Contoh Undangan Rapat Kerja dan Kegiatan Pemuda Pancasila

Pemuda pancasila merupakan salah satu organisasi ideologis paramiliter yang memiliki cabang di seluruh wilayah Indonesia. Kegitan organisasi bersifat umum dan banyak memiliki anggota dan kader yang berasal dari masyarakat dan berfungsi untuk menjaga keharmonisan berkehidupan dalam masyarakat.

Pada kesempatan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa panduan pembuatan surat undangan dari acara, rapat serta program kerja dari organisasi pemuda pancasila, beserta contoh suratnya dalam format doc yang bisa kamu edit sepuasnya menggunakan ms word

Namun sebelumnya kita harus mengenal terlebih dahulu mengenai organisasi PP ini. Pemuda pancasila pertama kali didirikan oleh Jenderal Besar A.H. Nasution pada tanggal 28 Oktober 1959. Hingga sekarang organisasi ini masih bertahan dan memiliki kantor cabang di berbagai wilayah di Indonesia.

Daftar isi :
1. Program kerja pemuda pancasila
2. Cara membuat undangan acara rapat pemuda pancasila
3. Contoh undangan acara rapat pemuda pancasila

Ada yang sering terbesit oleh kita adalah Pemuda Pancasila memang identik dengan premanisme yang mendukung penuh dengan kemiliteran. Bahkan memang tidak jarang ada anggotanya (oknum) dari daerah yang benar benar berprofesi sebagai preman, namun hal itu tidak lantas membuat pemuda pancasila tidak mendapatkan tempat di masyarakat.

Baca juga : Kumpulan Kata Bijak Pemuda Pancasila yang Memotivasi

Walaupun saat ini pemuda Pancasila sudah mulai kurang terdengar eksistensinya, namun untuk kancah ormas Indonesia masih diakui. Para anggotanya juga banyak yang memberikan peran positif di tengah masyarakat. Banyak relawan yang membantu masyarakat dan memberikan tenaganya apabila dibutuhkan, ketika terjadi bencana misalnya.

Program kerja pemuda pancasila secara umum


Seperti apa sih kerja anggota pemuda pancasila itu? Secara umum memang pemuda pancasila dituntut untuk merealisasikan ideologi pancasila dalam kehidupan sehari hari, oleh karena itu tidak heran bila seharusnya organisasi ini melakukan kegiatan positif seperti menjaga dan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, Aktif Bakti Sosial dan Peduli Lingkungan sekitar.

Cara membuat surat undangan acara rapat pemuda pancasila


pemuda pancasila

Membuat surat undangan untuk acara rapat pemuda pancasila memang tidaklah sulit, karena pada dasarnya hampir sama dengan pembuatan surat formal lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi pengolah kata seperti microsoft word untuk memulai mengetik bagian bagian seperti dibawah ini :

Membuat lembar kerja baru dengan word


Buka ms word, dan buat file baru. Atur jarak margin surat sesuai keinginan, misalnya 2-2-2-2. Spasinya 1.5 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya.

Membuat bagian kop surat


Bagian kop surat merupakan bagian kepala surat, yang berisi logo pemuda pancasila, nama organisasi, cabang organisasi dan alamat atau kantor sekretariat.

Membuat nomor, perihal, tempat tanggal dan tujuan pembuatan surat


Kamu bisa melihat bagian ini pada contoh surat undangan dibawah. Buatlah nomor surat, perihal untuk apa surat dibuat seperti misalnya menggelar rapat koordinasi acara, tempat dan tanggal pembuatan surat, serta tujuan pengiriman surat yang ditulis dengan nama jelas

Membuat isi surat


Isi surat, termasuk kata pendahuluan berupa salam, dan memberikan penjelasan singkat mengapa surat ini ditujukan. Apa hal teknis kegiatan yang akan dilakukan.

Berikan juga detail teknis acaranya mulai dari hari, tanggal, waktu, dan tempat penyelenggaraan acara. Tutup dengan ucapan terimakasih dan pengharapan akan kehadiran pihak yang diundang. Pemberian salam juga bisa digunakan pada bagian akhir.

Membuat bagian ttd pihak penanggung jawab


Setiap surat formal tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab misalnya ketua pemuda pancasila daerah dan sekretaris atau bendaharanya. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Membuat tembusan (jika diperlukan)


Salah satu bagian dari surat formal letaknya paling bawah. Walaupun bagian dari surat formal, kehadirannya boleh dikatakan opsional. Artinya, tembusan hanya digunakan jika surat itu memerlukannya.

Tembusan merupakan penyebutan pada surat terhadap pihak-pihak yang mendapat salinan surat selain yang dialamatkan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.

Contoh surat undangan acara rapat pemuda pancasila format doc


Berikut adalah contoh surat undangannya, apabila kamu tidak ingin repot membuat surat undangan dari awal, mimin sudah menyediakannya dalam format doc yang bisa kamu edit sesuai kebutuhan. Silahkan scrool dibawah ini.



Download surat undangan rapat pemuda pancasila format doc seperti diatas disini

Petunjunk download


Setelah kamu klik tautan diatas, kamu akan diarahkan ke halaman safelink. Tunggu 5 detik hingga tombol download muncul. Setelah itu kamu akan diarahkan langsung ke media penyimpanan google drive. Happy downloading!

Baca juga : Proposal Gotong Royong dan Bakti Sosial di Lingkungan Masyarakat

Sekianlah pembahasan postingan kosngosan kali ini mengenai Contoh Surat Undangan Acara Rapat Pemuda Pancasila, semoga bisa bermanfaat bagi setiap anggota yang ingin menggelar acara. Bagikan tulisan ini dan tinggalkan komentar mu dibawah. Salam pancasila!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel