Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Distributor Beras Bulog di Daerah Indonesia

Apa saja syarat dan cara bermitra dengan bulog untuk menjadi distributor beras di daerah? Bulog atau badan usaha logistik merupakan salah satu BUMN milik pemerintah yang khusus mengelola logistik makanan masyarakat Indonesia.

Salah satu produknya adalah beras yang merupakan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. kali ini, kosngosan akan membahas Bagaimana cara menjadi agen jual beras langsung dari Bulog dan menjadi distributor resminya. Simak pembahasanya di bawah ini.

Beras memang menjadi salah satu komoditi utama yang dikelola oleh Perum Bulog. Hal ini dikarenakan beras adalah produk pertanian yang mudah sekali rusak dan tidak memiliki jangka waktu penyimpanan yang cukup lama.

Selain itu beras juga sangat rentan untuk dipolitisasi yang menyebabkan harganya menjadi relatif tidak stabil. oleh karena itu, pemerintah dinilai perlu untuk ikut campur dalam pengelolaan stok beras nasional melalui perusahaan BUMN yang bernama bulog ini.

Harga beras yang dijual oleh Perum Bulog, itu relatif lebih murah dari harga beras yang dijual oleh pihak swasta. walaupun banyak anggapan orang bahwa beras bulog kurang berkualitas, akan tetapi beras bulog adalah beras subsidi yang diberikan pemerintah untuk masyarakat Indonesia.

Baca juga : Cara Menjual Sembako Agar Laris Manis


Sejarah Bulog

cara menjadi mitra bulog daerah

Siapa yang tidak kenal bulog? BULOG merupakan perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. 

Target pengelolaan bisnis bulog mencakup bisnsi logistik atua pergudangan, penyediaan karung plastik, survei dan pemberantasan hama, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

Sebagai BUMN yang bertugas untuk mengemban tugas publik dari pemerintah, BULOG tetap melakukan kegiatan menjaga harga dasar pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pangan pokok.

Selain itu bertugas juga untuk menyalurkan beras untuk orang miskin (Raskin) dan pengelolaan stok pangan. Sangat banyak sekali bukan tugas pokok bulog? oleh karena itu kita sebagai masyarakat harus lebih menghargai peran bulog ini untuk kepentingan bersama.

Pada tahun tahun depan, BULOG Perum Bulog memiliki rencana yang lebih matang untuk lebih meningkatkan kinerja dalam bidang komersial dengan meakukan penjualan komoditi pangan via on-line dan off-line. 

Hal ini juga senada dengan upaya pengoptimalisasian seluruh aset yang dimiliki oleh bulog dan penguatan anak perusahaan juga unit bisnis di daerah daerah.

BULOG kini terus berbenah, salah satunya dengan mengadakan kerjasama bisnis dengan BUMN dan pihak swasta yang sudah dilakukan seperti menyediakan natura karyawan untuk lembaga perbankan BNI dan BRI, 

Menjual sembako ke Grab Kios juga telah bersinergi dengan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dalam hal supply chain beras ke ritel modern, keren kan?


Cara Bermitra dengan Bulog

RPK atau kepanjangannya Rumah Pangan Kita merupakan bentuk kerjasama antara Bulog dengan para agen distributor yang kemudian menjual kembali bahan bahan pokok 

Beberapa produk seperti Beras Kita, Daging Kita, Gula Kita, Minyak Goreng Kita, Bawang Merah Kita, Bawang Putih Kita untuk kemudian RPK milik masyarakat ini dibina oleh Bulog.

Program ini cukup diminati oleh masyarakat, karena selain bisa mendapatkan keuntungan dari margin penjualan, masyarakat juga terbantukan dengan harga yang diberikan oleh bulog, dengan adanya subsidi dari pemerintah sendiri

Untuk menjadi agen Bulog (Badan Urusan Logistik), Anda harus melakukan beberapa langkah berikut:
  • Download dan isi formulir aplikasi agen Bulog yang dapat diakses dari situs web Bulog atau di kantor-kantor Bulog di wilayah Anda.
  • Lampirkan dokumen yang diperlukan, seperti dokumen pendukung usaha, rekomendasi dari pemerintah setempat, dan dokumen keuangan.
  • Kirimkan berkas aplikasi Anda ke kantor Bulog di wilayah Anda atau melalui pos.
  • Tunggu konfirmasi dari Bulog mengenai hasil aplikasi Anda. Jika aplikasi Anda diterima, Anda akan diundang untuk mengikuti pelatihan agen Bulog.
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, Anda akan diberi sertifikat agen Bulog dan dapat mulai melakukan transaksi dengan Bulog.
Perlu diingat bahwa proses pendaftaran agen Bulog bisa berbeda-beda di tiap daerah, pastikan untuk mengecek dengan kantor Bulog setempat atau situs web resmi Bulog untuk informasi lebih detail.

Bagi kamu yang tertarik mendaftar menjadi anggota agen distributor RPK, harus mengetahui persyaratannya terlebih dahulu seperti mempersiapkan dokumen :
  • Fotocopi KTP atau SIM
  • Fotocopy Kartu Keluarga melalui Bulog terdekat
  • Fotokopi SIUP/Surat izin dan NPWP(Koperasi/ormas/Perusahaan)
  • Surat keterangan Domisili dari RT dan RW
  • Surat izin usaha dari kelurahan (Kedai/Toko)
Setelah melengkapi dokumen tersebut, sobat kosngosan bisa mengunjungi kantor bulog terdekat dan mengisi formulir permohonan RPK (individual/Kedai/toko/koperasi/ormas/perusahaan).

Persyaratan lainnya yang harus kamu capai adalah harus sudah memiliki tempat untuk outlet penjualan baik itu skala individu, kedai, toko, koperasi, ormas atau perusahaan dan pembelian pertama minimal dengan jumlah yang sudah di tentukan.

Baca juga : Cara Daftar Agen Gas Elpiji Pertamina di Daerah


Kata Penutup

Ketika kamu memiliki toko atau kedai harian yang menjual beras maka Salah satu kelebihan dari menjadi Mitra atau agen Bulog kamu memiliki kesempatan yang lebih untuk mendapatkan harga beras bulog yang jauh lebih murah sehingga akan memberikan margin keuntungan yang lebih besar untukmu

Sekianlah yang dapat disampaikan mengenai bagaimana cara menjadi distributor resmi Bulog dan membeli beras dari Bulog. 

Semoga dapat memberikan informasi kepada kalian, silakan bagikan tulisan ini kepada yang lainnya apabila merasa bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung
Oleh rezaharahap