran 3 kg atau biasa disebut dengan gas melon karena bentuknya yang kecil dan berwarna hijau. Jenis lpg ini lah yang disubsidi oleh pemerintah dan diperuntukkan untuk kalangan menengah ke bawah

Pada dasarnya agen dan pengecer LPG itu berbeda. Perbedaannya ada pada skala usaha dan perizinannya. Kalau Agen LPG, tentu harus punya izin dan persyaratannya juga lebih sulit karena harus mengisi beberapa formulir ke pihak Pertamina.

Sementara untuk menjadi pengecer, kamu hanya harus mempersiapkan berbagai modal dan persyaratan awal. Untuk bisa mendirikan pangkalan LPG di daerah, kamu tentu harus punya tempat yang cukup untuk menampung tabung gas dalam jumlah banyak. Untuk lebih lengkapnya, silahkan scrool ke bawah dan perhatikan alur untuk membuka usaha dibidang ini


Cara Menjadi Pengecer Gas Elpiji 3 Kg

pengecer gas elpiji

Nah dari sini, sobat kosngosan bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuka bisnis baru lho! Pada bahasan kali ini kami akan menjelaskan trik menjadi pengecer gas LPG mulai dari tahap persiapan hingga penjualan. Berikut informasi lebih lengkapnya :

Baca juga : Persyaratan Menjadi Agen LPG di Daerah


Siapkan Modal

Untuk menjadi pengecer gas elpiji gas 3 kg sebenarnya tidak perlu membutuhkan jumlah modal yang sangat besar. Selain itu, untuk menjadi seorang pengecer juga tidak harus memerlukan izin yang sangat rumit seperti membuka usaha – usaha besar pada umumnya (tidak seperti agen LPG)

Hal ini berbeda dengan agen, khusus mereka tentunya harus membutuhkan izin tertulis disertai modal yang lumayan cukup besar. Baik dari segi jumlah tabung yang disediakan, belum lagi lokasi tempat yang lebih luas.

Sebelum menjadi seorang pengecer elpiji, alangkah baiknya kamu harus memantapkan niat terlebih dahulu serta konsistensi yang baik dalam melakukan pekerjaan nantinya agar hasil yang didapatkan juga akan lebih optimal.

Sebelum memulai usaha penjualan gas, kamu harus mempersiapkan rincian modal yang kurang lebih sebagai berikut :

  • Tempat penyimpanan elpiji
  • Tabung gas elpiji ukuran 3 kg
  • Isi gas elpiji 3 kg
  • Alas untuk meletakkan gas (bisa berupa papan kayu, terpal, dan sejenisnya)

Mengapa gas dan tabung elpiji dijualnya memiliki harga terpisah? Ya, sebab ketika seseorang membeli gas elpiji umumnya yang mereka beli sebenarnya adalah isinya. Nah, jadi ketika kamu akan menjual isinya, tentu kamu harus punya tempatnya dulu kan?

Untuk menentukan harga jual gas elpiji 3 kg tergantung dari supplier mana yang kamu ambil. Hal ini umumnya dipengaruhi oleh berapa banyak tangan yang ada hingga gas sampai di tempatmu. Semakin banyak gas berpindah tangan, otomatis harganya juga akan menjadi lebih mahal.

Selanjutnya adalah alas, terutama jika lantai rumahmu terbuat dari keramik. Alas sangat penting untuk kamu gunakan agar permukaan lantai tidak rusak jika diberi elpiji diatasnya.

Kamu juga bisa menggunakan tambahan keamanan berupa rantai besi atau gembok khususnya jika tempat penyimpanan elpijimu berada di area depan rumah. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pencurian tabung gas yang terjadi.


Modal Awal

Untuk menjadi pengecer gas elpiji 3 kg, mari kita mulai menghitung perkiraan modal yang akan dikeluarkan :

1. Tempat = gratis (semisal menggunakan rumah sendiri)

2. Tabung gas = @Rp 120.000 x 10 = Rp 1.200.000

3. Isi gas elpiji 3 kg = @Rp 16.000 x 10 = Rp 160.000

4. Alas = gratis (bisa kamu temukan di sekitarmu)

Total = Rp 1.360.000

Sebelum menentukan harga jual untuk gas elpiji, lebih baik sobat kosngosan melakukan survei dulu terhadap penjual lain yang berada di sekitarmu sehingga nanti harga yang kamu patok juga dapat menyesuaikan.


Tentukan Target Pasar

Target pasar disini bisa diartikan sebagai “Kepada siapa nantinya gas elpiji ini akan kamu jual?” Misal apakah untuk ibu – ibu di komplek pemukiman rumahmu, dan lain sebagainya. Target inilah yang akan mempengaruhi strategi pemasaran dan penjualanmu nantinya.


Tentukan Tempat Penjualan

Setelah berhasil menentukan target untuk penjualan, maka langkah selanjutnya adalah memilih tempat. Misalkan jika target pemasaranmu adalah ibu – ibu komplek maka kamu cukup memanfaatkan salah satu ruangan yang kamu miliki di rumahmu sebagai tempat untuk berjualan nantinya.

Lebih efisien bukan? Sehingga kamu tidak perlu menyewa tempat baru lagi yang akan memakan biaya dua kali lipat. Kamu bisa menggunakan teras rumah atau tempat lain yang sekiranya mudah dilihat. Jadi orang bisa tau kalau kamu berjualan gas elpiji.

Jangan lupa juga untuk meletakkan gas di tempat yang aman, jauh dari api dan benda yang dapat memicu ledakan, juga dari jangkauan anak kecil.


Cari Agen Supplier Gas Elpiji 3 Kg

Cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg dimulai dari mencari agen atau supplier merupakan salah satu poin penting yang harus dipenuhi pada langkah berikutnya. Berikut ada beberapa tips untuk mendapatkan agen gas yang baik:

1. Carilah agen yang memiliki harga paling murah dan dapat dipercaya, misalnya mendapatkan supply gas langsung dari pertamina. Karena selain lebih murah, kualitas, keamanan yang diberikan pun dapat dipercaya.

2. Jika kamu tidak berhasil mendapatkan poin pertama, maka alternatif lainnya adalah mencari agen gas lain yang memberikan harga murah dan terpercaya.

Sebelum itu, lakukan survei dulu ke beberapa pihak dan tempat terkait harga dan kualitasnya. Hal ini karena ada beberapa oknum yang melakukan kecurangan memberikan gas 3 kg yang oplosan sehingga dapat membahayakan penggunanya.

3. Carilah agen yang paling dekat dengan lokasi rumahmu agar lebih mudah dijangkau dan meminimalisir biaya serta tenaga yang dibutuhkan nantinya.

4. Bangunlah relasi yang baik dengan agen gas pilihanmu, siapa tau nanti bisa dapat “harga teman”.


Berikut alur pendaftaran menjadi pengecer gas LPG 3 kg terbaru :

Persyaratan Legalitas

Pastikan kamu memiliki dokumen legalitas yang diperlukan seperti NPWP, SIUP, dan TDP, serta izin lokasi usaha dari pihak kecamatan atau dinas perizinan setempat.

Kontak Distributor

Cari informasi mengenai distributor LPG 3 kg di daerah kamu, kemudian hubungi distributor tersebut untuk menanyakan persyaratan yang diperlukan untuk menjadi pengecer LPG 3 kg.

Persiapkan Dokumen

Setelah mengetahui persyaratan yang diperlukan, persiapkan dokumen yang diminta seperti surat pernyataan, fotokopi identitas, dan surat izin usaha.

Daftar ke Distributor

Setelah memenuhi persyaratan, daftarlah ke distributor LPG 3 kg dengan mengirimkan dokumen persyaratan dan formulir pendaftaran yang disediakan.

Verifikasi dan Pelatihan

Setelah mengirimkan formulir pendaftaran, distributor akan melakukan verifikasi terhadap data yang kamu berikan. Jika lolos verifikasi, kamu akan diundang untuk mengikuti pelatihan mengenai penanganan dan penjualan LPG 3 kg.

Droping Tabung LPG

Setelah selesai mengikuti pelatihan, distributor akan droping atau menaruh tabung LPG 3 kg di tempat usaha kamu. Pastikan tempat penyimpanan tabung sesuai dengan aturan dan standar keselamatan yang berlaku.

Penjualan LPG 3 kg

Mulailah menjual LPG 3 kg dan pastikan kamu mematuhi ketentuan dan prosedur penjualan yang telah ditetapkan oleh distributor


Keuntungan Membuka Usaha Gas Elpiji

Selain karena dikenal praktis dan menguntungkan, usaha gas elpiji ini juga mudah dilakukan karena tidak terlalu merepotkan perihal proses produksi dan pemasaran yang begitu rumit. Berikut bebrapa keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dengan berjualan gas elpiji :


Mudah Dijalankan

Sobat kosngosan hanya perlu memasang spanduk, banner, papan atau sejenisnya di lokasi tempat kamu berjualan gas elpiji agar pembeli dapat datang dengan sendirinya.


Dibutuhkan dan Banyak Dicari Orang

Berjualan gas elpiji tentunya akan terus laku dan dicari – cari banyak orang. Hal ini mengingat benda ini menjadi kebutuhan wajib sehari – hari yang harus dipenuhi di rumah.


Modal Bisa Disesuaikan Dengan Jumlah Budget yang Kamu Miliki

Diawal – awal usaha, kamu bisa memilih untuk cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg berapa total, sesuai dengan kemampuan kamu. Misal mencoba 5 tabung terlebih dahulu. Nanti jika keuntungannya sudah banyak dan modal bertambah, kamu bisa mencoba menjual 10 tabung, begitu seterusnya.


Harga Stabil dan Jarang Mengalami Penurunan

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah, gas elpiji cenderung memiliki harga jual yang stabil bahkan akan selalu mengalami kenaikan jika terjadi kelangkaan ketersediaan. Biasanya kenaikan ini terjadi pada saat menjelang hari raya atau bulan puasa Ramadhan.

Sebenarnya untung menjadi seorang pengecer, keuntungan yang didapatkan juga tidak terlalu besar. Namun jika kamu menginginkan untung yang lebih besar lagi, kamu bisa mencoba menjadi agen gas elpiji dengan syarat resiko dan modal yang ditanggung akan jauh lebih besar.

Kamu bisa mencoba menjalin kerjasama dengan pemilik rumah makan, pabrik cemilan, atau usaha produksi makanan lainnya jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih dan memasarkan produkmu lebih luas lagi.


Kata Penutup

Peluang usaha menjadi pengecer gas LPG memang ada di depan mata. Adanya kebijakan migrasi dari minyak tanah ke gas LPG di tahun 2007 maka membuat penggunaan energi gas ini meningkat drastis. Saat ini keberadaan gas ini sudah menjadi kebutuhan mendasar bagi masyarakat baik di perkotaan dan juga pedesaan.

Karena memang mayoritas saat ini kita menggunakan kompor gas untuk keperluan memasak di dapur. Demikian pembahasan cara menjadi pengecer gas elpiji 3 kg dari kosngosan kali ini, jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel nya ke sosial media kalian ya

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya