Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Cara Membeli Web Hosting dan Domain Murah yang Berkualitas

Bagaimana cara memilih dan mendapatkan layanan hosting dan domain murah, tapi tetap berkualitas untuk kebutuhan website yang kita kelola? Kali ini kosngosan akan memberikan beberapa tips kepada para webmaster yang masih bingung menentukan perusahaan mana yang akan menjadi kliennya. Jangan khawatir, disini mimin akan bersifat objektif, karena ini bukan artikel promosi atau content placement.

Tips Memilih Layanan Hosting Domain

Bagi seorang blogger profesional, memiliki website dengan hosting berkualitas menjadi suatu kewajiban. Pengguna CMS Wordpress misalnya dengan kebutuhan domain dan web hosting premium menjadikan kamu benar benar memiliki blog seutuhnya.

Berbeda dengan blogger yang masih menggunakan platfrom blogspot sebagai sarana menyimpan data websitenya. Tepat sekali, kesempatan ini mimin akan membagikan beberapa tips mengenai cara memilih penyedia layanan hosting dan domain indonesia yang murah.

Banyak perusahaan yang menyediakan paket hosting termurah, namun belum tentu berkualitas dan bahkan ada yang mangecewakan. Sebenarnya untuk memulai membuat website online permulaan dan masih belajar, maka kamu bisa order hosting indonesia gratis. Kamu bisa sebutkan jenis layanan hosting seperti 000webhost dan freehosting.

Disini mimin hanya sebagai penikmat, pemakai dan tidak bermaksud endorse atau iklan. Bisa dikatakan mimin ini hanya try and error dalam memilih hosting atau provider hosting dan mengikuti perkembangan keamanan pada website atau server berdasarkan news yang lagi trend.

Kenapa mimin mengikutinya ? ya karena ini merupakan hal yang sangat penting. Mimin tidak mudah kena kibul oleh provider hosting yang katanya dilakukan update dan update.

Baca juga : Layanan Domain dan Hosting Murah Untuk Mahasiswa dan Pelajar

Hosting murah yang berlokasi di indonesia dan banyak memberikan fitur unlimited sebetulnya cukup memanjakan para blogger dengan kunjungan traffic menengah kebawah. Hal ini tentunya menjadikan mereka mungkin tidak terlalu sering komplain dan bingung dengan urusan hosting.

Akan tetapi sangat berbeda bila dibandingkan dengan para blogger yang memiliki website traffic jutaan per hari. Bayangkan mereka harus mencari penyedia hosting yang benar benar berkualitas serta kompeten. Lalu seperti apa tips nya? Berikut mimin paparkan.

Tips memilih hosting dan domain


mimin sendiri sudah memiliki beberapa penyedia hosting yang sudah dicoba dari mulai hosting luar dan lokal. Banyak memiliki support yang bagus banyak juga yang memiliki support yang jelek. Sudah servernya lemot jelek lagi. Nah kalau ini kita bisa apa ? yang kita lakukan adalah segera hijrah alias pindah. Beberapa faktor terpentih dari memilih hosting akan mimin jabarin disini.

1. Pastikan mengetahui resource yang akan didapat


Tanyakan ke provider seberapa besar resource yang akan diberikan ? Hal ini hanya dapat dilakukan dengan hosting yang menerapkan OS CloudLINUX. Cloudlinux memungkinkan si pihak server untuk melakukan limitasi resource terhadap user-usernya. Hal ini sangat penting Kenapa ?

Bayangkan saja, disatu server kamu hanya menggunakan resource yang sedikit pengunjung lain menggunakan resource yang besar karena plugin yang digunakan dan visitornya. Ya kamu bakal kena akibatnya, mau ga mau kamu yang sudah menggunakan resource kecil, masih diambil juga sama user yang memiliki pengunjung besar.

Intinya cari tahu entry proses, alokasi ramnya berapa pada hosting. Jangan tergiur yang besar" harganya ga masuk akal/murah. Itu sama saja seperti Unlimited harga murah.

2. Jangan tergiur dengan kata Unlimited


Ya, jauhi kata hosting Unlimited. Unlimited sangat riskan bagi orang awam. Kenapa mimin katakan ini ? kita main logika saja disini, semua server memiliki keterbatasan, semua dari kemampuan juka memiliki batas. benar bukan ? Jika kita memilih hosting yang Unlimited sama saja kita memilih hosting yang tanpa aturan. Apalagi Unlimited harganya murah ?

Semua user dapat melakukan serba unlimited, menambah domain hingga unlimited, menambah file hingga unlimted (disk). Disini lah masalahnya, kalau kita hanya memiliki 1-2 domain kenapa kita memilih hosting unlimited?

Jika memang kita memiliki sedikit domain ya sesuaikan saja paket hosting dengan jumlah domain yang kita miliki. Kalau suatu saat butuh ya lakukan upgrade. Jika memang kalian memilih hosting Unlimited ini, silahkan rasakan berapa lama kamu akan bertahan. 3 bulan kah ? 1 bulan kah ? atau hanya 2 minggu ? Cuma numpang ketawa doang mimin kalau gitu

3. Jangan tergiur harga murah


Jangan membuang waktumu. Tinggalkan saja harga yang tidak masuk di akal. Jangan coba-coba, karena paling hanya 1-2 minggu kamu bakal out dari provider itu ( pengalaman pribadi ). Misal kita sewa 1 tahun harga 3 $, baru 2 minggu down 5x, lemot lagi. Kalau udah seperti ini kamu mau ngapain?

4. Cari penyedia hosting yang selalu update


Akhir-akhir ini juga ada permasalahan yang lagi gembar kalau kamu mengikuti keamanan website, saat ini ada issue mengenai HTTPoxy. Silahkan periksa website kamu . Jika belum minta update ke providernya, kalau masih belum update, ini dipertanyakan tentang "up to date".

Selain itu usahakan cari provider hosting yang menggunakan/menerapkan feature proteksi DDOS, baik menggunakan pihak ketiga yaitu BitNinja atau menggunakan langsung dari data centernya yaitu distribusi network ( DDOS Protect Mitigation ).

Ini harganya mahal bro, Bitninja saja harganya hingga 200 USD, kalau DDOS Protect mitigation sesuai tingkatan bisa 10, 20, 30, 40, 50 hingga 500 gbps. Tetap saja harganya mahal. 10gbps saja harganya 50an USD setiap bulannya.

Makannya usahakan cari provider yang ada feature ini. Biasanya ada di server USA. Ini sangat penting, bayangkan saja website kamu down hingga 12 jam, ranking bakal terjun bebas tu. Mimin yang ngalamin sendiri, 12 jam down, dari 200 RB alexa ke 500 Rb. menggunakan provider luar.

5. Cari penyedia hosting yang telah terverifikasi (alamat dan jelas informasi kontaknya)


Jika menggunakan provider lokal cari yang telah terverifikasi dari alamat, fanspage facebook, dan dari berbagai forum. hal ini penting, jika mereka sudah terverifikasi mereka tidak akan kabur dari apa yang mereka janjikan. Kita bisa datang dari alamat mereka. jadi mereka bakal mikir-mikir ketika ingin nipu. Cari hosting yang memang benar-benar aktif pada forum-forum.

6. Cari lokasi server yang cocok dengan target pengunjung


Cari lokasi yang cocok, jika memang visitor 100%, atau 99% berasal dari indonesia pilih indonesia. Kalau 90% indonesia dan 10% luar pilih USA/ singapore. Hal ini kenapa ? bandwidth indonesia keluar kecil, yaitu berksisar antara 20 - 50 mbps. Ini sangat sedikit jika digunakan oleh ratusan member indonesia. Jika kamu menggunakan server USA bisa dikatakan server ke indonesia cepat dan server keluar juga cepat. Jadi lebih prefer ke Luar.

7. Perhatikan kapasitas disk


Ini yang paling sering salah kaprah. Kita selalu cari disk yang besar. Untuk website itu ga terlalu besar bro untuk disk. Penggunaan secara personal saja dikasih disk 100 MB sudah turah-turah. Mimin ada 1 website Toko Online saja sudah lebih dari 6 bulan yang kepakai cuma 7 GB. ada lebih dari 400+ produk. Apalagi kalau cuma kamu menggunakan untuk website pribadi, ya bakal sisa banyak lah.

8. Fitur backup offsite


Yang tidak kalah penting ya ini, backupnya. Backup offshore atau backup data di server lain merupakan hal yang sangat penting. Cari hosting yang memiliki backup minimal 1 minggu sekali atau setiap hari sekali.

Kalau setiap hari lebih bagus hanya saja setiap minggu juga sudah bagus. Disatu sisi kita tetap melakukan backup sendiri secara rutin, hal ini meminimalisir data hilang jika provider tidak dapat mengembalikan.

Selain itu cari provider yang benar-benar menggunakan RAID 1 atau RAID 10. Kenapa ? karena setiap data di lakukan miroring pada disk, hal ini sangat penting. Jangan mudah percaya sama provider yang menawarkan RAID 10.

Cek dulu ke mereka dan tanya. RAID 10 minimal menggunakan 4 hardisk !!, jika kita tanya ke provider menggunakan total hardisk berapa, semisal dia menjawab hanya 2 hardisk bisa dipastkan penyedia hosting itu bohong. Ingat jangan mudah percaya ke provider, cari yang benar-benar kredibel seperti diatas.

Kesimpulan mengenai penyedia hosting dan domain berkualitas


hosting dan domain berkualitas

Pembahasan diatas semuanya adalah berdasarkan pengalaman pribadi yang sudah lebih dari 4 tahun menggeluti dunia hosting, monetize website, dan blog writing. Alhamdulilah dengan cara diatas sudah hampir 1 semester/6 bulan ini mimin tidak beralih dari beberapa hosting lokal.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Website Sekolah

Mimin juga ada beberapa hosting luar, toh sama saja ga ada perbedaan yang signifikan, jika kita pintar dan bisa memilih hosting lokal yang credible. Uptime juga sama 99,9 %. Bedanya juga simple, supported menggunakan bahasa apa, pembayaran menggunakan bahasa apa saja.

Semua pilihan ada ditangan pemilih. Semoga kamu bisa terbuka pikiran mengenai hosting dan selektif memilih hosting. Demikian pembahasan mengenai Tips Memilih Penyedia Layanan Hosting dan Domain Murah kali ini, semoga bermanfaat.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya