Cara Posting Artikel di Blog Dengan Cepat Memakai Aplikasi HP Android

Cara Posting Artikel di Blog Dengan Cepat Memakai Aplikasi HP Android

blogging dengan google keyboard
Bagi seorang blogger menulis adalah suatu keharusan. Dengan menulis maka dapat menghasilkan konten di blog yang membuat traffic menjadi tinggi. Tapi masalahnya banyak dari blogger pemula yang mengalami kemalasan untuk menulis konten di dalam blog melalui laptop atau komputer nya. Nah kali ini kosngosan membahas mengenai bagaimana cara menulis melalui smartphone menggunakan aplikasi Android sehingga menghasilkan content menjadi lebih mudah dan efisien.

Konten memang menjadi raja, selalu diperhatikan dan suka atau tidak suka selalu dibuat oleh para blogger agar tetap mampu bersaing di pencarian mesin pencari, terutama google. Dengan adanya konten fresh yang ditulis secara berkala, maka mesin pencari akan lebih menyukainya serta baik cepat atau lambat jumlah traffic ke blog akan senantiasa meningkat.


Bagaimana pun, menghasilkan konten yang berkualitas, unik dan disukai mesin pencari (dibaca SEO) sangatlah sulit untuk dilakukan. Terlebih kita dituntut untuk menghasilkannya dari hasil pemikiran sendiri atau paling tidak dari hasil rewrite atau tulisan ulang. 

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para blogger, khususnya di Indonesia. Bahkan tidak jarang para blogger yang kurang memiliki waktu atau tidak dapat membagi waktu untuk menulis, mereka rela membeli artikel ke penyedia jasa penulisan artikel profesional, asal blog mereka tidak kosong terisi oleh konten artikel yang berkualitas.

Cara Menulis Artikel Blog Menggunakan Aplikasi Blogger dan GBoard di Android


blog menggunakan voice typing

Aplikasi Android yang secara default sebenarnya sudah terinstal di perangkat smartphonemu, bernama Google Keyboard ini memiliki fitur terbaru yang memudahkan users melakukan aktifitas menulis di gadget kesayangan. Dengan Google Keyboard versi terbaru, kamu bisa mengetik lebih mudah dan juga lebih cepat.

Kemudahan menggunakan aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengetik banyak kata tanpa harus mengetik menggunakan jari jemari-mu di keyboard virtual. Kamu bisa menggunakan fitur Voice Typing dimana kamu tidak perlu untuk mengetik tapi cukup mengucapkan kata yang secara otomatis sistem akan menuliskannya untukmu.

Namun kelemahan dari cara ngeblog menggunakan voice type ini adalah kamu harus tetap mengetik karakter seperti titik, koma, tanda tanya dan lainnya. Karena voice type hanya diperuntukkan bagi pengubahan suara ke kata per kata saja. Namun ini bukan menjadi masalah bagi mimin sendiri. Lalu bagaimana cara menulis artikel blog menggunakan google keyboar ini? Simak penjelasannya dibawah ini :

Langkah dan Syarat Menulis Artikel Blog Menggunakan GBoard


Langkah pertama, pastian dulu spesifikasi perangkat hp android mu sudah memenuhi seperti dibawah ini :

  • RAM smartphone minimal 2 GB dengan prosesor yang tidak lelet
  • Memiliki Sistem Operasi Android terbaru minimal Marsmallow, yang lebih baik Nugget dan Oreo yang sudah support fitur Split Screen.

Langkah kedua, Install aplikasi Google Keyboard dan Blogger di smartphone-mu.

Langkah ketiga, Aktifkan Fitur Voice Type di pengaturan tambahan - Languange dan Input seperti dibawah ini. Jangan lupa juga untuk memilih bahasa Indonesia untuk preferensi bahasanya.

pengaturan fitur voice typing

Langkah keempat, setelah itu, kamu sudah bisa mengetik dengan memberikan suara. Untuk memulainya, silahkan buka aplikasi Blogger di smartphone milikmu. Masuk menggunakan akun gmail milikmu seperti biasa.  


menulis artikel menggunakan aplikasi blogger

Langkah kelima, Tekan icon microphone pada keyboard dan mulailah berbicara seperti biasa. Maka aplikasi Gboard akan mengkonversi suara menjadi teks. Sederhana bukan?

Apalagi bila smartphone mu sudah support fitur split screen, kamu bisa membagi dua layar mu, satu untuk membuka aplikasi blogger, dan satu lagi untuk membuka browser untuk mencari referensi menulis. 

Hidupkan fitur auto rotate, supaya kamu bisa bekerja dengan layar landscape.

Tehnik ini mimin pakai hampir di setiap postingan yang membutuhkan materi panjang. Biasanya cara ini mimin gunakan ketika malam saat pulang bekerja. Disaat santai, kita bisa tetap nge-blog sambil tiduran dengan hanya berbicara. 

Kelemahan cara ngeblog pakai Voice Typing :

  1. Tidak bisa sepenuhnya bergantung dengan voice typing, karena untuk pengetikan tanda baca masih tetap harus mengetik secara manual
  2. Bila pengucapan salah, maka voice typing juga akan memberikan kata yang salah
  3. Bila kosakata terbilang baru, istilah baru yang tidak ada dalam database voice typing seperti nama orang, tempat dan lainnya, tetap harus mengetik.
  4. Aplikasi blogger di android sendiri masih banyak Bug-nya. Seperti yang mimin rasakan ketika membuat postingan baru di aplikasi ini, bila dibuka lewat desktop kadang tidak muncul. Tetapi bila kita buat postingan baru lewat desktop, disimpan dalam bentuk draft kemudian di buka lewat aplikasi maka tidak akan menemui kendala.

Baca juga : Cara Aman Membeli Website Lewat Forum dan Grup Online Bebas Penipuan

Kesimpulannya, sebenarnya ini adalah perpaduan antara penggunaan aplikasi blogger dan gboard di android yang memudahkan untuk menghasilakn konten unik setiap harinya. Untuk tahap akhir finishing artikel sebelum publish, mimin tetap menggunakan desktop dari laptop karena lebih leluasa.

Demikianlah pembahasan mengenai bagaimana cara membuat dan menulis konten melalui smartphone dengan aplikasi blog. Bilang kamu merasa postingan ini bermanfaat, silakan share ke teman-temanmu. Jangan lupa untuk memberikan komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung di kosngosan.

Buka Komentar