Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV tanpa Infrared

Cara Menjadikan HP Sebagai Remote TV tanpa Infrared

Bagaimana cara menjadikan HP sebagai remote TV ? umumnya langkah-langkah untuk menjadikan HP sebagai remote menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga yang dapat kalian download melalui playstore atau apple store. Platform ini bisa digunakan tanpa bantuan inframerah, dan mengandalkan jaringan internet atau bluetooth.

Handphone di era sekarang dapat dikatakan sebagai kebutuhan utama setiap individu mengingat kegunaanya yang sangat bermacam dari mulai untuk alat komunikasi, alat perekam, alat pengkorvensi, alat untuk berswafoto, alat bersosial media hingga sebagai alat keuangan.

Selain handphone, alat elektronik lainya yang memiliki peranan dalam peradaban masyarakat yakni Televisi. Benda ini biasa digunakan untuk keperluan hiburan dan edukasi mulai dari tayangan sketsa komedi hingga berita nasional.

Dengan bantuan kemajuan teknologi, ternyata kedua perangkat ini (HP dan TV) dapat berguna untuk saling menunjang. Misalnya HP dapat digunakan sebagai sarana sumber internet (hotspot) bagi Televisi agar dapat memutar saluran luar negeri, hingga sebagai alat untuk menyalakan Televisi tanpa menggunakan infrared.

Di saat remote bawaan dari TV kebetulan hilang, tertinggal bahkan rusak sekalipun, kalian tetap dapat menonton saluran kesayangan melalui Televisi dengan HP sebagai pengganti remote. Selain sebagai pengganti remote TV, ternyata smarthphone juga dapat digunakan untuk menyalakan perangkat elektronik lain

Seperti AC bahkan proyektor. Tipe HP yang dapat digunakan untuk menjadi remote ini beragam, dari Vivo, Xiaomi, Samsung, Asus, Oppo dan Realme. Menarik bukan ? lebih detailnya, cara untuk mengubah HP menjadi remote TV akan diulas dibawah ini.


Cara Membuat HP Jadi Remot TV

Agar mempermudah kinerja dalam mengubah smarthphone menjadi remote tv tanpa infrared, kalian wajib punya smart tv berbasis android, supaya bisa terkonek ke hp android. Sobat kosngosan setidaknya memiliki berbagai aplikasi bantu seperti berikut :


1. Smart TV Remote

Dengan fitur yang mumpuni dan cukup canggih, aplikasi Smart TV Remote dapat digunakan tanpa infrared. Penggunaan aplikasi ini didukung oleh WiFi yang dapat menghubungkan jaringan internet untuk menjelajah chanel TV yang diinginkan.


2. Remote TV Samsung Smart View

Produsen Samsung electronics meluncurkan aplikasi remote TV tanpa infrared yang dapat digunakan untuk menjelajah Smart TV Samsung, tentu saja sesuai dengan judulnya spesifikasi aplikasi ini hanya dapat digunakan pada merk tersebut (pada TV keluaran terbaru bukan jenis TV tabung).


3. ZaZa Remote

Aplikasi ini dapat dikategorikan sebagai salah satu aplikasi ‘wahid’ yang sering digunakan untuk opsi bantu pengubah android menjadi remote TV.

Selain karena tanpa sambungan infrared, aplikasi ZaZa Remote dapat dijadikan alternatif pengganti remote AC, remote DVD, proyektor serta kamera DSLR. Langkah-langkah untuk menjalankan aplikasi ZaZa Remote dapat kalian lakukan dengan cara seperti dibawah ini :

a) Download ZaZa Remote melalui playstore,kemudian buka, dan klik menu di pojok kanan atas, lanjutkan dengan klik tanda plus (+).

b) Kemudian kalian dapat memilih perangkat yang kalian inginkan, misalnya TV, AC atau DVD.

c) Setting merk perangkat elektronik yang kalian inginkan, misalnya merk Hisense, LG, Panasonic, Mitsubishi, Sanyo, Samsung, Sony, Sharp, TCL hingga Toshiba. Bila merk yang kalian cari tidak ada, lanjutkan dengan klik pilihan ‘other’.

d) Setelah memilih merk ketuk tombol power.

e) Setelah semua cara telah dilakukan, sobat kosngoꜱan dapat melakukan pengetesan aplikasi pada perangkat yang bersangkutan.


4. Remote LG TV Plus

Karena judul aplikasinya mengarah ke merk tertentu, maka penggunaan dari Remote LG TV Plus ini hanya dapat digunakan pada TV LG. Agar penggunaan aplikasi dapat berjalan maksimal, minimal andrioid yang kalian gunakan adalah versi 6.0.


5. ASmart Remote IR

Aplikasi berikutnya sebut saja Asmart Remote IR yang dapat menjadi remote serbaguna untuk berbagai macam keperluan elektronik seperti AC, proyektor, DSLR, TV dan masih banyak yang lain. Tutorial cara mengubah aplikasi menjadi remote TV dapat kalian ikuti dengan langkah dibawah ini :

a) Pertama-tama download aplikasi ASmart Remote IR di HP kalian

b) Kemudian buka aplikasi dan tekan ikon (+) pada bagian atas

c) Tambahkan perangkat elektronik yang kalian mau

d) Contoh : TV, lalu pilih merk

e) Lalu ujilah remote tersebut dapat berfungsi atau tidak

f) Jika tidak berfungsi silahkan pilihlah tombol yang dapat digunakan


6. Mi Remote

Bicara soal aplikasi terbaik, Mi Remote dapat dijadikan acuan untuk aplikasi bantu HP sebagai remote tv. Pada dasarnya aplikasi ini merupakan bawaan resmi dari Xiaomi

Tapi jangan khawatir Mi Remote juga dapat digunakan pada Hp lain. Selain dapat digunakan untuk remote TV, namun aplikasi ini juga dapat digunakan sebagai pengganti remote kamera, kipas sensor, DVD, projektor dan lain sebagainya. Kalian dapat mengaplikasikan Mi Remote melalui jaringan WiFi.

Selain aplikasi-aplikasi diatas, terdapat aplikasi tambahan yang dapat digunakan untuk membuat HP menjadi remote TV seperti :


7. Google Home

Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengontrol speaker dan layar google nest, chromecast atau home. Dengan aplikasi ini kalian dapat mengontrol berbagai macam perangkat

Seperti speaker, kamera, lampu, serta perangkat yang kompatibel lainya. Sebelumnya kalian dapat mendownload aplikasi google home di tablet android, iPad serta iPhone.


8. Roku

Dengan remote Roku, sobat koꜱngosan dapat mengontrol daya TV dan menyesuaikan volume. Sebelumnya kalian harus melakukan instalasi aplikasi Roku di google playstore. Aplikasi Roku memberikan kebebasan untuk mengakses lebih dari 2000 saluran film dan serial TV.

Bila mengunduh Roku dengan lisensi, maka kalian akan mendapatkan aplikasi yang dapat digunakan sebagai panduan untuk TV interaktif.

Selain berbagai macam kelebihan yang telah disebutkan di atas, aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mengirim video dan gambar ke TV jika perangkat Roku saling terhubung. Kemudahan ini akan memberikan kalian pengalaman untuk menonton video seperti berada pada layar lebar.


9. SURE (Smart Universal Remote Control)

Aplikasi yang hampir serupa dengan Roku adalah SURE atau Smart Universal Remote Control yang berfungsi untuk mengendalikan alat-alat elektronik dari jauh seperti TV bahkan AC.

SURE dapat digunakan menggunakan infrared dan WiFi. Sama halnya seperti aplikasi sebelumnya, kelebihan lain dari SURE yakni dapat mengirim semua foto dan video yang tersimpan di perangkat android atau memindahkan foto secara manual.


10. Unified Remote

Keunikan dari Unified Remote adalah dapat dikendalikan melalui WiFi atau bluetooth selama telah terinstall aplikasi Unified Remote.

Kemudahan untuk mengendalikan alat elektronik dan mengelola cakram keras sangat memungkinkan aplikasi ini untuk digunakan sebagai pengubah android menjadi remote TV.

Tak hanya itu, bila kalian ingin memanfaatkan aplikasi ini untuk menjadi papan tik pada komputer ternyata juga bisa loh.. ternyata sangat serbaguna sekali.


11. Universal TV Remote

Pada deretan aplikasi terakhir, yang dapat digunakan untuk merubah android menjadi pengendali perangkat elektronik adalah Universal TV Remote.

Jaringan yang dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat-perangkat ini adalah infrared dan WiFi. Bila perangkat kalian cukup tua, maka infrared adalah solusi yang dapat digunakan sebagai jaringan penghubungnya.

Baca juga : Tips Merawat GPU/VGA Card


Kata Penutup

Menonton TV bisa menjadi hal yang menyebalkan kalau remotenya rusak. Kegiatan yang seharusnya bisa penghibur kala waktu senggang, bisa menjengkelkan kalau tiba-tiba remote yang digunakan rusak

Cara dari kosngosan diatas semoga membantu kalian yang merasa kehilangan remote, tapi ada HP. Karena Hal itu kerap kali terjadi, dan membuat kita jengkel. Jangan lupa share dan bagikan artikel ini ya!

Oleh rezaharahap