Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat VGA Card Komputer Supaya Awet

VGA Card (Video Graphics Adapter), GPU (Graphics Processing Unit) atau Kartu Grafis adalah salah jatu jenis perangkat keras dari PC yang berfungsi sebagai pemroses dan penghasil gambar pada tampilan layar Monitor. Bagaimana cara merawat VGA card yang baik dan benar? Seperti yang kita ketahui, spare-part ini adalah bagian termahal dari merakit PC saat ini. Hal ini diakibatkan ulah para miners (penambang crypto) yang memborong part ini untuk menambang bitcoin atau etherium. Akibatnya kartu grafis jadi langkah dan mahal. 

Hardware ini berperan sebagai adaptor grafis atau kartu tampilan karena mampu meningkatkan kualitas gambar pada layar PC sehingga terlihat lebih tajam, halus, dan nyata.

VGA sendiri juga merupakan perangkat komputer yang cukup sensitif, oleh karenanya jika ingin tetap awet dan dapat terus menggunakannya secara optimal, kamu perlu melakukan perawatan khusus. Selain itu, untuk beberapa tipe VGA card ketika masa garansinya sudah habis, akan sangat sulit mencari teknisi atau tempat service yang mau menerima perbaikan VGA card ini. 

Jadi daripada harus keluar biaya mahal, akan lebih baik jika kamu merawatnya dengan benar kan? Supaya nanti ketika ingin upgrade ke VGA yang lebih bagus, kamu bisa menjual vga lama mu ke pembeli di ecomerce. 


Tips Merawat VGA Card PC Rakitan

Cara Merawat VGA Card

Kartu grafis harganya bisa sangat mahal, apalagi yang tipe RTX untuk Intel. Supaya part ini tahan lama, berikut beberapa cara untuk merawat VGA Card agar tetap terpakai dan bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang :


1. Awasi Suhu Agar Tetap Stabil dan Tidak Terlalu Panas

Hampir semua perangkat elektronik akan menjadi cepat panas ketika dipakai terus menerus, apalagi untuk pekerjaan yang berat. VGA card pun demikian. 

Penyebab lain yang bisa menyebabkan VGA cepat panas adalah karena adanya debu – debu yang menumpuk dan proses sirkulasi udara yang jelek. 

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menambahkan kipas/fan tambahan pada PC dan di VGA cardnya agar udara panas yang terperangkap di dalamnya bisa keluar dengan lancar.

Buat kalian pengguna laptop lokal, baca tips merawat laptop zyrex berikut ini


2. Gunakan Driver Versi Terbaru

Memakai driver dengan versi yang terbaru dapat membantu kamu memaksimalkan kinerja VGA Card, karena driver terbaru umumnya telah memiliki kemampuan yang memadai untuk memperbaiki bug serta meningkatkan performa VGA Card sehingga lebih optimal. 

Usahakan juga untuk selalu menggunakan driver yang cocok dan kompatible dengan perangkat yang kamu gunakan. Jadi, pastikan kamu rajin mengupgrade driver VGA ke versi yang terbaru ya. 

Untuk mencari driver terbaru, kamu bisa ketik saja model VGA mu beserta merek nya, misanya MSI GTX 1650 di google, ada banyak situs yang memberikan driver nya tersebut yang terbaru.


3. Pasang Kabel Dengan Hati – Hati

Bagi beberapa orang yang sudah paham, mungkin hal ini sudah tidak akan jadi masalah lagi. Namun karena masih banyak orang yang memakai VGA external untuk komputernya, tips ini cukup penting

Kebiasaan pemula, kalau kabel VGA nya malah dicolokkan ke VGA on board komputer. Hal ini menyebabkan komputernya no signal atau no display sehingga orang berpikir bahwa komputer merekalah yang rusak. 

Jadi pastikan kamu memasang kabel dengan benar ya. Jangan asal pasang dan malah membuat kamu harus pergi ke tukang servis hanya karena masalah sepele begini.


4. Gunakanlah Power Supply Yang Sudah 80 Plus

Harga power supply yang sudah 80 plus tentunya lebih mahal dibanding power supply standar. Namun dengan harganya yang lebih mahal itulah, arus listrik yang diberikan jauh lebih stabil dan aman bagi komponen komputer di dalamnya, baik untuk hardisk, VGA card, processor dan lain sebagainya. 

Arus listrik yang stabil cenderung membuat umur hardware komputer lebih panjang dan awet jika dibanding menggunakan jenis power supply biasa.


5. Hati – Hati Saat Angkat Pasang VGA Card Dari Motherboard

Jika kamu masih pemula dan belum terlalu paham mengenai maintenance komputer, alangkah baiknya untuk menghindari seringnya angkat pasang VGA dari motherboard. 

Sebab hal ini dapat merusak soket VGA card terlebih jika kamu tidak hati – hati dalam melakukannya. Untuk memastikan keamanan, sebaiknya kamu mencabut kabel listrik dan matikan dulu PC mu untuk menghindari resiko dan bahaya yang tidak diinginkan.


6. Hindari Melakukan OverClock

Overclock (OC) memang mampu menambah kecepatan performa dan membuat tampilan grafis menjadi lebih bagus dari bawaan standarnya. 

Namun hal ini sebenarnya beresiko memperpendek usia komponen dan hardware tersebut karena membuat VGA bekerja di luar batas kemampuan prosesor karena menangani beban kerja yang terlalu berat dari biasanya .


7. Hati – Hati Saat Cabut Pasang Kabel VGA atau HDMI

Meski terlihat sepele, namun hal ini cukup penting untuk diperhatikan. Karena kalau seandainya konektor VGA, DVI, atau HDMI pada VGA card mu jebol atau rusak, pasti akan susah kan menampilan gambar ke monitor kamu? 

Jadi jika kamu mulai merasa kesulitan saat memasang kabel VGA, lebih baik cek dahulu lubangnya dengan benar. Jangan asal colok atau memaksakan kabel masuk dan malah membuat konektor rusak nantinya.


8. Perhatikan Kelancaran Sirkulasi Udara Yang Ada di Dalam Casing

Sirkulasi udara cukup memegang peran penting terhadap VGA Card. Oleh karenanya jika kamu ingin perangkat VGA mu awet dan tahan lama, kamu harus rutin memperhatikan kelancaran sirkulasi udara di dalamnya. 

Jika sirkulasi baik, tentu kinerja dan seluruh komponen akan bekerja dengan optimal dan dapat dialirkan dengan efisien.


9. Ganti Pasta VGA Card Dengan Pasta Yang Bagus

Pasta yang ada pada prosesor umumnya berfungsi sebagai penghantar panas dari prosesor dengan heatsink supaya PC tetap berada pada suhu yang normal atau tidak overheat. Bahan dari pasta ini merupakan konduktor yang baik. 

Sebenarnya waktu penggantian bisa disesuaikan dari jenis pasta yang digunakan. Namun disarankan untuk menggantinya setiap 1 – 2 tahun untuk penggunaan sedang, dan 6 bulan – 1 tahun untuk penggunaan berat.


10. Pastikan Fan GPU Terpasang Dengan Benar

Kamu harus selalu memastikan fan GPU terpasang dengan benar terutama jika perangkat yang kamu miliki sudah berumur lama dan telah mengalami penggantian pada thermal paste. 

Jika fan tercolok dengan benar, maka proses pendinginan juga akan berjalan maksimal secara keseluruhan tanpa hambatan. 

Hal ini menjadi salah satu faktor penting agar VGA tetap awet dan tahan lama. Namun jika fan tidak berputar, maka segeralah lakukan penggantian dengan fan yang baru.


11. Jangan Memberikan Thermal Paste Secara Sembarangan

Jika kamu mendapati VGA Card mu mengalami panas berlebih atau overheat, sebaiknya jangan langsung terburu – buru untuk mengganti thermal pasti yang ada di dalamnya. 

Hal ini bermaksud untuk mempertahankan garansi yang didapat agar tidak langsung hilang begitu saja. Kamu bisa mencoba untuk melakukan overclock atau lebih baik menghubungi tempat kamu membeli thermal paste tersebut agar diberikan solusi lebih lanjut.


12. Jangan Melepaskan GPU Sebelum Mematikan Arus Listrik

Untuk mencegah terjadinya sengatan listrik, pastikan kamu telah mematikan semua tombol on maupun off yang ada pada power supply. 

Jangan sampai ada arus listrik yang masih mengalir, cabut semua kabel yang ada pada terminal sebelum melepaskan VGA Card. Membiarkan arus listrik mengalir dapat menimbulkan terjadinya arus pendek dan merusak komponen yang ada pada VGA.


13. Bersihkan VGA Card Dari Debu dan Kotoran

VGA Card juga harus rutin dibersihkan agar bebas dari debu dan kotoran yang menumpuk dan beresiko menyumbat komponen yang ada di dalamnya. Kamu bisa menggunakan kuas halus untuk membersihkannya. 

Jangan lupa juga untuk membersihkan bagian kipas, jika posisinya longgar, maka kencangkan lagi kedudukannya. Ganti juga pasta pendingin yang ada pada chipset jika mulai mengering.


14. Hindari Melepas Pasang VGA Card Terlalu Sering

Entah harganya mahal ataupun murah, melepas pasang VGA terlalu sering dari motherboard juga sangat tidak dianjurkan. 

Melakukannya dapat mengakibatkan slot mudah rusak dan memperpendek umur kartu grafis tersebut. Jadi usahakan untuk melepas VGA saat benar – benar dibutuhkan saja ya.


15. Perhatikan Penggunaan Monitor

Hampir semua perangkat elektronik memiliki batas resolusi maksimal masing – masing. Mengingat VGA Card berperan sebagai penerjemah data menuju monitor, tentu penggunaan monitor juga perlu diperhatikan dengan baik. 

Ada banyak sekali resolusi layar yang bisa kamu pilih dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing – masing. Namun jangan sampai mencapai resolusi 2048 x 1536 karena ukuran tersebut terlalu besar.

Baca juga : Cara Merawat Laptop Axioo


Penutup

VGA card atau GPU atau kartu grafis saat ini adalah part paling mahal dari merakit PC. Oleh karena itu kamu harus pintar pintar dalam merawat benda ini. 

Apalagi kalau kartu grafis kita masih ketinggalan zaman, dan kita ingin beli vga baru. Semoga beberapa informasi diatas, bisa membantu kamu ya

Intinya kamu dapat memelihara kartu grafis dengan beberapa perawatan yang baik supaya tidak cepat rusak ya. terimakasih untuk bookmart halaman kosngosan dan jangan lupa share artikel ini ke sosial media kalian!

Oleh rezaharahap