Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Tujuan Kemasan Produk Kerajinan

Sebutkan tujuan kemasan produk kerajinan! Pengemasan (packaging) sangat penting untuk pengembangan suatu produk, promosi dan melindungi dari gangguan luar. Ketika kamu hendak menjual barang kepada konsumen, kamu tidak bisa menjual produk secara apa adanya tanpa pengemasan

Ada teknik pengemasan yang harus dilakukan supaya customer tertarik untuk membeli. Kali ini kosngosan akan membahas mengenai beberapa manfaat yang harus kamu ketahui yang berhubungan dengan pentingnya packaging atau pengemasan

Jelaskan yang dimaksud pengemasan produk? ini adalah suatu kegiatan merancang serta memproduksi suatu wadah pembungkus terhadap produk komersial, dalam rangka untuk menarik perhatian, memberikan nilai plus terhadap konsumen dan juga memudahkan dalam membedakan beberapa produk yang bentuk dan mutunya sama.

Apa tujuan kemasan produk kerajinan dari bahan limbah lunak? Pengemasan dari bahan daur ulang seperti plastik bisa mengurangi limbah lunak yang merusak lingkungan. Selain itu, kemasan berguna untuk melindungi produk, sebagai wadah informasi, branding dan tanda pengenal kepada pembeli


Tujuan Kemasan Produk Kerajinan

contoh tujuan kemasan produk

Baiklah, langsung saja, mimin kosngosan akan membahas mengenai beberapa alasan yang membuat seorang enterpreneur dalam melakukan pengemasan produk mereka. Kamu juga perlu baca cara menghitung modal akhir usahadisini

Berikut tujuan utama pengemasan produk kerajinan tangan adalah :


Memberikan Identitas pada Produk

Pentingnya pengemasan pada suatu produk adalah karena kemasan tersebut dapat mencerminkan kualitas dari produk tersebut. Jika kemasan seadanya dan tidak tertata rapi maka orang-orang pun akan berpikir, jika kemasannya saja tidak dijaga, bagaimana isi dalamnya?

Itulah pentingnya mengemas produk dengan baik dan bagus. Karena dengan mengemas dengan baik maka akan terjalin hubungan baik dan kelancaran bisnis antar konsumen dan produsen. Selain itu pengemasan juga memberikan kesan bagus bagi perusahaan yang memproduksi produk tersebut.

Dengan mengetahui nama produk dan nama perusahaan akan memudahkan calon pembeli untuk membandingkan produk yang satu dan lainnya.

Nama brand dari produk yang tercantum di kemasan sangat mempengaruhi untuk semua calon pembeli. Sehingga nama ini akan memudahkan untuk mengingat produk ini di lain waktu jika terjadi ketidak puasan atau tertarik untuk membeli lagi.


Memberikan Kesan Positif

Dengan mengemas produk dengan baik dan rapi maka jika produk anda memiliki kualitas yang baik dan orang-orang atau pembeli akan mengingat bentuk kemasan, warna kemasan dan tulisan dari kemasan produk yang dibuat.

Hal ini memungkinkan para pembeli melakukan pembelian yang lain lagi atau berkelanjutan. Atau mungkin saja calon pembeli akan mencari produk dengan nama yang sama, jika menyukainya. Kemasan yang bagus juga akan memberika kesan yang baik bagi pembeli


Menjaga Kualitas Produk Tetap Aman

Kualitas dari produk akan terlihat dari cara pengemasan dan bentuk kemasannya. Kemasan yang baik dan aman akan menjaga produk sobat kosngosan tetap aman.

Contohnya seperti bisnis berupa barang pecah belah (piring, gelas, mangkuk dll). Jika kemasannya tidak bagus dan aman maka sesampainya di tangan pembeli, produk yang sampai hanyalah pecahan kaca yang sudah tidak bisa terpakai lagi.

Sehingga pembeli pun akan memberikan nilai yang buruk kepada perusahaan dan produk kamu. Ini pentingnya memberikan kemasan dengan baik dan bagus, karena setiap produk yang berbeda maka cara pengemasannya juga akan berbeda. Tergantung jenis produk yang akan dikemas.


Melindungi Produk dari Gangguan Luar

Fungsi utama dari pengemasan yang baik adalah untuk melindungi dan menjaga supaya produk tidak mudah kotor, tergores, rusak atau basah.

Sehingga apabila dilakukan pengiriman produk ke tempat yang jauh sekalipun, jika kemasan produk baik dan bagus maka akan sampai ke tangan pembeli atau konsumen dengan selamat tanpa cacat.

Saat dalam perjalanan produk memiliki potensi untuk terjatuh, jika kemasan pada produk anda baik dan bagus maka produk kamu akan aman, meski terjatuh


Bisa Menambah Daya Tarik

Jika kemasan yang kamu gunakan memiliki desain yang unik dan menarik akan menambah keinginan produsen untuk membeli produk kamu meski sedang tidak membutuhkan. Sehingga pentingnya mengatur kemasan produk sacara kreatif dan inovatif.

Rata-rata pembeli yang menemukan kemasan produk yang bagus dan cantik, maka kemasan tersebut tidak akan dibuang dan disimpan. Kemasan yang menarik perhatian dapat memikat konsumen supaya membeli produk kamu.


Pengemasan jadi Media untuk Promosi

Selain menjaga produk tetap baik dan aman, pengemasan yang bagus juga bisa sebagai metode promosi dengan memberikan sejumlah informasi berupa nama produk, alamat online shop, cara memesan, nomor yang bisa dihubungi

Mungkin juga seperti informasi tentang manfaat dan keunggulan produk dapat menjadi salah satu jalan untuk promosi kepada calon pembeli. Membuat informasi yang unik dan tidak memenuhi kemasan pada produk supaya tidak terlihat membosankan untuk dibaca.

Selain itu kemasan yang unik ini dapat membuat konsumen untuk mengambil gambar dan mengunggahnya ke media sosial. Cara ini merupakan salah satu sarana marketing yang penting dan dapat diketahui banyak orang. Inilah kenapa kemasan yang bagus harus dibarengi dengan produk yang bagus juga.


Menjaga Keawetan dan Terhindar dari Kotoran

Kemasan yang dilipat rapi dan bersih akan otomatis memberitahukan kepada calon pembeli bahwa produk tersebut terjaga kemurniannya, higenis dan terhindar dari bakteri dan kuman.

Selain itu, pengemasan dengan kemasan steril akan membantu produk sobat kosngosan untuk lebih awet karena terhindar dari bakteri pengurai yang bisa menyebabkan pembusukan lebih cepat dari umumnya.


Memberikan Kepercayaan Konsumen

Memberikan kemasan yang aman akan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan bagi konsumen. Pada online shop saat ini jika produk sampai dengan aman tanpa rusak akan membuat para pembeli tidak perlu berpikir lagi jika ingin membeli kebutuhan lainnya di toko yang sama.

Kemasan yang bersih juga akan memberikan kepercayaan bagi konsumen saat memilih untuk membeli produk kamu.


Memberikan Perbedaan dengan produk Lain

Jika suatu saat nanti produk yang kamu buat sama dengan produk orang lain, kamu bisa menanggulanginya dengan membedakan warna atau bentuk di kemasan produk kamu. Buat kemasan produk kamu lebih istimewa sehingga calon konsumen akan lebih tertarik dengan produk kamu.


Kemasan Memudahkan Penataan Produk

Pada beberapa toko atau minimarket yang memiliki gudang penyimpanan terbatas akan lebih memilih produk dengan kemasan yang mudah ditata dan ditumpuk.

Cara ini bisa membantu supplier untuk mengatur tempat menjadi lebih efisien. Selain itu pengemasan yang baik akan mempermudah dalam pengangkutan dan membawa pulang oleh konsumen.


Kemasan Berguna untuk Menampung

Ibu-ibu biasanya akan mencari dan membeli produk yang memiliki kemasan dengan bentuk yang awet supaya bisa digunakan menjadi tempat barang lainnya jika produk sudah habis.

Hal ini merupakan salah satu trik untuk menarik pembeli di kalangan ibu-ibu untuk membeli produk dengan kemasan yang bisa dipakai kembali.


Desain Kemasan dengan Ilustrasi dan Layout

Desain kemasan produk sobat kosngosan yang memiliki warna yang mewah, bentuk dan gambar yang lucu akan secara tidak langsung mempengaruhi emosional dari para calon pembeli. 

Selain itu pemilihan warna dan bentuk kemasan pada produk memberikan peran penting terhadap larisnya produk.

Selain itu memberikan perubahan bentuk kemasan secara berkala tanpa merubah tampilan asli akan membuat produsen mendapatkan reaksi baru dari produsen.


Kemasan Mempengaruhi Standar Perusahaan

Dengan kemasan yang buruk maka perusahaan juga akan mendapatkan akibatknya, pun sebaliknya jika kemasan pada produk baik dan aman maka perusahaan akan aman. Selain itu kemasan yang diberikan harus sesuai dengan kualitas produk.

Tidak hanya memperbaiki dan memperindah kemasan saja, namun harus seimbang dengan produk yang baik juga. Hal ini harus sejalan dengan harga yang diberikan perusahaan terhadap produk tersbut.


Mempengaruhi Keputusan Pembeli

Informasi yang dicantumkan dalam kemasan produk akan mempengaruhi keputusan pembeli. Informasi yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat dari produk maka akan menarik pembeli untuk mengambil produk kamu.

Informasi manfaat pada produk juga harus sesuai dengan jenis produk. Misalkan produk berupa Lulur maka jelaskan informasi yang sesuai yaitu manfaat lulur dari produk kamu.


Kemasan Sebagai Wadah untuk Produk

Selain melindungi produk, kemasan juga berfungsi sebagai wadah bagi produk supaya tidak tercecer dan berantakan. Kemasan sangat berguna untuk memberikan bentuk terhadap produk, membuat konsumen menjadi familiar dengan bentuk dan wadah tersebut.

Baca juga : Contoh Industri Kecil dan Menengah


Penutup

Well, teman teman yang saat ini hendak memulai bisnis menjual produk, sangat penting sekali untuk mengenai bahwa kemasan atau packaging adalah sesuatu yang krusial. Tampilan dalam produk, sangat mempengaruhi daya minat pembeli.

Dengan kemasan yang bagus, mereka akan tersugesti dalam membeli produk mu yang berdampak positif terhadap penjualan nantinya.

Demikian beberapa pembahasan kita mengenai beberapa alasan Pentingnya Pengemasan dalam Produk dari kosngosan.com.

Jangan lupa untuk share atau bagikan postingan ini melalui account sosial media kalian masing masing ya. Dan pada akhirnya kami mengucapkan terimakasih sudah berkunjung. Jangan lupa bookmart halaman blog ini untuk web browser mu!

Reza Harahap
Reza Harahap Reza Harahap adalah owner kosngosan. Suka belajar bisnis, finansial, ekonomi, pendidikan dan pekerjaan. Sembari membagikan ide usaha untuk entrepreneur. Blog ini berisi rencana bisnis, strategi investasi, persiapan keuangan dan lainnya