Cara Membuat Makalah Lengkap dengan Panduan Contoh dan Gambar

Cara Membuat Makalah Lengkap dengan Panduan Contoh dan Gambar

cara lengkap membuat makalah

Setiap mahasiswa atau pelajar pasti pernah menulis dan mengerjakan tugas makalah. Makalah menjadi karya tulis yang paling sering dibuat dalam sistem pendidikan. Di internet ada ribuan materi makalah mengenai berbagai studi keilmuan. Dan kali ini secara umum, kosngosan akan membahas bagaimana cara membuat makalah dilengkapi dengan panduan dan gambar yang lengkap, sehingga kamu bisa mengerti dan paham untuk membuat makalah yang baik dan sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan. Mari simak pembahasannya dibawah ini.

Kamu bisa mengucapkan selamat tinggal dengan nilai jelek akibat asal asalan membuat makalah. Karena melalui postingan ini, mimin akan memberikan panduan bagaimana cara membuat makalah yang sukses membuat guru dan dosenmu terkesima. Tapi sebelum kita menuju proses penulisan makalah, ada baiknya kita belajar mengenal makalah itu seperti apa.

Apa pengertian makalah? Makalah adalah suatu uraian tertulis atau karya tulis yang membahas suatu masalah tertentu yang dikemukakan untuk mendapat pembahasan lebih lanjut. Atau bisa dikatakan bahwa makalah merupakan suatu bentuk karya tulis yang memuat pemikiran mengenai suatu masalah topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan runtut dengan disertai analisis yang logis dan objektif.

Langkah Pembuatan Makalah yang Baik dan Benar


Beberapa langkah teknis pembuatan makalah beserta contoh makalah yang mimin disajikan dalam bentuk word, sehingga kalian mudah untuk mengeditnya. Panduan ini bersifat terstruktur dimulai dari cover hingga lampiran, agar kalian mahasiswa dan pelajar sekolah dapat dnegan mudah memahaminya.

Panduan Membuat Cover atau Sampul Makalah

cover makalah

Cover atau sampul makalah adalah bagian pertama yang menjadi penilaian suatu karya tulis ilmiah seperti makalah. Selain sebagai penarik perhatian, cover yang bagus haruslah memenuhi kaidah penulisan baku yang telah ditetapkan. Untuk membuat atau mendesain cover makalah, kamu dapat menggunakan aplikasi MS Word atau pengolah kata lainnya dengan memperhatikan beberapa kriteria seperti

  1. Diketik dengan format font : Times New Roman Regular atau arial dengan font judul dan subjudul 14 serta diberi bold atau tebal.
  2. Di Print di atas kertas HVS A4 atau polio tergantung kebutuhan dan peraturan institusi
  3. Untuk tepi tidak ada aturan baku, karena memang bukan bagian isi dari sebuah makalah. Usahakan tepi kiri - kanan - atas - bawah  harus memiliki skala yang sama dan enak dilihat.
  4. Setelah Judul, sub judul, tulisan "makalah", "dibuat oleh" dan nama pembuat individu atau kelompok, juga disertakan logo dari institusi pendidikann seperti kampus atau sekolah.
  5. Beri keterangan jurusan, tempat dan tahun dibuatnya makalah tepat pada bagian footer cover

Desain cover makalah yang menarik dan rapi juga memberikan pengaruh minat bagi pembaca untuk membaca makalah yang kamu buat. Oleh karena itu, desainlah sampul depan makalah dengan sebaik mungkin agar orang tertarik dengan makalah yang kamu buat.

Sebagai bahan contoh, kamu bisa mendapatkan Cover / Sampul Makalah yang Baik dan Benar dibawah ini :

Download Contoh Cover Makalah Disini

Panduan Membuat Kata Pengantar Makalah


kata pengantar makalah

Kata pengantar dalam makalah merupakan kumpulan paragraf berisi kalimat pembuka dari penulis atau pengantar yang ingin disampaikan penulis yang berkaitan dengan makalah. Kata pengantar sifatnya umum, tidak membahas topik tertentu, melainkan membahas secara keseluruhan hal menarik apa yang dibahas dalam makalah.

Ditulis secara singkat, jelas dan menarik, sehingga dengan membacanya orang akan tertarik melanjutkan untuk membaca makalah tersebut. Beberapa langkah menulis kata pengantar dalam makalah antara lain :

1. Dimulai dengan kalimat syukur, contohnya :

"Puji syukur kepada Allah SWT, karena atas rahmat-Nya makalah ini dapat diselesaikan dengan baik, serta ucapan terima kasih kepada pihak yang telah membantu dalam proses pembuatan makalah ini"

2. Deskripsi isi makalah secara umum

Setelah ucapan syukur, maka diteruskan dengan penjelasan isi makalah secara umum dan menyeluruh, sertakan kalimat menarik dan tidak bertele-tele.

3. Ucapan permintaan maaf

Ini bersifat opsional, karena bisa dimasukkan maupun tidak. Kata maaf pada dasarnya membuktikan bahwa penulis bukanlah mahluk sempurna yang terbebas dari kesalahan atas konten dan isi dari makalah yang dibuatnya. Oleh karena itu kata maaf sangat diperlukan dalam bagian akhir kata pengantar.

Download Contoh Pengantar Makalah Disini

Panduan Menulis Daftar Isi Makalah


membuat daftar isi makalah

Daftar isi dalam makalah merupakan bagian dari makalah yang mengandung dafar beberapa judul dan sub judul yang berada pada setiap bab. Biasanya daftar isi ini disertai dengan nomor halaman. Daftar isi digunakan pada karya tulis ilmiah seperti makalah, skripsi, thesis, dan karya ilmiah lainnya dan karya fiksi seperti novel.

Daftar isi berguna untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul dan sub judul dari sebuah karya tulis dan langsung mengetahui halaman yang akan dituju. Daftar isi mestilah memiliki nomor halaman, karena apabila tidak mengandung nomor halaman maka belum bisa memenuhi syarat sebagai sebuah daftar isi, melainkan hanya sebagai kerangka tulisan semata.

Pemberian nomor pada judul harus dibedakan untuk Kata pengantar, Abstrak dan Daftar Isi dengan menggunakan angka Romawi seperti dibawah :

KATA PENGANTAR …………………………..  i
DAFTAR ISI ………………………………  ii

Penomoran untuk bagian Judul Bab dan Sub Bab seperti BAB 1, BAB 2, BAB 3, dan Daftar Pustaka digunakan penomoran angka biasa, seperti dibawah ini :

BAB I PENDAHULUAN …………………………  1
    2.1. Latar belakang …………………………  1
BAB IV PENUTUP……………………………....   9
    4.1. Kesimpulan …………………………….  10
DAFTAR PUSTAKA………………………………  12

Disini perlu diperhatikan pemberian tab atau spasi pada sub judul yang berada dibawah judul bab, untuk mempercantik tampilan dan mempermudah penemuan nomor halaman. Baca petunjuk penomoran halaman otomatis menggunakan word. Selanjutnya kamu bisa mengunduh contoh daftar isi dibawah ini :

Download Contoh Daftar Isi Makalah Disini

Panduan Membuat  BAB I Pendahuluan



membuat bab 1 pendahuluan

Bab I Pendahuluan

Penulisan Bab 1 atau pendahuluan memiliki beberapa persyaraatan dan bagian di dalamnya yang mesti tertera. Kamu harus memperhatikan agar susunan kalimat dan isinya sesuai dengan kaidah penulisan makalah yang benar dan telah diatur oleh peraturan penulisan yang ada.

Bab 1 atau pendahuluan memiliki 3 sub judul, yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan pembuatan makalah. Namun beberapa penulis juga memberikan sub judul manfaat penulisan makalah untuk mengetahui seperti apa kontribusi makalah terhadap pembaca secara umum. Kamu bisa memulai membuat bab 1 atau pendahuluan dimulai dari bagian pertama :

Membuat Latar Belakang Makalah

Dalam menyusun latar belakang masalah dalam suatu makalah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, antara lain adalah :

Perhatikan inti permasalahan yang akan dibahas dalam makalah . Lakukan analisis permulaan dalam mengetahui permasalahan utama. Hal ini berfungsi supaya kamu dapat menyimpulkan fokus masalahnya.

Masalah utama merupakan masalah yang menurut kamu lebih dominan dan patut untuk dipecahkan melalui analisis, serta bersifat aktual. Masalah utama dalam makalah adalah masalah yang paling unik, bukan masalah yang tidak memerlukan analisis untuk memecahkannya.

Permasalahan juga harus faktual, artinya sesuai dengan yang terjadi dilapangan. Jangan membuat pemasalahan yang fiktif atau palsu. Masalah utama haruslah yang benar-benar terjadi. Kamu juga dapat menyusunnya dari masalah yang paling umum dulu kemudian baru masalah yang khusus.

Menulis Sub bab Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan sub  bab pendahuluan pada makalah yang berisi tulisan ringkas mengenai permalasahan yang sudah dipaparkan dalam latar belakang. Biasanya terletak pada bagian pertama makalah untuk menjelaskan masalah atau isu yang dibahas pada makalah.

Rumusan masalah akan menyimpulkan beberapa fakta dari masalah utama makalah, menjelaskan mengapa masalah tersebt penting untuk diangkat dan dibahas, serta menentukan solusi secepat mungkin dari hasil analisis yang dilakukan pada bagian pembahasan.

Menulis Sub bab Tujuan Makalah



panduan tujuan makalah

Tujuan makalah merupakan jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada bagian sub judul perumusan masalah. Maka dari itu,tujuan makalah haruslah bersifat jawaban atau pernyataan yang mendefinisikan maksud sebenarnya dari pembuatan makalah.

Download Contoh BAB 1 Pendahuluan Disini

Menulis Sub bab Penelitian Sebelumnya

Bagian ini bisa dimasukkan kedalam tinjauan pustaka ataupun pada bagian pendahuluan dalam makalah. Adapun manfaat penulisan makalah atau penilitian sebelumnya adalah agar penulis bisa memberikan rujukan kepada pembaca dalam menyediakan penilitian atau makalah yang memiliki topik, tema atau analisis yang sama dengan makalahnya.

Dalam sub bab ini juga penulis bisa menyatakan apakah makalah buatannya merupakan lanjutan atau penyempurnaan dari makalah sebelumnya yang dibuat olehnya atau orang lain dan memiliki kekurangan, sehingga pembaca tahu sumber atau referensi selengkapnya.

Sekarang, kita akan membahas metode pembuatan makalah dari Bab 2 sampai terakhir, yakni lampiran makalah.

Panduan Membuat BAB II Tinjauan Pustaka Makalah


membuat bab 2 makalah

Didalam sebuah makalah harus berisi bab dua yang biasa ditulis sebagai tinjauan pustaka atau studi literatur. Bab ini berguna untuk memberikan pernyataan dan sumber dari penulis dalam menyampaikan pembahasan di dalam makalah. Agar makalah dinilai sebagai suatu karya tulis ilmiah yang benar dan memiliki sumber rujukan yang dapat dipercaya.

Pada bagian bab ini akan diungkapkan pemikiran serta teori-teori yang akan di jadikan sebagai lkamusan teori atau lkamusan berpikir penulis dalam melakukan sebuah analisis atau pembahasan masalah.

Dalam teori yang disajikan pada tinjauan pustaka ini, penulis akan menyajikan hubungan antara beberapa konsep yang dipakai dalam menjelaskan masalah penelitian yang dilakukan. Sedangkan konsep-konsepnya dijelaskan melalui beberapa variabel yang akan dikaitkan dengan para penulis sebelumnya dengan tema atau topik yang sama.

Download Contoh Tinjauan Pustaka Makalah Disini

Panduan Membuat BAB III Isi Pembahasan Makalah



Membuat Pembahasan makalah

Bab ini berisi pembahasan dan kegiatan analisis data yang telah didapat dari berbagai metode penelitian, lalu diproses sehingga menghasilkan sebuah kesimpulan. Pembahasan atau hasil ini mengandung sub-bab yang paling orisinal dalam laporan penelitian termasuk makalah. Bagian ini merupakan bagian terpenting dari makalah atau tulisan karya ilmiah lainnya. Karena pada bagian ini penulis menjabarkan metode, cara dan proses analisisnya untuk memecahkan masalah.

Bab pembahasan bisa mengandung banyak sub bab, tergantung kebutuhan penulis dalam menjelaskan kepada pembaca mengenai pemecahan masalah pokoknya. Pada sub-bab ini, penulis wajib mengulas hasil penulisan atau penlitian yang diperolehnya secara konkret dengan menggunakan hasil analisis dan kajian empirik yang terdahulu.

Download Contoh Bab III Pembahasan Makalah Disini

Panduan Membuat BAB IV Penutup Makalah



Membuat BAB 4 Penutup Makalah

Bagian terakhir dari tubuh makalah. Biasanya berisi sub bab kesimpulan penulisan atau penelitian dan Saran serta kritikan. Isi dalam kesimpulan harus berupa analisis dari kajian pustaka dan juga interpretasi dari tema yang mana bentukanya dapat berupa implikasi (kesimpulan berdasar data) dan dapat juga berupa inferensi (kesimpulan berdasar referensi).

Kesimpulan makalah juga mesti dibuat dengan menggambarkan secara singkat isi dari karya ilmiah yang telah dijelaskan sebelumnya. Dalam membuat kesimpulan makalah atau karya tulis ilmiah lainnya, hindari menyimpulkan hal hal yang tidak dibahas dalam pembahasan makalah, atau menyimpulkan dengan bertele-tele dan terkesan monoton. Kesimpulan haruslah menarik dan mudah untuk dipahami pembaca.

Untuk menghasilkan penyajian makalah atau karya tulis ilmiah lain yang lebih berkualitas dan dapat mengikuti stkamur yang telah ditetapkan, maka penulis perlu memberikan saran yang bersifat membangun kepada pihak yang diinginkan. Kritik atau saran bisa juga berisi mengenai kekurangan dari makalah yang diharapkan bisa dilanjutkan penulisan dan penelitiannya kepada pembaca yang tertarik menggunakan topik atau alat analisis yang sama, demi penyempurnaan makalah tersebut.

Download Contoh Bab IV Penutup Makalah Disini

Panduan Menulis Daftar Pustaka



Menulis Daftar Pustaka

Setelah berhasil membuat bagian utuh dari makalah, maka seterusnya adalah kewajiban penulis untuk mencantumkan sumber dan referensi yang dikutip di setiap pernyataan makalah pada bagian Daftar pustaka.

Banyak penulis makalah yang kesulitan menerapkan penulisan daftar pustaka yang baik dan benar dalam akhir tulisannya. Tkamu baca dan urutan selama penulisannya menjadi momok yang membuat seseorang terburu malas untuk mencantumkan berbagai referensi sumber dari tulisannya. Memang hal paling utama adalah memperhatikan urutan abjad dan tkamu bacanya

Penulisan Daftar Pustaka dari Sumber Buku, dimulai dari Nama penulis ditulis paling awal. Cantumkan tahun terbit dari buku yang teman-teman gunakan sebagai referensi. Tuliskan judul buku referensi secara lengkap dengan italic. Kemudian mencantumkan kota penerbitan dan nama penerbit yang mencetak buku tersebut. Contoh :

Silver, John F. 2010. Succsess 4. Bandung: Indonesia Publishing House

Penulisan Daftar Pustaka dari Artikel Jurnal, Koran atau Majalah, tidak ada perbedaan signifikan antara penulisan daftar pustaka dari buku dan artikel dari jurnal. Hanya terdapat perbedan urutan, contoh :

Reza, Muhammad. 2016. “Pengembangan Website Informasi Kelapa Sawit Pedia” dalam JOM : Jurnal Online Mahasiswa UNRI Volume 1 (hlm. 123-129). Pekanbaru: Universitas Riau.

Penulisan Daftar Pustaka dari Internet,  ini yang paling sering ditulis dan paling sering salah. Karena era internet sekarang, maka penulis kebanyakan malas mengambil sumber dari jurnal maupun buku. Maka internet menjadi pilihan. Hanya saja, perhatikan situs yang hendak diambil referensinya. Jangan jadikan blog yang tidak jelas kredibilitasnya untuk menjadi sumber makalah.

Penulisan daftar pustaka dari internet dimulai dari nama, tahun penayangan, judul artikel, URl atau link dan waktu pengambilan. Sebagai contoh berikut mimin berikan :

Harahap, Reza. 2016. “Inikah Dampak Mematikan Pemanasan Global”, http://tekno.liputan6.com/read/2304179/inikah-dampak-mematikan-pemanasan-global, diakses pada 10 Februari 2016 pukul 10.27.

Download Contoh Daftar Pustaka Makalah Disini

Panduan Membuat Lampiran Makalah


lampiran makalah

Lampiran merupakan bagian terakhir dari makalah yang berisi daftar penjelasan yang berbeda, definisi, kutipan beserta bukti lain yang memberikan pemahaman yang lebih baik dari materi tertulis. Materi itu bisa berupa gambar, diagram, grafik, berita, bukti, kuisioner atau dokumentasi dari setiap kegiatan pembuatan makalah.

Nah demikian postingan kosngosan kali ini mengenai Cara Membuat Makalah Lengkap dengan Panduan Contoh dan Gambar. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat kalian yang sedang galau atau stress berkepanjangan menghadapi tugas kuliah atau sekolah yang kebanyakan disuruh membuat makalah. Bagikan tulisan ini bila kalian rasa cukup bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung ke kosngosan.

Buka Komentar