Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat

Kamu sedang mencari contoh proposal Gotong royong dan bakti sosial? Kegiatan ini sudah menjadi kebiasaan serta adat istiadat masyarakat di Indonesia sejak zaman dahulu. Berbagai kegiatan sosial sering dilakukan bersama seperti membersihkan tempat ibadah, selokan dan membantu panen pertanian.

Untuk tingkat desa, lingkungan, RT, RW maupun kecamatan bisa mengambil contoh proposal gotong royong kebersihan lingkungan yang kosngosan berikan dibawah ini untuk kegiatan bersama di masyarakat. 

Kegiatan ini terbilang cukup luas, mengenai kegiatan apa saja yang dilakukan oleh berbagai lapisan masyarakat dengan tujuan bersama. Pada dasarnya kegiatan ini tidak memiliki motif komersial dan biasanya atas inisiatif warga sendiri untuk memecahkan permasalahan disekitar mereka.

Namun adakalanya kegiatan gotong royong ini juga berasal dari kepala lingkungan, kepala desa dan ketua kelompok adat. Untuk itu diperlukan  proposal gotong royong seperti misalnya dalam hal kebersihan lingkungan di masyarakat atau di lingkungan sekolah oleh para murid murid.

Sayangnya kini kegiatan Gotong royong dan kegiatan bakti sosial ini sudah mulai ditinggalkan oleh banyak masyarakat perkotaan. 

Kegiatan ini seharus memang selalu digalakkan secara rutin dalam kehidupan bermasyarakat supaya dapat menjaga hubungan sosialisasi dengan baik serta mempererat persaudaraan sesama anggotanya.

Baca juga : Contoh Undangan Rapat Gotong Royong

Contoh Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial

Contoh Proposal Gotong Royong

Contoh Proposal 1

Judul: Proposal Gotong Royong Membersihkan Lingkungan

Latar Belakang:

Lingkungan yang bersih dan sehat merupakan hak setiap warga yang harus diwujudkan. Namun, kondisi lingkungan saat ini masih banyak dijumpai sampah yang tidak dikelola dengan baik. 

Hal ini dapat menimbulkan berbagai masalah, seperti penyakit, polusi, dan kerusakan lingkungan. Oleh karena itu, kami ingin mengajak seluruh warga untuk ikut serta dalam kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan.

Tujuan:
  • Menjaga kebersihan lingkungan sekitar
  • Menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan
  • Meningkatkan kualitas lingkungan

Kegiatan:
  • Pembersihan sampah di jalan-jalan, taman, dan lingkungan sekitar
  • Pembagian kantong sampah gratis
  • Penyediaan sarana dan prasarana pembuangan sampah yang memadai
  • Penyuluhan tentang pentingnya lingkungan yang bersih
  • Pembuatan taman hijau dan penanaman pohon

Jadwal Pelaksanaan:

Kegiatan akan dilaksanakan pada [tanggal dan waktu]

Dana yang dibutuhkan:

Kami membutuhkan dana sebesar [jumlah dana] untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Dana tersebut akan digunakan untuk membeli sarana dan prasarana, pembagian kantong sampah gratis, dan biaya lain yang diperlukan.

Penutup:

Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan ini merupakan kegiatan yang sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Kami berharap dengan adanya kegiatan ini, warga dapat lebih peduli terhadap lingkungan dan dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar. 

Kami mengajak seluruh warga untuk ikut serta dalam kegiatan ini dan berharap dapat mendapat dukungan dari semua pihak.

Salam,
[Nama Panitia/Kelompok]


Contoh Proposal 2

Pendahuluan


Kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama disebut sebagai gotong-royong, sudah menjadi strategi dalam pola hidup bersama yang saling meringankan beban masing-masing pekerjaan. 

Adanya kerjasama semacam ini merupakan suatu bukti adanya keselarasan hidup antar sesama bagi komunitas, terutama yang masih menghormati dan menjalankan nilai-nilai kehidupan, yang biasanya dilakukan oleh komunitas perdesaan atau komunitas tradisional.

Dasar Kegiatan


Berdasarkan hasil dari turun lapangan dengan Kepala Lingkungan dan Ketua Pemuda pada tanggal 5 Juni 20xx. Gotong royong sangat diperlukan untuk menciptakan rasa kerjasama dan lingkungan yang bersih. 

Berhubungan karena masjid digunakan sehingga diadakan gotong royong untuk menciptakan kenyamanan pada jama’ah yang beribadah di masjid.

Tujuan Kegiatan


Tujuan umum dari kegiatan gotong royong dan bakti sosial ini adalah untuk  meningkatkan kerjasama dan menciptakan lingkungan yang bersih disekitar Masjid.

Detail Pelaksanaan Kegiatan




Download Contoh Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial-nya disini


Petunjuk download

Setelah mengklik tombol download, kamu akan dibawa pada halaman safelink. Tunggu beberapa detik hingga muncul tombol download. Setelah itu klik tombol downlodnya, maka kamu akan dibawa kehalaman google drive. selamat mendownload.

Cara Menulis Proposal Gotong Royong

Sebelum memberikan contoh proposal, ada baiknya kita membahas terlebih dulu mengenai cara penulisan dan pembuatan proposal yang baik dan benar secara umum. 

Karena proposal juga membutuhkan aturan formal dan penulisan baku, maka coba perhatikan sub bab masing masing seperti pada gambar dibawah ini.

struktur penulisan proposal gotong royong

Bagian Pendahuluan,

pada bagian in kamu harus bisa menjelaskan latar belakang mengapa kegiatan ini dilakukan. Seperti maraknya aksi pencurian dan sebagainya. Jelaskan secara lebih rinci dan mendetail.

Bagian Dasar kegiatan,

seperti apa kegiatan itu nantinya akan berjalan. Bagaimana mekanisme kerjanya, apakah pekerja berasal dari masyarakat atau memperkerjakan pekerja bangunan dan sebagainya. Dijelaskan dibagian ini.

Bagian Tujuan kegiatan,

memberitahu tujuan akhir yang akan didapatkan bila dana sudah didapatkan. Tujuan akhirnya adalah adanya infrastruktur bangunan siskamling dan pengadaan piket ronda malam.

Bagian Waktu kegiatan,

menjelaskan rentang waktu, perkiraan pengerjaan pos siskamling hingga selesai serta kapan program ronda malam akan dilakukan.

Bagian Tempat kegiatan,

menjelaskan dimana pos tersebut akan dibangun, dan dimana saja kegiatan ronda akan dilaksanakan.

Bagian Susunan panitia,

menjelaskan dan memperkenalkan orang orang yang bertanggung jawab dalam program pembangunan pos siskamling dan yang mengatur ronda malam.

Bagian Anggaran,

ini adalah bagian yang paling penting. Disini dijelaskan berapa total biaya yang dibutuhkan dengan penjelasan setiap material yang diperlukan, dan biaya yang ditagihkan kepada setiap rumah tangga.

Bagian Lampiran,

berisi dokumen pendukung yang bisa dijadikan bahan pelengkap proposal.


Kata Penutup  


Demikianlah pembahasan kita mengenai Contoh Proposal Bakti Sosial dan Gotong Royong di Lingkungan Masyarakat kali ini

Semoga bisa membantu pihak yang ingin membuat program acara sosial di sekitar masyarakat. Silahkan bagikan contoh proposal ini bersama link sumbernya, dan jangan lupa berikan komentar kamu di bawah ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya