Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

21 Contoh Pertanyaan Wawancara CPNS dan Jawabannya

Apakah kamu ingin lolos menjadi PNS tahun ini? Impian itu merupakan salah satu yang diincar oleh lulusan perguruan tinggi dan honorer. Untuk menjadi PNS, kamu harus mengikuti tes wawancara CPNS. Jadi kamu harus pelajari beberapa contoh pertanyaan interview yang diajukan oleh instansi incaranmu dan bersaing dengan banyak pelamar di seluruh Indonesia.

Tahapan yang paling krusial adalah tes wawancara atau interview CPNS, di mana kamu akan diberikan berbagai pertanyaan seputar formasi yang sedang kamu lamar, mengenai pola kerja, cara bekerja, rencana karir dan berbagai pertanyaan yang bersifat unpredictible lainnya.

Namun bukan tidak mungkin sobat kosngosan belajar dan mempersiapkan diri untuk melewati tes wawancara dengan baik. Biasanya tes ini akan diawali dengan mereka yang mengeksplor tentang dirimu, kamu akan disuruh memperkenalkan diri dan mereka akan menggali mengenai kepribadian mu.

Selain itu mereka juga akan mencari tahu apa aktivitas sehari-hari mu latar belakang keluarga visi misi hidup dan alasan mengapa sobat kośngosan ingin menjadi CPNS serta bagaimana pendapatmu dengan isu-isu sosial dan pemerintahan yang terjadi belakangan ini.

Pada dasarnya kemampuan komunikasi yang aktif sangat diperlukan untuk melewati tes wawancara kali ini. Apalagi kamu sudah terbiasa berbicara di depan umum dan aktif diberbagai organisasi memiliki jiwa kepemimpinan tanggung jawab dan wawasan yang luas.

Ada juga bagian yang menurut mimin cukup penting untuk kamu persiapkan, yaitu karaktermu ketika bekerja nantinya yang mirip seperti soal yang ada di tes karakteristik kepribadian (TKP) namun kali ini dalam bentuk pertanyaan langsung, bukan tertulis.


Contoh Pertanyaan Wawancara CPNS

Contoh Pertanyaan Wawancara CPNS dan Jawaban

Baca juga : Contoh Perhitungan Pensiun PNS

Nah supaya kamu bisa melewati tes wawancara kali ini dan lolos sebagai aparatur sipil negara, sobat kosngośan harus menjawab beberapa contoh pertanyaan yang akan mimin sampaikan dibawah ini, penasaran? check these out deh!

Ceritakan tentang diri kamu secara lengkap!

Jawaban seperti ini cukup mudah, yaitu kamu bisa menceritakan tentang riwayat pekejaan mu selama ini, mulai dari pertama kali kamu lulus dengan jurusan atau latar belakang apa sampai dengan sekarang kamu melamar menjadi CPNS. Kamu harus bisa menjawab dengan singkat danjelas.


Mengapa kamu ingin melamar CPNS di Formasi X ?

Jawaban terbaik yang bisa kamu utarakan adalah jangan menjawab karena kamu ingin mencoba-coba, atau pekerjaan yang dulu bermasalah, rekan kerja tidak cocok dan masalah klasik lainnya. Kamu bisa menjawab dengan cara "ingin mencari tantangan baru dan kesempatan karir yang lebih besar di pemerintahan"


Pengalaman apa yang kamu miliki dibidang ini?

Jawaban seperti ini, maka sobat kosngosan.com harus menceritakan seputar pengalaman yang berhubungan dengan bidang yang kamu lamar pada formasi CPNS kali ini. 

Jika belum punya pengalaman di bidang tersebut, maka tidak ada salahnya kamu menceritakan terus terang untuk keinginan dalam belajar dengan cepat di bidang baru itu


Apa yang kamu ketahui tentang lembaga ini ?

Jawaban yang tepat, makanya sebelum wawancara kamu harus cari tahu informasi mendalam tentang profil lembaga pemerintahan yang sedang kamu lamar tersebut

Sehingga kamu mampu menjawab pertanyaan ini dengan baik. Misal kamu melamar di kementrian pertanian, maka cari tahu profil lengkap nya, begitu juga kantor pemerintahan daerah.


Mengapa kamu melamar di Instansi ini ?

Kalau tadi ditanya alasan memilih formasi, maka kali ini bisa saja kamu ditanya alasan memilih instansi. Jawaban yang benar adalah kamu harus jujur dan profesional

Misalnya kamu ingin meniti karir yang cemerlang dan sukses dalam jangka panjang di instansi kementerian keuangan, ingin mengabdikan ilmu mu kepada pemerintah daerah tempat kamu lahir, dengan ilmu dan skill yang kamu miliki dan hal positif lainnya


Apakah kamu bisa berkeja sama secara kelompok?

Jawabannya wajib kamu jawab Iyaa. Kamu harus bisa bekerja dalam tim maupun individu. Kerjasama Teamwork yang solid sangat penting dalam mencapai tujuan suatu lembaga pemerintahan. 

Karena tidak ada perusahaan swasta dan plat merah mana pun yang menerima karyawan individualis. Pasti mereka suka dengan orang yang supel dan mampu bekerja di dalam tim yang solid


Berapa lama kamu mengabdi di lembaga ini?

Jawaban yang tepat, kamu ingin meniti karir dan kesuksesan jangka panjang di lembaga tersebut. Oleh karena itu jawablah sampai saja memasuki masa pensiun saya tetap ingin memberikan kemampuan saya untuk lembaga A tersebut.


Apa prinsip mu dalam bekerja di jabatan ini ?

Jawaban yang tepat adalah kamu memilili kemampuan yang tepat, prinsip kejujuran dan kamu tentunya pekerja keras untuk bekerja dengan sepenuh hati dan terus menjaga marwah atau nama baik lembaga. Kamu bisa mencari tahu prinsip kerja yang sesuai dengan core values ASN Ber-AKHLAK


Mengapa kami harus menerima kamu disini ?

Jawaban yang tepat adalah bahwa kamu memiliki kriteria yang tepat serta keunggulan yang sangat dibutuhkan lembaga tersebut. 

Jelaskan keunggulan dan kemampuan mu yang memang bisa sangat membantu. Jangan memberikan kelebihan umum, tapi berikan kemampuan spesifik yang menjadi nilai lebih mu


Apa kelebihan dan kekurangan mu ?

Jawaban kamu yang tepat adalah memberitahukan mengenai kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekuranan secara jujur, yang disertai solusi untuk memperbaiki kekurangan tesebut. Kamu harus tetap percaya diri namun tetap santun


Apa visi dan tujuan mu beberapa tahun kedepan?

Jawaban membuat penanya yakin memilih kamu adalah pernyataan yang visioner dan luar biasa namun dalam konteks yang realistis. 

Visi dan tujuan sobat kosngosan tersebut untuk bekerja di lembaga pemerintahan akan berbeda, tergantung jenis perusahaan tersebut. Itulah pentingnya untuk mempelajari profil lembaga tersebut sebelum kamu mengikuti wawancara SKB kali ini


Pertanyaan Teknis dan Teoritis

Selain pertanyaan umum yang sudah kosngosan jelaskan diatas, kamu juga wajib menguasai materi mengenai ruang lingkup pekerjaan mu, formasi dan instansi yang kamu lamar. 

Misalnya pertanyaan mengenai Undang-Undang, peraturan pemerintahan, kebijakan global, perpajakan, Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals - SDGs), Pancasila dan sebagainya. Intinya materi Interview CPNS dapat berbeda-beda tergantung pada instansi atau kementerian yang mengadakan seleksi.  


Tips Lolos Wawancara CPNS

Setelah mengetahui contoh pertanyaan wawancara cpns yang sudah kosngosan bagikan diatas, kamu juga wajib menerapkan beberapa tips supaya bisa lulus di tahap ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

Mempelajari instansi terkait

Nah tips pertama adalah kamu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai profil Kementerian atau pemerintah daerah terkait sejarah singkat isu-isu terkini yang berkaitan dengan Kementerian tersebut dan berbagai informasi lain yang dinilai penting yang bisa kalian dapatkan di situs resminya atau di portal berita yang terpercaya.

Ini merupakan langkah persiapan yang sangat penting supaya sobat kosngosán memiliki pengetahuan yang cukup ketika nanti ditanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Kementerian atau pemerintah daerah yang kamu lamar


Cukup istirahat

Menghadapi wawancara tidak lantas membuatmu memiliki waktu istirahat yang mepet. Kamu tetap harus menyediakan waktu tidur yang cukup

Jangan lupa sarapan pagi, jangan lupa juga untuk minum air putih dengan cukup dan gosok gigi, keramas, cuci muka dan menjaga penampilan supaya harum dan rapi. Ini adalah kesan awal ketika kamu akan diwawancarai


Menunggu dengan produktif

Nah terkadang saking banyaknya pelamar CPNS maka kita harus mengantri untuk menunggu sebelum giliran kita untuk diwawancarai. 

Sembari menunggu kamu bisa memanfaatkan waktu kosong tersebut dengan membaca buku-buku ringan terkait dengan tips komunikasi yang efektif dan menarik


Hal penting ketika memasuki ruangan

Tiba kamu memasuki ruangan wawancara ketika nama dipanggil, maka yang perlu sobat kosngosan lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan tidak panik pastikan detak jantung normal dan tidak gugup

Jangan merasa grogi atau gugup, karena itu akan menghancurkan semua jawaban yang sobat kósngosan lontarkan ketika Nanti ditanyakan oleh pihak rektutmen.


Menjaga penampilan

Penampilan adalah first impression yang sangat penting untuk sobat kosngosan perhatikan. Ini akan mempengaruhi mood si penanya kepada kamu. 

Biasanya setiap pelamar akan diwajibkan memakai kemeja putih lengan panjang dan celana panjang kain berwarna hitam dengan sepatu hitam. Maka perhatikan betul2 mengenai penampilan ini, jangan awut awutan.


Lakukan attitude umum berikut

Ketika kamu sudah Face to Face bersama dengan si pihak rekrutmen, maka ucapkan salam. Jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. 

Jabat tangan mereka dengan mantab dan sopan. Perhatikan juga pandanganmu untuk rileks dan menatap si pewawancara. Jangan terlalu menunduk ke bawah karena itu akan menggambarkan sobat kosngósan sebagai seorang yang pemalu dan tidak percaya diri


Jawab setiap pertanyaan dengan baik

Ini merupakan inti dari semua tips yang akan mimin berikan kepada kalian. Ketika pertanyaan dilontarkan maka kamu harus menjawab dengan tegas, logis, runtut, sopan dan proporsional. Kamu harus bisa berkomunikasi secara intens.

Hindari menjawab pertanyaan dengan patah-patah atau menggunakan kalimat yang datar. Disini kamu harus menjawab dengan menghadirkan semua kemampuan intelektual mu dan menceritakan nya berdasar wawasan yang kamu miliki.


Contoh attitude selama interview CPNS berlangsung

Nah beberapa perilaku yang harus sobat kosngosan terapkan ketika menjalani wawancara adalah sebagai berikut :

  • Menyampaikan jawaban dengan alamiah, tanpa dibuat buat
  • Memiliki sifat empati, yaitu memahami pertanyaan secepat mungkin, memberikan contoh dan solusi penyelesaian dari pertanyaan tersebut
  • Memberikan jawaban yang logis serta masuk akal
  • Menghadirkan ekspresi wajah yang ramah dan natural
  • Menunjukkan keluasan wawasan yang kalian miliki

Bersifat jujur dan apa adanya

Terakhir adalah kamu tidak bisa menjawab pertanyaan dengan mengada-ada supaya terlihat keren dan fantastis. Karena Wawancara sejatinya adalah proses mengenal dirimu yang sesungguhnya bukan dari hasil kebohongan.

Sebenarnya ketika kamu berbohong, maka kamu akan menghasilkan ekspresi wajah yang yang bisa mewakili kebohongan yang kamu buat dan ini akan dengan mudah dikenali oleh pewawancara yang profesional.

Jangan lupa setelah selesai wawancara, ucapkan terimakasih. Apabila sobat kosngosan diberikan kesempatan untuk bertanya, maka tanyakan mengenai lingkungan kerja mu nantinya seperti apa, bagaimana jenjang karier dan segala hal yang menunjukkan antusiasme mu terhadap posisi tersebut.


Video Tips Menjawab Pertanyaan Wawancara CPNS

Tonton video penjelasan mengenai tips wawancara cpns yang sudah mimin unggah di channel youtube milik kosngosan dibawah ini, tinggal tekan tombol play dan silahkan menonton, jangan lupa juga like, comment dan subscribe channel youtube kosngosan ya




Kesimpulan

Semoga dengan beberapa tips sederhana di atas bisa membantu teman-teman para pejuang CPNS tahun ini untuk bisa mempersiapkan diri dan lulus pada tes wawancara, yang pasti akan kalian hadapi.

Jangan lupa baca baca juga pembahasan seputar cpns lainnya di disini "kosngosan.com/search/label/cpns" (tanpa tanda kutip) untuk mendapatkan info terbaru seputar cpns. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa untuk bagikan artikel ini supaya teman-teman yang lain juga mendapatkan ilmunya.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya