Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Jurnal Penelitian Skripsi, Cara Penulisan yang Baik dan Benar

contoh jurnal skripsi cara penulisanJurnal merupakan tulisan yang umum. Ada jenis jurnal akuntansi dan jurnal ilmiah. Dalam pembahasan kali ini, kita akan membahas mengenai Jurnal ilmiah yang banyak dibuat oleh mahasiswa akhir sebelum menyelesaikan karir akademiknya. Kali ini kosngosan akan membahas contoh jurnal ilmiah dari skripsi s1 yang baik dan benar. Mari kita simak dibawah ini.

Ada banyak sekali contoh jurnal ilmiah pendidikan dan akademik dari skripsi yang kamu temui di internet dan perpustakaan. Jurnal berbagai bidang keilmuan seperti ekonomi, bisnis, pertanian, hukum dan lainnya memang menjadi salah satu sumber referensi yang bisa digunakan untuk keperluan penulisan karya tulis.

Menurut Hakim, Jurnаl іlmіаh merupakan mајаlаh рublіkаѕі уаng mеmuаt KTI (Kаrуа Tulіѕ Ilmіаh) уаng ѕесаrа nуаtа mеngаndung dаtа dаn іnfоrmаѕі уаng mеngајukаn ірtеk dаn dіtulіѕ ѕеѕuаі dеngаn kаіdаh-kаіdаh реnulіѕаn іlmіаh ѕеrtа dіtеrbіtkаn ѕесаrа bеrkаlа.

Jurnal skripsi merupakan bentuk publikasi tulisan dari skripsi yang merangkum semua data informasi dari skripsi kemudian dipublikasikan dengan jumlah halaman yang sudah ditentukan. Selain itu, sekarang penerbitan jurnal penelitian skripsi sudah diharuskan juga diterbitkan dalam bentuk online dengan format .pdf kemudian diterbitkan di website jurnal online mahasiswa.

Perbedaan skripsi dengan jurnal, skripsi merupakan paparan tulisan hasil penelitian sarjana strata 1 yang membahas permasalahan atau fenomena dalam bidang ilmu tertentu menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku sementara jurnal sendiri merupakna terbitan berkala yang berbentuk pamflet berseri berisi bahan hasil penelitian yang hanya diambil bagian-bagian pentingnya saja.



Cara Penulisan Jurnal Skripsi


Ada beberapa format yang harus sobat kosngosan tulis untuk membuat jurnal penelitian skripsi yang baik dan benar. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Judul Jurnal


Pada bagian lembaran judul berisi judul besar penelitian, harus jelas, singkat dan mudah dipahami. Judul ditulis menggunakan huruf kapital pada setiap katanya, dan harus bisa merefleksikan isi dari jurnal skripsi yang akan dibuat

Abstrak


Abstrak merupakan ikhtisar atau uraian singkat mengenai penelitian. Biasanya didalam bagian ini akan memuat mengenai latar belakang, tujuan, metode penelitian, hasil dan kesimpulan. Abstrak ditulis dalam bahasa inggris dengan menggunakan garis miring (sesuai dengan peraturan yang berlaku).

Fungsinya adalah sebagai pemudah bagi pembaca untuk memahami jurnal secara singkat. Pada bagian akhir abstrak, ditulis keyword (kata kunci) dalam bahasa Inggris dibawah abstrak untuk mendeskripsikan isi, maksimal 5 kata kunci.

Pendahuluan


Didalam pendahuluan hampir sama dengan skripsi, namun ditulis secara singkat dan jelas seperti bagian-bagian latar belakang masalah, ruang lingkup, tujuan, uraian ringkas penyususnan, waktu pelaksanaan serta sumber informasi yang menjelaskan kenapa mengambil pemasalahan tersebut.

Metodologi Penelitian


Bagian ini menjelaskan mengenai teknis penelitian seperti desain, metode pengumpulan data, alat analisis yang digunakan, peralatan dan jenis penanganan, mengenai daerah penelitian, lokasi, jumlah sampel, waktu penelian dan semua hal yang menjelaskan secara jelas dan rinci sehingga pembaca paham mengenai teknis penelitian yang akan dilakukan.

Hasil dan Pembahasan


Pada bagian pembahasan dalam jurnal, kamu harus memberikan pemaparan data mengenai hasil penelitian yang telah kamu lakukan. Menjelaskan setiap hubungan atau variabel percobaan yang penting dan pada setiap korelasi antara variabel. Bagian ini merukan inti dari penulisan jurnal skripsi. Oleh karena itu usahakan membuat bagian ini sebaik mungkin.

Selain itu pada bagian kesimpulan kamu juga harus menyertakan kembali pernyataan bahwa  setiap data yang disajikan berhubungan atau tidak berhubungan pada pernyataan atau hipotesis yang dinyatakan dalam bagian pendahuluan sebelumnya.

Daftar Pustaka


Daftar pustaka adalah daftar sumber referensi yang menjadi pembangun terciptanya sebuah jurnal. Semua kutiapan (informasi) yang didapatkan harus ditulis sesuai abjad dan aturan penulisan daftar pustaka. 

Hal ini bertujuan untuk pembaca yang ingin merujuk pada referensi yang asli. Perlu diperhatikan bahwa referensi yang dikutip haruslah benar-benar disebutkan di dalam jurnal. Untuk cara penulisan daftar pustaka, kamu bisa membaca postingan "Cara membuat daftar pustaka yang baik dan benar".


Contoh Jurnal Skripsi

cara penulisan jurnal skripsi

Salah satu contoh yang bisa kamu lihat adalah jurnal skripsi dari milik mimin sendiri yang mimin buat untuk menyelesaikan program studi strata 1 jurusan agribisnis di Universitas Riau pada beberapa tahun silam.

Beberapa contoh jurnal memang terdapat perbedaan, tergantung dari instansi perguruan tingginya, namun secara umum kamu bisa melihat dan menemukan bentuk umum dari jurnal itu seperti dibawah ini (scrool untuk melihat lebih lengkap) :



Download Contoh Jurnal Penelitian Skripsi disini "Pengembangan Website Informasi kelapa sawit pedia Dan Persepsi User Terhadap Desain dan Kemudahan Penggunaannya" Disini


Contoh Template Jurnal Skripsi


Nama Penulis1, Nama Penulis2, Nama Penulis3 

#Jurusan Penulis 1 dan 3,Nama Universitas Penulis 1 dan 3

Alamat, Kota

email_penulis1

email_penulis3

#Jurusan Penulis 2,Nama Universitas Penulis 2

Alamat, Kota

email_penulis2

Abstract— Please write the Abstract in English and Intisari in Bahasa Indonesia, each of which contains around 160-250 words. These instructions give you guidelines to prepare papers for JUTEI. Use this document as a template if you are using Microsoft Word 2013 Otherwise, use this document as an instruction set. Define all symbols used in the Abstract. Do not cite references in the Abstract. Do not delete the blank line immediately above the Abstract; it sets the footnote at the bottom of this column.

Intisari— Tuliskan Abstract dalam Bahasa Inggris dan Intisari dalam Bahasa Indonesia, masing-masing sekitar 160-250 kata. Dokumen ini merupakan format panduan bagi penulis untuk menulis makalah JUTEI yang siap dipublikasikan dalam jurnal. Dokumen ini disadur dari IEEE template. Para penulis harus mengikuti petunjuk yang diberikan dalam panduan ini. Anda dapat menggunakan dokumen ini baik sebagai petunjuk penulisan dan sebagai template di mana Anda dapat mengetik teks Anda sendiri.

Kata Kunci— Cantumkan kata kunci Anda di sini dalam bentuk kata atau frase. Setiap kata kunci dipisahkan dengan koma(,)

Pendahuluan

Dokumen ini merupakan dokumen yang dapat dijadikan panduan dalam menulis artikel di JUTEI. Dokumen ini diadaptasi dari template IEEE. Semua penulis yang akan mempublikasikan artikel ilmiah di JUTEI wajib mengikuti format penulisan dan standar isi dalam artikelnya. Apabila ada pertanyaan yang berkaitan dengan penulisan artikel ilmiah ini dapat menghubungi pengurus redaksi jurnal melalui email yang tertera di website.

Dalam penulisan artikel paling tidak artikel mengandung Pendahuluan, Landasan Teori, Metodologi Penelitian, Hasil dan Analisis, dan Kesimpulan. 

Pendahuluan berisi tentang penjelasan latar belakang penelitian yang dikerjakan meliputi identifikasi permasalahan yang ada, tinjauan pustaka, tujuan penelitian, dan manfaat yang didapatkan dari hasil penelitian. Tinjauan pustaka pada bab ini untuk menjelaskan serta menampilkan penelitian-penelitian yang pernah ada sebelumnya dan relevan dengan penelitian terkait. Tinjauan pustaka juga berisi penelitian-penelitian yang dijadikan acuan. Sehingga dari penjelasan pada bagian ini akan memperlihatkan kebaruan dari penelitian yang dilakukan.

Bagian Landasan Teori berisi tentang penjelasan secara detail terkait teori-teori / algoritma yang digunakan sebagai landasan dalam melakukan penelitian. 

Bagian Metodologi Penelitian berisi tentang tahapan-tahapan algoritma atau metode penelitian yang dilakukan. Tahapan proses, algortima, atau metode dapat dijelaskan dengan tambahan diagram alir, atau bentuk lain yang mendukung penjelasan pada bab ini.

Bagian Hasil dan Analisis berisi tentang hasil-hasil yang didapatkan dalam proses penelitian. Hasil penelitian dapat ditampilkan dalam bentuk tabel maupun grafik. Selain menampilkan hasil yang didapat, bab ini juga berisi tentang analisis dari hasil tersebut. 

Bagian Kesimpulan berisi tentang kesimpulan akhir yang didapat dari proses penelitian dan analisis yang dilakukan. Serta penelitian yang dapat dikembangkan/ dilakukan selanjutnya (future work).

Format Halaman

Cara yang paling mudah untuk memenuhi format halaman yang ditentukan oleh JUTEI ialah dengan mengikuti format halaman pada file ini. Simpanlah file ini dengan nama lainnya, lalu ketikkan isi makalah anda ke dalamnya.

Format Penulisan

Ukuran kertas yang digunakan ialah kertas A4 dengan lebar 210 mm (8,27 inch) dan panjang 297 mm (11,69 inch). Batas margin diatur sebagai berikut:

Atas = 1,9 cm / 0,75 inch

Bawah = 1,9 cm / 0,75 inch

Kiri = 2 cm / 0,79 inch

Kanan = 1,43 cm / 0,56 inch 

Artikel penulisan harus dalam format dua kolom dengan jarak 0,2 inch dan lebar tiap kolom sebesar 3,38 inch. 

Judul Makalah dan Penulis

Judul makalah harus berukuran 24 pt, Times New Roman, rata tengah, seperti contoh di atas.  Nama penulis berukuran 11 pt. Afiliasi penulis harus dalam ukuran 10 pt dan cetak miring (italic). Alamat email harus dalam ukuran 9 pt dengan teks Courier. 

Setiap huruf pertama pada setiap kata pada judul diketik dalam huruf besar kecuali kata - kata penghubung seperti “di”, “dan”, “atau”, “dengan”, “ke”, “yang”, “untuk”, “dari”, “jika”, atau “dari”. 

Gelar akademis (seperti Dr., Ir., atau ST.) maupun gelar profesional (seperti Direktur atau Manajer) tidak boleh dicantumkan dalam nama penulis. 

Untuk menghindari kebingungan, nama belakang atau nama keluarga penulis harus dituliskan di akhir. Contohnya Ignatia D.E.K. Ratri.

Setiap penulis harus mencantumkan informasi afiliasi mereka, minimum nama institusi dan alamat di mana penulis bekerja.  Apabila tidak bekerja di institusi perguruan tinggi, penulis juga tetap perlu mencantumkan nama dan alamat perusahaan tempat kerja.

Alamat email wajib dicantumkan sebagai informasi kontak pengarang. 

Format Paragraf

Penulisan dalam paragraph dengan pengaturan rata kanan kiri (justify). Setiap paragrap baru ditulis menjorok ke dalam sejauh 2,5 inch.

Format Teks

Seluruh dokumen harus diketik dalam bentuk font Times New Roman, dengan acuan ukuran teks seperti pada Tabel 1 dan kententuan khusus lainnya.

TABEL I

Acuan Ukuran Teks

Ukuran Font Format (Times New Roman)

Biasa

(Regular) Tebal (Bold) Miring

(Italic)

8 Judul tabel (Small Caps),

Judul Gambar,

Daftar Pustaka pustaka di dalam daftar pustaka (sebagian)

9 Email penulis (font Courier),

teks di dalam tabel isi abstrak, judul dan isi intisari, Keyword judul abstrak (italic dan bold)

10 Judul Bab tingkat 1 (Small Caps),

Paragraf Judul Bab tingkat 2 dan tingkat 3, informasi institusi penulis 

11 Nama penulis

24 Judul makalah

Sub-Bab

Penulisan sub-bab tidak boleh melebihi dari 3 tingkatan (Heading). Ukuran font pada penulisan sub-bab menggunakan 10 pt. Setiap huruf pertama pada setiap kata pada judul diketik dalam huruf besar kecuali kata-kata penghubung seperti “di”, “dan”, “atau”, “dengan”, “ke”, “yang”, “untuk”, “dari”, “jika”, atau “dari”.

Judul Bab Tingkat 1: Judul bab tingkat 1 harus dituliskan dalam format small caps, rata tengah serta diberikan nomor bab menggunakan nomor romawi (I, II, III, IV). Seperti Bab I Pendahuluan. Untuk mempermudah membuat format bab tingkat 1, bisa menggunakan format Heading 1 sesuai pengaturan di file dokumen ini.

Judul Bab Tingkat 2: Judul Bab tingkat 2 harus dibuat cetak miring (italic) dan diberi nomor A, B, C, D, dan seterusnya, diikuti titik.  Untuk judul, setiap huruf pertama pada setiap kata pada judul diketik dalam huruf besar kecuali kata-kata penghubung seperti “di”, “dan”, “atau”, “dengan”, “ke”, “yang”, “untuk”, “dari”, “jika”, atau “dari”. Untuk mempermudah membuat format bab tingkat 2, bisa menggunakan format Heading 1 sesuai pengaturan di file dokumen ini.

Judul Bab Tingkat 3: Judul bab tingkat 3 harus diketik menjorok ke dalam. Kata-kata dalam cetak miring (italic) dan diberi nomor urut 1,2,3, dst.  Judul bab tingkat 3 diikuti dengan titik dua (:) seperti pada contoh di file ini.   Isi dari Bab tingkat 3 harus langsung mengikuti tanda titik dua di paragraf yang sama.  Contohnya, paragraf ini adalah isi untuk bab tingkat 3. Untuk mempermudah membuat format bab tingkat 3, bisa menggunakan format Heading 3 sesuai pengaturan di file dokumen ini.

Gambar dan Tabel

Gambar/Grafik dan tabel harus terletak di tengah (centered). Gambar/Grafik dan tabel yang besar dapat direntangkan pada kedua kolom dan diletakkan dalam format 1 kolom pada posisi tepi atas atau tepi bawah. 

Gambar. 1. Icon JUTEI

Gambar yang mengandung informasi warna diperbolehkan berwarna. Warna akan dipertahankan pada publikasi online dan tercetak, seperti Gambar 1. Gambar tidak boleh menggunakan pola titik-titik karena ada kemungkinan tidak dapat dicetak sesuai aslinya. Gunakan pewarnaan padat yang kontras baik untuk tampilan di layar komputer, maupun untuk hasil cetak yang berwarna hitam putih. Gunakan resolusi yang baik sehingga gambar terlihat cukup tajam. Periksa bahwa resolusi gambar cukup untuk mengungkapkan rincian penting pada gambar.

Grafik dan tabel akan dicetak dengan warna hitam putih, sehingga sebuah grafik hendaknya memiliki marker yang berbeda pada masing-masing garis pada grafik, seperti pada Gambar 1.

Gambar. 2. Contoh grafik garis menggunakan warna yang kontras baik di layar komputer, maupun dalam hasil cetak hitam-putih.

Harap periksa semua gambar dalam jurnal Anda, baik di layar, maupun hasil versi cetak. Ketika memeriksa gambar versi cetak, pastikan bahwa:

warna mempunyai kontras yang cukup, 

gambar cukup jelas,

semua label pada gambar dapat dibaca.

Tulisan pada gambar terlihat jelas

Keterangan Gambar

Setiap gambar harus diberi nomor urut dengan angka desima 1,2,3,4,.....,dst dalam font Times New Roman dan berukuran 8 pt. Judul gambar yang hanya membutuhkan 1 baris harus dibuat rata tengah (center), seperti Gambar 1. Judul gambar yang membutuhkan lebih dari 1 baris harus dibuat dengan rata kiri kanan (justify), seperti Gambar 2. Penyebutan nama gambar pada penjelasan harus segera ditempatkan setelah gambar yang bersangkutan, contoh pada Gambar 2.

Keterangan Tabel

Tabel-tabel harus diberi nomor dengan angka Romawi I,II,III, ..., dst. Judul tabel ditempatkan pada posisi tengan dengan format huruf Times New Roman berukuran 8pt dan Small Caps. Setiap kata pada tabel harus dibuat dalam huruf besar, kecuali kata-kata sambung seperti “di”, “dan”, “atau”, “dengan”, “ke”, “yang”, “untuk”, “dari”, “jika”, atau “dari”.  Paragraf yang merujuk pada tabel yang bersangkutan harus ditempatkan sebelum tabel tersebut seperti terlihat pada Tabel 1. Penulisan nomor tabel pada rujukan ditulis dengan angka desimal.

Nomor Halaman, Header, dan Footer

Nomor halaman, header, dan footer akan diisi oleh panitia pada jurnal tercetak, sehingga tidak perlu menambahkan pada bagian ini. 

Tautan dan Bookmarks

Semua hypertext link dan bagian bookmark akan dihapus. Jika paper perlu merujuk ke alamat email atau URL di artikel, alamat atau URL lengkap harus diketik dengan font biasa.

Daftar Pustaka

Judul Daftar Pustaka tidak boleh diberi nomor. Semua pustaka harus dibuat dalam Times New Roman 8 pt. Gunakan teks cetak biasa (Regular) dan cetak miring (Italic) untuk membedakan bagian tertentu pada Daftar Pustaka. Nomor pustaka harus berurut di dalam kurung kotak (contoh: [1]). 

Jika merujuk pada satu pustaka dalam daftar pustaka, gunakan nomornya saja. Contohnya menurut Rayhan Chevko [1].......Rujukan berganda diberi nomor dalam kurung yang terpisah (contohnya [2], [3], [4]–[6]).

Penulisan Daftar Pustaka harus menggunakan program Reference Manager dengan format referensi IEEE. Program Reference Manager yang bisa digunakan seperti Mendeley, End Note. 

Jumlah Halaman Paper

Jumlah halaman wajib untuk artikel JUTEI sebanyak antara 10-12 halaman untuk setiap artikel, sudah termasuk daftar pustaka. 

Referensi

Format penulisan referensi mengikuti style IEEE. Referensi yang muncul pertama kali diberikan angka rendah.

Seperti referensi A dicantumkan lebih dulu dibanding referensi B, maka referensi A memiliki nomor urut 1 dan referensi B nomor urut 2. Penomoran item referensi diketik berurutan dalam tanda kurung siku (misalnya [1]).

Silakan gunakan gaya tulisan miring dan biasa untuk membedakan berbagai perbedaan dasar seperti yang  ditunjukkan pada bagian Referensi. 

Ketika Anda mengacu pada item referensi, silakan menggunakan nomor referensi saja, misalnya [2]. Jangan menggunakan "Ref. [3]" atau "Referensi [3]", kecuali pada awal kalimat, misalnya "Referensi [3] menunjukkan bahwa ...". Dalam penggunaan beberapa referensi masing-masing nomor diketik dengan kurung terpisah (misalnya [2], [3], [4] - [6]). Beberapa contoh item referensi dengan kategori yang berbeda ditampilkan pada bagian Referensi yang meliputi:

contoh buku pada [1]

contoh seri buku dalam [4]

contoh artikel jurnal di [16]

contoh laporan teknis dalam [20]

contoh paper seminar di [25]

contoh paten dalam [28]

contoh tesis/ disertasi di [30-31]

contoh standar dalam [40]

contoh website di [43]

contoh dari suatu halaman web di [44]

contoh manual databook dalam [45]

contoh datasheet dalam [46]

Penulisan bilangan dan persamaan matematika

Apabila anda menggunakan Microsoft Word sebagai editor, maka penulisan persamaan matematika harus menggunakan Microsoft Equation Editor. 

Penulisan Bilangan

Pemisah bilangan desimal menggunakan tanda koma (,) dan pemisah ribuan menggunakan tanda titik (.), seperti 1.234,342.

Persamaan

Setiap persamaan harus diberi nomor urut ditepi kanan persamaan, seperti (1). Supaya persamaan lebih tertata dapat menggunakan tabel 2 kolom dengan No Border. Kolom kiri untuk menuliskan persamaan sedangkan kolom kanan untuk nomor urut persamaan. 

∫_0^(r_2)▒〖F(r,φ)dr dφ=[σr_2/(2μ_0 ] 〗.∫_0^∞▒〖exp⁡(-λ|z_j-z_i |)λ^(-1) J_1 (λr_2)J_0 (λr_i)dλ〗

(1)

Pastikan bahwa simbol-simbol di dalam persamaan telah didefinisikan sebelum persamaan atau langsung mengikuti setelah persamaan muncul. Simbol diketik dengan huruf miring (T mungkin saja mengacu pada suhu, tetapi T merupakan satuan Tesla). Mengacu pada “(1)”, bukan “Pers. (1)” atau “persamaan (1) “, kecuali pada awal kalimat: “Persamaan (1) merupakan …”.

Kesimpulan

Template penulisan artikel JUTEI 2017 ini merupakan template versi pertama (V.1). Template ini secara garis besar disadur dari template artikel untuk  IEEE. Hal-hal yang belum diatur dan perubahan-perubahan format akan disertakan pada versi template selanjutnya.

Informasi terkait penulisan artikel dapat langsung menghubungi redaksi JUTEI di email: jutei@fti.ukdw.ac.id. 

Submission artikel dapat dilakukan pada website JUTEI, URL: jutei.ukdw.ac.id

Ucapan Terima Kasih

Judul untuk bagian ucapan terima kasih dan daftar pustaka tidak perlu diberi nomor urut romawi. Bagian ucapan terima kasih biasanya diberikan untuk pihak-pihak yang telah mendukung berlangsungnya penelitian terkait, seperti institusi, industri, atau perusahaan dalam hal bantuan dana atau tempat penelitian. 

Daftar Pustaka

Format dasar untuk buku:

J. K. Penulis, “Judul bab dalam buku,” dalam Judul buku, edisi ke-x, Kota Terbit, Negara, tahun, bab x, bagian x, hal. xxx-xxx. 

Contoh:

G. O. Young, “Synthetic structure of industrial plastics,” dalam Plastics,  edisi kedua,  vol.  3,  J.  Peters,  Ed.  New  York: McGraw-Hill, 1964, hal. 15–64.

W.-K. Chen, Linear Networks and Systems. Belmont, CA: Wadsworth, 1993, hal. 123–135.

Format dasar untuk terbitan berkala:

J. K. Penulis, “Judul artikel,” Singkatan terbitan berkala,  vol. x, no. x, hal. xxx-xxx, bulan, tahun.

Contoh:

J. U. Duncombe, “Infrared navigation—Part I: An assessment 

of feasibility,” IEEE Trans. Electron Devices, vol. ED-11, no. 1, hal. 34–39, Jan. 1959.

E. P. Wigner, “Theory of traveling-wave optical laser,” Phys. Rev., 

vol. 134, hal. A635–A646, Dec. 1965.

E. H. Miller, “A note on reflector arrays,” IEEE Trans. Antennas Propagat., akan dipublikasikan.

Format dasar untuk laporan:

J. K. Penulis, “Judul laporan,” Singkatan perusahaan, Kota, Negara, Rep. xxx, tahun.

Contoh:

E. E. Reber, R. L. Michell, and C. J. Carter, “Oxygen absorption in the earth’s atmosphere,” Aerospace Corp., Los Angeles, CA, Tech. Rep. TR-0200 (4230-46)-3, Nov. 1988.

J. H. Davis and J. R. Cogdell, “Calibration program for the 16-foot antenna,” Elect. Eng. Res. Lab., Univ. Texas, Austin, Tech. Memo. NGL-006-69-3, Nov. 15, 1987.

Format dasar untuk buku panduan:

Judul buku panduan, edisi ke-x, Singkatan perusahaan, kota, negara, tahun, hal. xxx-xxx.

Contoh:

Transmission Systems for Communications, edisi ketiga, Western Electric Co., Winston-Salem, NC, 1985, hal. 44–60.

Motorola Semiconductor Data Manual, Motorola Semiconductor Products Inc., Phoenix, AZ, 1989.

Format dasar untuk buku (jika memiliki versi daring): 

Penulis. (tanggal bulan tahun). Judul. (edisi) [Tipe media]. volume (issue). Tersedia: site/path/file

Contoh:

J. Jones. (10 Mei 1991). Networks. (edisi kedua) [Online]. Tersedia: http://www.atm.com

Format dasar untuk jurnal (jika memiliki versi daring):

Penulis. (Bulan, tahun). Judul. Nama Jurnal. [tipe media]. volume (issue), hal. xxx-xxx. Tersedia: site/path/file 

Contoh:

R. J. Vidmar. (Agustus 1992).  On  the  use  of  atmospheric plasmas as electromagnetic reflectors. IEEE Trans. Plasma Sci. [Online]. 21(3), hal. 876–880. Tersedia: http://www.halcyon.com/pub/journals/21ps03-vidmar

Format dasar untuk artikel yang dipresentasikan pada konferensi (jika memiliki versi daring): 

Penulis. (bulan, tahun). Judul. Dipresentasikan di Nama Konferensi. [Tipe media]. Tersedia: site/path/file

Contoh:

PROCESS  Corp.,  MA.  Intranets:  Internet  technologies deployed behind the firewall for corporate productivity. Dipresentasikan di 

INET96 Annual Meeting. [Online]. Tersedia:  http://home.process.com/Intranets/wp2.htp

Format dasar untuk laporan dan buku panduan (jika memiliki versi daring):   

 Penulis. (Bulan tahun). Judul. Nama Perusahaan, Kota, Propinsi atau Negara [Tipe media]. Tersedia: site/path/file.

Contoh:

S. L. Tall een. (April 1996).  The  In t r an et  Archi -tecture:  M a nagi ng  i n f o rm at i on  i n  t h e  ne w paradigm. Amdahl Corp., CA. [Online]. Tersedia: http://www.amdahl.com/doc/products/bsg/intra/infra/html

Format untuk program komputer dan dokumen elektronik (jika memiliki versi daring). ISO merekomendasikan bahwa kapitalisasi mengikuti standar bahasa pemrograman yang dipakai.

Contoh:

A. Harriman. (Juni 1993). Compendium of genealogical software. Humanist. [Online]. Tersedia e-mail: HUMANIST@NYVM.ORG Message: get GENEALOGY REPORT

Format dasar untuk paten (jika memiliki versi daring):

Nama temuan, oleh nama penemu (tanggal bulan tahun). Nomer Paten [Tipe media]. Tersedia: site/path/file. 

Contoh:

Musical toothbrush with adjustable neck and mirror, oleh L.M.R. Brooks. (19 Mei 1992). Patent D 326 189

[Online]. Tersedia: NEXIS Library: LEXPAT File: DESIGN

Format dasar untuk prosiding konferensi (dipublikasikan):

J. K. Penulis, “Judul artikel,” dalam Singkatan nama konferensi, kota, propinsi/negara, tahun, hal. xxx-xxx. 

Contoh:

D. B. Payne dan J. R. Stern, “Wavelength-switched pas- sively coupled single-mode optical network,” dalam Proc. IOOC-ECOC, 1985, 

hal. 585–590.

Contoh untuk artikel yang dipresentasikan dalam konferensi (tidak dipublikasikan):

D. Ebehard dan E. Voges, “Digital single sideband detection for interferometric sensors,” dipresentasikan di The 2nd Int. Conf. Optical Fiber Sensors, Stuttgart, Jerman, 2-5 Januari 1994.

Format dasar untuk paten:

J. K. Penulis, “Judul Paten,” U.S. Patent x xxx xxx, Tanggal bulan tahun.

Contoh:

G. Brandli dan M. Dick, “Alternating current fed power supply,” 

U.S. Patent 4 084 217, 4 November 1978.

Format dasar untuk tesis (magister) dan disertasi (doctor):

J. K. Penulis, “Judul tesis,” tesis magister, Departemen, Universitas, Kota, Negara, tahun.

J. K. Penulis, “Judul disertasi,” disertasi doctor/Ph.D, Departemen, Universitas, Negara, tahun.

Contoh:

J. O. Williams, “Narrow-band analyzer,” disertasi Ph.D, Jurusan Teknik Informatika, ITS, Surabaya, Indonesia, 1993.

N. Kawasaki, “Parametric study of thermal and chemical nonequilibrium nozzle flow,” tesis magister, Dept. Electron. Eng., Osaka Univ., Osaka, Japan, 1993.

Format dasar untuk tipe referensi umum yang tidak dipublikasikan:

J. K. Penulis, komunikasi pribadi, tanggal bulan tahun.

J. K. Penulis, “Judul artikel,” tidak dipublikasikan.

J. K. Penulis, “Judul artikel,” akan dipublikasikan.

Contoh:

A. Harrison, komunikasi pribadi, Mei 1995.

B. Smith, “An approach to graphs of linear forms,” tidak dipublikasikan.

A. Brahms, “Representation error for real numbers in binary computer arithmetic,” IEEE Computer Group Repository, Paper R-67-85.

Format dasar untuk standar:

Judul Standar, Nomer Standar, Tanggal.

Contoh:

IEEE Criteria for Class IE Electric Systems, IEEE Standard 308, 1969.

Letter Symbols for Quantities, ANSI Standard Y10.5-1968.

Contoh untuk website

(2002) The IEEE website. [Online].Tersedia: http://www.ieee.org/

Contoh untuk halaman website

M. Shell. (2002) IEEEtran homepage on CTAN. [Online]. Tersedia: http://www.ctan.org/tex-archive/macros/latex/contrib/supported/IEEEtran/

Contoh untuk manual book

FLEXChip Signal Processor (MC68175/D), Motorola, 1996.

Contoh untuk datasheet

“PDCA12-70 data sheet,” Opto Speed SA, Mezzovico, Switzerland.


Kata Penutup


Demikian pembahasan kita mengenai Contoh Jurnal Skripsi yang Baik dan Benar. Jurnal diatas adalah milik mimin sendiri ketika kuliah di salah satu universitas negeri di pekanbaru, riau. Bila kamu merasa jurnal diatas bermanfaat, kamu bisa membagikan link halaman ini kepada teman teman mu yang lainnya dan silahkan berkomentar dibawah ini.
Oleh rezaharahap