Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Cara Menjawab Soal CPNS Sistem CAT dengan Cepat dan Benar

Bagaimana cara mengerjakan soal sistem CAT untuk seleksi ujian CPNS terbaru? Kali ini kosngosan akan membahas mengenai tips tes cpns terbaru untuk sukses lulus dari tahap SKD dan SKB.

Bagi kalian yang Ingin melamar menjadi seorang pegawai negeri sipil di berbagai instansi pemerintah, dan akan mengikuti ujian CAT BKN, silahkan ikuti artikel di bawah ini. Semoga dapat membantu untuk lulus dalam menghadapi ujian tahun ini

Menjadi seorang aparatur sipil negara adalah suatu impian bagi sebagian orang. Banyak yang menganggap bahwa status dan profesi PNS lebih terjamin hidupnya karena memiliki gaji tetap, tunjangan dan dana pensiun.

Dibanding dengan menjadi seorang pebisnis enterpreneur, yang memiliki penghasilan tidak menentu dan tidak ada jaminan hidup di masa depan. Well, ini memang menjadi pilihan pribadi masing masing dari kamu, akan tetapi kali ini kita akan membahas bocoran soal ujian kali ini.

Ujian CAT CPNS ini diadakan oleh lembaga negara yang bernama Badan Kepegawaian Nasional (BKN) setiap kali instansi pemerintah dan BUMN membutuhkan tenaga kerja baru.

Komposisi soalnya ada TWK (Tes Wawasan Kebangsaan), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Serta pada tahap kedua berupa tes wawancara atau Tes Kompetensi Bidang (TKB) yang menyajikan soal soal sesuai dengan bidang yang akan dilamar.


Cara Menggunakan Soal Sistem CAT Terbaru

cara menggunakan sistem cat

Nah bagi kamu yang sudah mengincar posisi di pemeritahan dan badan usaha milik negara, maka kamu harus mengikuti beberapa tips dibawah ini agar bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu dalam mengerjakan soal CAT (Computer Assisted Test) CPNS:
  • Pelajari materi dengan baik: pastikan kamu mengetahui materi yang akan diujikan dengan baik dan mempelajarinya secara mendalam.
  • Latihan soal: carilah soal-soal CAT CPNS yang telah diterbitkan sebelumnya dan berlatih mengerjakannya dengan baik. Ini akan membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan dan kecepatan dalam mengerjakan soal.
  • Manajemen waktu: pastikan kamu memahami jangka waktu yang diberikan untuk menyelesaikan soal dan belajar untuk mengelola waktu dengan baik.
  • Fokus: jangan terdistraksi oleh hal-hal yang tidak perlu selama mengerjakan soal. Fokus pada soal yang sedang kamu kerjakan dan jangan biarkan pikiran kamu teralihkan oleh hal lain.
  • Jangan terlalu cepat menjawab: jangan terburu-buru untuk menjawab soal, 

Belajar kisi-kisi soal pada tahun lalu


Belajar merupakan aktifitas yang tidak bisa dipungkiri sebagai satu satunya cara untuk membuat dirimu lulus dalam ujian tes pegawai negeri kali ini. Dimana mana yang namanya ujian, selalu mewajibkan belajar dahulu sebelum diberikan soal soal.

Dan biasanya pola soal yang keluar akan sama seperti tahun lalu. Oleh karena itu tidak ada salahnya kamu googling mencari soal soal tes cpns baik itu jenis soal TIU, TWK dan TKP. 

Ada banyak soal2 sejenis apabila kamu memang berniat mencarinya. Tapi ingat, Soal CPNS tidak akan sama persis dengan apa yang kamu dapatkan di internet dan buku latihan.

Persiapkan persyaratan sebelum mengikuti ujian


Persiapan menjadi hal yang paling penting untuk menghapi ujian CAT CPNS. Siapkan persyaratan dokumen sebelumya

Seperti kartu tanda penduduk dan pas foto berukuran 4x6 berlatar merah sebanyak dua lembar. Apabila diminta juga kartu peserta maka kamu wajib mencetaknya.

Selain dokumen, ada juga persyaratan pakaian yang harus dipatuhi peserta misalnya harus memakai kemeja putih tak bercorak dan celana hitam dengan sepatu pantofel hitam

Dan peserta yang mengenakan hijab harus memakai jilbab berwarna hitam polos. Cek lagi persyaratan lain yang terlupakan pada website resmi BKN.


Lakukan simulasi semirip mungkin dengan kondisi ketika ujian tiba


Simulasi atau latihan (practice) sesering mungkin menyesuaikan keaadan sebenarnya dengan ujian CAT CPNS menjadi salah satu yang harus kamu lakukan. 

Tak ada salahnya juga kamu membeli buku Bank Soal CPNS yang dijual di toko buku. Ini akan meningkatkan referensi dan sumber pengetahuan mu dalam menjawab soal nantinya.


Pahami Karakteristik Soal TWK, TIU dan TKP


Jangan meremehkan setiap jenis soal, karena jika ada salah satu soal bagian yang memiliki nilai dibawah ambang batas atau passing grade, maka dapat dipastikan kamu tidak akan lolos pada sesi ujian selanjutnya. Jadi pahami masing2 karakter dari ketiga jenis soal ini :

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), sering membahas tiap pasal dalam undang undang, undang undang dasar, pancasila, sidang BPUPKI dan segala peristiwa dalam kemerdekaan serta hal ihwal bernegara.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) berhubungann dengan soal soal TPA, psikologi, pengetahuan umum, kemampuan matematika dan berhitung secara nalar dan logis.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) lebih kepada untuk menguji karakteristikmu. Tiap jawaban memiliki bobot nilai yang berbeda, tidak ada yang salah, namun pilihlah yang paling tepat sesuai dengan kepribadianmu.
  • Tes Kompetensi Bidang (TKB) menyajikan soal soal sesuai dengan bidang yang akan dilamar.

Kerjakan soal yang lebih mudah terlebih dahulu untuk efektifitas


Jumlah waktu disediakan selama 90 menit untuk 100 soal pada tes TKD. Bagi kamu yang sudah pernah mengerjakan soal-soal semacam ini

Kalian pasti tahu bahwa mengerjakan soal yang paling mudah terlebih dahulu adalah cara yang paling efektif untuk menghemat waktumu.

Baca juga : Contoh Soal Pembahasan CAT TKB CPNS

Mimin menyarankan para pelamar untuk memperhatikan hal-hal kecil yang bisa merusak konsentrasi dalam menjawab soal. Tetap fokus untuk mengerjakan soal tanpa terganggu dengan kondisi di sekelilingmu.


Cek jawaban yang sudah diisi sebelum menekan tombol selesai


Mengecek kembali jawaban yang sudah dijawab adalah langkah aman agar tidak ada soal yang terjawab sia-sia. Sebelum menekan tombol selesai, kamu masih bisa melakukan perbaikan dan pergantian jawaban yang kamu rasa salah jawab.

Maka periksalah semua jawaban yang ada. Satu lagi, jangan biarkan jawaban mu kosong, karena masing masing punya nilai tersendiri, dan tidak berlaku sistem pengurangan point bila salah menjawab. Jadi jangan takut untuk menjawab.


Berdoa sembari menunggu pengumuman kelulusan


Berdoa merupakan kunci kesuksesan dalam menjawab soal soal cpns. Luangkanlah waktumu untuk berdoa sebelum dan sesudah menjalani ujian. 

Sebagai tambahan mintalah juga kedua orangtua mu untuk mendoakan agar berhasil lulus dalam ujian CPNS kali ini, sehingga kamu juga bisa membahagiakan keduanya.


Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai bocoran soal tes CPNS terbaru termasuk TKD dan TKB, semoga bermanfaat untuk kalian. 

Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat, Jelaskan sel dan bagikan ke teman-teman kalian yang lain. Terima kasih telah berkunjung dan jangan lupa untuk memberikan komentar di kotak komentar di bawah ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya