Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Undangan Rapat Kerja dan Kegiatan Pemuda Pancasila

Pemuda pancasila merupakan salah satu organisasi ideologis paramiliter yang memiliki cabang di seluruh wilayah Indonesia. Kegitan organisasi bersifat umum dan banyak memiliki anggota dan kader yang berasal dari masyarakat dan berfungsi untuk menjaga keharmonisan berkehidupan dalam masyarakat.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa panduan pembuatan surat undangan dari acara, rapat serta program kerja dari organisasi pemuda pancasila, beserta contoh suratnya dalam format doc yang bisa kamu edit sepuasnya menggunakan ms word

Namun sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu mengenai organisasi PP ini. Pemuda pancasila pertama kali didirikan oleh Jenderal Besar A.H. Nasution pada tanggal 28 Oktober 1959. Hingga sekarang organisasi ini masih bertahan dan memiliki kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia.

Daftar isi :
1. Program kerja pemuda pancasila
2. Cara membuat undangan acara rapat pemuda pancasila
3. Contoh undangan acara rapat pemuda pancasila

Ada yang sering terbesit oleh kita adalah Pemuda Pancasila memang identik dengan premanisme yang mendukung penuh dengan kemiliteran. Bahkan memang tidak jarang ada anggotanya (oknum) dari daerah yang benar benar berprofesi sebagai preman, namun hal itu tidak lantas membuat pemuda pancasila tidak mendapatkan tempat di masyarakat.

Walaupun saat ini pemuda Pancasila sudah mulai kurang terdengar eksistensinya, namun untuk kancah ormas Indonesia masih diakui. Para anggotanya juga banyak yang memberikan peran positif di tengah masyarakat. Banyak relawan yang membantu masyarakat dan memberikan tenaganya apabila dibutuhkan, ketika terjadi bencana misalnya.

Baca juga : Kumpulan Kata Bijak Pemuda Pancasila yang Memotivasi


Program kerja pemuda pancasila secara umum


Seperti apa sih kerja anggota pemuda pancasila itu? Secara umum memang pemuda pancasila dituntut untuk merealisasikan ideologi pancasila dalam kehidupan sehari hari

Oleh karena itu tidak heran bila seharusnya organisasi ini melakukan kegiatan positif seperti menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Aktif Bakti Sosial dan Peduli Lingkungan sekitar.


Contoh surat undangan acara rapat pemuda pancasila format doc


Berikut adalah contoh surat undangannya, apabila kamu tidak ingin repot membuat surat undangan dari awal, mimin sudah menyediakannya dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan. Silahkan scrool dibawah ini.



Download surat undangan rapat pemuda pancasila format doc seperti diatas disini

Petunjunk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu kamu akan diarahkan langsung ke media penyimpanan google drive. Happy downloading!


Contoh 2

Nomer : 123/ RT.03/ 06 / VI.2021
Lampiran : –
Perihal : Undangan rapat warga

Kepada Yth :
Bapak / Ibu Kepala Keluarga
03 RW. 06 Jajar, Laweyan, Surakarta
Di tempat

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Segala puji kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata’ala atas limpahan karunia-Nya sehingga kita diberikan kesehatan dan keselamatan.

Dalam rangka memperingati dan memeriahkan HUT Kemerdekaan RI yang ke 74 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2021 maka dengan ini kami mengundang Bapak dan Ibu sekalian untuk menghadiri pertemuan warga yang akan dilaksanakan pada :

Hari : Sabtu
Tanggal : 13 Juli 2021
Tempat : Balai Pertemuan Warga

Jika kepala keluarga berhalangan harap mewakilkan Agenda rapat :

1. Membicarakan acara peringatan HUT Kemerdekaan RI
2. Pembentukan panitia peringatan HUT Kemerdekaan RI
3. Membuat rencana perlombaan untuk warga RT. 03
4. Penunjukan perwakilan warga dalam lomba RW
5. Membahas pengumpulan hadiah dari warga
6. Perencanaan malam tirakatan tingkat RT
7. Membahas pembiayaan lomba dalam HUT Kemerdekaan RI

Demikian surat undangan rapat dan pertemuan warga dalam rangka memperingati serta memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 74 kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasama dari Bapak dan Ibu sekalian kami ucapkan banyak terima kasih. Selanjutnya kami harapkan peran serta seluruh warga demi kelancaran acara tersebut.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh


Hormat Kami,

Ketua RT RW Sekretaris


Cara membuat surat undangan acara rapat pemuda pancasila


pemuda pancasila

Membuat surat undangan untuk acara rapat pemuda pancasila memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat formal lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word untuk memulai mengetik bagian bagian seperti dibawah ini :

Membuat lembar kerja baru dengan word


Buka ms word, dan buat file baru. Atur jarak margin surat sesuai keinginan, misalnya 2-2-2-2. Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya.

Membuat bagian kop surat


Bagian kop surat merupakan bagian kepala surat, yang berisi logo pemuda pancasila, nama organisasi, cabang organisasi dan alamat atau kantor sekretariat.

Membuat nomor, perihal, tempat tanggal dan tujuan pembuatan surat


Kamu bisa melihat bagian ini pada contoh surat undangan dibawah. Buatlah nomor surat, perihal untuk apa surat dibuat seperti misalnya menggelar rapat koordinasi acara, tempat dan tanggal pembuatan surat, serta tujuan pengiriman surat yang ditulis dengan nama jelas

Membuat isi surat


Isi surat, termasuk kata pendahuluan berupa salam, dan memberikan penjelasan singkat mengapa surat ini ditujukan. Apa hal teknis kegiatan yang akan dilakukan.

Berikan juga detail teknis acaranya mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan acara. Tutup dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian akhir.

Membuat bagian ttd pihak penanggung jawab


Setiap surat formal tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab misalnya ketua pemuda pancasila daerah dan sekretaris atau bendaharanya. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Membuat tembusan (jika diperlukan)


Salah satu bagian dari surat formal letaknya paling bawah. Walaupun bagian dari surat formal, kehadirannya boleh dikatakan opsional. Artinya, tembusan hanya digunakan jika surat itu memerlukannya.

Tembusan merupakan penyebutan pada surat terhadap pihak-pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.


Baca juga : Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat

Sekianlah pembahasan postingan kosngosan kali ini mengenai Contoh Surat Undangan Acara Rapat Pemuda Pancasila, semoga bisa bermanfaat bagi setiap anggota yang ingin menggelar acara. Bagikan tulisan ini dan tinggalkan komentar mu dibawah. Salam pancasila!
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya