Panduan Menggunakan Mi Remote TV di HP Xiaomi Semua Tipe

Panduan Menggunakan Mi Remote TV di HP Xiaomi Semua Tipe

setting mi remote tv xiaomi

Bagi para pengguna Smartphone Xiaomi, tentunya pasti sudah tidak asing lagi dengan fitur Mi Remote bukan? Namun untuk pertama kali memakainya, diperlukan kalibrasi yang tidak jarang membuat kita sedikit kebingungan. Untuk itu lah kali ini kosngosan akan membahas mengenai bagaimana Cara Setel Mi Remote TV HP Xiaomi Lengkap Semua Jenis. Mari simak langkah nya dibawah ini.

Ada banyak varian HP Xiaomi yang diberikan fitur Mi Remote, katakan saja yang paling populer dan berada di level medium kebawa adalah Xiaomi Redmi 4A dan 4x yang masing masing memiliki spesifikasi yang mumpuni di kelasnya.

Sangat menarik memang fitur Mi Remote ini. Tatkala remote biasa yang sering rusak atau hilang, maka hp xiaomi yang support dengan fitur ini bisa menjadi solusi yang paling praktis. Cukup dengan setel beberapa langkah dan kamu sudah bisa mengganti program dan volume menggunakan fitur ini.

Fitur Mi Remote sebenarnya adalah bentuk pengembangan dari teknologi infrared. Bila kamu tidak cukup familiar dengan ini, maka kita akan membahas sedikit mengenai infra merah. Teknologi ini adalah sejenis radiasi elektromagnetik yang panjang gelombangnya lebih panjang dari cahaya yang tampak, tetapi lebih pendek dari radiasi gelombang radio.

Baca juga : 8 Kesalahan Charger Baterai HP Xiaomi yang Membuat Cepat Bocor

Sebelum lahirnya Bluetooth dan WiFi, InfraRed adalah satu-satunya sarana untuk bertukar data antara handphone yang satu dengan yang lain. Namun dengan alasan transfer yang sangat lambat, pengguna lebih memilih teknologi yang lebih baik dan lebih cepat secara eksponensial seperti Bluetooth dan WiFi.


Langkah Mengaktifkan Mi Remote TV di HP Xiaomi Untuk Pertama Kali



Ada berbagai perangkat yang support oleh Mi Remote, seperti mengontrol AC, TV, Mi TV/Mi Box, Fan (Kipas Angin), Box, A/V Receiver, DVD Player, Projector (Infokus), Cable?Satelite Box, dan juga Camera. Cukup lengkap untuk semua kepeluan yang ada.

Berikut adalah beberapa langkah untuk mengaktifkan Mi Remote tv :


Langkah 1 :


menggunakan mi remote tv xiaomi


Buka aplikasi Mi Remote yang sudah terinstall secara default di berbagai jenis merek HP Xiaomi. Untuk bisa mengetahui apakah HP xiaomi milikmu support dengan teknologi infrared, kamu bisa cek di daftar dibawah yang sudah mimin sediakan.


Langkah 2 :


pilihan mi remote tv xiaomi


Setelah itu pilih tambah device baru, kemudian pilih TV. Akan ada beberapa list brand TV yang sudah masuk ke dalam database aplikasi Mi Remote. Kamu tinggal memilih nya saja sesuai dengan merek TV yang sedang kamu pakai.

Bila merek tv mu tidak terdaftar di Mi Remote, kamu bisa melakukan solusi seperti yang ada dibawah. Simak pembahasannya dibawah.


Langkah 3 :


pilihan mi remote tv xiaomi


Pada langkah ini, mimin sudah menganggap kamu memilih jenis TV yang kamu pakai. Pilih, akan ada pertanyaan yang artinya "Apakah TV dalam keadaaan hidup" pilih Iya atau Yes. Penting untuk menghidupkan tv selama proses pencocokan ini.


Langkah 4 : 


kalibrasi mi remote tv xiaomi


Setelah itu akan ada salah satu bentuk kalibrasi, baik itu melakukan test power on atau off, test volume atau test ganti channel. Seperti misalnya, digambar ada test mute dan volume. Tekan tombol mute, apabila TV mute, maka kalibrasi berhasil.

Apabila TV masih belum mute, akan ada pertanyaan lagi mengenai apakah Tv mute atau tidak. Bila tidak, maka kamu bisa menggeser kiri atau kanan untuk mencari tombol test mana yang berhasil dan cocok.

Anggap kamu sudah berhasil dan TV sudah mute, maka pilih Yes.


Langkah 5 :


profil mi remote tv xiaomi


Selanjutnya kamu akan dibawa ke pilihan penyimpanan opsi mi remote. Kamu bisa menyimpan profil remote dengan nama yang kamu suka, dan pilihan untuk menambah shortcut atau tidak. Pilih tombol "Paired"


Langkah 6 :


mi remote tv xiaomi


Selesai. Kamu akan dibawa pada userface khas remote digital dengan beberapa tombol yang familiar untuk kita. Kamu bisa mengatur volume, channel, power, mute dan fungsi remote konvensional lainnya.


Varian HP Xiaomi yang Support Mi Remote



Support Mi Remote berarti HP tersebut sudah dilengkapi hardware berupa infrared yang bisa mengirimkan sinyal ke perangkat ketiga. Dan untuk itu hampir kebanyakan jenis smartphone Xiaomi Memiliki fitur ini, diantaranya adalah :

  • Xiaomi Redmi 4A, Redmi 4X
  • Xiaomi Redmi 5A
  • Xiaomi Mi A1
  • Xiaomi Redmi 3S
  • Xiaomi Redmi Note 4
  • Xiaomi Redmi Note 2
  • Xiaomi Mi 4C
  • Xiaomi Redmi Note 3
  • Xiaomi Redmi 3S
  • Xiaomi Redmi Pro
  • Dan masih banyak lagi varian Xiaomi lainnya yang menggunakan teknologi infrared ini.

Ada beberapa alasan kenapa mi remote tidak merespon saat dipakai, diantaranya dalah kerusakan pada device atau perangkat keras infrared atau kerusakan perangkat infrared receiver pada tv. Cek kembali menggunakan remote biasa, apakah bisa digunakan atau tidak.

Bila remote biasa, baik bawaan atau pun remote joker bisa digunakan, berarti kerusakan ada pada hp xiaomi-mu, namun bisa kedua jenis remote ini tetap tidak bisa dipakai berarti kerusakan ada pada penerima sinyal remote di tv.

Mi remote tidak ada pilihan tv


Bagi kamu yang memiliki tv yang tidak jelas merek nya atau memang tv dengan keluaran brand yang tidak terdaftar di list Mi Remote, kamu bisa melakukan beberapa solusi seperti dibawah ini :

Kamu bisa men-download aplikasi remote universal kalau kamu tidak mengetahui brand tv milikmu  atau bahkan brand tv milikmu ternyata tidak terdaftar di Mi Remote. Jadi ini merupakan solusi satu-satunya yang bisa kamu coba.

Demikianlah pembahasan kita mengenai Cara Setel Mi Remote TV HP Xiaomi Lengkap Semua Jenis kali ni, semoga bisa membantu mu dalam menggunakan salah satu fitur andalan dari Xiaomi ini. Silahkan berikan pertanyaan atau pengalamanmu lewat kolom komentar dibawah ini.

Buka Komentar