Tips Lulus Tes Wawancara CPNS untuk Menjawab Pertanyaan dengan Mudah

Apakah kamu ingin menjadi PNS tahun ini? Impian itu merupakan salah satu yang banyak dimiliki oleh para lulusan perguruan tinggi di tanah air. Namun seperti yang kita ketahui Untuk menjadi PNS kamu harus mengikuti tes CPNS yang tidak mudah dan bersaing dengan banyak pelamar di seluruh Indonesia

tips lulus wawancara cpns

Salah satu tahapan yang paling krusial adalah tes wawancara atau interview, di mana kamu akan diberikan berbagai pertanyaan seputar jabatan yang sedang kamu lamar, mengenai pola kerja, cara bekerja, rencana karir dan berbagai pertanyaan yang bersifat unpredictible lainnya.

Namun bukan tidak mungkin sobat kosngosan belajar dan mempersiapkan diri untuk melewati tes wawancara dengan baik. Biasanya tes ini akan diawali dengan mereka yang mengeksplor tentang dirimu, kamu akan disuruh memperkenalkan diri dan mereka akan menggali mengenai kepribadian mu.

Selain itu mereka juga akan mencari tahu apa aktivitas sehari-hari mu latar belakang keluarga visi misi hidup dan alasan mengapa sobat kośngosan ingin menjadi CPNS serta bagaimana pendapatmu dengan isu-isu sosial dan pemerintahan yang terjadi belakangan ini.

Pada dasarnya kemampuan komunikasi yang aktif sangat diperlukan untuk melewati tes wawancara kali ini. Apalagi kamu sudah terbiasa berbicara di depan umum dan aktif diberbagai organisasi memiliki jiwa kepemimpinan tanggung jawab dan wawasan yang luas.

Ada juga bagian yang menurut mimin cukup penting untuk kamu persiapkan, yaitu karaktermu ketika bekerja nantinya yang mirip seperti soal yang ada di tes karakteristik kepribadian (TKP) namun kali ini dalam bentuk pertanyaan langsung, bukan tertulis.

Baca juga : Tips Menjawab Soal CPNS Sistem CAT dengan Cepat dan Benar

Nah supaya kamu bisa melewati tes wawancara kali ini dan lolos sebagai aparatur sipil negara, sobat kosngośan harus menerapkan beberapa tips yang akan mimin sampaikan dibawah ini, penasaran? check these out deh!


Tips Lolos Wawancara CPNS


1. Mempelajari kementrian terkait


Nah tips pertama adalah kamu harus mempelajari terlebih dahulu mengenai profil Kementerian atau pemerintah daerah terkait sejarah singkat isu-isu terkini yang berkaitan dengan Kementerian tersebut dan berbagai informasi lain yang dinilai penting yang bisa kalian dapatkan di situs resminya atau di portal berita yang terpercaya.

Ini merupakan langkah persiapan yang sangat penting supaya sobat kosngosán memiliki pengetahuan yang cukup ketika nanti ditanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Kementerian atau pemerintah daerah yang kamu lamar

2. Cukup istirahat


Menghadapi wawancara tidak lantas membuatmu memiliki waktu istirahat yang mepet. Kamu tetap harus menyediakan waktu tidur yang cukup, sarapan pagi, jangan lupa juga untuk minum air putih dengan cukup dan gosok gigi, keramas, cuci muka dan menjaga penampilan supaya harum dan rapi. Ini adalah kesan awal ketika kamu akan diwawancarai

3. Menunggu dengan produktif


Nah terkadang saking banyaknya pelamar CPNS maka kita harus mengantri untuk menunggu sebelum giliran kita untuk diwawancarai. Sembari menunggu kamu bisa memanfaatkan waktu kosong tersebut dengan membaca buku-buku ringan terkait dengan tips komunikasi yang efektif dan menarik

4. Hal penting ketika memasuki ruangan


Tiba kamu memasuki ruangan wawancara ketika nama dipanggil, maka yang perlu sobat kosngosan lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan tidak panik pastikan detak jantung normal dan tidak gugup

Jangan merasa grogi atau gugup, karena itu akan menghancurkan semua jawaban yang sobat kósngosan lontarkan ketika Nanti ditanyakan oleh pihak rektutmen.

5. Menjaga penampilan


Penampilan adalah first impression yang sangat penting untuk sobat kosngosan perhatikan. Ini akan mempengaruhi mood si penanya kepada kamu. Biasanya setiap pelamar akan diwajibkan memakai kemeja putih lengan panjang dan celana panjang kain berwarna hitam dengan sepatu hitam. Maka perhatikan betul2 mengenai penampilan ini, jangan awut awutan

6. Lakukan attitude umum berikut


Ketika kamu sudah Face to Face bersama dengan si pihak rekrutmen, maka ucapkan salam. Jangan duduk sebelum dipersilahkan duduk. Jabat tangan mereka dengan mantab dan sopan. Perhatikan juga pandanganmu untuk rileks dan menatap si pewawancara. Jangan terlalu menunduk ke bawah karena itu akan menggambarkan sobat kosngósan sebagai seorang yang pemalu dan tidak percaya diri

7. Jawab setiap pertanyaan dengan baik


Ini merupakan inti dari semua tips yang akan mimin berikan kepada kalian. Ketika pertanyaan dilontarkan maka kamu harus menjawab dengan tegas, logis, runtut, sopan dan proporsional. Kamu harus bisa berkomunikasi secara intens.

Hindari menjawab pertanyaan dengan patah-patah atau menggunakan kalimat yang datar. Disini kamu harus menjawab dengan menghadirkan semua kemampuan intelektual mu dan menceritakan nya berdasar wawasan yang kamu miliki.

8. Berbagai attitude selama interview berlangsung


Nah beberapa perilaku yang harus sobat kosngosan terapkan ketika menjalani wawancara adalah sebagai berikut :


  • Menyampaikan jawaban dengan alamiah, tanpa dibuat buat
  • Memiliki sifat empati, yaitu memahami pertanyaan secepat mungkin, memberikan contoh dan solusi penyelesaian dari pertanyaan tersebut
  • Memberikan jawaban yang logis serta masuk akal
  • Menghadirkan ekspresi wajah yang ramah dan natural
  • Menunjukkan keluasan wawasan yang kalian miliki


9. Bersifat jujur dan apa adanya


Terakhir adalah kamu tidak bisa menjawab pertanyaan dengan mengada-ada supaya terlihat keren dan fantastis. Karena Wawancara sejatinya adalah proses mengenal dirimu yang sesungguhnya bukan dari hasil kebohongan.

Sebenarnya ketika kamu berbohong, maka kamu akan menghasilkan ekspresi wajah yang yang bisa mewakili kebohongan yang kamu buat dan ini akan dengan mudah dikenali oleh pewawancara yang profesional.

Jangan lupa setelah selesai wawancara, ucapkan terimakasih. Apabila sobat kosngosan diberikan kesempatan untuk bertanya, maka tanyakan mengenai lingkungan kerja mu nantinya seperti apa, bagaimana jenjang karier dan segala hal yang menunjukkan antusiasme mu terhadap posisi tersebut.

Tonton video penjelasan mengenai tips wawancara cpns yang sudah mimin unggah di channel youtube milik kosngosan dibawah ini, tinggal tekan tombol play dan silahkan menonton, jangan lupa juga like, comment dan subscribe channel youtube kosngosan ya



Baca juga : 50 Soal Latihan Tes PPPK (P3K) dan Jawabannya Terbaru


Kesimpulan


Semoga dengan beberapa tips sederhana di atas bisa membantu teman-teman para pejuang CPNS tahun ini untuk bisa mempersiapkan diri dan lulus pada tes wawancara, yang pasti akan kalian hadapi.

Jangan lupa baca baca juga pembahasan seputar cpns lainnya di disini "kosngosan.com/search/label/cpns" (tanpa tanda kutip) untuk mendapatkan info terbaru seputar cpns. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa untuk bagikan artikel ini supaya teman-teman yang lain juga mendapatkan ilmunya.
By

0 Response to "Tips Lulus Tes Wawancara CPNS untuk Menjawab Pertanyaan dengan Mudah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel