Cara Membuat Penomoran Halaman di Word Terbaru Secara Otomatis

Cara Membuat Penomoran Halaman di Word Terbaru Secara Otomatis

cara menulis nomor halaman
Membuat nomor halaman pada dokumen seperti makalah, laporan, novel, proposal, tugas akhir dan karya tulis lainnya adalah hal yang wajib dilakukan. Nomor pada halaman akan membantu pembaca dalam mengidentifikasi jumlah halaman keseluruhan dan membantu mencarikan materi mana saja yang sedang dicari. Pada kali ini kita akan membahas juga mengenai cara membuat nomor halaman yang berbeda pada satu dokumen di word 2007, 2010, 2013 dan yang terbaru 2016. Simak pembahasan kosngosan dibawah ini.

Nomor halaman merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi posisi materi yang akan dijabarkan pada seluruh lembaran karya tulis. Kamu pasti sering melihat buku yang memiliki nomor pada salah satu di ujung kiri atau kanan atas. Nomor ini dinamakan nomor halaman.
Tidak hanya di buku pelajaran saja, bahkan hampir seluruh karya tulis yang diterbitkan baik dalam bentuk buku, koran, majalah, novel dan lainnya sudah pasti menggunakan penomoran pada masing-masing halamannya. Hanya saja yang berbeda adalah letak atau posisi nomor halaman.

Baca juga : Cara Membuat Daftar Isi Ms Word Otomatis dan Manual

Bila kamu sering mengerjakan yang namanya makalah, atau menulis buku, mungkin cara pembuatan nomor halaman ini sudah menjadi makanan sehari-hari mu. Hanya saja kali ini Mimin tetap ingin membagikan panduan penulisan nomor halaman secara otomatis menggunakan MS Word terbaru.  Dan bagi kamu yang masih penasaran Bagaimana caranya, silahkan mengikuti langkah-langkah dibawah ini :

1. Cara Membuat Nomor Halaman Otomatis

Langkah 1 : Buka aplikasi ms word kalian, melalui klik icon word yang ada di desktop atau pilih windows, search "word" dan klik icon yang muncul.

Langkah 2 : Pada lembaran baru, atau lembar word yang sudah selesai diketik, pilih tab "Insert" kemudian akan muncul beberapa pilihan. Kemudian pilih icon dengan nama "Page Number"

Langkah 3 : Akan ada pilihan seperti dibawah ini.

"Top of page" untuk penomoran diatas lembar kerja.
"Bottom of page" untuk penomoran dibawah lembar kerja.
"Page Margin" untuk penomoran mengikuti posisi margin lembar kerja
"Current Position" untuk penomoran mengikuti letak posisi mouse pada lembar kerja
"Format Page Number" untuk melakukan pengaturan posisi nomor pada halaman
"Remove Page Number"untuk menghapus penomoran seluruh halaman

cara membuat homor halaman

Langkah 4 : Setelah itu, kamu bisa mengganti jenis dan ukuran font untuk nomor dengan memblok dan menuju tab "Home" dan memilih jenis font dan ukuran font seperti biasanya.

2. Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda dalam Satu File Word

Ada kalanya kamu harus membuat nomor halaman yang berbeda pada satu file dokumen yang sama. Sebenarnya jika kamu tidak tahu cara ini, kamu akan cenderung memisahkan antara bagian lembar kerja yang diberi nomor menggunakan angka romawi dan lembar menggunakan angka latin. Akan tetapi kamu bisa membuat dua jenis nomor (romawi dan latin) pada satu lembar kerja. Berikut adalah caranya :

Langkah 1 : Buka lembar kerja word seperti langkah pertama diatas. Atau buka file yang sudah selesai kamu kerjakan.

Langkah 2 : Tentukan bagian halaman yang akan diberi nomor romawi, misalnya pada lembar pertama hingga ke lima. Pada bagian akhir lembar kelima tersebut, pilih tab "Page Layout" kemdian pilih "Next Page" maka antara lembar pertama dan kelima sudah menjadi bagian terpisah dari lembar kerja keseluruhan.

membuat nomor halaman berbeda

Langkah 3 : Pada lembar yang berbeda tersebut, lakukan langkah 2 seperti diatas untuk membuat nomor halaman seperti biasanya. "Insert" dan Pilih "Page Numeber" kemudian pilih posisi nomor yang dikehendaki.

Langkah 4 : Masih pada lembar kerja tersebut, pilih kembali tab "Insert" "Page number" kemudian pilih "Format Page Number". Disana akan ada beberapa pilihan format penomoran seperti angka latin, angka romawi, huruf besar, huruf kecil dan penomoran minus.

Langkah 5 : Maka mulai dari halaman 1 hingga halaman 5 akan berubah menjadi format nomor yang sudah kamu ubah.

Langkah 6 : Selanjutnya, kamu perlu memformat halaman 6 sampai akhir dengan cara arahkan kursor ke halaman tersebut dan kembali pilih "Insert" "Page Number" dan "Format Page Number". Pilih format nomor halaman latin dan untuk bagian "Page Numbering" pilih "Start at" masukkan angka 1.

Pada tahap ini kamu sudah berhasil membuat penomoran halaman yang berbeda (latin dan romawi) untuk satu file lembar kerja word, tanpa repot repot untuk memisahkan file nya menjadi dua. Hal ini umumnya berlaku untuk karya tulis seperti makalah dan skripsi yang memang mengharuskan penomoran romawi untuk bagian pengantar, dan menggunakan penomoran latin untuk bagian isinya.

Terakhir, untuk cara membuat halaman skripsi, makalah dan jenis karya tulis lainnya memang hampir sama. Hanya saja kamu harus menyesuaikan format penulisan yang sudah ditetapkan oleh lembaga pendidikan dimana kamu berada. Karena masing masing memiliki format penulisan nomor yang berbeda.

Demikian pembagian kita mengenai cara untuk membuat penomoran halaman untuk karya tulis. Semoga dapat membantumu dalam menyelesaikan proses penulisan karya tulis mu secepat mungkin tanpa mengalami kendala yang berarti. Terakhir Jangan lupa untuk memberikan saran atau kritik di kotak komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.