Contoh Jurnal Penelitian Skripsi, Cara Penulisan yang Baik dan Benar

Contoh Jurnal Penelitian Skripsi, Cara Penulisan yang Baik dan Benar

contoh jurnal skripsi cara penulisan
Jurnal merupakan tulisan yang umum. Ada jenis jurnal akuntansi dan jurnal ilmiah. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai Jurnal ilmiah yang banyak dibuat oleh mahasiswa akhir sebelum menyelesaikan karir akademiknya. Kali ini kosngosan akan membahas contoh jurnal ilmiah dari skripsi s1 yang baik dan benar. Mari kita simak dibawah ini.

Ada banyak sekali contoh jurnal ilmiah pendidikan dan akademik dari skripsi yang kamu temui di internet dan perpustakaan. Jurnal berbagai bidang keilmuan seperti ekonomi, bisnis, pertanian, hukum dan lainnya memang menjadi salah satu sumber referensi yang bisa digunakan untuk keperluan penulisan karya tulis.

Baca juga : Contoh Lembar Pengesahan Laporan dan Skripsi Terbaru

Menurut Hakim, Jurnаl іlmіаh merupakan mајаlаh рublіkаѕі уаng mеmuаt KTI (Kаrуа Tulіѕ Ilmіаh) уаng ѕесаrа nуаtа mеngаndung dаtа dаn іnfоrmаѕі уаng mеngајukаn ірtеk dаn dіtulіѕ ѕеѕuаі dеngаn kаіdаh-kаіdаh реnulіѕаn іlmіаh ѕеrtа dіtеrbіtkаn ѕесаrа bеrkаlа.

Jurnal skripsi merupakan bentuk publikasi tulisan dari skripsi yang merangkum semua data informasi dari skripsi kemudian dipublikasikan dengan jumlah halaman yang sudah ditentukan. Selain itu, sekarang penerbitan jurnal penelitian skripsi sudah diharuskan juga diterbitkan dalam bentuk online dengan format .pdf kemudian diterbitkan di website jurnal online mahasiswa.

Perbedaan skripsi dengan jurnal, skripsi merupakan paparan tulisan hasil penelitian sarjana strata 1 yang membahas permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku sementara jurnal sendiri merupakna terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan hasil penelitian yang hanya diambil bagian-bagian pentingnya saja.

Cara Penulisan Jurnal Penelitian Skripsi


Ada beberapa format yang harus ditulis untuk membuat jurnal penelitian skripsi, diantaranya adalah :

cara penulisan jurnal skripsi

Judul Jurnal


Lembaran judul berisi judul penelitian, harus jelas, singkat dan mudah dipahami.

Abstrak


Abstrak merupakan ikhtisar atau uraian singkat mengenai penelitian. Biasanya didalam bagian ini akan memuat mengenai latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dengan menggunakan garis miring (sesuai dengan peraturan yang berlaku).

Fungsinya adalah sebagai pemudah bagi pembaca untuk memahami jurnal secara singkat. Pada bagian akhir abstrak, ditulis keyword (kata kunci) dalam bahasa Inggris dibawah abstrak untuk mendeskripsikan isi, maksimal 5 kata kunci.

Pendahuluan


Didalam pendahuluan hampir sama dengan skripsi, namun ditulis secara singkat dan jelas seperti bagian-bagian latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, uraian ringkas penyususnan, waktu pelaksanaan serta sumber informasi yang menjelaskan kenapa mengambil pemasalahan tersebut.

Metodologi Penelitian


Bagian ini menjelaskan mengenai teknis penelitian seperti desain, metode pengumpulan data, alat analisis yang digunakan, peralatan dan jenis penanganan, mengenai daerah penelitian, lokasi, jumlah sampel, waktu penelian dan semua hal yang menjelaskan secara jelas dan rinci sehingga pembaca paham mengenai teknis penelitian yang akan dilakukan.

Hasil dan Pembahasan


Pada bagian pembahasan dalam jurnal, kamu harus memberikan pemaparan data mengenai hasil penelitian yang telah kamu lakukan. Menjelaskan setiap hubungan atau variabel percobaan yang penting dan pada setiap korelasi antara variabel. Bagian ini merukan inti dari penulisan jurnal skripsi. Oleh karena itu usahakan membuat bagian ini sebaik mungkin.

Selain itu pada bagian kesimpulan kamu juga harus menyertakan kembali pernyataan bahwa  setiap data yang disajikan berhubungan atau tidak berhubungan pada pernyataan atau hipotesis yang dinyatakan dalam bagian pendahuluan sebelumnya.

Daftar Pustaka


Daftar pustaka adalah daftar sumber referensi yang menjadi pembangun terciptanya sebuah jurnal. Semua kutiapan (informasi) yang didapatkan harus ditulis sesuai abjad dan aturan penulisan daftar pustaka. Hal ini bertujuan untuk pembaca yang ingin merujuk pada referensi yang asli. Perlu diperhatikan bahwa referensi yang dikutip haruslah benar-benar disebutkan di dalam jurnal. Untuk cara penulisan daftar pustaka, kamu bisa membaca postingan "Cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar".

Contoh Jurnal Penelitian Skripsi


Salah satu contoh yang bisa kamu lihat adalah jurnal skripsi dari milik mimin sendiri yang mimin buat untuk menyelesaikan program studi strata 1 jurusan agribisnis di Universitas Riau pada tahun 2016 silam. Beberapa contoh jurnal memang terdapat perbedaan, tergantung dari instansi perguruan tingginya, namun secara umum kamu bisa melihat dan menemukan bentuk umum dari jurnal itu seperti dibawah ini (scrool untuk melihat lebih lengkap) :



Download Jurnal Penelitian Skripsi "Pengembangan Website Informasi kelapa sawit pedia Dan Persepsi User Terhadap Desain dan Kemudahan Penggunaannya" Disini


Demikian pembahasan kita mengenai Contoh Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar. Jurnal diatas adalah milik mimin sendiri ketika kuliah di salah satu universitas negeri di pekanbaru, riau. Bila kamu merasa jurnal diatas bermanfaat, kamu bisa membagikan link halaman ini kepada teman teman mu yang lainnya dan silahkan berkomentar dibawah ini.

Buka Komentar