Contoh Surat Pindah Sekolah SD, SMP, SMA dan Cara Membuatnya

Ketika memutuskan untuk pindah sekolah, maka diperlukan surat keterangan dan surat permohonan yang menjelaskan apakah siswa yang bersangkutan akan pindah antar kota, kabupaten atau provinsi. Hal ini untuk membantu pihak sekolah asal dan tujuan dalam proses pendataan.

Selamat datang di blog kosngosan, kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat surat keterangan pindah sekolah untuk sobat kosngosan yang masih berstatus sebagai pelajar baik itu di tingkat sekolah dasar, menengah pertama ataupun menengah atas

surat pindah sekolah

Ada berbagai alasan orang untuk melakukan pindah sekolah. Misalnya untuk mengikuti Pekerjaan orang tua yang ditempatkan di tempat lain atau juga karena tidak sesuai dengan kriteria sekolah asal yang diharapkan.

Alasan yang cukup banyak dimiliki oleh murid yang hendak pindah sekolah adalah untuk mendapatkan tempat belajar yang lebih nyaman dan dekat dengan rumah. Tentunya dengan berbagai pertimbangan yang matang sebelumnya

Baca juga : Contoh Surat Undangan Reuni SD, SMP, SMA

Berbagai alasan pindah sekolah memang harus logis dan bisa diterima. Bukan hanya itu, sobat kosngosan juga harus mengikuti berbagai proses administrasi yang cukup panjang untuk bisa bersekolah di tempat baru.

Pindah sekolah masih dalam satu kota atau kabupaten, persyaratannya bisa dibilang lebih mudah karena memang masih dibawah satu daerah dinas pendidikan yang sama. Akan tetapi apabila pindah sekolah antar kota apalagi antar provinsi harus mengurus beberapa persyaratan administrasi terlebih dahulu

Cara Membuat Surat Pindah Sekolah


Membuat surat keterangan pindah sekolah memang sama saja dengan surat resmi atau formal pada umumnya. Hanya yang membedakan adalah isi dan tujuan pembuatan surat. Langsung saja panduan penulisan surat yang baik dan benar seperti dibawah ini :

Membuat file kerja baru menggunakan ms word


Open ms word, dan buat file baru seperti biasa. Kamu bisa mengatur jarak margin surat 3-3-3-4. Spasinya 1.5 atau 2 dan beri nilai 0 untuk after dan before space-nya. Jenis font dipakai menggunakan times new roman atau arial dengan ukuran 12.

Membuat kop surat


Bagian kepala surat atau biasa disebut juga bagian kop surat adalah ciri khas dari surat resmi seperti surat pindah sekolah. Kamu bisa memberikan logo instansi pendidikan terkait, nama kota atau kabupaten, dan nama tempat sekolah berada, berikan juga telepon jika ada.

Tempat, tanggal, perihal, nomor dan tujuan surat


Sobat kosngosan bisa membuat nomor surat, tanggal dan tempat pembuatan surat tersebut. Perihal untuk apa surat dibuat sudah bisa dipastikan untuk menjelaskan alasan kepindahan sekolah, serta kepada siapa surat ditujukan ditulis dengan nama jelas.

Menulis badan surat


Salah satunya bagian pendahuluan berupa kalimat salam, penjelasan singkat mengapa surat ini dibuat. Apa alasan pindah sekolah yang akan dilakukan. Dab badan surat terakhir adalah penutup disertai ucapan terimakasih

Tanda tangan penanggung jawab


Setiap surat dinas tentunya memiliki bagian ini, sertakan bagian ttd pihak penanggung jawab misalnya kepala desa ditambah sekretaris atau bendaharanya. Begitu juga untuk tingkat RT, RW atau Dusun. Kemudian isi dengan tanda tangan dan berikan stempel basah.

Membuat tembusan


Bagian ini ditulis apabila surat keterangan pindah sekolah tersebut memerlukan pihak lain yang dirasa perlu terhadap yang mendapat salinan surat selain yang ditujukan. Sebagai bagian dari surat dinas, penulisannya tentu harus mengikuti standar baku.

Contoh Surat Pindah Sekolah DOC


Apabila sobat kosngosan males nulis dari awal dan ingin mendapatkan format suratnya langsung jadi, dalam bentuk doc bisa unduh dengan klik download dibawah. Sobat bisa menggunakannya sesuai kebutuhan dengan bantuan microsoft word versi baru 2013 atau 2016.

Dibawah ini adalah format surat pindah untuk SD. Bagi kamu yang perlu untuk SMP dan SMA, bisa mengubah dan mengedit kata katanya, juga logo pada kop surat sesuai dengan kebutuhan yang kamu miliki.



Kamu bisa unduh contoh surat pindah antar sekolah seperti diatas dalam format docx (bisa diedit menggunakan ms word) dengan klik tombol download DISINI

SURAT KETERANGAN SEKOLAH
Nomor : 422/DPPO/SD/22/ /2019

Yang bertanda tangan dibawah ini :
Kepala Sekolah Sekolah Dasar :
Alamat :
Menerangkan bahwa siswa tersebut dibawah ini :
Nama :
Nomor Induk :
Nomor Induk Nasional :
Sesuai surat permohonan pindah sekolah yang diajukan oleh Orang Tua/Wali Siswa*) dibawah ini :
Nama :
Pekerjaan :
Alamat :
Untuk pindah sekolah kesalah satu Sekolah Dasar di :
SDN PT MURIDA Kecamatan TAMPAN Kota Pekanbaru Provinsi RIAU dengan alasan
MENGIKUTI ORANG TUA

Bersama ini kami sertakan Buku Laporan Penilaian Hasil Belajar ( RAPOR ) yang bersangkutan dan
Surat Permohonan Pindah Orang Tua/Wali Siswa.

Air Tiris, 6 Agustus 2019
Kepala SDN 18 Air Tiris

Muhammad Reza Harahap
Nip. 196809161989102019

Setelah siswa tersebut diterima disekolah yang bersangkutan, mohon isian dibawah ini diisi dan lembar
kedua segera dikirim pada kami.

Surat keterangan Telah Menerima Siswa Pindahan
Yang bertanda tangan dibawah ini, kami Kepala Sekolah/Pangkat*) :
Nama : ………………………………………………………….
NSS : ………………………………………………………….
Alamat : ………………………………………………………….
Menerangkan telah menerima pindahan siswa tersebut dibawah ini :
Nama : ………………………………………………………….
Nomor Induk : ………………………………………………………….
Nomor Induk Nasional : ………………………………………………………….
Kelas : ………………………………….
Jenis Kelamin : ………………………………………………………….
Sesuai dengan surat keterangan pindah sekolah yang Bapak/Ibu kirimkan kepada kami. Kemudian
harap lembar balasan ini dapat digunakan sesuai dengan keperluan administrasi sekolah.

Kepala Sekolah

( ………………………………………… )
Nip. ………………………………..

Cara mengunduh


Setelah sobat meng-klik tautannya, langsung akan diarahkan pada tab baru menuju halaman safelink. Tunggu beberapa detik sampai button download muncul. Setelah itu klik tombol-nya, maka sobat akan diarahkan ke halaman google drive. Selamat mengunduh sobat semuanya.

Baca juga : Cara mengumpulkan uang untuk study tour sekolah ke luar negeri

Demikian pembahasan dari kosngosan mengenai cara membuat surat pindah sekolah dan contohnya dalam format doc, semoga bermanfaat untuk kalian dan jangan lupa untuk share artikel ini di sosial media sebagai bentuk dukungan terhadap admin.
By

0 Response to "Contoh Surat Pindah Sekolah SD, SMP, SMA dan Cara Membuatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel