Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Usaha Sampingan Guru Honorer di Desa

Apa saja peluang wirausaha yang cocok untuk profesi guru tenaga pengajar honor selain di sekolah? Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Peluang Bisnis Sampingan Untuk Guru di sekolah yang prospektif dan bisa kamu mulai sekarang tanpa modal yang besar. Semoga kamu yang membaca bisa tercerahkan dan kemudian mengambil aksi dari setiap tips yang mimin berikan dibawah ini ya!

Bagi kamu yang seorang tenaga pendidik berstatus honorer di lembaga pendidikan seperti sekolah negeri, swasta atau perguruan tinggi, mengharapkan gaji pokok tentunya masih menjadi sesuatu yang berat untuk dijadikan sumber pemasukan utama bagi keluarga. Karena kebanyakan guru honor digaji rapelan dan itu pun jumlahnya relatif sedikit.

Terlebih meningkatnya biaya hidup zaman sekang sudah menjadi hal wajib bagi kita untuk melirik bisnis sampingan yang benar benar bisa membantu ekonomi keluarga. Oleh karena itu kita akan bahas beberapa ide bisnis yang bisa kamu geluti selain mengajar tentunya.

bisnis sampingan guru honorer

Ide Bisnis Guru Honorer yang Prospektif


Bisnis Internet Marketing / Jualan Online


Internet marketing selain memiliki modal yang nyaris nihil, juga bisa dilakukan di dalam rumah ketika jam mengajar kosong atau benar benar bisa dilakukan dan ditekuni saat waktu luang. Selain waktu kerja yang fleksibel, bisnis online juga mudah dalam mempromosikannya, asal dilakukan dengan ulet dan konsisten.

Kamu, sebagai tenaga pengajar guru bisa memperkenalkan bisnis online kamu kepada saudara, dan teman teman satu lingkungan kerja, seperti sesama sesama guru di sekolah dan kampus. Dengan begitu, bisnis kamu akan menyebar dari guru hingga ke siswa dan murid murid dengan cepat.

Pertanyaannya, bisnis seperti apa yang paling cocok untuk tenaga pengajar guru ini? Apapun itu, sobat kósngosan bisa mencarinya di google. Inspirasi bisnis online yang paling trend dan prospektif di tahun ini. Intinya adalah sejauh mana kamu konsisten dalam membuka bisnis sampingan ini.

Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Tenaga Kesehatan


Usaha Fotocopy dan Print


Bisnis ini memang membutuhkan investasi yang cukup besar. Selain biaya sewa ruko, perlengkapan seperti mesin fotocopy, mesin print, karyawan dan lainnya cukup menguras kantong. Ada baiknya kamu membicarakan ini kepada pasangan kamu sebelum membuka bisnis seperti ini.

Lakukan riset, apakah pesaing cukup banyak. Tingkatkan kualitas pelayanan kamu, dan tekan harga semaksimal mungkin untuk menarik pengunjung. Bila memang persaingan fotocopy dan print ini cukup berat, kamu bisa beralih pada bisnis dan usaha selanjutnya.


Bisnis Kos Kosan Pelajar


Bisnis ini cukup prospektif bagi sobat yang memiliki modal tinggi. Sewa ruko didekat sekolah atau kampus dan buka jasa tempat tinggal di dekat kampus atau sekolah. Tetapi bagi kamu yang tidak memiliki modal yang cukup, kamu harus memilih jenis bisnis yang lain.

Kelebihan dari bisnis kos kosan dan properti lainnya adalah, kamu tidak perlu penanganan yang ribet, karena tinggal menerima biaya sewa setiap bulan atau tahunnya. Jadi perputaran uang tetap berjalan selama kos kosan masih ada penghuninya


Jualan Buku Pelajaran Sekolah


Seorang tenaga pengajar seperti guru tahu buku apa yang bagus untuk dipakai oleh siswanya sendiri. Oleh karena itu usaha jualan buku ini sangat cocok untuk dikembangkan seorang guru.

Namun jangan mengambil untung yang besar. Kamu bisa mencari penerbit buku yang sudah berpengalaman, membeli dalam sistem borongan, dan menetapkan margin keuntungan yang relatif tidak mencekik, sehingga akan membantu para siswa juga untuk mendapakatkan buku berkualitas namun tetap terjangkau


Konveksi Seragam Sekolah


Semua sekolah seperit guru dan siswa pastinya menggunakan seragam apabila berangkat ke sekolah. Nah seragam ini biasanya akan diganti setiap tahun ajaran baru.

Bagi kamu yang berprofesi sebagai seorang guru, bisa memulai berbisnis konveksi seragam. Dengan bisnis musiman ini, pasti akan banjir orderan saat tahun ajaran baru. Sudah pasti bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan besar


Bisnis Laundry Kiloan


Salah satu pekerjaan yang paling menyibukkan, menjadi guru di sekolah selalu tidak punya waktu untuk mencuci pakaian.

Ini bisa sobat kosngósan manfaatkan sebagai salah satu peluang bisnis dengan cukup menyewa atau mempekerjakan beberapa orang dan menawarkan kepada rekan kerjamu sesama guru untuk laundry pakaian mereka, seperti kemeja, kaos dan celana. Biasanya laundry ini menggunakan sistem kiloan untuk perhitungan jasanya.


Jasa Les Privat


Kamu adalah seorang tenaga pendidik yang menguasai beberapa mata pelajaran dan ahli pada bidang tertentu. Bisa membuka jasa bimbingan belajar di rumah atau ruko. Carilah sasaran seperti murid dan mahasiswa kamu sendiri terlebih dahulu, dan mulailah memasarkan jasa ini kepada wali murid dan ibu kost.


Bisnis Lewat Hobi


bisnis hobi

Segala usaha yang dirintis dari kesukaan memiliki kesenangan tersendiri. Biasanya, orang akan terus menekuni bisnis ini diwaktu luang.

Kamu suka mengoleksi baju, bisa membuka butik, suka memelihara burung kicau, bisa ternak burung kicau, suka kucing, ternak kucing;buka petshop, suka menulis bisa menulis buku, dan lainnya. Segala jenis hobi yang sobat kosngosan suka dan tekuni sejatinya memiliki peluang untuk dikembangkan menjadi bisnis.


Usaha Keperluan Sehari - Hari


Sering membayar token listrik, tagihan air PDAM, mengisi pulsa ke konter, Bayar tagihan internet, dan lainnya? Tentunya ini menjadi bisnis dan usaha yang prospektif karena dibutuhkan oleh semua orang. Mulailah memperkenalkan bisnis mu kepada sanak saudara dan sesama guru di sekolah.


Mengelola Koperasi Sekolah


Seorang guru juga bisa menjadi pengelola koperasi sekolah, mengembangkan omset di dalam koperasi tersebut dan membagi keuntungan diantara anggotanya. Pengembangan koperasi sangat bergantung dengan aktivitas anggotanya. Karena lembaga ini didirikan dan dikembangkan oleh anggotanya sendiri maka kualitas dan manajemen dari anggotanya sangat diperlukan.


Mengelola Website Sekolah


Sebagai guru yang bekerja di dalam ruangan dengan rutinitas, sobat kosngosan bisa berinteraksi dengan komputer dan membuat kamu menjadi seorang penulis blog sebagai salah satu profesi sampingan.

Apabila traffic blog mu sudah besar, maka bisa diiklankan menggunakan media periklanan seperti google adsense, atau menerima artikel tamu terkait pendidikan sekolah dan kerjasama yang mengungkan lainnya


Mengelola Channel YouTube


Hampir sama dengan blogger, youtuber juga bisa kamu coba buat yang berprofesi sebagai seorang guru. Kamu bisa membangun channel youtube terkait dunia pendidikan, vlog di sekolah dan sebagainya. Nantinya apabila brand dari channel YouTube milikmu sudah besar, kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari media tersebut baik itu dari iklan atau endorsement


Catering Khusus Guru dan Siswa


Pernah mendengar istilah catering? Sistem produksi makanan kepada seseorang secara berkala dengan pembayaran per paketnya. Sobat yang berprofesi sebagai guru, bisa menyasar orang yang bekerja sebagai tenaga pendidik di sekolah, atau murid murid yang sekolah jauh dari keluarga dan hidup ngekost.

Mereka biasanya tidak sempat untuk menyiapkan makananya sendiri. Dengan demikian, menu yang kamu tawarkan juga harus bervariasi dan menyesuaikan dengan selera mareka


Buka Jasa Ojek Online


Buat sobat kosngosan yang lebih menyukai bekerja di lapangan, bisa memilih untuk bekerja sampingan sebagai driver ojek online di Gojek atau Grab, bisa memilih mode transportasi motor atau mobil

Apa kelebihan dari pekerjaan ini? Waktunya yang fleksibel dan tidak mengikat, bisa dilakukan setelah pulang kerja sebagai guru di sekolah. Kamu juga bisa jadi ojek online ketika akhir pekan atau jam sekolah sudah selesai


Buka Arisan Sekolah


Para guru juga biasanya mengadakan arisan untuk mempererat silaturahim antar guru di sekolah. Nah ketika kamu mengikuti sistem arisan ini, maka kamu bisa memanfaatkannya dengan membuka bisnis tertentu. Artinya jangan dihabiskan untuk kepentingan yang tidak perlu. Harusnya uang dari hasil arisan dimanfaatkan untuk membuka bisnis sampingan, seperti jualan kuliner atau jasa dan sebagainya.


Jasa Pengetikan Berkas Guru


Apakah sobat kosngosan tinggal di daerah kampus, tempat perkantoran atau sekolah? Nah sebagai guru, kamu juga bisa membuka jasa pengetikan ini.

Jasa ini menjadi jasa yang paling diminati, apalagi bagi orang orang yang malas untuk mengetik tugas karena berbagai alasan. Kamu perlu untuk mempersiapkan sebuah unit komputer dan printer. Apabila sudah mulai ramai, kamu bisa menambah unit komputer dan mempekerjakan beberapa orang karyawan tentunya

Penasaran peluang bisnis untuk guru lainnya? kamu bisa mencoba beberapa peluang usaha dibawah ini :


Bisnis Jahit Menjahit


Di desa juga cukup prospektif untuk membuka jasa jahit. Bisa menerima jasa jahit baju dari bakal kain, atau sekedar jasa jahit permak yang juga punay pasar yang cukup luas. Kenapa bisnis jahit tidak pernah lesu? Karena sandang merupakan salah satu kebutuhan primer manusia. Seumur hidupnya, manusia akan selalu membutuhkan pakaian. Apalagi di desa tidak banyak orang yang pandai menjahit. Oleh sebab itu, usaha ini merupakan salah satu bisnis yang tak ada matinya


Jualan Mainan Anak


Diperkampungan juga pastinya banyak anak anak, bukan? Kamu bisa membuka toko khusus yang menjual mainan anak anak baik untuk anak cowok dan cewek. Mainan anak anak tidak bisa lepas dari tumbuh kembang anak-anak itu sendiri, karena sudah menjadi bagian dari hidup dan proses perkembangan intelektual mereka. Mainan itu juga menjadi media pembelajaran dan mempunyai manfaat yang penting. Bagi orang tua yang bijak, akan membelikan mainan yang bermanfaat bagi anak mereka. Karena ini bisa melatih kreativitas, motorik, dan sensorik pada anak. Karena itulah, mainan itu menjadi barang penting untuk anak kecil.


Jasa Tempat Penitipan Anak


Kamu pernah dengar jasa penitipan anak seperti Paud atau Playgroup? Biasanya memang jasa ini banyak ditemui di perkotaan. Tapi di desa juga kamu bisa membukanya. Karena kebanyakan orangtua juga sibuk bekerja di ladang, dan tidak sempat mengurus anak mereka. Bisnis ini menyasar golongan menengah ke atas yang memang tidak punya cukup waktu untuk mengurus buah hati mereka.


Usaha Jasa Sewa Mobil


Di pedesaan, orang orang juga butuh alat transportasi untuk bepergian bersama keluarga. Dan disinilah kamu bisa membuka jasa rental mobil. Memulai usaha rental mobil ini, berarti sobat kosngosan harus memiliki mobil yang akan disewakan.Kebanyakan pelanggan rental mobil di Indonesia lebih menyukai mobil jenis MPV atau pun minibus yang bisa membawa banyak penumpang sekaligus Seperti misalnya tipe Avanza, Xenia, Innova, Gran Max, dan lainnya


Jasa Doorsmer kendaraan Bermotor


Apabila sobat tinggal di pedesaan yang padat penduduk dan punya kendaraan bermotor, tentunya potensi menjalankan usaha cuci kendaraan baik motor atau mobil ini sangat menguntungkan. Kebanyakan pemilik kendaraan juga sibuk dan tidak sempat mencuci motor atau mobil mereka di rumah. Oleh karena itu kamu bisa menawarkan jasa mencucikan kendaraan di tempat pencucian dengan pelayanan maksimal dan harga yang kompetitif. Kamu juga harus menyusun strategi untuk mendukung kelancaran usaha yang dijalankan nantinya.


Baca juga : Peluang Usaha Sampingan Dosen


Kata Penutup


Selain bisnis diatas, diperlukan juga kesiapan Lembaga pendidikan di Indonesia untuk menghadapi Dunia Bisnis dan Pendidikan di Indonesia dalam menghadapi era Globalisasi dan Pasar Bebas yang semakin dinamis, terutama Kompetensi dan Kapasitas yang mengharuskan kita menguasai Praktikal lapangan disesuaikan dengan Kurikulum yang diajarkan.

Pada akhirnya segala jenis bisnis dan usaha diatas hanya bisa dilakukan ketika diwaktu senggang atau ketika tidak sedang mengajar. Akan ada keterbatasan untuk bisnis sampingan, hingga kamu pada akhirnya harus memilih antara mengajar atau berbisnis.

Karena tidak ada bisnis yang besar kalau kita tidak fokus. Ketika nanti bisnis sampingan kamu menjadi besar, kamu harus siap siap memilih antara bisnis sendiri atau tetap menjadi seorang Gur. Profesi ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tergantung dari kamu yang memilih.

Semoga artikel kosngosan ini cukup memberikan inspirasi kepada Kamu untuk memulai bisnis, karena menjadi karyawan meskipun nyaman tapi tetap lebih nyaman memiliki usaha sendiri. Demikian artikel mengenai prospek usaha sampingan untuk guru. Jadilah enterpreneur sukses!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya