Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat GMail dan Yahoo Mail

Gmail (Google Mail) dan YMail (Yahoo Mail) merupakan fasilitas email gratis milik google dan Yahoo banyak dipakai orang dalam setiap aktifitas di internet. Saat ini hampir semua orang memiliki akun email yang terintegrasi langsung dengan perangkat elektronik. Contohnya android menjadi salah satu sistem operasi yang juga sukses menjadikan teknologi ke dalam genggaman tangan.

Oleh karena itu bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan, kali ini kosngosan akan membahas seputar bagaimana Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Gmail Android lewat postingan kali ini.

Bagi kamu yang kesulitan mencari Pekerjaan, kali ini mimin akan share cara terbaru untuk mengirim surat lamaran melalui android. Cara ini mimin dapat dari berbagai sumber dan semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang cari Kerja.

Jangan mempercayai 100% dengan situs atau informasi yang ada di media sosial yang ada, cari informasi seakurat mungkin, supaya kamu tidak terkena tipu, karena saat ini tidak sedikit website dan media sosial yang pemiliknya melakukan penipuan. Karena kalau terkena penipuan, yang merugi adalah diri kamu sendiri.

Mengirim surat lamaran tentunya sudah tidak asing lagi bagi kamu. Untuk melamar kerja melalui email android ini ternyata lebih mudah dibandingkan secara langsung karena kamu hanya mengirim data dalam bentuk soft copy.

Jika melamar kerja secara langsung sobat kosngosan harus membuat berkas lengkap dan dimasukkan dalam satu Map. Melamar secara online salah satunya mengirim lewat gmail android juga terkadang hanya membutuhkan selembar CV (Curiculum Vitae) dan beberapa scan atau biasa kita sebut Biodata Diri untuk melengkapi administrasi.



Cara Mengirim Lamaran Kerja GMAIL


cara kirim surat lamaran gmail android

Mengirim surat lamaran lewat gmail sebetulnya sama saja dengan mengirim surat lamaran lewat gmail di android.

Hanya saja yang membedakannya adalah sobat kosngosan harus mempersiapkan data nya dan menyimpannya terlebih dahulu di penyimpanan hp atau juga bisa menyimpan di google drive.

Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melakukan beberapa langkah langkah nya seperti dibawah ini :

Langkah 1 :

Buka aplikasi Gmail Android. Aplikasi ini biasanya secara deafault sudah berada didalam smartphone mu, namun bisa tidak ada, kamu bisa langsung mendownloadnya dari google play secara gratis.

buka aplikasi gmail android

Langkah 2 :

Persiapkan terlebih dahulu berkas dokumen yang diperlukan, seperti curriculum vitae atau resume, surat lamaran, scan ijazah, transkrip nilai, pas photo, skck, surat kesehatan dan dokumen pendukung lainnya. Untuk scan, usahakan agar size gambar tidak lebih dari 500 kb, agar nantinya mudah untuk di apload.

Langkah 3 :

Hidupkan auto-sync dengan cara menekan tombol auto-sync atau kamu bisa mengaktifkannya di settings account milikmu, yang membuat gmail akan ter refresh dan memuat ulang email terbaru di inbox.

Langkah 4 :

Klik icon tulis pada bawah kanan. Setelah itu mulailah menulis email dengan memasukkan alamat email tujuan pertama kali. Isi subjek dengan "Lamaran Pekerjaan" atau bisa juga menambahkan posisi yang ingin dilamar pada bagian akhir.

tulis email

Langkah 5 :

Silahkan buka surat lamaran yang sudah kamu persiapkan, copy dan pastekan pada tubuh email. Karena surat lamaran tidak dilampirkan, akan tetapi dituliskan di dalam email. Berkas lainnya baru kemudian kamu lampirkan.

Langkah 6 :

Lampirkan dokumen seperti cv, scan transkrip nilai, ijazah dan lainnya. Cek kembali apakah ada berkas yang kurang atau salah dalam penulisan alamat email dan isi surat lamaran.

lampirkan dokumen

Selanjutnya adalah kamu harus menunggu pengumuman penerimaan seleksi karyawan. Bila alamat email yang kamu kirim benar, maka seharusnya sudah sampai dan tinggal menunggu proses seleksi selanjutnya. Biasanya kamu akan dipanggil (bisa dalam bentuk email, sms atau telepon) untuk mengikuti wawancara


Cara Kirim Lamaran Lewat Ymail




Selain google mail, ada juga yahoo mail yang terlebih dahulu populer pada tahun tahun dua ribuan. Kalau kamu adalah generasi milenial, pastinya sangat akrab dengan yang namanya yahoo grups, yahoo koprol dan produk yahoo lainnya. Semua itu akan terintegrasi dengan akun email dari yahoo yang bernama ymail.

Berikut cara mengirim lamaran kerja lewat yahoo mail :

Langkah 1 :

Login ke Yahoo Mail dengan mengunjungi alamat "mail.yahoo.com" kemudian masuk menggunakan alamat email mu dan masukkan juga password seperti biasanya

Langkah 2 :

Kemudian pada baris 'kepada', isi email tujuan atau penerima. Dalam hal ini masukkan alamat HRD perusahaan yang kamu dapatkan dari informasi lowongan kerja

Langkah 3 :

Lalu Isi 'judul' pesan yang akan dikirim dengan subjek "Lamaran Kerja - [Posisi yang dilamar]" dan seterusnya Kemudian tulis pesan di bagian bawah judul

Langkah 4 :

Apabila sobat kosngosan ingin melampirkan file berupa foto, dokumen, gif, dan lainnya maka bisa klik icon '+' di pojok kanan bawah layar. Ini sangat penting untuk melampirkan persyaratan dokumne lamaran kerja, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya

Langkah 5 :

Dan yang terakhir, klik 'kirim' di pojok kanan atas


Contoh Surat Lamaran Online yang Baik dan Benar


format surat lamaran gmail android

Surat lamaran juga memiliki aturan penulisan dan format yang mau tidak mau harus kamu patuhi supaya lebih mudah diterima oleh pihak perusahaan. Seperti dibawah ini :



Kamu bisa men-download format surat lamaran online disini


Kesimpulan


Melamar pekerjaan saat ini memang sangat dimudahkan dengan perkembangan zaman. Para HRD juga terbantukan dengan teknologi informasi, salah satu nya dengan memanfaatkan electronic mail yang dimiliki oleh google, yaitu gmail.

Bagaimana? semoga postingan Cara Mengirim Surat Lamaran Lewat Gmail Android ini membantumu dalam mencari dan menemukan pekerjaan yang kamu inginkan. Terimakasih telah menunjungi kosngosan. Silahkan bagikan tulisan ini kepada teman temanmu yang lainnya.
Oleh harahap reza