Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

20 Cara Mengatasi HP Evercoss yang Lemot

Bagaimana cara memperbaiki HP Evercoss yang bermasalah? pengguna evercoss yang mengalami hp lemot, mentok di logo, restart atau mati sendiri, bootloop, atau hang bisa mengikuti pembahasan kali ini. Bagi sebagian orang, memiliki HP yang bermasalah dan kinerjanya berjalan terganggu, memang menjadi pemicu emosi tingkat tinggi.

Apalagi jika ada banyak pekerjaan yang harus dikerjakan menggunakan ponsel mu tersebut. Akibatnya pekerjaan akan terhambat dan malah memakan waktu yang lama. Tentunya hal ini sangat menjengkelkan bukan?

Sebenarnya HP yang bermasalah terjadi bukan hanya pada brand evercoss saja. Tapi kali ini kosngosan akan fokus pada merek yang berasal dari Indonesia ini. Tentu saja terdapat beberapa penyebab atau masalah umum yang terjadi pada HP hingga membuat performanya menurun dan tidak maksimal seperti biasanya.

Hal itu umumnya disebabkan karena penuhnya ruang penyimpanan, kesehatan baterai yang mulai menurun, koneksi internet yang lambat, sistem operasinya sudah usang, HP yang terlalu panas atau overheat dan masih banyak lagi.


Cara Mengatasi HP Evercoss yang Bermasalah

Cara Mengatasi HP Evercoss yang Bermasalah

Jika masalahnya saja sudah ketemu, maka sekarang kita cari solusinya agar HP tidak lemot lagi dan performanya bisa meningkat lebih baik. Berikut beberapa cara untuk mengatasi HP Evercoss yang lemot :


1. Hapus Instalan Atau Nonaktifkan Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Ada banyak sekali jenis aplikasi yang tersedia di Play Store dan cukup menarik untuk digunakan, sampai – sampai kamu jadi kalap menginstall aplikasi yang sebenarnya tidak terlalu penting.

Padahal semakin banyak aplikasi yang terpasang di HP mu malah akan membuat performanya lambat dan jadi lebih mudah hang. Oleh karena itu, lebih baik kamu mulai mengurangi aplikasi yang jarang digunakan daripada semakin membuat lemot dan memakan ruang penyimpanan.


2. Install Aplikasi Versi Lite

Jika sobat kosngosan menggunakan HP Evercoss khususnya dengan memori dan sistem storage yang terbatas, menggunakan aplikasi yang tidak dapat dioptimalkan dengan baik dapat menyebabkan kinerja memburuk. Contoh kecilnya pada Facebook.

Pada beberapa jenis Evercoss yang murah atau versi lama, aplikasi ini benar – benar berjalan cukup lamban dan membuat frustasi. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya kamu mencoba untuk mengunduh aplikasi versi lite (ringannya) seperti Facebook lite untuk mengurangi tingginya kinerja ponsel selama digunakan.


3. Percepat Animasi Dalam Mode Pengembang

Seperti halnya dengan tipe Android lainnya, pada HP Evercoss ini kamu juga bisa mengubah kecepatan animasi untuk membuat kinerja perangkat menjadi lebih cepat.

Pada beberapa jenis HP, penggalian info pengembang memang tidak selalu muncul dan malah tersembunyi. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu pergi ke Setting > Tentang Ponsel > Informasi Perangkat Lunak > Nomor Pembuatan, lalu ketuk opsi terakhir sebanyak tujuh kali untuk membuat opsi pengembang menjadi aktif.

Setelah aktif, silahkan kembali ke pengaturan dan pilih opsi pengembang di bagian paling bawah halaman > gulir lalu klik opsi skala animasi window > atur menjadi 0,5x untuk mempercepat animasi.


4. Menghapus Widget Yang Tidak Dipakai

Fitur widget memang mampu memperindah tampilan ponsel, namun ternyata hal ini cukup menguras banyak ruang dan memonopoli penggunaan latar belakang.

Hal inilah yang menjadi penyebab utama ponsel menjadi lebih lambat dan cepat panas. Untuk mengatasinya, hapus beberapa widget yang tidak dipakai agar kinerja android dapat lebih dioptimalkan.


5. Gunakan Files By Google Untuk Mengosongkan Data Penyimpanan dan Menghapus Data Cache Yang Penuh

Files By Google merupakan sebuah aplikasi manajemen file yang berfungsi untuk mempermudah proses transfer file dan menganalisis program aplikasi yang jarang dipakai.

Tentunya aplikasi ini sangat efektif digunakan untuk mengetahui jenis file apa saja yang tidak perlu sehingga kamu bisa menghapus dan mengosongkan ruang pada storage.


6. Perbarui Aplikasi Yang Terinstal

Mengupdate atau memperbarui semua aplikasi yang telah kamu install memang sangat penting untuk memastikan aplikasi tidak usang dan dapat terus berfungsi dengan baik.

Untuk beberapa tipe Android termasuk Evercoss telah meluncurkan pembaruan rutin yang berisi peningkatan stabilitas dan perbaikan pada bug.

Dengan rutin melakukan pembaruan, maka aplikasi pada ponselmu akan terus update dan dapat diperbaiki secara signifikan sehingga mampu meningkatkan kinerja perangkat.


7. Menyalakan Ulang HP Evercoss Secara Rutin

Hp yang sudah lama dipakai dan ruang penyimpanannya penuh seringkali menimbulkan berbagai masalah pada kinerja dan sistem ponsel.

Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan memulai ulang perangkat paling tidak seminggu sekali agar cache memori terhapus, dan menutup seluruh aplikasi yang berjalan pada saat itu. Hal ini dapat membuat ponsel menjadi lebih fresh dan performanya lebih optimal.


8. Membersihkan Layar Beranda

Bagi sobat kosnɡosan yang suka menggunakan wallpaper hidup, sepertinya harus lebih mengurangi hal ini jika mulai mendapati kinerja HP mu menurun.

Live wallpaper dinilai cenderung membuat ponsel berjalan sangat lambat karena memakan banyak sekali memori.

Jika kamu ingin mencari opsi live wallpaper yang lebih ringan dan tidak terlalu membebani, maka kamu bisa mencoba aplikasi Wallpaper Google dan Minima. Keduanya cukup memiliki latar belakang yang baik.


9. Gunakan Aplikasi Serbaguna

Tips mengatasi HP lemot selanjutnya adalah mengakalinya dengan menginstall aplikasi serbaguna. Jika antivirus biasa digunakan untuk mendeteksi keberadaan malware, maka dengan aplikasi serbaguna kamu bisa mendeteksi penyebab lambatnya ponsel.

Bahkan tidak jarang, beberapa aplikasi serbaguna tersebut juga mampu berfungsi sebagai antivirus sekaligus. Beberapa aplikasi yang bisa kamu coba seperti Clean Master, Apps2SD, dan lain sebagainya.


10. Biasakan Menutup Aplikasi Menggunakan Tombol Back, Bukan Tombol Home

Menekan tombol home saat menggunakan aplikasi sebenarnya hanya meletakannya pada mode stand by, bukan menghentikan prosesnya pada saat itu.

Justru hal ini malah membuat memori ponsel termakan habis dan membuatnya lemot. Sebagai opsi alternatif, kamu bisa menekan tombol home dan menahannya beberapa saat. Lalu pilih task manager dan akhiri beberapa aplikasi yang cukup membebani kinerja ponsel.


11. Pindahkan Aplikasi dan Data Ke Kartu SD

Sama halnya dengan PC, ponsel android juga akan berjalan lebih cepat jika memorinya cukup dan tidak terlalu banyak file maupun aplikasi di dalamnya.

Kamu bisa memindahkan file ataupun aplikasi tersebut ke kartu SD untuk menyisakan banyak ruang penyimpanan jika kamu sayang menghapusi beberapa aplikasi favoritmu.


12. Rutin Membersihkan Cache Secara Berkala

Biasakan membersihkan cache secara rutin agar tidak menumpuk dan memakan habis ruang penyimpananmu apalagi dalam jangka waktu yang lama.

Hal ini akan membantu meringankan beban ponsel jika performa mulai lamban. Untuk caranya, kamu bisa masuk ke menu Setting > App > All, lalu pilih setiap aplikasi yang ingin kamu bersihkan cachenya.

Selain cara tersebut, kamu juga bisa melakukan pembersihan menyeluruh dengan masuk ke menu Setting > Storage > Cached Data > Lalu pilih OK jika ada pop up berisi peringatan pembersihan yang muncul.


13. Gunakan Hanya Satu Jenis Aplikasi Virus

Menggunakan lebih dari satu jenis antivirus sebenarnya malah membuat perangkat lemot dan bekerja keras lebih dari biasanya.

Cukup gunakan satu jenis antivirus saja, asalkan benar – benar aman dan efektif untuk menangkal bibit malware yang dapat membahayakan ponselmu.


14. Lakukan Factory Reset

Opsi akhir dari segala opsi yang telah disebutkan sebelumnya adalah dengan melakukan factory reset untuk mengembalikan performa ponselmu yang supe duper lemot itu. Jika memang tidak ada jalan lain, mungkin cara ini bisa membantu.

Mengembalikan ponsel ke setelan awal dapat membuat perangkat menjadi lebih ringan karena sudah dikembalikan ke setelan pabrik.


15. Klaim Garansi Ke Evercoss Service Centre

Sobat kosngosan juga bisa mengklaim garansi yang telah disediakan oleh Evercoss Service Centre jika masih ada. Umumnya, garansi HP Evercoss tersedia selama 12 bulan.

Sebelum itu, pastikan kamu masih menyimpan kartu garansi dan menulis kerusakan yang kamu alami. Cari lokasi service centre terdekat dan lakukan klaim garansi untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Beberapa tips lain yang mungkin berguna buat kalian pengguna evercoss, diantaranya sebagai berikut :

16. Menggunakan charger original dari evercoss

17. Jangan menggunakan hp evercoss terlalu lama untuk gaming dan pekerjaan berat

18. Jangan charger hp evercoss sampai penuh semalaman

19. Simpan hp evercoss mu di tempat yang sejuk dan sirkulasi lancar

20. Beli hp resmi untuk bisa melakukan klaim garansi dan dapat servis gratis jika mengalami permasalahan


Baca juga : Cara Mengatasi HP Advan yang Lemot


Kata Penutup

Demikian pembahasan mengenai tips mengatasi permasalahan yang terjadi pada hp evercoss alian. Jika sobat kosngosan menggunakan hp tersebut dan tidak memperhatikan penggunaan maka masalah baterai boros, cepat habis, lemot, dan sebagainya kemungkinan juga bisa terjadi.

Jadi semoga kalian bisa meminimalisir terjadinya permasalahan tersebut dengan mengikuti tips dari kita ya. semoga membantu dan jangan lupa untuk share artikel ini.

Oleh rezaharahap