Cara Mengatasi Muncul Loading Working On Updates Setiap Kali Buka Windows

Cara Mengatasi Muncul Loading Working On Updates Setiap Kali Buka Windows

Baca juga :

matikan windows update
Fitur Windows Update memang memiliki fungsi sebagai pembaharuan secara otomatis dan berkala untuk setiap perangkat yang terinstal sistem operasi windows, baik itu Windows 7, Windows 8.1 dan yang terbaru Windows 10.  Kamu pasti sering mengalami munculnya pemberitahuan seperti "Working on updates % complete Don't turn off your computer" setiap kali kamu hidupkan atau matikan laptop atau komputer windows-mu. Nah, untuk mengatasinya, kali ini kosngosan akan memberikan tipsnya. Simak terus pembahasannya dibawah ini.

Windows menjadi salah satu sistem operasi paling populer sekarang ini. OS kepunyaan perusahaan besutan orang terkaya sejagat, Microsoft (walaupun kini mungkin bukan nomor satu lagi) bernama Bill Gates ini merupakan sistem operasi terbanyak yang dipakai oleh berbagai perangkat komputer sekarang. Lihat saja kesuksesan si empunya yang sudah sukses membesarkan brand dengan logo jendela ini.

Mimin rasa kamu juga sekarang masih menggunakan windows pada perangkat mu. Selain mudah digunakan dengan tampilan user friendly, perintah yang mudah untuk orang awam, serta banyak didukung oleh berbagai aplikasi membuatnya semakin digemari. Bahkan kamu sudah pasti mendapatkan aplikasi yang kamu perlukan dengan hanya mencarinya di internet.

Untuk versi originalnya, windows memang selangit bila dihadapkan oleh kamu yang masih mahasiswa atau pelajar. Namun banyak juga yang memberikan Source bajakan dan menyebar di internet yang bisa kamu ambil sesuka hati. Kamu cukup menginstall windows tersebut misalnya, dan kemudian mengintal crack atau patch-nya, maka windows tersebut akan berubah menjadi genuie.

Baca juga :
Cara Sederhana Mempercepat Loading Smartphone Android Tanpa Root
Cara menyimpan gambar dari PDF menggunakan word terbaru

Memang terlarang, namun percayalah ada banyak pengguna windows bajakan yang memang menggunakan fitur fitur dasar dari windows saja. Mereka tidak punya uang (atau mungkin malas mengeluarkan uang) untuk membeli windows asli. Dan pengguna ini sering mengalami error atau bug yang bisa terjadi sewaktu-waktu.

Kali ini permasalahan seperti munculnya notifikasi "Working on updates % complete Don't turn off your computer" setiap kali menghidupkan atau mematikan perangkat windows, bisa saja terjadi dan memakan waktu untuk menunggu. Ini dikarenakan fitur windows update kamu hidupkan. Maka dari itu kamu bisa menghindari menunggu loading lama tersebut dengan mematikan fitur bawaan windows tersebut. Simak caranya dibawah ini.

1. Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 7

Cara Menonaktifkan Windows Update 7

Windows 7 adalah versi terlawas yang masih disupport oleh windows saat ini. Versi ini dijual untuk pertama kali pada tanggal 22 Oktober 2009 (3 tahun setelah Vista keluar).  Microsoft mengganti prioritas pengembangan. Blackcomb dan mengubah namanya menjadi Windows 7 pada tahun 2007. Inilah yang menjadi cikal bakal terciptanya sistem operasi terpopuler saat di zamannya tersebut. Ada banyak Software dan Aplikasi yang disupport oleh sistem operasi yang satu ini, hal inilah yang membuatnya begitu disukai oleh banyak orang.

Windows 7 adalah versi windows khusus untuk upgrade yang mengutamakan pembaharuan sejumlah fitur. Ada 6 versi Windows 7, diantaranya adalah Windows 7 Home Premium, Windows 7 Professional, Windows 7 Ultimate, Windows 7 Enterprise, Windows 7 Starter dan Windows 7 Home Basic. Keenamnya memiliki keunggulan dan tujuan penggunaan yang berbeda beda.

Berikut adalah cara mematikan windows update dari windows 7 :
  • Klik tombol windows pada sebelah kiri paling bawah desktop mu. Pada bar pencarian, ketik "Windows Update" dan enter
  • Pilih aplikasi "Windows update" yang muncul pada hasil pencarian. 
  • Pada bagian "Change setting" pilih opsi "Never check for updates (not recommended)"
  • Unchek pilihan "Give me recomended updates the same way I receive important updates" dan juga pilihan "Allow all users to install updates on this computer"
  • Tekan "OK"
Pada tahap ini kamu sudah berhasil mematikan fitur otomatis dari windows update. Jadi setiap kamu mematikan atau menghidupkan laptop atau komputer windows 7 mu, tidak akan muncul lagi pemberitahuan seperti Working on updates % complete Don't turn off your computer lagi yang membuat suntuk.

2. Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 8.1

Cara Menonaktifkan Windows Update 8.1

Windows 8.1 merupakan versi pembaharuan dari Windows 8 yang pertama kali dirilis sebagai beta pada Juni 2013 silam. Windows 8.1 dirilis untuk umum pada tanggal 17 Oktober 2013. Sebagai penerus generasi 8 yang dianggap gagal. Maka dari itu untuk pengguna 8 yang lama, bisa segera mendapatan versi ini secara gratis dengan melakukan pembaharuan pada perangkat mereka.

Hadir dengan tampilan baru, Microsoft mencoba mengganti tampilan dasar halaman windows -nya yang selama ini sangat dikenal dan akrab, sebut saja seperti tampilan windows 7, Vista dan XP. Tampilannya memang dinilai lebih dinamis dan terkesan premium. Nah, berikut adalah beberapa langkah untuk mematikan windows update pada versi ini :

  • Masuk ke "Start Screen" pilih "Store" kemudian "Settings"
  • Pada menu "App Update" terdapat pilihan "Automatically update my apps" geser menjadi opsi "No" pada tab yang ada dibawahnya

Pada tahap ini kamu sudah berhasil mematikan fitur otomatis dari windows update. Jadi setiap kamu mematikan atau menghidupkan laptop atau komputer windows 8.1 atau 8 mu, tidak akan muncul lagi pemberitahuan seperti Working on updates % complete Don't turn off your computer lagi yang membuatmu bete.

3. Cara Menonaktifkan Windows Update pada Windows 10

Cara Menonaktifkan Windows Update 10

Windows 10 dirilis pada tanggal 29 Juli 2015 silam. WIndows versi ini merupakan sistem operasi yang lebih komperehensif, lebih jauh dari versi sebelumnya windows 8. Oleh karena itu pihak microsoft mengabaikan pemberian nama Windows 9 dan langsung meluncurkan Windows 10 sebagai produk terbaru mereka.

Ada banyak sekali fitur terbaru dari versi ini, seperti cortana (asisten digital ala windows), PC yang bisa bersinergi dengan smartphone dan XBOX, gratis untuk tahun pertama bagi pengguna windows versi sebelumnya, notification center, Windows holographic serta adanya kombinasi software dan hardware untuk perusahaan. Kamu bisa mematikan fungsi windows update pada versi windows ini melalui beberapa langkah seperti dibawah ini :

  • Masuk ke control panel klasik, ada dua cara, pertama melalui menu pencarian pada start windows, ketik "Control Panel" atau tekan bersaman tombol Windows + X untuk membawamu pada pilihan "Control Panel"
  • Bagian atas kemudian pilih "System and Security"
  • Kemudian pilih "Administrative Tools" lalu "Services"
  • Ada beberapa opsi yang muncul, pilih "Windows Update"
  • Pada halaman windows baru yang muncul, ubah "Startup type" menjadi "Disabled". 
  • Klik tombol OK atau Apply

Pada tahap ini kamu sudah berhasil mematikan fitur otomatis dari windows update. Jadi setiap kamu mematikan atau menghidupkan laptop atau komputer windows 10 mu, tidak akan muncul lagi pemberitahuan seperti Working on updates % complete Don't turn off your computer lagi yang membuatmu lelah untuk menunggu.

Semoga cara mematikan update dari ketiga versi windows diatas bisa kamu lakukan demii efisiensi waktu tunggu mu saat menghidupkan atau mematikan perangkat windowsmu. Karena sering kali mimin melihat orang dengan sabar menunggu loading pembaharuan tersebut, apalagi ketika perangkat baru saja terhubung melalui internet.

Dengan mematikannya, maka kamu tidak akan lagi menghabiskan waktu berhargamu untuk sesuatu pembaharuan yang sebetulnya tidak terlalu kamu butuhkan.

Oke demikian tutorial mengenai Cara Mengatasi Muncul Loading Working On Updates Setiap Kali Buka Windows yang kosngosan bahas kali ini, semoga dapat membantumu. Karena menunggu loading itu lama, dan bisa membuang waktu berhargamu. Jadi memang lebih baik untuk menonaktifkan fitur tersebut. Sekian, berikan tanggapanmu melalui kotak komentar dibawah ini. Terimakasih telah berkunjung di kosngosan.



Buka Komentar