Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha

Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha

Baca juga :

cara pinjam uang pnm

Bagi kamu yang memiliki Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ingin mendapatkan kredit pembiayaan yang legal dan terpercaya, maka dapat melalukan peminjaman dana usaha ke Permodalan Nasional Madani. PNM merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang khusus memberikan bantuan modal untuk masyarakat yang ingin mengekspansi bisnisnya ke skala yang lebih besar. Bagaimana syarat dan prosedur peminjamannya ? Mari kita bahas dibawah ini.

Bagi kamu yang jarang mendengar PNM ini, ada baiknya kita bahas terlebih dahulu untuk menambah wawasan kalian mengenai salah satu perusahaan nasional ini. PT. Permodalan Nasional Madani didirikan oleh pemerintah atas dasar hukum Peraturan Pemerintah RI No 38/99 tanggal 29 Mei 1999.

Adapun tujuan utama pendirian dari BUMN ini adalah untuk membantu masyarakat dalam mengembangkan bisnis. Hal ini untuk merangsang tumbuhnya wirusahawan di berbagai kalangan. Selain dalam hal finansial UMKM, BUMN ini juga memberikan jasa pembinaan atau jasa manajemen bisnis.

Untuk mengembangkan dana dan tujuan mendiversifikasi dana yang ada, kemudian pada tahun 2009, perusahaan ini bekerjasama dengan perbankan dan pasar modal, sehingga penerapan prinsip akuntabilitas dan best practices dari sebuah perseroan terbatas bisa tercapai.

Cara Pinjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha


Ada banyak pertanyaan dari masyarakat awam mengenai bagaimana mekanisme peminjaman dana ke PNM. Dan kali ini kosngosan akan memberikan beberapa simulasi prosedur peminjaman dana sekaligus syarat apa saja yang harus dipenuhi bagi seorang pelaku UMKM.

Ada dua jenis kredit yang diajukan oleh PNM yaitu ULaMM dan Mekar. ULaMM  merupakan pelatihan khusus yang ditujukan kepada nasabah yang dilakukan melalui kantor cabang PNM di seluruh Indonesia. PNM telah menyiapkan dana kredit mulai dari 1 juta hingga dengan 200 juta, tergantung kebutuhan dan skala usaha nasabah.

Sementara untuk program Mekar merupakan upaya pemerintah dalam memberdayakan kaum perempuan. Mekaar dibuat untuk Untuk Wanita Pra Sejahtera dan didirikan pada tahun 2015 yang memberikan layanan bagi wanita pra sejahtera yang tidak memiliki modal untuk membuka usaha maupun modal untuk mengembangkan usaha mereka.

Syarat pengajuan kredit ULaMM


syarat kredit pnm

Sebelum mengajukan kredit usaha, kamu terlebih dahulu diwajibkan melengkapi berbagai dokumen untuk kepentingan administrasi diantaranya :


  1. Warga Negara Indonesia
  2. Fotocopy Jaminan (SHM/SHGB/SHGU/BPKB/Surat Kios/Akta Jual Beli)
  3. Surat Keterangan Usaha
  4. Fotocopy Kartu Keluarga
  5. Fotocopy Surat Nikah
  6. Fotocopy Rekening Listrik/Telepon dan PBB
  7. Usaha telah berjalan minimal 1 tahun
  8. Usia calon pengkredit minimal 21 tahun atau sudah menikah sampai umur 65 tahun pada saat jatuh tempo kredit
  9. Fotocopy KTP suami istri (bila telah menikah)

Prosedur pengajuan kredit ULaMM


cara kredit pnm

Berikut adalah beberapa langkah singkat pengajuan dana PNM untuk UMKM :


  • Mengajukan permohonan pembiaayaan modal ke kantor cabang PNM di daerah tempat tinggalmu. Pengajuan kredit ini membutuhkan minimal 10 orang untuk satu kelompok.
  • Menunggu hasil survey dari pihak PNM. Biasanya lama survey tergantung dari kelayakan usaha dan persyaratan yang sudah kamu lengkapi sepenuhnya.
  • Menjalani masa bimbingan dan pelatihan selama kurang lebih 5 hari
  • Pada tahap ini kepala cabang pihak PNM akan memberikan keputusan terkait pencairan dana.
  • Dana cair, maka gunakan dana tersebut untuk mengembangkan usaha kamu
  • Setelah dana cair, kamu diwajibkan untuk melakukan kredit dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kesepakatan.

Kesimpulannya, untuk pengajuan kredit di PNM membutuhkan kelompok yang setidaknya berisi 10 orang dalam melakukan bisnis UMKM. Seterusnya dana tidak langsung cair, tapi menunggu proses survei dan verifikasi oleh tim surveyor dari PNM.

Demikian artikel pembahasan kita mengenai Cara Meminjam Uang di PNM Untuk Modal Usaha secara mandiri. Semoga bisa membantu dan memberikan informasi bagi kalian  yang hendak membuka usaha atau pun melebarkan usahanya dengan bantuan dari pemerintah ini.

Buka Komentar