Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat WhatsApp

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat WhatsApp

Baca juga :

surat lamaran lewat wa

WA atau WhatsApp menjadi aplikasi chatting terbesar di dunia untuk saat ini. Mengirim file dalam bentuk pdf dan doc juga memungkinkan kamu untuk mengirim lamaran pekerjaan melalui chat wa. Tentu saja hal ini lebih praktis dan menghemat pengeluaranmu bukan? Nah kali ini kosngosan akan membahas mengenai tata caranya dan bagaimana format surat lamaran whatsapp tersebut. Simak pembahasannya dibawah ini.

Setiap pengangguran, tamatan sekolah dan lulusan sarjana/diploma memang mendambakan pekerjaan yang bagus, sesuai dengan passion dan ber gaji tinggi. Namun faktanya, sedikit sekali dari para pengangguran di Indonesia yang mempersiapkan diri untuk melamar pekerjaan secara serius.

Ada juga yang malas malasan dan menunggu relasi atau orang dalam dalam melamar pekerjaan dengan mengandalkan keluarga nya. Terlepas dari itu, bagi kalian yang memang berniat untuk mencari pekerjaan, maka mimin sarankan untuk membaca postingan kosngosan sebelumnya yaitu yang bertema "Cara Mendapatkan Pekerjaan cepat dari HRD disini"

Bekerja memang menjadi kebutuhan manusia. Namun kenyataan di lapangan membuktikan bahwa memang lowongan pekerjaan semakin sedikit sementara lulusan dari perguruan tinggi semakin banyak. Hal ini tentunya membuat saingan mu menjadi semakin banyak dari waktu ke waktu.

Baca lainnya : Cara Melamar Pekerjaan Lewat Line Jobs

Oleh karena itu mimin juga menyarankan bagi kalian yang memang benar-benar merasa bekerja sebagai karyawan bukan passion, maka kalian bisa menjadi wirausahawan atau enterpreneurs sukses yang memperkerjakan orang lain dan membuka lowongan pekerjaan baru.

Cara Melamar Kerja Lewat WhatsApp


surat lamaran lewat wa

Surat lamaran via whatsapp memang baru dan terdengar sedikit aneh. Karena biasanya masyrakat kita menggunakan wa untuk keperluan chatting dan komunikasi. Akan tetapi para HRD belakangan ini juga membuka perekrutan lewat jalur ini.

Begini kira kira alur dan prosedur yang harus kamu lakukan :

Langkah 1 :

Carilah lowongan pekerjaan di berbagai sumber seperti koran, portal berita online, situs penyedia loker, media sosial seperti facebook, instagram, kantor pos juga menanyakan langsung lewat perusahaan atau mengunjungi langsung bagian karir di website perusahaan targetmu.

Langkah 2 :

Setelah mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria dan persyaratan dari perusahaan tersebut, maka silahkan hubungi kontak person (biasanya nomor HRD) untuk menanyakan perihal pengiriman surat lamaran, apakah boleh mengirim surat lamaran lewat whatsapp atau tidak.

Biasanya untuk hal seperti itu sudah dicantumkan di persyaratan pengiriman. Namun tidak ada salahnya kamu coba tanyakan.

Langkah 3 :

Setelah memastikan pengiriman bisa dilakukan lewat whatsapp, maka kamu perlu mempersiapkan surat lamaran beserta dokumen pendukung (CV, Ijazah, Transkrip, dll) yang sudah pasti tertera pada pengumuman penerimaan.

Langkah 4 :

Untuk surat lamaran dan Curriculum Vitae biasanya dalam format doc atau pdf. Kemudian untuk dokumen seperti ijazah, transkrip nilai, kartu kuning, skck, sim, pas photo, dsb, bisa kamu scan dalam format jpeg. Usahakan size gambar tidak melebihi 500 kb agar tidak berat dikirim nantinya.

Langkah 5 :

Terakhir setelah kamu kirimkan semua berkas sesuai persyaratan yang diminta, maka tunggulah pengumuman hasil seleksi sembari berdoa dan melakukan hunting loker lainnya.

Kenapa? Karena menunggu untuk  1 jenis loker itu buang buang waktu. Kamu bisa melamar pekerjaan lain selagi menunggu pengumuman. Hal ini akan memperbesar kemungkinan kamu diterima.

Contoh lamaran kerja


Contoh Surat Lamaran Kerja Wa

Contoh Curiculum vitae


Contoh Daftar Riwayat Hidup WA

Setelah membaca pembahasan mengenai Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat WhatsApp, diharapkan kamu bisa segera membuat surat lamaran yang sesuai dan segera mencari lowongan pekrejaan secepat mungkin. Karena selain dikirim lewat wa, kamu juga bisa mengirim surat lamaran tersebut melalui kantor post atau po box, juga mengirim surat lamaran lewat email dan online.

Buka Komentar