Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

15 Kelebihan dan Kekurangan Laptop AXIOO

Apa saja keunggulan dan kelemahan dari laptop atau notebook Axioo? Brand ini adalah salah satu pabrikan elektronik yang sangat laku dan sering ditemukan di pasaran. Di Indonesia, komponen perangkat Axioo dirakit di kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta, sementara itu untuk komponennya sendiri diimport dari Taiwan atau China.

Beberapa produk garapan Axioo diantaranya adalah komputer, notebook atau laptop, tablet hingga telepon genggam (smartphone). Brand ini awal mulanya menggunakan processor intel core duo, berkembang menjadi intel Core i3 hingga processor untuk kebutuhan para gamers seperti Ryzen 7.

Mobilitas dan fleksibilitas dalam bekerja menjadi salah satu alasan mengapa perangkat seperti laptop dan notebook dengan spec ciamik harus menjadi pertimbangan. Disamping performa, kelebihan-kelebihan lainya juga dapat kita jadikan pertimbangan dalam membeli barang. Untuk lebih jelasnya, artikel dibawah ini akan membahas plus minus dari laptop Axioo.


Kelebihan Laptop Axioo

kelebihan dan kekurangan laptop axioo

Memutuskan untuk membeli laptop axioo tentu saja harus mempertimbangkan aspek kelebihan dan kekurangan dari perangkat ini. Kalau ingin baca review merek lain, sobat kosngosan juga bisa baca review laptop zyrex disini.

Umumnya laptop dan notebook brand ini memiliki keunggulan dari segi :


Harga

Bicara tentang harga, laptop Axioo ini termasuk unggul bila dibandingkan dengan laptop sejenis di kelasnya. Untuk harga yang dapat dibilang ‘ramah kantong’, merk Axioo ini banyak menawarkan harga laptop dibawah 5 jutaan

Contohnya Axioo notebook Mybook 14F dengan RAM 8 Gb SSD 256 Gb dibanderol dengan harga Rp. 4.150.000. Laptop lain dengan brand yang sama dihargai dengan Rp. 3.681.500, merk Axioo Mybook 14E Intel N4020 4Gb Ssd 256 Gb 14 Hd Dos.


Spec processor

Seperti yang telah dijelaskan di awal, untuk spesifikasi dari laptop Axioo ini bervariasi menyesuaikan dengan harga beli laptop.

Memang untuk performa, laptop keluaran Axioo ini tidak bisa dibilang terbaik namun performanya cukup oke untuk kategori laptop dengan harga terjangkau.

Misalnya untuk Axioo Mybook 14F menggunakan processor Intel Celeron N4020, Codename- Gemini Lake Refresh, 2- Core/2-Thread, TDP-6 Watt dan Total L2 Chace - 4 MB. Namun laptop dibawah 5 jutaan ini tidak disarankan bagi kalian untuk menjalankan beberapa aplikasi berat seperti aplikasi pemrograman dan koding.


Media Penyimpanan

Fitur penyimpanan yang disediakan dalam laptop ini termasuk oke dengan performa transfer data yang tinggi disertai dengan efisiensi daya untuk memindahkana data.

Dengan tipe yang serupa Mybook 14F memiliki memory/RAM 8 GB DDR4 2133 MHz Single Channel, sayangnya RAM Onboard sehingga tidak dapat di upgrade. Kapasitas RAM 8 GB ini termasuk dalam kategori penyimpanan yang besar, tapi tipenya masih SATA sehingga speed 200 MB/s.


Desain

Untuk urusan desain tidak perlu diragukan lagi karena laptop Axioo ini selalu up to date dengan desain. Laptop ini tergolong kekinian untuk range harga kebanyakan dibawah 5 jutaan. Sobat kosngosan dapat memilih perangkat dengan berbagai macam variasi warna yang telah disediakan.

Nama-nama dari masing-masing warna juga cukup unik, misalnya Oak untuk warna cokelat, Indigo (Biru), Scarlett warna merah dan Cosmik (abu-abu).

Ukuran layar laptop seperti laptop dengan harga belasan juta yakni 13.3 Inch dengan Pixel @60 Hz, aspect Ratio 16:10 dan resolusi 2.5K / 2560 x 1600.


Fitur

Laptop Axioo 14F memiliki sistem pendingin pasif tanpa kipas sehingga tidak berisik saat digunakan dan lebih efisien dalam pembersihan debu. Audio juga terdapat pada kedua sisi laptop yang cocok digunakan untuk multimedia.

Konektor kiri : 1X DC-IN, 1X USB 3.1 Gen 1 (5 Gbps), 1X Mini HDMI; konektor kanan: 1X MicroSD Card Reader, 1X 3.5 MM Audio Combo Jack, 1X USB 2.0. Laptop Axioo lain dengan tipe Mybook 14E memiliki Graphics Integrated Intel HD yang dapat digunakan untuk meringankan pekerjaan design.


Akses WiFi

Kecepatan akses internet menggunakan laptop Axioo ini tergolong cepat dengan speed 450 Mbps, koneksi WiFi juga mudah tersambung dengan berbagai perangkat.

Bluetooth menggunakan 4.0 sama seperti laptop Axioo MyBook 14H yang cocok digunakan untuk multimedia dan komputasi menengah dengan WiFi 802.11 2x2 AC. Akses WiFi dapat tiga kali hingga enam kali lebih cepat menggunakan modul ini.


Pelayanan Service

Dalam segi pelayanan atau penanganan hardware, service point Axioo tersedia di seluruh kota-kota besar Indonesia, ada sekitar 39 kota yang menyediakan service point untuk memudahkan konsumen dalam memperbaiki laptop.

Pelayanan service Axioo ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia dari Sumatra (Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Palembang, Pangkalpinang, Lampung) hingga Sulawesi (Palu, Gorontalo, Kendari, Manado) dan Maluku.


Kekurangan Laptop Axioo

Selain beberapa kelebihan yang telah diulas diatas, ternyata laptop Axioo ini juga memiliki kekurangan-kekurangan seperti dibawah ini.


Baterai

Baterai 30.4 Wh, dengan kapasitas yang cukup kecil dibandingkan dengan laptop sejenis. Setelah setahun penggunaan laptop selama kurang lebih setahun, daya tahan baterai jadi melemah hingga menjadi setengah daya dan cepat drop.

Jadi sobat kosngosan harus menjaga kesehatan baterai semaksimal mungkin jika tidak ingin umur baterai cepat aus


Kualitas Layar

Meskipun layar sudah menggunakan permukaan Anti-Glare yang membuat pemakaian menjadi lebih nyaman dan desain bingkai layar yang tipis, tetapi dibagian sisi atas layar masih agak tebal untuk digunakan webcam.

Kemampuan layarnya terbatas sehingga hanya dapat dipakai untuk content consumption saja. Laptop terkadang ngelag dengan blank screen dan untuk mengoperasikan kembali pengguna harus melakukan restart.


Sering terjadi Overheat

Istilah overheat biasa digunakan untuk kemampuan perangkat yang overworking atau cepat panas. Saat laptop yang kita gunakan menjadi cepat panas tentu saja akan mengganggu kinerja pengguna.

Laptop Axioo ini mengeluarkan panas yang berlebih disamping pad mouse, laptop yang terlalu sering panas juga akan lebih cepat merusak processor.


Kapasitas Charger

Laptop Axioo ini memiliki charger yang cukup ringan, namun charger harus selalu dicolokan ke perangkat karena baterai hanya memiliki kapasitas 30 Wh.

Sayangnya ketahanan baterai yang sudah diiisi charger hanya bertahan selama 3 jam bila menggunakan semua aktifitas seperti internet WiFi, multimedia dengan brightness 50% dan resolusi ketajaman layar full HD.


Build Quality

Secara keseluruhan bahan body laptop Axioo ini terbuat dari polycarbonate yang cukup ringan namun kurang compact. Bahan ini memang cukup ringan sehingga dirasa mirip dengan plastik dengan finishing metal.

Detail laptop perlu diperbaiki seperti benjolan diatas keyboard, ergonomis laptop juga perlu dipertimbangkan untuk memudahkan pengguna.


Wireless LAN

Wireless LAN adalah Wireless Local Area Network yang berfungsi untuk menyambungkan perangkan tanpa menggunakan kabel, dengan kata lain akses internet masih tersambung dengan WiFi namun dalam lokal area.

Terkadang pengguna laptop dapat berada di tempat yang minim sinyal WiFi untuk publik, jadi langkah tercepat untuk berinternet melalui saluran internet lokal.

Memang kekurangan dari laptop Axioo ini adalah sulit untuk menemukan koneksi Wireless LAN. Agar dapat menggunakan jaringan LAN, pengguna harus mendownload “Wireless Network Ignition”.


CD Writer Tidak Berfungsi

Tidak semua laptop dilengkapi dengan CD Writer, namun dengan harga yang cukup terjangkau Axioo telah menyediakan CD Writer. Apa itu CD Writer ?

CD writer yakni software yang berfungsi untuk menyalin atau mengcopy file yang tersimpan di dalam komputer ke dalam sebuah CD. Terkadang CD writer dari laptop Axioo ini sudah tidak berfungsi kembali namun untuk membaca CD dan DVD masih bisa

Baca juga : Cara Mengatasi HP Evecoss yang bermasalah


Kata Penutup

Dengan menggunakan laptop brand ini, membuktikan kamu memang mendukung produk lokal. brand ini menyajikan kebutuhan terhadap kemampuan informasi dan teknologi dengan menghasilkan Notebook

Solutions yang tepat untuk segmen pasar sehingga hal ini terus menjadi keberhasilan perusahaan ini menjangkau target pasar low end hingga middle end.

Semoga beberapa informasi diatas bisa bermanfaat dan menambah referensinya sebelum membeli laptop axioo. jangan lupa untuk klik tombol share dan bagikan artikel ini ke sosial media kalian ya

Oleh rezaharahap