Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pindah Sekolah SD, SMP dan SMA Lengkap dengan Syaratnya

Bagaimana cara dan persyaratan pindah sekolah antar sma ke sma, smp, sd dan jenjang pendidikan lainnya baik untuk negeri dan swasta? Mengurus surat pindah sekolah adalah suatu hal yang harus dilakukan ketika murid hendak berpindah ke sekolah barun

Ada beberapa alasan yang menyebabkan kamu harus pindah sekolah, seperti misalnya pindah domisili, sekolah yang bermasalah, tindakan indisipliner dll. Kali ini kosngosan akan membahas prosedur dan syarat mengurus surat pindah sekolah dengan lengkap.

Terkadang sekolah butuh pindah. Sering sekali hal - hal yang berkaitan dengan pekerjaan orang tua, juga ikut mempengaruhi pendidikan anak mereka. Contohnya adalah ketika salah satu orang tua harus berpindah tugas ke luar kota atau ke luar negeri

Hal ini pastinya memaksa satu keluarga penuh untuk ikut ke tempat dimana orang tua bertugas. Mengingat anak yang dekat dengan orangtuanya akan sangat jauh lebih bagus, terlebih lagi kamu sering bertemu dengan kedua orang tua setiap hari.

Pindah rumah juga akan memaksa anak untuk pindah sekolah. Meskipun sebenarnya hal ini dapat dihindari, namun banyak orang tua lebih memilih untuk ikut memindahkan sekolah anaknya ke tempat yang lebih dekat dengan rumah barunya.

Selain dapat menghemat biaya dalam jangka waktu yang panjang, menempatkan anak di sekolah yang dekat dengan rumahnya juga dapat menghemat waktu dan tenaga dan menjadi salah satu . Dengan begitu, anak akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk bermain dan berkumpul dengan keluarga.

Lihat saja kamu tidak pernah melihat upin ipin pindah sekolah, bukan? Hal itu karena mereka memang sudah sangat nyaman dengan teman teman di sekolah lamanya (hehehehe)




Syarat Pindah Sekolah Terbaru

cara pindah sekolah sma ke sma


Untuk mengetahui cara pindah sekolah ke luar kota, pindah sekolah ke luar negeri atau pindah sekolah negeri ke swasta atau swasta ke negeri, ada beberapa persyaratan yang harus kalian penuhi. Diantaranya :


1. Photo copy ijazah yang dilegalisir


Syarat pertama yang harus dipenuhi adalah fotokopi ijazah terakhir yang dilegalisir. Misalnya kamu pindah SMP maka yang diperlukan adalah fotocopy ijazah SD yang dilegalisir oleh sekolah kamu.

Namun bagaimana Apabila anak masih sekolah dasar? Syarat ini bisa digantikan oleh beberapa dokumen lain yang dikira perlu. Oleh karena itu tanyakan kembali pihak sekolah tujuan mengenai syarat pengganti ijazah Apabila anak masih SD


2. Photo copy SKHUN yang dilegalisir


Hampir sama dengan ijazah surat keterangan hasil ujian nasional diperlukan untuk syarat pindah sekolah. Kamu bisa fotocopy kemudian legalisir kepada sekolah. 

Misalnya kamu pindah sekolah SMP maka diperlukan fotocopy SK UN SD yang dilegalisir. Apabila anak masih SD maka persyaratan ini bisa digantikan oleh dokumen lain tentunya harus Tanyakan terlebih dahulu kepada sekolah tujuan


3. Photo copy nilai raport terakhir yg dilegalisir


Persyaratan berikutnya adalah fotocopy raport terakhir yang sudah dilegalisir oleh sekolah asal. Raport tersebut menunjukkan nilai dari semester terakhir sebelum murid pindah sekolah.

Lalu bagaimana jika anak masih SD belum semester 1? Biasanya murid sekolah bisa pindah apabila sudah melalui minimal satu semester di sekolah asal dan sudah keluar rapotnya. Untuk persyaratan lebih lanjut ada baiknya tanyakan kepada sekolah asal dan sekolah tujuan.


4. Surat permohonan dari orang tua


Syarat berikutnya adalah surat permohonan dari orang tua yang menyatakan bahwa anak yang bersangkutan akan pindah sekolah dari sekolah A menuju sekolah B 

Hal ini juga harus dilengkapi dengan alasan yang jelas dan masuk akal, serta ditandatangani oleh orang tua atau wali murid. Format dari surat ini biasanya sudah disediakan oleh sekolah, atau sobat kosngosan bisa lihat di internet.

5. Surat Pengantar Pindah Sekolah


Untuk mendaftar ke sekolah yang baru, di butuhkan surat keterangan atau surat pengantar pindah sekolah dari sekolah awal. 

Umumnya, sobat kosngosan akan dimintai rapot sang anak yang ingin pindah sekolah. Namun pada beberapa kasus, jika anak  ingin pindah sekolah di tengah atau mendekati akhir semester, maka rapot tidak di perlukan dan cukup menggunakan surat pengantar saja.



Kamu bisa unduh contoh surat pindah antar sekolah seperti diatas dalam format docx (bisa diedit menggunakan ms word) dengan klik tombol download Surat Pindah Sekolah Docx Disini


6. Surat Penerimaan dari Sekolah Baru


Untuk syarat yang terakhir ini, bersifat tidak wajib. Ada beberapa sekolah yang mengharuskan siswa dan siswi barunya untuk memiliki surat penerimaan dari sekolah baru. Namun, ada juga beberapa sekolah yang tidak memerlukan surat penerimaan untuk dapat bersekolah di sana.

Yang terpenting adalah, nama sekolah tujuan yang di tulis di surat penerimaan, harus sama dengan nama sekolah yang di tulis pada surat pindah yang di keluarkan oleh sekolah awal.


7. Surat dinas pendidikan Kab/Kota (dalam Provinsi)


Sejak tahun 2008, setiap anak yang ingin berpindah sekolah membutuhkan persyaratan tambahan berupa surat pindah yang di keluarkan oleh Dinas Pendidikan. Peraturan ini merupakan peraturan baru yang mulai aktif di berlakukan sejak 10 tahun yang lalu.

Untuk mendapatkan surat pindah dari Dinas Pendidikan, tentunya di butuhkan usaha yang lebih banyak. Apalagi bila sobat kosngosan mengurus segala sesuatunya sendirian tanpa ada bantuan dari orang yang memiliki kenalan di Kantor Dinas. 

Namun, jika dikerjakan dengan sabar, Surat Pindah ini bisa kalian dapatkan tanpa perlu mengeluarkan uang untuk pungutan liar atau pelicin.

Ini merupakan syarat terakhir bagi kalian yang ingin pindah sekolah masih dalam satu kabupaten atau kota, atau antar kabupaten atau kota, alias masih dalam satu provinsi. Mendatangi dinas pendidikan setempat dan menanyakan serta meminta surat keterangan pindah yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan.


8. Surat dinas pendidikan Provinsi (antar Provinsi)


Apabila kalian pindah sekolah antar provinsi misalnya dari kota Medan ke kota Jakarta, maka yang perlu dilakukan adalah mengurus surat keterangan dari dinas pendidikan provinsi asal dan provinsi tujuan. 

Perlu diingat bahwa untuk mengurus surat keterangan ini ada baiknya menanyakan terlebih dahulu kepada dinas pendidikan terkait mengenai syarat dan prosedur nya


9. Laporkan Praktek Kecurangan


Seandainya ada pihak pihak atau oknum yang meminta uang untuk mempercepat proses perpindahan sekolah, atau mengancam mempersulit proses kepindahan anak, maka kamu bisa segera melaporkan hal tersebut kepada pihak yang berwenang

Melaporkan kepada pihak sekolah: Anda dapat menghubungi pihak sekolah, seperti kepala sekolah atau wakil kepala sekolah, dan menyampaikan keluhan atau laporan Anda tentang maladministrasi yang terjadi.

Melaporkan kepada Dinas Pendidikan: Anda dapat menghubungi Dinas Pendidikan setempat dan melaporkan kondisi maladministrasi di sekolah yang bersangkutan.

Melaporkan kepada ombudsman: Anda dapat menghubungi ombudsman pendidikan dan menyampaikan laporan tentang maladministrasi yang terjadi di sekolah.

Melalui media sosial: Anda dapat melaporkan melalui media sosial, seperti twitter atau facebook, dengan menyertakan bukti-bukti yang valid, seperti foto atau video.

Melalui pengaduan online : Banyak sekolah memiliki layanan pengaduan online yang dapat digunakan untuk melaporkan maladministrasi di sekolah, cek terlebih dahulu apakah sekolah tempat anda anak sekolah memiliki layanan pengaduan online.

Semua cara di atas akan ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang dan akan ditindaklanjuti sesuai dengan peraturan yang berlaku dan dalam proses yang transparan.


Alur Pindah Sekolah

Dibawah ini adalah infografis tentang alur Pindah Sekolah yang mungkin berguna buat kalian, supaya bisa lebih memahami dari tahap awal hingga tahap akhir dari perpindahan murid di sekolah formal di Indonesia :


cara pindah sekolah sma ke sma


Jika semua persyaratan sudah sobat kosngosan siapkan, maka kalian hanya perlu mengikuti langkah – langkah di bawah ini :

Langkah 1 :

Survei terlebih dahulu sekolah baru yang akan menjadi sekolah baru buah hati. Pastikan kamu telah memperhitungkan segala aspek mulai dari jarak, waktu, sarana dan prasarana yang akan di habiskan selama anak kamu bersekolah


Langkah 2 :

Tanyakan kepada pihak sekolah yang baru apakah mereka masih menerima siswa baru meskipun di masa pertengahan semester, kemudian urus berbagai persyaratan yang diminta oleh sekolah tujuan.

Jika sekolah baru masih dapat menerima anak sebagai siswa (dilihat dari nilai rapor, skhun dan syarat lain) maka pihak sekolah akan menyiapkan surat keterangan penerimaan siswa baru


Langkah 3 :

Persiapkan segala syarat yang sudah dijelaaskan diatas, sekolah asal akan mengeluarkan surat rujukan untuk dibawa ke dinas pendidikan terkait. Bawa surat keterangan tersebut. Di dinas pendidikan, kamu akan mengurus mutasi siswa.

Pihak dinas pendidikan nantinya akan memberikan berkas yang dibutuhkan, seperti surat tanda bukti pengajuan mutasi siswa yang memuat data siswa, data mutasi siswa dan kode validasi. Kode validasi ini menjadi bukti transaksi ke sistem Data Pokok Kependidikan Nasional.


Langkah 4 :

Khusus untuk pindah sekolah antar provinsi, harus meminta surat keterangan dari dinas pendidikan provinsi (akan tetapi tergantung dari sekolah tujuan apakah mereka meminta atau tidak)


Langkah 5 :

Setelah surat keterangan dari pihak sekolah lama dan dinas pendidikan selesai, maka kamu pergi ke sekolah baru 

Dan berbagai dokumen yang sudah dibuat tadi kepada pihak sekolah baru untuk kemudian dibuatkan data barunya. Kemudian anak sudah dapat ikut belajar di sekolah barunya

Baca juga : Contoh Surat Pindah Sekolah format Word


Kesimpulan





Apabila teman teman sekalian ingin menonton video penjelasan mengenai panduan pindah sekolah diatas, bisa menekan tombol play dibawah ini dan langsung menonton video yang sudah mimin aploat di youtube milik kosngosan, check these out

Demikianlah Cara Mengurus Surat Pindah Sekolah Terbaru kali ini, semoga dapat membantu kamu yang memang hendak berpindah sekolah karena berbagai alasan. 

Bila kamu merasa artikel ini bermanfaat, kamu bisa membagikannya kepada teman teman lainnya. Terimaksih telah berkunjung dan jangan lupa bertanya atau berkomentar dengan mengisi kotak dibawah ini.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya