Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Daftar SMS, Internet, Mobile Banking Muamalat

Bagaimana cara mendaftar Internet banking, SMS dan mobile banking Muamalat? Bank Muamalat merupakan Bank yang menjadi pionir sistem perbankan syariah di Indonesia. Seperti namanya yang khas akan istilah Muamalah.

Bank ini didirikan atas dasar prakarsa dari digagas oleh Majelis Ulama Indonesia, Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia dan kumpulan pengusaha muslim yang ada di Indonesia. Hingga kini bank ini menjadi salah satu bank syariah terbesar yang ada di tanah air.

Kali ini kosngosan akan membahas mengenai Panduan dan syarat-syarat apa saja untuk Mendaftar Internet Banking pada Bank Muamalat Terbaru. Karena penggunaan internet dan mobile yang semakin tinggi, maka kebanyakaan bank di tanah air sudah menerapakn sistem online terhadap transaksi untuk member mereka.

Kita akan membahas sekilas mengenai bank syariah ini. Dilansir dari situs resminya langsung, Bank Muamalat hingga kini telah memiliki 325 kantor layanan termasuk 1 kantor cabang di Malaysia. 

Operasional Bank yang didukung jaringan layanan sebanyak 710 unit ATM Muamalat, 120.000 jaringan ATM Bersama dan ATM Prima, serta lebih dari 11.000 jaringan ATM di Malaysia melalui Malaysia Electronic Payment (MEPS).

Ada 4 kategori produk utama dalam bank Muamalat, yaitu Tabungan, Deposito, Pembiayaan dan Giro. Nah untuk selanjutnya kita akan membahas syarat dan cara mendaftar internet banking muamalat dibawah ini.

Baca juga : Cara Mendaftar iB, mB dan sms Banking Mayapada


Daftar iB, mB dan SMS Banking Muamalat


cara daftar internet banking muamalat

Layanan internet banking dari Bank Muamalat ini memudahkan pengguna untuk bertransaksi serta mengecek saldo melalui jaringan internet terkini. 

Ada banyak keuntungan mendaftar fitur ini, beberapa diantaranya adalah sobat kosngosan.com bisa melakukan transaksi perbankan kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan soft token (mPassCode) berupa SMS dan ada limit transaksi dan satu akses. satu user ID untuk semua produk.


Langkah 1 : Melengkapi Syarat Pendaftaran Internet Banking Muamalat

bank muamalat

Sebelum mendaftar, ada baiknya kamu melengkapi beberapa syarat dibawah ini :

  • Kamu harus terdaftar sebagai nasabah perorangan
  • Memiliki salah satu jenis rekening tabungan
  • Memiliki kartu ATM Muamalat
  • Sudah melakukan pendaftaran Internet Banking di ATM Muamalat
  • Memiliki e-mail aktif
  • Memiliki akses ke internet
  • Mengakses situs internet banking ib.muamalatbank.com
  • Tidak dipungut biaya administrasi bulanan, hanya biaya penggunaan soft token sebesar 550 per SMS.


Langkah 2 : Mendaftar Internet Banking Muamalat melalui ATM


prosedur daftar internet banking muamalat


Ada dua cara awal untuk mendaftar IB Bank Muamalat, yaitu mendaftar langsung lewat mesin ATM atau mendaftar lewat PINPAD. Kali ini mimin kosngosan.com akan jelaskan mendaftar melalui mesin ATM. Ikuti langkah-langkahnya setalah ini


Langkah 3 :

Setelah memasukkan kartu ATM, pilih menu "Transaksi Lain dan Pilih Registrasi, kemudian ppsi "Internet Banking.", nantinya akan ada pilihan yang mengharuskan kita untuk mengisi password (hapal ini penting) dan nomor rekening


Langkah 4 :

Kamu akan mendapatkan User ID dan mPass Code, seterusnya, di laptop atau kompuer kamu bisa membuka situs ib.muamalatbank.com kemudian masukkan User ID dan mPass Code yang sudah didapatkan tadi


Langkah 5 :

Nah setelah berhasil masuk, tahap selanjutnya ubah password lama dengan ketentuan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar kecil, angka dan karakter unik. (untuk login seterusnya menggunakan ini)


Langkah 6 :

Membuat User ID baru (untuk login seterusnya menggunakan ini) kemudian masukkan alamat email yang aktif.

Nah, selesai, kamu sudah memiliki akun internet banking Muamalat. Namun untuk tahapan ini, kamu hanya bisa melakukan transaksi non finansial seperti cek saldo. 

Untuk dapat melakukan transaksi finansial seperti transfer duit (termasuk daftar sms banking juga) kamu harus segera mengunjungi  CS Bank Muamalat di kantor cabang terdekat, dan mengisi formulir pendaftaran SMS Token melalui Cabang Bank Muamalat terdekat di tempat tinggal mu.



Daftar Mobile Banking Muamalat


Selain internet banking, sobat kosngosan juga bisa mendaftar fitur mobile banking untuk pengguna smartphone seperti Android, iOS, Blackberry dan Windows phone melalui aplikasi yang disediakan di playstore, apple store, bb store dan windows store. 


Langkah 7 :

Setelah kamu registrasi lewat kantor cabang atau mesin ATM muamalat, kamu bisa mengunduh terlebih dahulu aplikasi Muamalat Mobile Android disini  atau  Muamalat Mobile iOS disini


Langkah 8 :

Masuk ke aplikasi tersebut, nantinya kamu akan diminta memasukan nomor rekening, nomor kartu ATM, PIN ATM dan nomor handphoneyang telah terdaftar pada data Bank, kemudian kamu harus membuat password beserta TIN Mobile Banking.


Langkah 9 :

Nantinya kamu akan menerima struk yang berisi User ID, yang akan sobat kosngosan.com gunakan untuk login pada layanan Mobile Banking Muamalat di perangkat smartphone masing masing

Lakukan login pertama kali pada Mobile Banking Muamalat dengan menggunakan User ID dan Password yang sudah kamu buat sebelumnya pada saat registrasi


Langkah 10 :

Untuk pertama kalinya, kamu akan diminta memilih metode pengiriman Challenge Code melalui SMS ataupun Email yang sudah didaftarkan pada data Bank. 

Nantinya kamu akan diminta untuk memasukan enam angka Challenge Code, Nomor HP, Nomor Kartu ATM, dan juga Reference Code (opsional).

Lalu kamu akan diminta untuk melakukan perubahan User ID dan juga Password demi keamanan. Setelah aktivasi berhasil, kamu dapat login kembali dengan menggunakan User ID dan Password yang baru tersebut.

Baca juga : Daftar iB dan mB Bank Bukopin


Kata Penutup


Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Mendaftar Internet Banking Bank Muamalat Terbaru kali ini. Bank muamalat dikenal sebagai salah satu bank syariah terbesar di Indonesia, dimana memiliki berbagai layanan bisa didapatkan oleh nasabahnya.

Bagi kamu yang menjadi member dan telah membuka tabungan di bank Muamalat ini, semoga bisa membantu. Silahkan bagikan artikel ini kepada yang lain bila merasa bermanfaat. Termakasih telah berkunjung di kosngosan.
Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya