Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

45 Contoh Industri Kecil dan Menengah di Indonesia

Apa saja contoh industri kecil dan industri menengah yang ada di Indonesia? Negara kita menempati posisi negara berpengaruh secara ekonomi peringkat 16 dunia, jadi tak heran bila sobat kosngosan mendapati segala macam jenis kegiatan produksi dan dagang yang diatur dalam peraturan menteri. Salah satu kegiatan yang diatur dalam permen tersebut adalah IKM atau kepanjangan dari ‘Industri Kecil dan Menengah’.

Sesuai dengan namanya, IKM hanya berfokus pada kegiatan perindustrian yang berkaitan dengan produksi barang. Berbeda dengan UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang lebih menekankan pada distribusi produk.

Meskipun fokus dari dua kegiatan ini berbeda, namun IKM dan UKM saling berkaitan karena pelaku industri tidak dapat memasarkan barangnya dengan baik bila tidak dibantu dengan UKM. Bila dilihat dari segi kuantitas, Industri Kecil memiliki jumlah pekerja maksimal 20 orang dengan nilai investasi kurang dari 1 miliar. Berbanding terbalik dengan Industri Menengah yang mempekerjakan lebih dari 20 orang dengan range invest 1-15 miliar.


Contoh Industri Kecil Menengah Indonesia

contoh industri kecil menengah

Berdasarkan judul yang sudah kalian baca sebelumnya, artikel dibawah ini akan menjelaskan contoh industri kecil dan menengah yang ada di Indonesia, mungkin Contoh BUMD di Indonesia bisa saja punya produksi dibidang ini, dan menjadi penopang perekonomian :


Industri Pembuatan Bata

Bata yang terbuat dari tanah liat, bata ringan atau batako menjadi kebutuhan untuk membangun rumah atau bangunan permanen.

Salah satu inovasi terbaru yang bisa dicoba adalah bata interlock yang di press menggunakan alat khusus dari berbagai bahan. Industri ini terbilang masih dalam skala kecil dan menengah dan banyak ditemukan di indonesia


Industri Kreatif

Industri kreatif adalah industri yang berhubungan dengan produk jasa atau digital yang dihasilkan oleh kemampuan seperti editing, desain, translate dan sebagainya.

Biasanya industri kreatif erat kaitannya dengan bidang promosi dan branding. Para konten creator seperti blogger, youtuber, tiktoker, desainer, editor video atau gambar dan sebagainya menghasilkan produk yang bernilai dan dibutuhkan oleh pasar


Industri Digital

Industri digital sangat hype belakangan ini. Penggunaan teknologi digital seperti aplikasi menjadi semakin penting. Industri digital juga mengarah pada aplikasi seperti Gojek yang memiliki 20 layanan

Atau Tokopedia dan Shopee yang tidak hanya e-commerce tetapi juga menjual makanan siap saji dan pembayaran tagihan yang sering sobat kosngosan pakai.

Sinergi dari aplikasi ini di industri digital bisa meningkatkan economies of scale, pada akhirnya akan menurunkan biaya transaksi dan produksi.


Industri Pengolahan Limbah

Industri pengolahan limbah adalah industri yang mengolah limbah seperti plastik, sampah dan bahan sisa lainnya untuk diolah menjadi sesuatu yang bernilai.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari jasa pengolahan limbah, sekarang pemerintah sedang mendorong waste to energi. Industri pengolahan limbah menjadi energi bisa menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki dan bisa mendukung terwujudnya keinginan tersebut secara global


Industri Konveksi

Industri konveksi adalah perusahaan yang cukup menjamur di berbagai daerah di Indonesia. Pesatnya pertumbuhan tempat ataupun pusat belanja di Kota seperti Factroy Outlet dan Distro sebagai agen distribusi dari industri konveksi.

Persaingan industri konveksi terutama produksi pakaian sangat tinggi. Sehingga membuat perusahaan harus cepat dan tepat dalam melihat apa yang dibutuhkan oleh pasar dan konsumen. Permintaan produk konveksi juga akan semakin tinggi kedepannya, karena tingginya minat belanja pakaian online di Indonesia


Industri Peralatan Olahraga

Industri alat olahraga adalah salah satu bagian penting untuk menghasilkan fasilitas sarana prasana olahraga di dalam negeri. selain itu produk yang dihasilkan juga bisa menjadi media untuk pembinaan dan pengembangan olahraga nasional.

Industri alat olahraga termasuk dalam kategori industri aneka yang merupakan salah satu sektor dari sepuluh industri prioritas nasional yang peningkatannya di support oleh pemerintah


Industri Batik

Menurut pasal 40 UU Hak Cipta, batik merupakan karya cipta yang telah dilindungi dan dipatenkan oleh pemerintah, sehingga setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai hari batik nasional.

Untuk memenuhi permintaan pasar, industri batik kian berkembang di beberapa daerah. Mulai dari skala home produksi hingga skala besar seperti pabrik. Pembuatan kain batik juga bervariasi tekniknya, batik yang diproduksi dalam jumlah besar biasanya menggunakan teknik printing mesin.

Berbeda dengan kain batik yang sifatnya ‘eksklusif’ atau terbatas, proses pengerjaanya memakan waktu yang cukup lama dan masih menggunakan cara manual atau dilukis dengan canting.


Industri Sutra

Fashion memang telah menjadi pelengkap kebutuhan sekunder masyarakat sejak dulu, mungkin pada era-era tertentu kain sutra hanya diminati segelintir kalangan saja karena harganya yang cukup pricy.

Namun, sekarang kita dengan mudahnya menemukan serba-serbi keperluan harian yang terbuat dari kain sutra seperti sarung bantal, dress, hijab hingga mukenah. Beberapa daerah di penjuru negeri juga banyak yang memproduksi sutra alam diantaranya Garut, Sukabumi, Sopeng, Gorontalo dan Pati.


Industri Tenun

Menenun adalah kegiatan membuat barang-barang dengan cara ditenun atau diikat. Kain tenun memang tak dapat dipisahkan dari tradisi daerah

Maka setiap daerah cenderung memiliki keunikan tersendiri dalam motif tenun seperti beberapa tenun khas Sumba yang bermotif hewan, tenun ulos dari Sumatra Utara dengan dominasi warna merah dan hitam, hingga tenun lurik dari Jawa Tengah yang bergaris-garis.

Cara produksi kain tenun juga kebanyakan secara tradisional dengan memakan waktu berbulan-bulan, tetapi sekarang ini untuk produksi masal kain tenun, sobat kosngosan dapat melakukannya menggunakan mesin.


Industri Tas

Saat kita hendak bepergian tentu saja item yang satu ini akan selalu menjadi pelengkap penampilan dan berfungsi sebagai tempat penyimpanan barang.

Mode tas juga semakin berkembang dan inovatif, mulai dari kontemporer hingga kasual. Tas-tas yang terbuat dari bahan kulit umumya memiliki desain yang kasual dan simple, kota-kota seperti Sidoarjo, Garut, Yogyakarta dan Magetan bahkan dikenal sebagai pusat industri tas kulit dengan kualitas mendunia.


Industri Sabun

Barang yang satu ini sudah termasuk kedalam kebutuhan pokok yang harus ada dirumah maupun saat bepergian.

Dalam sehari, perusahaan penghasil pabrik dapat menghasilkan kurang lebih 200-300 pcs sabun per produksi. Berbeda dengan sabun hasil produksi rumahan yang sehari hanya bisa menghasilkan 20-30 pcs saja.

Tentunya kedua produk ini memiliki kelebihan masing-masing, untuk sabun produksi pabrik mudah ditemukan dan berharga lebih murah dan sabun buatan rumah memiliki wangi yang authentic dan biasanya terbuat dari bahan-bahan alami.


Industri Keramik

Karena produk yang terbuat dari keramik dapat dibuat menjadi aneka barang pecah belah yang berguna untuk serba-serbi keperluan rumah tangga seperti gelas, piring, mangkok hingga hiasan ruang tamu.

Sumber daya alam melimpah untuk pembuatan keramik seperti pasir silika, dolomit, tanah liat dan batu granit menjadi fokus utama Kemenparin untuk mendukung sektor ini agar memenuhi pasar internasional dan domestik.


Industri Hijab

Indonesia menjadi salah satu kiblat fashion muslim terutama bagi kalangan wanita yang menggunakan hijab.

Sama seperti pakaian lainya, hijab mengalami perkembangan mode dan permintaan tinggi. Konveksi hijab juga makin menjamur untuk memenuhi kebutuhan pasar.


Industri Kerajinan Kayu

Dikenal sebagai negara dengan ekspor kayu terbesar membuat Indonesia menjadi kreatif dalam pengolahan kayu diantaranya tatakan gelas, vas bunga, standing hanger, gelang kayu dan lampu hias.

Produksi kerajinan kayu yang biasanya berkaitan dengan etnis dan ukiran khas daerah membuat produk ini digemari hingga ke mancanegara.


Contoh Industri Makanan

contoh industri makanan

Industri Mie

Industri mie kini banyak didukung oleh pemeritah salah satunya adalah PT. Hayumi Agro Indonesia yang memprouksi tepung porang.

Nantinya tepung ini dapat digunakan sebagai bahan baku pengolahan mie shirataki yang terkenal sebagai mie diet yang rendah kalori namun mengenyangkan.


Produk Susu

Selain fresh milk, produk IKM yang dapat sobat kosngosan temui adalah hasil olahan susu seperti keju. Kemenperin pada tahun lalu juga turut serta mendukung iklim kerja IKM yang berskala international dengan menciptakan produk pangan tanpa bahan pengawet, pewarna dan aman dikonsumsi.

Jenis-jenis keju yang sudah banyak dikembangkan di pasaran seperti gouda, chevre dan halloumi dan grated cheese.


Industri Keripik

Merupakan jenis camilan yang digemari dan mudah diolah menjadikan keripik menjadi salah satu produk unggulan yang dihasilkan IKM. Karena bahan baku pembuatanya bisa berasal dari nabati misalnya labu, pisang, apel, nangka hingga jengkol.

Ada pula keripik hewani yang berbahan baku usus ayam, kulit ikan, hingga daging ikan. Saking populernya makanan ini, bahkan setiap daerah terkadang memiliki ‘signature keripik’ nya masing-masing.


Industri Cake

Even-even seperti kumpul keluarga atau hanya sekedar bersantai sore tak lengkap rasanya bila tak ditemani dengan kudapan manis.

Cake biasanya sering disajikan pada momen-momen seperti ini, peminat dari makanan ini juga lintas generasi dari anak-anak hingga lansia.

Terkadang setiap kota memiliki cake sendiri yang menjadi ciri khas oleh-olehnya seperti lapis kukus pahlawan yang berasal dari Surabaya dan talas cake yang berasal dari Bogor.


Industri Mochi

Kudapan ini awal mula nya berasal dari negeri Sakura dan mulai dikenal di berbagai negara termasuk Indonesia.

Terbuat dari tepung ketan membuat mochi terasa kenyal dan lembut saat dimakan. Dahulu, varian original dari mochi hanya berisi kacang merah diselimuti lapisan berwarna putih.

Sekarang rasa mochi sudah sangat beragam dengan isian aneka buah, umbi-umbian, ice cream hingga varian rasa asin seperti keju dan abon banyak dijajakan.


Industri Dodol

Bila Jepang punya mochi, Indonesia punya dodol sebagai maskot kudapan tradisional. Kedua produk tersebut memiliki kesamaan tekstur yakni kenyal, karena pada dasarnya baik mochi maupun dodol terbuat dari tepung ketan.

Akan tetapi, untuk tampilan warna dodol sendiri tidak begitu menarik disbanding mochi. Eits, tapi soal rasa.. jangan ditanya.. dodol memiliki rasa yang lebih gurih dan kaya rasa karena bahan pembuatanya menggunakan santan, rempah seperti jahe dan sari buah.


Industri Kecap manis

Bahan tambahan pangan satu ini memiliki perpaduan manis disertai sensasi gurih yang pas membuat kecap sobat kosngosan gemari dan banyak digunakan dalam berbagai masakan seperti nasi goreng, mie goreng, bakso, soto, dan masih banyak lagi.


Industri Tempe dan Tahu

Tahu dan tempe adalah makanan pokok yang sangat sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Hampir seluruh kedelai yang ada di indonesia baik kedelai import atau pun lokal banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan Tahu dan Tempe.

Industri ini biasanya dalam skala kecil atau menengah. Kebanyakan kedelai lokal lebih disukai oleh produsen sebagai bahan Tahu sedangkan kebanyakan untuk kedelai impor digunakan sebagai bahan baku tempe.


Industri Cokelat

Pembuatan cokelat menjadi produk camilan atau minuman banyak ditemui di Indonesia sebagai skala kecil dan menengah.

Cokelat merupakan produk dari pengolahan biji kakao baik dengan tambahan atau tanpa gula, dengan tambahan atau tidak menggunakan penambahan berbagai rasa dan zat aromatik. Tergantung pada komposisi dan kualitas pemrosesan, cokelat bisa memiliki rasa yang berbeda


Industri Minuman Beralkohol

Industri Minuman Beralkohol merupakan sekumpulan perusahaan yang hasil produksinya berupa minuman beralkohol yang dipasarkan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Industri Minuman Beralkohol ini termasuk industri yang perlu diawasi dan dikendalikan karena dampaknya yang bisa mengganggu ketenteraman dan ketertiban masyarakat. Kewenangan pembinaan industri minuman keras dibawah pengawasan Direktorat Jendral Industri Kimia


Industri Gula Pasir

Kebutuhan gula nasional semakin meningkat, sedangkan dalam negeri baru tidak bisa memenuhi kebutuhan nasional. jadi kebanyakan gula itu impor dari luar negeri. Tebu menjadi salah satu tanaman yang dikembangkan untuk bahan baku gula pasir konsumsi.

Tebu ini termasuk jenis rumput-rumputan dan dapat tumbuh hingga tiga meter di kawasan yang mendukung. Hasil dari pengolahan tebu inilah yang menjadi gula dan bisa dikonsumsi untuk kebutuhan sehari hari


Industri Minyak Goreng Sawit

Minyak goreng sawit (MGS) adalah komoditas wajib yang sering dipakai untuk memasak bagi masyarakat Indonesia.

Ada dua jenis minyak goreng sawit, yaitu minyak goreng dalam kemasan dan juga minyak goreng curah. Minyak goreng curah adalah jenis minyak goreng berbahan baku sawit yang dijual kepada konsumen tidak dalam kemasan dan tanpa label atau merek dan harganya lebih murah dibanding minyak goreng kemasan

Beberapa contoh industri lainnya dari berbagai bidang yang bisa sobat kosngosan jadikan sebagai referensi dalam pembahasan kali ini, antara lain sebagai berikut :

  • Pabrik Kantong plastik atau kresek
  • Pertanian organik (seperti sistem hidroponik dan aeroponik)
  • Pembuatan masker
  • Pembuatan pulpen dan pensil
  • Pembuatan Lilin
  • Pembuatan Tissue siap pakai
  • Pembuatan Cat dan pewarna
  • Industri Pulp dan Kertas
  • Pengolahan Kayu dan Rotan

Baca juga : Contoh Usaha Ekstraktif di Indonesia


Penutup

Industri adalah kegiatan yang sangat penting untuk menopang segi perekonomian suatu negara. Perlu kamu ketahui juga jika suatu perusahaan menghasilkan 2 varian produk atau lebih, maka produksi utama perusahaan tersebut adalah komoditi yang paling banyak kuantitasnya yang mampu dihasilkan.

Demikian beberapa informasi yang mungkin bermanfaat untuk kalian. Jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke teman teman mu lewat sosial media ya

Oleh rezaharahap