Cara Membuat Laporan Keuangan Bisnis Toko Online Sederhana

Cara Membuat Laporan Keuangan Bisnis Toko Online Sederhana

Laporan Keuangan Toko Online

Laporan keuangan merupakan bentuk pencatatan yang sangat penting untuk suatu bisnis. Bila kamu yang memiliki usaha nyata mungkin sudah sering menggunakannya sehari-hari, maka kali ini kosngosan akan memberikan panduan mengenai Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Online Sederhana. Karena bisnis online juga perlu adanya laporan keuangan, maka mari kita simak cara pembuatannya dibawah ini.

Ada banyak pemilik bisnis online yang sangat membutuhkan adanya laporan keuangan khusus untuk kegiatan penjualan online-nya agar keuangan dapat dikelola dengan baik serta teratur. Ini juga akan memudahkan pemilik bisnis tersebut dalam memahami kondisi keuangan usahanya secara jelas, sehingga bisa mengambil setiap keputusan berdasarkan kinerja penjualannya.

Dalam panduan membuat laporan keuangan toko online, pos-pos rekening aset/utang/modal disajikan beberapa contoh saja, selebihnya bisa Anda sesuaikan dengan kondisi bisnis online yang Anda jalankan.  Contoh pos-pos rekening aset antara lain kas, sediaan barang, piutang dagang, peralatan, barang inventaris, mesin, gedung, kendaraan, dan lain-lain

Panduan Singkat Membuat Laporan Keuangan Toko Online Sederhana


Karena laporan keuangan pada setiap bisnis itu perlu, termasuk bisnis online dengan sistem penjualan online seperti toko online dan market place. Dalam pembuatan laporan keuangan toko online, hampir sama dengan laporan keuangan lainnya. Hanya saja menyesuaikan dengan kebutuhan toko online yang ada.

laporan keuangan

Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa persamaan akuntansi umum tetap berlaku, yaitu Aset = Utang + Modal. Beberapa bagian laporan keuangan toko online meliputi Jurnal, Buku Besar, Laporan Penjualan, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas dan Neraca. Masing masing diantaranya akan dibahas dalam sub bab dibawah ini :

Membuat Jurnal


Jurnal merupakan tahapan pertama kalinya dalam membuat laporan keuangan toko online.  Jurnal merupakan catatan pembukuan yang isinya adalah kumpulan dari pos aset, utang, biaya dan pendapatan yang ditampilkan dalam kolom debet dan kredit dalam setiap periode tertentu.

Baca juga : Tips Belanja Online Bayar Tempat dan Gratis Ongkir Toko Online

Sumber data jurnal ini adalah dari dari bukti transaksi seperti invoice, faktur atau struk belanja. Baik jumlah kolom debet dan kolom kredit haruslah seimbang.

Jurnal
Toko Online Kosngosan
Per 31 Januari 2019

laporan keuangan toko online

Membuat Buku Besar


Buku besar merupakan jenis catatan pembukuan yang menampilkan ringkasan debet dan kredit pada setiap pos rekening aset, utang dan modal.  Buku besar dibuat per pos rekening supaya memudahkan perhitungan. Kamu bisa membuat buku besar seperti dibawah ini :

Buku Besar
Toko Online Kosngosan
Pos Rekening Kas


laporan keuangan toko online

Membuat Laporan Arus Kas


Laporan ini merupakan jenis laporan yang memberikan informasi seputar arus kas masuk dan arus kas keluar bisnis toko online kamu pada suatu periode waktu tertentu, bisa saja per minggu, per bulan atau per tahun.

Arus kas masuk dapat diartikakan sebagai pendapatan toko online, sementara arus kas keluar merupakan pengeluaran biaya toko online. Dasar yang digunakan untuk membuat laporan ini harus berasal dari mutasi debet dan kredit rekening tabungan di bank.

Laporan Arus Kas
Toko Online Kosngosan
Per 31 Januari 2019

laporan keuangan toko online

Membuat Laporan Penjualan


Jenis laporan penjualan ini merupakan jenis catatan pembukuan yang menampilkan transaksi penjualan usaha selama periode waktu tertentu seperti per minggu, per bulan atau per tahunnya.

Laporan Penjualan
Toko Online Kosngosan
Per 31 Januari 2019


Membuat Laporan Rugi Laba


Jenis laporan ini merupakan laporan yang menampilkan kondisi keuangan suatu bisnis toko online yang berupa pendapatan, harga pokok penjualan serta biaya pada periode waktu tertentu sehingga diketahui apakah usaha toko online tersebut mengalami keuntungan atau kerugian. 

Laporan Rugi Laba
Toko Online Kosngosan
Per 31 Januari 2019

laporan keuangan toko online

Membuat Neraca


Neraca merupakan jenis laporan keuangan yang menggambarkan kondisi keuangan dan posisi kekayaan bisnis toko online kamu pada periode waktu tertentu, misalnya per bulan atau per tahun.  Laporan ini disusun berdasarkan bagian aset, utang dan modal. Aset berada di posisi debet (kiri).  Utang dan modal berada di posisi kredit (kanan).  Jumlah antara debet dan kredit harus seimbang.  Untuk pos pos neraca disesuaikan kondisinya dengan bisnis toko online yang kamu miliki.

Neraca
Toko Online Kosngosan
Per 31 Januari 2019

laporan keuangan toko online

Pada dasarnya laporan keuangan akuntansi toko online diatas mengadopsi pada laporan keuangan akuntansi pada bisnis biasa, hanya saja untuk detail dan penggunaan unit per unitnya disesuaikan dengan kebutuhan toko online yang kamu punya.

Menggunakan Aplikasi untuk Membuat Laporan Keuangan Toko Online


Ada banyak sekali aplikasi windows yang bisa membantu kamu untuk mengelola bisnis toko online mu. Peran aplikasi ini sudah pasti akan memudahkan proses perhitungan akuntansi menjadi secara otomatis. Berikut adalah jenis jenis aplikasi akuntasi yang bisa kamu coba :

Daftar Software Akuntansi Premium :


  • MYOB
  • Easy Accounting System (EAS) 
  • Accurate
  • SISCOM Accounting Software
  • Zahir Accounting
  • Jurnal Accounting
  • SISCOM Accounting Software


Daftar Aplikasi Akuntansi Gratis :


  • GNUCash
  • SQL Ledger
  • Turbo Cash
  • Apache OFBiz
  • HomeBank


Demikianlah pembahasan mengenai Cara Membuat Laporan Keuangan Toko Online Sederhana kali ini, semoga bisa membantu rekan rekan sekalian dalam membuat laporan keuangan dengan lebih baik. Bila merasa tulisan ini bermanfaat, silahkan bagikan kepada teman teman pengusaha lainnya. Salam sukses.

Buka Komentar